Kampung Wisata Sentana, Sanggau City

pacurajipost.comSanggau merupakan sebuah kerajaan melayu yang berdiri sejak abad ke 4 Masehi. Sanggau berasal dari nama tanaman yang tumbuh di tepi sungai daerah tempat berdirinya kerajaan itu, yakni sungai sekayam. Sungai sekayam merupakan tempat merapatnya rombongan yang di pimpin oleh Dara Nante seorang  perempuan ningrat dari kerajaan sukadana. System pemerintahan kesultanan sanggau mempunyai undang-undang yang di dasarkan atas hukum ada’a dan dan hukum islam, selain itu kesultanan sanggau juga memiliki lembaga mahkamah syariat atau raad agama.
Kampung Wisata Sentana
Kampung Wisata Sentana

Sekarang Kampung Sentana telah dibangun dan menjadi daya arik wisata perkotaan yang ada di Kabupaten Sanggau.Berbagai kulner di kawasan ini patut anda coba, seperti kuliner asli sanggau yang bisa anda nikmati di perahu terapug rumah bandong di kawasan ini, serta berderet kuliner lainnya disepanjang front sentana sanggau.

Alamat Kampung Wisata Sentana

Kampung Wisata Sentana beralamatkan di Bawah Jembatan Ssekayam Sanggau, pinggiran sungai Sekayam Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
Kodepost Kampung Wisata Sentana : 78516
No telpon Kampung Wisata Sentana: -

Google Map Taman Kampung Sentana


Jalur Transportasi menuju Taman Kampung Sentana

Taman Kampung Sentana berada di pusat kota sanggau, berada di bawah jembatan sei sekayam snggau, dari Kawasan Istana Surya Negara Sanggau hanya berjarak sekitar 500 meter atau 2 menut berkendara.

Front Kampung Sentana

Pada sore hari  Di sepanjang area keraton terdapat berbagai  jenis jajanan khas sanggau dan terdapat pula tempat nongkrong  keluarga atau sebagai tempat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga  yang biasa di sebut dengan MK (Muara Kantuk), berseberangan dengan keraton sanggau atau muara kantu terdapat  kampung Sentana, Kampung Sentana merupakan sebutan lain dari kelurahan Tanjung Sekayam yang mana di kampung Sentana ini terdapat Water Front dan beberapa buah Pondopo,tempat ini sangat nyaman di jadikan tempat untuk menikmati suasana Sungai Kapuas pada sore sambil menunggu datangnya sun set bersama kelurga, teman maupun kerabat.pada malam hari anda bisa menikmati keindahan mesjid jami dari kampung Sentana, mesjid jami merupakan mesjid peninggalan zaman sultan Ayub yang di dirikan di tepian sungai Kapuas, mesjid ini sangat indah jika di lihat pada malam hari dari kampung Sentana.

Speedboat Sabang Merah

 

Untuk memanjakan para pengunjung yang akan bersantai di Kampung sentana, Pada hari Selasa 29 Desember 2020 lalu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyerahkan bantuan berupa Speedboot Keriang Bandong sebanyak 5 Buah Kepada POKDARWIS (Kelompak Sadar Wisata ) Kampung Sentana . Sehingga Para pengunjung yang ingin menikmati susana pantai sekayam bisa berkeliling menikmati indahnya sentana dan juga bagi yang ingin melihat Objek wisata Batu Sampai, POKDARWIS Sentana siap mengntarkan pengunjung mengelilingi dan menelusuri sungai Kapuas. dan sekayam.


Di kampung Sentana ini tersedia berbagai arena olah raga dan bermain salah satunya  lapangan Volly, lapangan Tenis dan arena untuk olahraga seperti  jogging dan bersepeda, untuk  permainan air kampung Sentana menawarkan permainan Sepeda air.

Front Sentana dan Mes Pemda

Kawasan Sentana ini memiliki bangunan bersejarah yaitu bangunan peninggalan belanda yang dinamakan Mes Pemda serta Front Setana yang merupakan titik pertemuan antara sungai kapuas dan sungai sekayam sanggau.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kampung Wisata Sentana, Sanggau City"