Review Bukit Kujau Sintang


Keindahan Puncak Bukit Kujau Sintang
Keindahan Puncak Bukit Kujau Sintang

Pancurajipost.com  - Bukit Kujau Sintang adalah bukit hutan tropis yang lebat yang terletak di 2 Kecamatan di Wilayah Sintang, Kalimantan Barat. bagian timur dan selatan berada di Kecamatan Sepauk sedangkan Bagian barat dan utara berada di Kecamatan Tempunak.

Bukit Kujau Sintang ini sangat familiar sekali bagi masyarakat Suku Dayak Sintang, Melawi dan Sekadau,  khususnya masyarakat Dayak di bagian hulu berasal dari Suku Dayak yang sama, yaitu Suku Desa dan Suku Seberuang.

Alamat Bukit Kujau Sintang

Bukit Kujau Sintang beralamatkan di  Desa Sekujam Timbai, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Kodepost Bukit Kujau Sintang : 78662

No telpon Bukit Kujau Sintang :

Jalur Transportasi menuju Bukit Kujau Sintang

Dari Kota Sintang Tugu Pancasila menuju Bukit Kujau Sintang berjarak sekitar 66 Km atau 2 jam 15 menit berkendara. Melalui Jl Mt. Haryono - Jalan lintas Kalimantan Poros Tengah dan sampai di Simpang SDN 16 Paoh belok kiri.

Dari Kota Sekadau Tugu Bambu menuju Bukit Kujau Sintang berjarak sekitar 84.6 Km atau 2 jam 50 menit. melewati Jalan lintas Kalimantan Poros Tengah dan sampai di Simpang SDN 16 Paoh belok kanan.

Sedangkan dari Kabupaten Melawi melalui Sintang berjarak sekitar 175 Km atau 

5 jam 10 menit. kemudian Jalan lintas Kalimantan Poros Tengah dan sampai di Simpang SDN 16 Paoh belok kiri.

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang SDN 16 Paoh


Dari simpang SDN 16 Paoh jarak menuju Bukit Kujau Sintang hanya 35.5 Km atau 1 jam 40 menit berkendara.
Dari kondisi jalan aspal kemudian jalan batu, lanjut ke jalan tanah. Tidak direkomendasikan untuk ke Bukit Kujau Sintang pada musim hujan tiba. Hal ini karena akan menghambat sekali perjalanan anda. Disamping menguras tenaga, juga ketika anda sampai di Bukit Kujau Sintang, anda sudah lelah duluan akibat jalanan berlumpur dimusim hujan.

Google Map Bukit Kujau Sintang


Keindahan dan Misteri Bukit Kujau Sintang

Dengan tinggi kurang lebih 1308 meter DPL, Bukit Kujau Sintang menyimpan berbagai keindahan sekaligus cerita misteri yang beredar dikalangan masyarakat Dayak Desa.

Objek Wisata Pendakian

Bukit Kujau Sintang yang terkenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan  heart of borneo ini sangat cocok untuk anda yang hobi mendaki bukit. Untuk anda yang ingin melakukan pendakian dianjurkan untuk menemui tokoh adat setempat meminta nasehat dan restu apa syarat dan larangan yang tidak boleh dilakukan di Bukit Kujau Sintang.

Hal in terlihat tidak logis bagi masyarakat perkotaan yang mengandalkan logika, namun bagi masyarakat desa, hal ini dilakukan sebagai prilaku sopan santun dan kearifan lokal berkunjung ketempat yang jarang dikunjungi manusia.

Kepercayaan masyarakat kalimantan, di setiap bukit memiliki penguni masing masing yang tidak kasat mata, bisa disebut sebagai manusia kebenaran, siluman atau yang lainnya. Mereka tidak mengganggu para pengunjung yang ingin melihat bukit dan mendaki, namun jika kedatangan anda mengusik mereka, maka kejadian demi kejadian diluar nalar sering terjadi di bukit yang jarang dikunjungi.

Itu adalah salah satu syaratnya. Dan juga dianjurkan membawa satu pembimbing warga sekitar yang bisa anda sewa selama perjalanan. Disamping membawa kelancaran juga membawa berkah rezeki bagi masyarakat Bukit Kujau Sintang.

