Tugu Khatulistiwa Park, Jalur Titik Kulminasi Matahari di Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Tugu Khatulistiwa Park adalah salah satu Tugu yang dilewati garis Khatulistiwa dengan adanya peristiwa titik kulminasi Matahari yang biasa terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21s/d 23 Maret dan 21s/d 23 September setiap tahunnya. Namun Tanggal terjadinya kulminasi bisa berubah sesuai dengan kondisi alam. 

Tugu Khatulistiwa adalah salah satu Landmark Provinsi Kalimantan Barat yang menjadi salah satu tujuan wisata Unggulan.

Tugu Khatulistiwa Park, Jalur Titik Kulminasi Matahari di Kalimantan Barat Foto
Tugu Khatulistiwa Park, Jalur Titik Kulminasi Matahari di Kalimantan Barat Foto (Farid Herman)

Karena peristiwa alam ini maka Tugu Khatulistiwa Park telah menjadi event tahunan di kota Pontianak yang bisa mendatangkan turis dari Dalam Negeri bahkan dari Luar Negeri yang ingin melihat secara langsung Matahari Tepat diatas Kepala anda tanpa ada bayangan sedikitpun.

Selain Fenomena alam, di Tugu Khatulistiwa Park juga dilengkapi dengan catatan sejarah didalam ruangan Tugu serta disekeliling Tugu terdapat taman yang sangat indah berdekatan dengan sungi kapuas.

Alamat Tugu Khatulistiwa Park

Tugu Khatulistiwa Park beralamatkan di Jl. Khatulistiwa, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kodepost Tugu Khatulistiwa Park :  78244

No telpon Tugu Khatulistiwa Park : (0561) 881643 (Management UPTD Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata).

Google Map Tugu Khatulistiwa Park

Jalur Transportasi menuju Tugu Khatulistiwa Park

Geser gambar untuk melihat seluruh pintu masuk dari jalan raya Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa Park berada di pinggir sungai Landak atau sekitar 150 meter jaraknya. Sungai Landak ini merupakan jalur keluar masuk Kapal kapal Besar dari berbagai pulau seperti Jawa, Jakarta menuju Pelabuhan Pontianak.

Masyarakat dari Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang dan sekitarnya  Dari Tugu Ali Anyang menuju Tugu Khatulistiwa Park sekitar sekitar 12.1 Km atau sekitar 25 menit berkendara (Tanpa Terjebak Macet) lurus melalui jalan Ahmad Yani melewati Jembatan Landak Twin ke Jalan Khatulistiwa.

Sedangkan Para turis yang datang dari Bandara Internasional Supadio atau Taman Dirgantara Lanud Supadio Kubu Raya menuju Tugu Khatulistiwa Park berjarak sekitar 24.9 Km atau sekitar 50 menit berkendara melalui jalan arteri supadio menuju Bundaran Tugu Digulis Pontianak belok kanan ke jalan Daya nasional , jalan sultan hamid dan melewati jembatan kapuas 1 dan Jembatan Landak Twin menuju Jalan Khatulistiwa.

Apa yang menarik di Tugu Khatulistiwa Park

1. Tugu garis Khatulistiwa

Geser gambar untuk melihat sekeliling Tugu Khatulistiwa Park

Di area ini berdiri dengan kokoh Tugu Khatulistiwa dengan anak panah diatasnya. Tepat di bawah Tugu terdapat ruangan bawah tanah yang digunakan sebagai tempat menyimpan benda bersejarah.

Ruangan Tugu Khatulistiwa 

Geser gambar untuk melihat sekeliling ruangan tugu khatulistiwa

Ruangan dalam tugu terdapat AC, TV, foto foto dan tulisan bersejarah yang bisa anda lihat dan baca. Area ini juga sebagai spot foto para pengunjung yang datang, karena didalam nya juga terdapat Tugu Khatulistiwa berukuran kecil.

Tata Terbib Pengunjung Masuk ke Ruangan Tugu Khatulistiwa

  1. Pengunjung diwajibkan mengisi buku tamu, jika rombongan cukup wakil satu orang
  2. Dilarang membawa makanan dan minuman
  3. Dilarang membawa hewan peliharaan
  4. Dilarang meroko'

2. Festival Pesona Kulminasi Matahari

Setiap tahunnya, Kota Pontianak mengadakan Fesival Pesona Kulminasi Matahari atau disebut juga hari tanpa bayangan yang diselenggarakan setiap tanggal 21s/d 23 Maret dan 21s/d 23 September.

Untuk anda yang ingin mengikuti Festival ini, dianjurkan menghubungi nomor yang tertera diatas untuk memastikan tanggal pelaksanaannya.

Pada tahun 2023 ini, Fesival Pesona Kulminasi Matahari diadkaan pada tanggal 21 Maret 2023 yang dihadiri ribuan pengunjung yang ingin melihat bayangan mereka lenyap saat matahari diatas kepala.

Konon jika anda tidak sengaja berjalan melintasi tepat di garis Kulminasi maka anda akan awet muda.

