Pesona Air Terjun Sarai Biang Kapuas Hulu

Pancurajipost.com - Air Terjun Sarai Biang adalah air terjun tertinggi di Kabupaten Kapuas Hulu. Berada di perbukitan dengan posisi Puncak ketinggian 1024 Mdpl, Air terjun ini memiliki sekitar 3 (tiga tingkat) dengan tingkat pertama atau palingrendah sekitar 20 meter, Kemudian tingkat kedua yang menjadi primadona para pendaki dan pengunjung yaitu dengan tinggi sekitar 200 meter lebih berkelok menuju bawah sungai dengan mengikuti lekukan dinding bebatuan yang keras dan hitam.

Pesona Air Terjun Sarai Biang Kapuas Hulu
Pesona Air Terjun Sarai Biang Kapuas Hulu

Sedangkan tingkat ketiga memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih menjulang kebawah menyentuh tingkat 2.

Alamat Air Terjun Sarai Biang  

Air Terjun Sarai Biang  beralamatkan di Kawasan Hutan Dusun Biang 2 (Dua) Desa Tanjung, Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
Kodepost Air Terjun Sarai Biang  : 78757
No telpon Air Terjun Sarai Biang  : Tourguide Resmi Desa Tanjung ( Andreas Sebu)

Google Map Air Terjun Sarai Biang  

Untuk Google mapnya kami belum berani memastikan dimana tepatnya air terjun ini berada karena keterbatasan sinyal, dan berbahaya bagi para pendaki yang mengandalkan Google map dalam mencari area lokasi air terjun.
Selalu memakai jasa tourguide warga lokal jika anda ingin pergi kesana, agar aman dan tidak tersesat.

Jalur Transportasi menuju ke Air Terjun Sarai Biang

Jalur Menuju Desa Tanjung

Dari pusat Kota Putussibau /Tugu Pancasila Kapuas Hulu menuju ke Desa Tanjung dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan empat dengan jalan besaspal dan tanah dengan jarak sekitar 80 Km atau 2 jam 30 menit melalui jalan raya nanga semangut-Putussibau. 

Geser gambar untuk melihat seluruh Simpang jalan raya nanga semangut-Putussibau Desa Tekalong , Kec. Mentebah menuju Desa Tanjung Kec. Mentebah.

Sedangkan Dari Kota Sintang menuju Desa Tanjung, Kec. Mentebah Kapuas Hulu bisa mencapai jarak sekitar 266 Km atau 6 jam perjalanan.

Jalur dari Bandara Pangsuma Putussibau menuju ke Desa tanjung bisa menempuh jarak sekitar 77.8 Km atau 2 jam 30 menitan.

Jalur dari PLBN Badau mmenuju Desa tanjung dengan jarak sekitar 246 Km atau waktu tempuh sekitar 5 jam 15 menit.

Catatan : Pilihkan ketika cuaca kemarau untuk berkunjung ke Desa tanjung, Cuaca penghujan biasanya jalanan selalu banjir sehingga akan menyulitkan anda untuk tepat waktu sampai ke lokasi.

Jalur Dari Desa Tanjung menuju Air Terjun Sarai Biang

Setelah sampai di Desa Tanjung, Alangkah baiknya anda menginap untuk mengumpulkan tenaga di rumah rumah warga sekitar. atau sekaligus mencari warga yang berkenan untuk mengantarkan anda kelokasi. Biaya sewa bervariasi tergantung dari negosiasi mulai dari Rp.150.000 /malam
Jalur Jembatan Gantung menuju Air Terjun Sarai Biang
Jalur Jembatan Gantung Desa Tanjung menuju Air Terjun Sarai Biang
Jika anda datang menggunakan mobil maka kendaraan anda hanya bisa sampai ke pemukiman warga, Untuk melanjutkan ke  Air Terjun Sarai Biang anda harus berjalan kaki sekitar 1 jam meuju kaki bukit atau menyewa motor untuk sampai di kaki bukit yang tidak jauh dari pemukiman warga tanjung sekitar 10 menit.

