Mess Pemda Sanggau dan Front Sentana, Wisata Sejarah peninggalan jaman belanda

 

Mess Pemda Sanggau dan Front Sentana

Pancurajipost.com - Mess Pemda adalah rumah dinas Pemda Sanggau yang dulunya adalah rumah peninggalan pada jaman belanda. Mess Pemda ini masih terawat dengan baik dan kawasan di sekitar Mess Pemda tertata rapi.

Alamat Mess Pemda

Mess Pemda beralamatkan di Desa Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat atau berada di Kawasan Wisata Front Kampung Sentana.

Kodepost Mess Pemda : 78516

No telpon Mess Pemda : -

Jalur Transportasi ke Mess Pemda

jalur transportasi dan petalokasi mess pemda sanggau

Untuk jalur transportasi dari Bandara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya berjarak sekitar 204 Km atau lama waktu tempuh 4 jam 30 menitan.

Sedangkan jalur dari Bandar Udara Tebelian, Kabupaten Sintang berjarak sekitar 117 Km atau waktu tempuh sekitar 2 Jam 43 Menitan dengan menggunakan roda dua dan empat, anda akan sampai di tempat bersejarah ini.

Google Map Mess Pemda Sanggau

Apa yang unik di Mess Pemda ?

Lokasi bertemunya sungai kapuas dan sekayam

Gambar mess pemda, lokasi pertemuan antara sungai sekayam dan sungai kapuas
Foto : Pertemuan antara sungai sekayam dan sungai kapuas

Mess Pemda adalah wisata sejarah yang berlokasi tepat di front Objek Wisata Kampung Sentana. Ditempat ini anda akan dilihatkan dengan panorama sungai kapuas yang membentang luas. Di tempat ini juga merupakan persimpangan sungai dimana bertemunya sungai kapuas dan sungai sekayam.

Panorama Sungai Kapuas yang membentang luas

Panorama sungai kapuas sanggau yang indah
Foto : Panorama Sungai Kapuas, disela-sela pagar pembatas Sungai
Sambil berjalan - jalan dipinggir sungai menikmati udara segar dan tiupan angin dari sungai kapuas, membuat anda betah berlama-lama disana.

Jembatan Gantung, Salah satu icon Sanggau

Jembatan Gantung Sanggau di Sungai sekayam

Disekitar mes pemda, akan menikmati pemandangan jembatan gantung yang dulunya adalah jembatan akses utama menghubungkan Sanggau dengan Kabupaten Lain, Seperti Sekadau dan Sintang. 

Foto jembatan gantung sanggau malam hari

Foto Bang Nafi :  jembatan gantung sanggau malam hari
Karena faktor usia dan kekuatan jembatan, akhirnya dibangun jembatan kedua yang sekarang dijadikan akses utama dan jembatan lama digunakan sebagai objek wisata. Jika malam hari Jembatan ini akan mengeluarkan sinar dimana-mana akibat dari efek lampu yag dipancarkan. anda hanya diperkenankan melewati jembatan itu dengan berjalan kaki/roda dua saja. Untuk roda empat sudah tidak diperbolehkan lagi.

Rumah Dinas Mess Pemda

Mess Pemda Sanggau
Foto : Mess Pemda Dari Depan

Bangunan yang diwariskan dari jaman belanda dan mempunyai saksi bisu keberadaan penjajah belanda pada waktu itu, sampai sekarang masih terjaga dan terawat dengan baik. Karena tempatnya yang bersejarah maka tidak sembarangan orang bisa memasuki mess pemda. 

Jadi, tempat ini belum bebas untuk dikunjungi masyarakat luas.Biasa Mess Pemda menjadi tempat menginap Tamu - tamu besar, dan Pejabat Tinggi, Sehingga jika anda ingin memasuki kawasan ini anda harus meminta permisi/izin ke penjaga pintu gerbang di Mess Pemda. Jika Penjaga tidak memperbolehkan masuk, jangan hawatir disekitar Mess Pemda masih banyak tempat-tempat yang bagus, anda masih bisa menikmati hamparan luas Sungai kapuas disekitar mess pemda.

Foto Foto Mess Pemda dan Front Sentana

Berikut kami bagikan foto-fofo indah bangunan dan tempat bersantai di Front Sentana dan Mess Pemda

Hamparan sungai kapuas di mes pemda sanggau
Foto : Depan Rumah Dinas Mess Pemda
Jalan di front sentana dan mess pemda
Foto Jalan di Mess Pemda/Front Sentana

Bangunan yang indah mirip dengan front di malaysia
Foto : Disisi kiri bangunan Mess Pemda
Bangunan mirip pendopo, dulunya ramai untuk latihan anak sanggar
Foto : Bangunan bercorak Melayu berada di pintu masuk mess pemda/Front Sentana

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url