Objek Wisata Budaya Kabana Sanggau City, Muara Kantu

Pancurajipost.com - Objek Wisata Budaya Kabana atau sekarang disebut Kawasan Istana Surya Negara merupakan Objek Wisata dipesisir pantai kapuas yang penuh dengan sejarah kerajaan Sanggau.

Berbagai peninggalan kerajaan seperti Mesjid Jami, Keraton Surya Negara, Beberapa meriam dan makan terdapat di kawasan ini.

Mungkin banyak orang yang kurang mengenal nama KABANA. ada apa saja sih di Kabana. Berada di Kawasan Keraton Surya Negara dan Kawasan Mesjid Jami' Sultan Ayyub, yang berada di pusat KOta Sanggau atau tepatnya di Sungai Sengkuang, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat . Wisata Kabana diresmikan oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi bertepatan dengan Peringatan Hari Jadi Kota Sanggau ke 401. atau tahun 2017 lalu dengan menetapkan kawasan Kantu  dengan dua bangunan peninggalan bersejarahnya sebagai cagar budaya. 

Kedua bangunan tersebut adalah Masjid Jami' Sultan Ayyub dan Keraton Sanggau. sehingga Kawasan Kantu dengan Masjid Jami dan Keraton Surya Negara Sanggau tersebut diberi nama KABANA 

KABANA keanjangan dari "Kantuk Banua Istana. Waw..Indah betul nama itu ya sobat wisata.

Pada tahun 2017 lalhu dalam rangka mrenyambut penetapan itu, maka di kawasan sekitar Masjid Jami dan Keraton di adakan Festival Payung, dimana payung-payung digantung di sepanjang jalan. Orang yang berlalu lalang bisa menikmati KABANA dengan hiasan payung ini. Bahkan banyak pengunjung  yang tidak melewatkan momen untuk berfoto disepanjang jalan  masjid Sultan Ayyub ini. 

Pada Tahun 2020, Kabana membangun Waterforn disepanjang Kawasan Istana Surya Negara Sanggau, dan selesai pada tahun 2021. Pengunjung dari berbagai kota memadati kawasan ini. Setiap sore hari, anda akan kesulitan untuk melewati kawasan ini karena padatnya lalulintas pengunjung yang ingin bersantai di Pantai, sambil menikmati berbagai macam jajanan, Kuliner yang telah teredia di Sepanjang Kawasan Wisata Budaya Kabana.

Bagi para pecinta Instramer dan floger, banyak anak-anak muda mengabadikan momen di sepanjang jalan kawasan Kabana yang sangat kental dengan Keindahan peninggalan sejarah budaya yang sekarang ini telah tertata rapi dan bersih.

Booh ke Sanggau, Objek Wisata Kabana.

Baca Juga : Kawasan Surya Negara Sanggau

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Objek Wisata Budaya Kabana Sanggau City, Muara Kantu"