Wisata Buatan : Danau Singasap, antara keindahan dan misteri kemunculan Puake

Wisata Buatan : Danau Singasap, antara keindahan dan misteri kemunculan Puake

 Pancurajipost.com - Danau Singasap adalah Danau yang terbentuk dari aliran sungai kecil yang dibendung membentuk danau yang luasnya sekitar 1 Ha. Danau ini dulunya adalah lokasi bekas kem perusahaan yang mengolah lahan disana. 

Alamat Danau Singasap

Danau Singasap belamatkan di Dusun Selabe, Desa Muara Ilai, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 

Kodepost Danau Singasap :78555

No telpon Danau Singasap : 0813 4884 7928 (Tourguide Beduai )

Jalur transportasi Danau Singasap

Danau singasap dapat di tempuh menggunakan roda dua dan roda empat. Dari Kota Sanggau jarak sekitar 100 Km, atau 2 Jam 30 menitan. Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio Kubu Raya bisa di tempuh dengan jarak 218 Km atau sekitar 5 jam berkendara.

Akses masuk dari simpang Desa Muara Ilai menuju ke Lokasi Danau Singasap
Akses masuk dari simpang Desa Muara Ilai menuju ke Lokasi Danau Singasap

Jarak akses masuk dari simpang Desa Muara Ilai menuju ke Lokasi Danau Singasap sekitar 15 Km atau 1 jam perjalanan. Bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Khusus pengguna roda empat diharapkan menggunakan mobil yang bergardan seperti hilux dan strada karena jalan yang masih tanah dan bergelombang.

Apa yang unik di Danau Singasap ?

Keindahan Danau Singasap

Keindahan danau singasap
Danau Singasap memantulkan panorama keindahan langit karena kejernihannya

Danau ini sangat indah dan jernih.  Anda akan menemukan spot foto yang bagus disini. Air Danau yang memantulkan panorama langit, menambah sensasi keindahan danau singasap.

Tiupan angin yang muncul dari permukaan danau dan suara angin dari sela semak semak belukar disekeliling danau., membuat terapi tersendiri untuk mencari ketenangan dalam menghabiskan liburan anda.

Lokasi Spot Pemancingan Ikan Nila Babon

Danau singasap adalah salah satu danau yang recomended buat para pemancing mania di Indonesia. Di Danau ini terdapat berbagai macam ikan. Menurut warga setempat yang pernah memancing disana, Ikan nilanya besar -besar karena jarang terjamah oleh para pemancing. disamping itu Danau singasap merupakan danau yang ajaib karena dimusim kemarau tiba, danau ini tak pernah kering, sehingga wajar lokasi ini sarang ikan ikan babon.dan lokasi ini juga sangat terjaga karena konon kabarnya pernah ada warga yang melihat keberadaan penunggu danau yaitu Puake di tengah danau ini. Hiiii...jadi seram.

Puake di tengah danau singasap beduai
Puake : penunggu Danau Singasap Beduai

Misteri Kemunculan Puake di Danau Singasap

Cerita ini bermula dari salah seorang warga dusun selabe yang sedang berada di lokasi danau, tiba tiba dia melihat kemunculan Puake yang besar dan putih di tengah Danau. Kata warga Puake itu tidak menggangu pengunjung yang ingin berwisata ke Danau Singasap.

Apa itu Puake ?

Puake adalah sejenis binatang yang tak kasat mata, yang dipercaya masyarakat Kalimantan sebagai penunggu perairan di Daratan Kalimantan. bisa terlihat hanya kepada orang-orang tertentu saja. Puake sendiri mempunyai beberapa versi ada puake jenis Ular Besar , Buaya Putih dan ada jenis lainnya. Namun Sebagian masyarakat Kalimantan lainnya, percaya Puake adalah Binatang Purba yang sangat besar dan hidup di perairan yang sangat dalam dan tidak bisa terjangkau manusia. Adalagi yang beranggapan Puake adalah Binatang yang disisipi mahluk Jin.

Larangan dan Pantangan di Danau Singasap

Ada larangan dan pantangan yang harus anda patuhi ketika berada di Danau Singasap.diantaranya :

1. Tidak boleh berenang di Danau Singasap.

2. Tidak boleh mencemari air Danau dengan membuang sampah, obat racun apapun yang menyebabkan ikan-ikan di Danau terusik dan mati.

3. Tidak boleh berkata kotor./melakukan perbuatan kotor di Danau

Untuk keamanan, Pengunjung yang akan berwisata di Danau Singasap, diharapkan membawa pemandu atau warga sekitar agar perjelanan wista anda lebih nyaman dan aman.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url