Mendirikan telur

Peristiwa Kulminasi Mendirikan Telor di Tugu Khatulistiwa Foto
Peristiwa Kulminasi Mendirikan Telor di Tugu Khatulistiwa Foto (Humas BRIN)

Peristiwa menjelang matahari tepat berada di atas garis Khatulistiwa ditandai dengan mendirikan telur-telur secara tegak di Tugu Khatulistiwa Park.

Telur-telur tersebut bisa berdiri tegak dan tanpa bayangan sehingga unik dan menjadi sebuah fenomena alam yang terjadi setiap dua kali dalam setahun.

Peneliti Sains Antariksa BRIN (Badan Riset Inoveasi Nasional), La Ode Muhammad Musafar mengatakan bahwa  Kulminasi Matahari menjadi momentum edukasi antariksa kepada masyarakat serta menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak bisa dilewatkan ketika sedang berkunjung ke Pontianak

"fenomena kulminasi ini sebenarnya sebagai peristiwa untuk mengingatkan fenomena yang tidak hanya berhubungan dengan sains astronomi tetapi juga sains antariksa ( cuaca antariksa)". Terang Musafar.

3. Taman

Geser Gambar untuk melihat sekeliling di sekitar Tugu Khatulistiwa Park
Area taman di Tugu Khatulistiwa Park dilengkapi dengan jalanan trotoar yang lebar hanya dilalui para pejalan kaki yang ingin menikmati dan bersantai.

Terdapat juga Replika Globe Dunia yang berisi peta di berbagai belahan Dunia yang dikelilingi tempat duduk untuk bersantai lengkap dengan atapnya mirip stadion kecil yang berdekatan dengan sungai landak.

Taman dan Bola Dunia di Tugu Khatulistiwa Park Foto
Taman dan Bola Dunia di Tugu Khatulistiwa Park Foto

4. Kuliner dan Cendramata


Lorong Di Tugu Khatulistiwa Park Foto
Lorong Di Tugu Khatulistiwa Park Foto (ong weyjuo)
Sepanjang area taman ini terdapat berbagai makanan dan minuman dengan bangunan ala pedesaan beratap dedaunan dilengkapi dengan jalan kecil yang rapi untuk para pejalan kaki.

Terdapat juga Toko penjualan cendramata khas Kalimantan Barat seperti kain batik, Miniatur Tugu Khatulistiwa dan lain lain.

5. Wahana Permainan

Wahana Permainan di Tugu Khatulistiwa Foto
Wahana Permainan di Tugu Khatulistiwa Foto (hariady hariady)
Di Kawasan Tugu Khatulistiwa Park dilengkapi dengan wahana permainan mobil mobilan untuk anak dan orang dewasa serta berderet becak yang bisa anda gunakan untuk bersantai dan bergembira bersama keluarga tercinta serta wahana lainnya.

6. Front Tugu Khatulistiwa

Geser Gambar untuk melihat sekeliling Front Tugu Khatulistiwa
Terdapat Front paling ujung di Tugu Khatulistiwa. Area ini tepat di pinggir sungai. Pemandangan Sungai yang indah akan terlihat, berbagai kapal kapal yang melewati menghiasi area sugai serta sunset di sore hari yang bisa anda nikmati bersama keluarga anda.

Front Tugu Khatulistiwa Foto
Front Tugu Khatulistiwa Foto (Chels)

7. Kapal Wisata bandong

Kapal Bandong di Kawasan Tugu Khatulistiwa Foto
Kapal Bandong di Kawasan Tugu Khatulistiwa Foto (ARVIN WIDIAWAN, BA, MM)
Di front Tugu Khatulistiwa Park terparkir kapal bandong yang biasa mengangut para penumpang yang ingin mengelilingi Sugai di Kota Pontianak.

Pemandangan indah terbentang akan ada lihat diarea ini selama kurang lebih 1 jam berlayar menelusuri sungai yang besar ini.

Untuk tarif naik ke Kapal Bandong sekitar Rp. 15.000/ Orang (Harga Bisa berubah). selama 30 - 1 jam berlayar.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Tugu Khatulistiwa Park

Berapa tarif masuk ke Tugu Khatulistiwa Park?

Tiket masuk ke Tugu Khatulistiwa Park gratis, hanya saja ada ada tarif sukarela untuk masuk toilet dan parkir.

Jam berapa buka dan tutup di Tugu Khatulistiwa Park

Tugu Khatulistiwa Park buka setiap jam kerja mulai pukul 08.30 WIB - 16.00 WIB. Sedangkan tamannya buka nya sampai malam.

Apakah ada tempat oleh oleh di Tugu Khatulistiwa Park?

Ya, disekitar Tugu Khatulistiwa Park terdapat deretan aneka kuliner dan terdapat pusat oleh oleh yang bisa anda beli untuk kenang kekangan telah sampai di Kota Pontianak.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Tugu Khatulistiwa Park, Jalur Titik Kulminasi Matahari di Kalimantan Barat"