Review Supadio International Airport

Review Supadio International Airport
Review Supadio International Airport

 Pancurajipost.com -  Supadio International Airport atau Bandar Udara Internasional Supadio adalah Bandara berkelas Internasional yang berada di Kalimantan barat dengan letaknya masuk wilayah Kabupaten Kubu Raya. Namun Bandar Udara Internasional Supadio ini berdekatan juga dengan Ibukota Provinsi Kalimantan Barat yaitu Pontianak dengan jarak hanya sekitar 17 Km saja.

Sejarah Supadio International Airport

Tahun 1940 

Bandar Udara Internasional Supadio ini dulu bernama Bandar Udara Sei Durian yang dibangun pada tahun 1940 

Tahun 1980

Kemudian pada tahun 1980 an, nama Bandar Udara Sei Durian dirubah menjadi Bandar Udara Supadio yang dikelola  PT. Angkasa Pura II. 

Tahun 1989

Pada tahun 1989, Bandar Udara Supadio membuka rute penerbangan Internasional yaitu ke Negara Malaysia tepatnya ke Bandar Udara Internasional Kuching.

Tahun 2010 -2011

Bandar Udara Supadio memperlebar landasan pacu dari 30 meter jadi 45 meter

Tahun 2012

Pada tahun 2012, Bandar Udara Supadio mulai dibangun dengan penambahan terminal dan landasan pacu yang lebih lebar dan panjang berkelas Internasional. Tender landasan pacu telah dilakukan.sepanjang 2.250 meter.

Tahun 2013

Pada awal tahun 2013, dilakukan pelapisan sekaligus penambahan landasan pacu lagi menjadi 2.500 meter. Pada tahun yang sama dilakukan kembali penambahan landasan pacu yang baru dengan lebar dan panjang 60 meter Lebar, dan 3.500 meter panjangnya

Untuk luas Bandar Udara Supadio ialah 528 ha. Dengan fasilitas dan pembangunan yang ada, Bandar Udara Supadio diberinama yang baru dengan menambahkan Internasional yaitu Bandar Udara Internasional Supadio, atau dalam bahasa inggrisnya Supadio International Airport. (Sejarah Supadio International Airport : angkasapura2.co.id)

Alamat Supadio International Airport

Supadio International Airport beralamatkan di Jalan Arteri Supadio Km. 17, Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat 

Kodepost Supadio International Airport :78381

No telpon Supadio International Airport : 138

Email Supadio International Airport: contact.center@angkasapura2.co.id

Jalur Transportasi menuju Supadio International Airport

Dari Tugu Bundaran Untan Kota Pontianak menuju ke Supadio International Airport hanya berjarak sekitar 13.5 Km atau hanya 25 menit saja.
Dari Trans Studio Mini Kubu Raya menuju ke Supadio International Airport hanya berjarak 10.3 Km atau hanya 20 menit saja.

Google Map Supadio International Airport

Fasilitas Apa Saja di Supadio International Airport

Parkir  Supadio International Airport

Geser Gambar untuk melihat seluruh area parkir  Supadio International Airport

 Supadio International Airport memiliki tempat parkir yang cukup luas. Anda bisa menitipkan kendaraan anda dengan tarif perjam sesuai aturan parkir  Supadio International Airport.

Pintu Masuk dan Keluar Penumpang Supadio International Airport

Geser gambar untuk melihat seluruh pintu masuk dan keluar penumpang Supadio International Airport
Di Pintu masuk atau kedatangan, dimana anda bisa masuk menggunakan mobil dan menurunkan para penumpang menuju ke Supadio International Airport. Ditempat ini juga berderet taxy bandara yang siap mengantarkan anda kemanapun tujuan anda, atau sekedar untuk berjalan jalan sekitar kota.

Ruang Tunggu Penumpang dan Pusat Kuliner Supadio International Airport

Geser gambar untuk melihat seluruh ruang tunggu penumpang Supadio International Airport

Antrian Bagasi Supadio International Airport

Supadio International Airport
Antrian Bagasi Supadio International Airport (Farras dan Bagas FnB)
Di Supadio International Airport, terdapat antrian bagasi yang cukup luas, memudahkan anda untuk mengambil berbagai barang bawaan yang keluar dari Bagasi Supadio International Airport.

Ruangan Cek in Supadio International Airport

Ruangan Cek in Supadio International Airport
Ruangan Cek in Supadio International Airport (Ajie Arief)
Bercorak khas Dayak,Suku Asli Kalimantan Barat. Ruangan Cek in Supadio International Airport menghiasi di sudut dan atap, ada layar televisi diatas berisi jadwal keberangkatan serta banyaknya pintu loket yang memudahkan para penumpang untuk cek in dengan cepat di Supadio International Airport.

Lorong Jembatan menuju atau keluar masuk penumpang pesawat Supadio International Airport

Supadio International Airport
Lorong Jembatan menuju atau keluar masuk penumpang pesawat Supadio International Airport (Deja Vu)
Lorong Jembatan menuju atau keluar masuk penumpang pesawat Supadio International Airport yang cukup unik, dengan dinding transparan serta dibatasi dengan pagar stainles, menyajikan perjalanan menuju pesawat atau keluar pesawat anda teasa nyaman yang bisa tembus melihat pesawat pesawat besar diluar ruangan.

