Review Bukit Pajamet Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Bukit Pajamet adalah wisata perbukitan di pinggiran Kota Bengkayang yang menawarkan panorama alam bentangan awan putih perbukitan dari atas bukit Pajamet dipagi hari.

Bukit Pajamet juga sebagai wisata Jungle Tracking untuk para pecinta alam yang suka traking ditempat tempat perbukitan dan pegunungan.

Bukit Pajamet Bengkayang, Kalimantan Barat
Bukit Pajamet Bengkayang, Kalimantan Barat Foto (Explore Wisata Bengkayang Fb)

Ketika melakukan traking, anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah sawah darat, perkebunan lada warga, sungai yang jernih, bebatuan besar serta pepohonan rindang menemani jalan tikus yang telah dibuat oleh BUMDES Cipta Karya bekerja sama dengan POKDARWIS setempat.

Alamat Bukit Pajamet

Bukit Pajamet beralamatkan di Dusun Riam Palayo Desa Wisata Cipta Karya Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kodepost Bukit Pajamet: 79211

No telpon Tourguide Bukit Pajamet :  085750175096 Melli,  082151174854 Heri, 085750298756 Krismon.

Google Map Bukit Pajamet

Jalur Transportasi menuju Bukit Pajamet

Jalur menuju Bukit Pajamet berada tidak jauh dari Objek Wisata Air Terjun Riam Budi, Riam Palayo karena jalur traking dan parkir kendaraan dimulai tepat dari Kawasan riam palayo.

Dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju lokasi parkiran riam palayo hanya berjarak sekitar 6.7 Km atau sekitar 17-30 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Kondisi jalan masih berbatu tapi rata dan sedikit yang berlobang, pengendara harus berhati hati, kedepan pasti akan di aspal menuju riam palayo.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Kota Bengkayang dilanjutkan menuju lokasi parkiran Riam Palayo hanya berjarak sekitar 74.2 Km atau sekitar 2 jam 15  menit.

Sedangkan dari Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan ke Kota Bengkayang dilanjutkan ke parkiran Riam Palayo dengan jarak sekitar 169 Km atau sekitar 3 jam 56 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju parkiran Riam Palayo jaraknya hanya sekitar 104 Km atau sekitar 2 jam 30 menit.

Setelah samapai di tempat parkiran Riam Palayo dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 3000 meter menuju puncak Bukit Pajamet, perkiraan waktu tempuh rata sata 1 jam jalan santai. Namun jika anda tidak terlalu kuat nafas bisa sampai 90 menit.

Untuk kondisi jalan traking sendiri merupakan jalan tikus warga yang biasa dilalui untuk pergi ke ladang ladang mereka di lereng perbukitan. 

Mulai dari tempat parkiran Riam Palayo berjalan kaki, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah kering diperbukitan, kebun lada warga, sesekali menyeberang aliran sungai kecil menggunakan jembatan bambu yang dibuat warga serta jalanan menanjak yang menguras tenaga dan membuat nafas tidak beraturan.

Namun, jalanan naik ke bukit tersebut telah dibuat berundak tangga yang memudahkan para pengunjung yang ingin menuju Bukit Pajamet.

Apa yang menarik di Bukit Pajamet

1. Negeri di atas Awan

Bukit Pajamet Bengkayang
Bukit Pajamet Bengkayang Foto (Dewi Cika Fb)
Bukit Pajamet memanjakan para pengunjung yang ingin melihat bentangan suasana pemandangan perbukukitan dari atas. Ketika pagi hari anda akan melihat Kota Bengkayang dan perbukitan disekitarnya tertutup awan, seakan akan akan anda berada di Negeri diatas awan.

Selain panorama indah dipagi hari juga kondisi alam disekitar bukit yang dingin, secangkir kopi panas akan semakin membuat hati senang, tenang, dan bangga atas anugerah keindahan yang diberikan Sang Pencipta di atas Bukit Pajamet.

Wonderful Bukit Pajamet Bengkayang
Wonderful Bukit Pajamet Bengkayang Foto (Dewi Cika Fb)

2. Camping

Camping di Bukit Pajamet Bengkayang
Camping di Bukit Pajamet Bengkayang Foto (Dewi Cika Fb)
Untuk anda yang ingin merasakan suasana pagi hari memang harus menginap atau camping di area Bukit Pajamet.

Lokasi Bukit Pajamet menjadi langganan para pecinta alam untuk camping bersama menghabiskan waktu liburan akhir pekan tidur dialam bebas dibawah pepohonan rindang dengan akses jalan yang mudah dan waktu perjalanan yang singkat hanya 1 jam saja.

3. Spot Foto

Puncak Bukit Pajamet Bengkayang
Puncak Bukit Pajamet Bengkayang
Tak diragukan lagi, panorama keindahan Bukit Pajamet tiada tanding. Terdapat Mata Raksasa buatan kreatif para pemuda POKDARWIS Riam Palayo di puncak bukit. Anda bisa mengabadikan momen foto yang merupakan ciri khas kenang kenangan jika anda sudah berfoto di mata raksasa Bukit Pajamet.

Selain itu juga dibangun beberapa spot foto lainnya yang bisa anda nikmati dan dijadikan objek berfoto di Bukit Pajamet.

4. Sunset

Sunset di Bukit Pajamet Begkayang
Sunset di Bukit Pajamet Begkayang Foto (Dewi Cika Fb)
Keindahan mata hari terbit yang muncul dari sela sela perbukitan terlihat sangat menawan di puncak Bukit Pajamet.

Sambil duduk duduk diatas tangga, dan spot menara di area Bukit Pajamet ditemani secagkir kopi sungguh pengalaman yang tak terlupakan,  sentuhan kehangatan matahari pagi yang mengusir dinginnya perbukitan.

Pertanyan yang sering ditanyakan di Bukit Pajamet

Berapa tarif masuk ke Bukit Pajamet?

Karena telah dikelola, Untuk tarif masuk ke Bukit Pajamet menggunakan tarif paket perjalanan dengan gambaran daftar harga sebagai berikut:

  • Parkir Motor Rp. 10.000
  • Parkir Mobil Rp. 15.000
  • Tiket masuk Rp. 10.000/orang
  • Sewa tourguide mulai dari Rp. 150.000/trip.

Jika anda ingin menanyakan lebih rinci tentang harga paket yang ditawarkan atau negosiasi harga diskon bisa menghubungi salah satu nomor telpon tourguide yang tercantum diatas.

Apakah hanya mengandalkan penunjuk arah google map bisa sampai di Bukit Pajamet?

Tidak, tidak disarankan menggunakan google map menuju lokasi yang berada di hutan. titik lokasi bisa tepat dan bisa juga salah. Itulah kenapa ada POKDARWIS yang siap melayani anda, memandu menuju Bukit Pajamet dengan aman dan tanpa kendala. Selalu berprinsip " Kehadiran anda membawa berkah masyarakat setempat".

Apa yang perlu dipersiapkan jika menuju ke Bukit Pajamet?

Perlengkapan yang diperlukan jika anda menuju ke Bukit Pajamet antara lain, tongkat untuk pegangan ketika naik bisa cari dijalan, tenda jika anda ingin menginap, namun jika anda tidak ingin ribet dengan peralatan yang dibawa bisa menyewa tenda yang disediakan POKDARWIS serta makanan dan minuman karena disana tidak ada warung, lalu jangan lupa kopi sebagai minuman wajib untuk menghilangkan suhu dingin serta menciptakan ketenangan di bukit.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Bukit Pajamet Bengkayang, Kalimantan Barat"