Wisata Air Terjun Riam Budi, Riam Palayo Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Air Terjun Riam Budi atau disebut juga Riam Palayo adalah objek wisata air terjun yang tidak jauh dari Kota Bengkayang, Kalimantan Barat.

Dengan tinggi sekitar 4 meter, Riam Palayo memiliki keindahan serta kejernihan air yang luar biasa karena muara air berasal dari perbukitan gunung bawang dan bukit sekayok.

Air Terjun Riam Budi, Riam Palayo Bengkayang
Air Terjun Riam Budi, Riam Palayo Bengkayang

Riam Palayo menjadi alternatif untuk para warga perkotaan atau para turis yang datang ke Kota Bengkayang untuk menyegarkan diri, refleksi, menikmati derasnya air yang menyegarkan badan dan membuat fikiran juga menjadi tenang.

Alamat Riam Palayo

Riam Palayo beralamatkan di Dusun Riam Palayo, Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kodepost Riam Palayo : 79211

No telpon Riam Palayo : 089622119688 (Desa Wisata Cipta Karya).

No telpon Tourguide Riam Palayo : 085750175096 Melli,  082151174854 Heri

Email Desa Wisata Cipta Karya : hatariseburo1978@gmail.com

Google Map Riam Palayo

Jalur Transportasi menuju Riam Palayo

Riam Palayo berada tidak jauh dari Pusat Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju lokasi hanya berjarak sekitar 6.7 Km atau sekitar 17 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Kondisi jalan masih berbatu tapi rata dan sedikit yang berlobang, pengendara harus berhati hati, kedepan pasti akan di aspal menuju Riam Palayo, karena potensi wisata ini menjadi salah satu wisata andalan serta salah satu PAD Kabupaten Bengkayang.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Kota Bengkayang dilanjutkan menuju Riam Palayo hanya berjarak sekitar 74.2 Km atau sekitar 2 jam 15  menit.

Sedangkan dari Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan ke Kota Bengkayang dilanjutkan ke Riam Palayo dengan jarak sekitar 169 Km atau sekitar 3 jam 56 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Riam Palayo jaraknya hanya sekitar 104 Km atau sekitar 2 jam 30 menit.

Apa yang menarik di Riam Palayo

1. Air terjun

Geser gambar untuk melihat sekeliling Air Terjun Riam Budi, Riam Palayo ketika musim kemarau.

Lokasi favorit di Riam Palayo memiliki tinggi air mengalir sekitar 4 meter dengan deras air tergantung dari musim hujan dan kemarau, Untuk anda yang ingin menikmati derasnya air dan bisa melihat keindahan aliran air Riam Palayo bisa datang ketika musim hujan tiba.

Air Terjun Riam Budi Ketika Pasang
Air Terjun Riam Budi Ketika Pasang Foto (Dheny Milanisti)

Air Terjun Riam Budi, Riam Palayo berada di perbukitan tengah hutan, anda akan merasakan kesejukan angin yang dipancarkan dari rindangnya pepohonan pepohonan yang terpelihara dengan baik serta suara gemercik air yang keluar dari derasnya air yang berbenturan dengan bebatuan besar.

Di bawah air terjun Riam Palayo terdapat kolam yang biasa pengunjung untuk mandi berenang dengan kedalaman sekitar paha orang dewasa dengan sisi sisi kolam terbentuk lempengan bebatuan yang landai untuk duduk duduk santai sambil memandang keindahan Air Terjun Riam Palayo.

Kejernihan air riam palayo
Kejernihan air riam palayo Foto (Chairunnisyah)

Selain itu terdapat lokasi lain di aliran Riam Palayo diatas dan dibawah yang bisa anda nikmati. Kejernihan airnya tak tertandingi, kerikil kerikil dasar air terlihat jelas karena air di kawasan ini masih terjaga dan semoga hulu air terjun Riam Palayo ini tidak di alih fungsi dan tetap menjadi perbukitan sebagai penopang Oksigen Borneo yang kita cintai.

2. Bebatuan

Lempengan bebatuan Riam Palayo
Lempengan bebatuan Riam Palayo Foto (Ridho Wahyu Wisuda)
Salah satu keunikan di Riam Palayo adalah jenis bebatuan yang ada disekitar riam. Batu batuan tersebut solah olah tersusun rapi membentuk tingkatan tingkatan seperti candi di jawa.

Anda bisa naik ke tingkatan ini namun harus hati hati bebatuan ini agak licin. Anda bisa duduk di tingkatan ini sambil merasakan pijatan air dari atas yang mengena kepala anda.

Sensasi ini bisa merilekan badan dan pikiran anda sambil merasakan kesejukan dan dinginnya air pegunungan yang bersih.
Bebatuan di Riam Budi
Bebatuan di Riam Budi Foto (Acih)
Bebatuan ini permukaannya sangat halus, mungkin sudah bertahun tahun bahkan beratus tahun terkena siramam aliran air yang terus menerus melewati permukaan bebatuan di area Riam Palayo.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Riam Palayo

Berapa tiket masuk ke Riam Palayo?

Tiket masuk ke Riam Palayo Rp. 5000/orang dengan biaya parkir motor Rp. 5000 dan Mobil Rp. 10.000.

Apakah ada MCK di Riam Palayo?

Ya,Riam Palayo telah di kelola dengan baik, terdapat gazebo untuk duduk santai, ruang parkir yang tertutup atap, serta fasilitas kamar ganti, MCK dan lain lain.

Bagaimana kondisi jalan menuju Riam Palayo?

Kondisi jalan masih tanah berbatu menuju Riam Palayo, dan tidak menutup kemungkinan lokasi ini akan diaspal.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Wisata Air Terjun Riam Budi, Riam Palayo Bengkayang, Kalimantan Barat"