Perjalanan dilalui melewati bebrapa jembatan gantung yang lebarnya 1 meter saja, dilanjutkan dengan jalanan setapak berbeton, jalan tikus dengan kanan kiri pepohonan rindang, serta beberapa aliran sungai berbatuan.
Kondisi jalan naik turun mengharuskan anda untuk beristirahat. Kebanyakan pendaki yang menuju kesana menginap semalam yang tidak jauh dari area Air Terjun Sarai Biang.

Dibawah kaki air terjun juga terdapat pendopo kecil dengan lebar 3x3 meter sangat cocok untuk anda menginap semalam, atau yang suka camping juga bisa menginap ditempat yang ditentukan sebelum melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Dari Desa tanjung Menuju Air terjun berjalan kaki sekitar 4 jam lebih perjalanan tergantung dari fisik para pendaki.

Apa yang menarik di Air Terjun Sarai Biang   

Objek Wisata Pendakian 
Jalur Sungai menuju Air Terjun Sarai Biang
Jalur Sungai menuju Air Terjun Sarai Biang (Berto Project)

Jalanan yang menanjak membuat jalur menuju Air Terjun Sarai Biang sangat bermakna melewati 5 sungai sungai kecil yang bisa diseberangi, kadang anda harus merangkak untuk sampai puncak, menelusuri semak belukar, hutan hutan kayu yang masih alami dan lain lain.

Air sungai yang jernih biasanya para pendaki menyempatkan untuk mandi dan beristirahat mengumpulakan tenaga supaya segar kembali.

Wisata Buah Durian
Buah Durian di Hutan Air Terjun Sarai Biang
Buah Durian di Hutan Air Terjun Sarai Biang (Berto Project)

Selain air terjunnya, Anda juga bisa menikmati buah durian yang masih segar yang diambil oleh warga sekitar di area hutan Air Terjun Sarai Biang. Namun jika anda ingin menikmati Wisata buah durian ini datanglah ketika musim durian tiba, dijamin anda akan makan sepuasnya buah durian di Desa Tanjung.

Pos Peristirahatan

Pos Peristirahatan untuk berkemah dan beristirahat dekat dengan Air Terjun Sarai Biang
Pos Peristirahatan untuk berkemah dan beristirahat dekat dengan Air Terjun Sarai Biang (Berto Project)

Setelah 4 jam perjalanan, sampailah anda di Pos peristirahatan yang dibangun permanen, sangat rekomendasi untuk beristirahat disini sambil mendirikan tenda, memasak, membuat kopi dan lain lain. Dari Pos Peristirahatan anda bisa berjalan kaki menuju kelokasi kurang lebih 30 menit perjalanan untuk sampi ke air tejun Sarai Biang.

Pesona Keajaiban Air Terjun Sarai Biang  

Tingkat 1 
Air Terjun Sarai Biang Tingkat 1
Air Terjun Sarai Biang Tingkat 1/Dasar (Wawan Saputra)
Pada tingkat satu ini, anda bisa leluasa mandi karena terdapat kolam dibawahnya yang bisa anda gunakan untuk merasakan dingginnya Air terjun Serai Biang. 

Tingkat Kedua ( Favorit para Pendaki)

Pesona Air Terjun Sarai Biang tingkat dua
Pesona Air Terjun Sarai Biang tingkat dua
Dengan Panjang sekitar 200 meter lebih menjuntai kebawah melalui dinding batu perbukitan dengan kanan dan kiri pepohonan membuat siapa saja yang melihat terasa takjub akan keindahan ciptaan Tuhan.
Pesona Air Terjun Sarai Biang Kapuas Hulu
Pesona Air Terjun Sarai Biang Tingkat Dua

Air Terjun Sarai Biang tingkat dua tidak ada duanya, Hembusan embun air terjun yang berasal dari percikan air yang terlalu panjang sehingga membuat embun seperti kabut menghempas cape dan lelah selama perjalanan.