Lapangan Pesawat Besar untuk menaikan dan menurunkan penumpang Badara Internasional Supadio

Lapangan Pesawat Besar untuk menaikan dan menurunkan penumpang Badara Internasional Supadio
Lapangan Pesawat Besar untuk menaikan dan menurunkan penumpang Badara Internasional Supadio (Kirwan Sumiharjo)
Ditempat ini penumpang akan naik dan turun. yang terdapat bus damri besar untuk membawa para penumpang meninggalkan lapangan landasan menuju ke ruang bagasi di Supadio International Airport.

Kids Zone di Bndar Udara Internasional Supadio

Kids Zone di Bndar Udara Internasional Supadio
Kids Zone di Bndar Udara Internasional Supadio (Marcos W. Yap)
Sambil menunggu pesawat datang, anda dan buah hati anda bisa bermain mengusir kebosanan selama menunggu sehingga anak anak anda tetap merasa bahagia walau di Bandara yang penuh dengan penumpang.

Pusat Makanan dan Oleh oleh di Supadio International Airport

Pusat Makanan dan Oleh oleh di Supadio International Airport
Pusat Makanan dan Oleh oleh di Supadio International Airport (Deja Vu)

Dalam perjalanan, jika anda belum sempat membeli makanan cemilan atu sekedar membeli oleh oleh khas Kalimantan Barat, di Supadio International Airport telah tersedia. Jadi anda tidak perlu repot repot lagi berbelanja di luar area Supadio International Airport.

Baby Stroller Supadio International Airport

Baby Stroller Supadio International Airport
Baby Stroller Supadio International Airport (Dwi Permitasari)
Bagi Ibu ibu yang membawa Bayi tidak perlu repot repot menggendongnya. di Supadio International Airport telah tersedia Baby Stroller yang bisa anda gunakan gratis.

Reading Corner Supadio International Airport

Reading Corner Supadio International Airport
Reading Corner Supadio International Airport (Yan Alfi Tupen)
Yang hobi baca buku, di Supadio International Airport telah tersedia. Anda bisa membaca sambil menunggu jadwal keberangkatan...asik juga yuah...

ATM di Supadio International Airport

ATM di Supadio International Airport
ATM di Supadio International Airport (Abdulmujib Alhaddad)
Anda tidak perlu repot repot keluar area Supadio International Airport hanya untuk menarik uang dari bank. di Supadio International Airport telah tersedia fasilitas ATM baik Bank Lokal maupun Bank Internasional.
Lift dan Tangga Biasa menuju Lantai Dua Supadio International Airport
Lift dan Tangga Biasa menuju Lantai Dua Supadio International Airport
Lift dan Tangga Biasa menuju Lantai Dua Supadio International Airport (Supri Yatno)
Fasilitas lainnya di Supadio International Airport adalah terdapat lift dan tangga biasa yang bisa anda pilih untuk menuju ke lantai dua atau menuju ke jalur keberangkatan.

Amin Coffee di Supadio International Airport

Amin Coffee di Supadio International Airport
Amin Coffee di Supadio International Airport (Deja Vu)
Pihak pengelola Supadio International Airport memperkenalkan Kopi Asli Kalimantan Barat yang legendaris yang telah membuka cabang di berbagai kota di Indonesia yaitu Kopi AMing/ Aming Coffee. Di bagian ruang kedatangan, anda bisa menjumpai aming coffee yang bisa anda coba sensasi kopi asli Kalimantan Barat yang legendaris.

Selain Fasilitas diatas masih banyak yang lainnya seperti Kotak Saran, Ruangan Cas HP, Spa, Informasi Center, Penukaran Uang Asing/Valas, Foto Box dan lain lain.

Pertanyaan yang sering diajukan di Supadio International Airport

Rute penerbangan mana saja baik Internasional maupun dalam negeri di Supadio International Airport?
Di Supadio International Airport telah menyediakan rute dalam negeri seperti Jakarta, Semarang/yogyakarta, Surabaya. Untuk Luar Negeri tersedia penerbangan langsung menuju ke Kuching dan Kuala Lumpur, dan tidak meutup kemungkinan akan menambah rute rute lainnya.

Transportasi apasaja yang bisa digunakan untuk keluar dari Area Supadio International Airport?
Di dalam area kedatangan telah berjejer taxy bandara yang siap mengantarkan anda ke tujuan area kota Kuburaya dan Ibukota Pontianak. Namun jika anda ingin memilih taxy yang berada di luar bandara, bisa dengan mudah ditemukan dengan jadwal keberangkatan yang bervariasi menuju ke seluruh Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat.

Taxy yang berada diluar berbentuk mobil inova dan sejenisnya yang bisa anda charter layaknya mobil pribadi yang bisa berenti dimana saja.

Selain Taxy alternatif lainnya dengan menggunakan Bus besar seperti Damri yang terdapat di Pangkalan Bis Damri dengan jarak dari bandara ke Pangkaln Damri Pontianak sekitar 15.2 Km atau sekiat 25 menit berkendara.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url