Aroma dingin dan gemuruh aliran air membuat kita semakin takjub dan mencintai alam Borneo ini yang selalu dan akan kita jaga sampai anak cucu kita kelak.

Air Terjun Sarai Biang  tingkat 3 ( Puncak)
Air Terjun Sarai Biang  tingkat 3 ( Puncak)
Air Terjun Sarai Biang  tingkat 3 ( Puncak)

Dengan ketinggian diatas 1024 Mdpl, anda juga bisa merangkak melewati sisi sisi tebing untuk sampai ke puncak, namun anda harus berhati hati untuk mencapai puncak ke tiga dengan kondisi bebatuan yang licin dan berair.

Sejarah Air Terjun Sarai Biang

Menurut cerita dari tourguide desa tanjung Andreas Sebu yang telah sering mengantarkan para turis ke air tejun, bahwa pada zaman dahulu ada sepasang suami istri yang sedang bertengkar kecil. Untuk melampiaskan kekesalannya sang istri membawa anjing peliharaan pergi ke hutan untuk berburu untuk menghibur hati yang lai gundah kulana.

Sang wanita tersebut terus berburu menelusuri perbukitan, Tiba tiba sang anjingpun menggongong dan lari kencang karena melihat babi hutan. Sang Wanitapun mengikuti kemana anjing itu lari.
Semakin jauh berburu mengejar babi sampailah dia ke air tejun dan menemukan pertama kali air terjun tersebut.

Melihat Keindahan Air tejun, maka mandilah si wanita tersebut sehingga amarah yang masih terpendam hilang, yang tersisa hanya senang, takjub akan keindahan airnya.

Kemudian dia turun bukit dan menceritakanlah kejadian itu ke suami dan tetangganya, Nama wanita yang berburu tersebut bernama Sarai Biang, sehingga masyarakat tanjung menamakan air terjun tersebut menjadi Air terjun Sarai Biang.

Pantangan Ketika di area Air Terjun Sarai Biang

Anda para pecinta alam pasti tidak asing dengan pantangan pantangan yang tidak boleh dilanggar selama berada di hutan yang jarang dikunjungi.
Dikawasan Air Terjun Sarai Biang,pantangan yang tidak boleh anda lakukan diantaranya :
  • Tidak boleh membawa ikan asin dan membakarnya
  • Selama perjalanan tidak boleh berteriak, Apakah anda pernah merasakan hujan secara tiba tiba di hutan yang jarang dikunjungi? inilah mengapa warga tanjung menyarankan agar anda selama perjalanan dilarang berisik/mengumpat kata kata kotor, Hormati penduduk lokal yang ada di hutan.
  • Tidak boleh mengambil tanaman anggrek/langka
  • Tidak boleh merusak lingkungan
  • Wajib mengisi buku tamu yang disediakan Tourguide untuk lapran ke Desa Tanjung, Hal ini dilakukan agar terjadi masalah bisa terdeteksi dengan mudah.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Sarai Biang  

Berapa tiket masuk menuju Air Terjun Sarai Biang?

Sementara Desa Tanjung belum menerapkan tarif, namun anda harus membayar sewa tourguide agar aman dan selamat. Biaya bekisar (Uang roko/ Rp.150.000/ malam tergantung keiklasan anda memberi)

Apakah Air Terjun Sarai Biang bisa diakses dengan mobil/motor?

Mobil hanya bisa sampai ke rumah tourguide, Dan motor hanya bisa sampai ke kaki bukit, Selanjutnya berjalan kaki sekitar 4 jam, jika anda kuat nafas maka perjalanan tidak sampai 2 jam.

Apakah Air Terjun Sarai Biang sudah ada fasilitas MCK?

Di Air Terjun Sarai Biang belum terbangun fasilitas MCk, namun anda bisa berhajat di sungai sungai yang mengalir sepanjang air terjun.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Pesona Air Terjun Sarai Biang Kapuas Hulu"