Bukit Kujau Sintang penuh dengan misteri, ketika anda bisa  mencapai puncak Cuncung, terutama Cuncung Inu'k yaitu puncak induk yang paling tinggi, Anda akan menemukan sesuatu disana yang tidak disangka sangka.

Perjalan Pendakian ke Bukit Kujau Sintang
Bukit Kujau Sintang Kalimantan Barat
Bukit Kujau Sintang Kalimantan Barat

Dari Desa Kujau menuju kaki Bukit Kujau Sintang memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam berkendara degan menggunakan kendaraan jenis motor trel menelusuri jalur perkebunan sawit dan jalan setapak.

Sampai di titik pemberhentian motor anda bisa beristirahat sejenak. disana sudah tersedia pondok kecil yang bisa dipergunakan untuk beristirahat. 

Setelah itu dilanjutkan perjalanan berjalan kaki selama 4 - 6 jam tergantung dari kekuatan nafas dan fisik para pendaki.

Ketika mendaki, anda langsung dihadapkan dengan jalanan menanjak dengan kemiringan hampir 80-100 derajat. Fisik dan nafas anda harus terjaga. Dibawah pemandu masyarakat sekitar anda akan diajak jalan dengan jalur yang benar menelusuri sisi tebing. Kadang juga anda harus menggunakan seluruh anggota badan seperti tangan dan kaki memanjat jalanan dinding bebatuan dengan kemiringan 100 derajat menggunakan bantuan tangga tali yang telah disediakan.
lubang angin Bukit Kujau Sintang
 lubang angin Bukit Kujau Sintang 
Ditengah perjalanan diketinggian sekitar 800 MDPL anda akan menemukan lubang angin Bukit Kujau Sintang yang anginnya sangat kencang. Terbentuk dari sela sela 2 bebatuan besar membentuk lorong. Sangat kencang anginnya. anda diharuskan untuk waspada.

Bukit Kujau Sintang
Ini adalah Penampakan Tukisan yang terdapat di Spot Puncak Paling Tinggi di Bukit Kujau Sintang
Dan ketika anda sudah berada di titik tertinggi Bukit Kujau Sintang, anda akan menemukan bongkahan batu dan bertuliskan Bukit Kujau  1308 MDPL.

Dititik tertinggi ini anda bisa mendirikan tenda dan bermalam menunggu esok hari untuk melihat keajaiban dan keindahan Bukit Kujau Sintang.
Hutan dan Alam Yang masih Terjaga di Bukit Kujau Sintang
Terlihat di titik tertinggi, Hutan dan Alam Yang masih Terjaga di Bukit Kujau Sintang

Larangan di Bukit Kujau Sintang

Sala satu laragan Bukit Kujau Sintang adalah anda tidak boleh mengambil sesuatu di sekitar bukit tanpa melalui ritual adat dan prasyarat tertentu. Bukit Kujau Sintang merupakan bukit keramat yang tidak sembarangan orang bisa mengambil seenaknya disana.

Sejarah Bukit Kujau Sintang

Asal usul Bukit Kujau Sintang simpang siur, 500 tahun yang lalu kakek nenek moyang masyarakat kujau bercerita urun temurun. Kakek mereka mengatakan Bukit Kujau Sintang telah ada semenjak mereka lahir. 

Bukit Kujau Sintang merupakan salah satu bukit bersejarah munculnya Dayak Seberuang dan Desa di sekitar aliran sungai Sepauk dan Tempunak sehingga Kujau adalah simbol sebuah tempat yang dirindukan. 

Kemudian catatan sejarah lain mengatakan Tempat Bukit Kujau Sintang menjadi salah satu situs penting dengan cerita yang melegenda bahwa tubuh perahu Aji Melayu menutupi seluruh puncak Bukit Kujau, yang hingga kini masih ada di dekat Cuncung Kujau dalam bentuk batu yang persis seperti sebuah perahu besar. 

Dari sejarah ini membuktikan ketika wilayah kalimantan masih tenggelam berbentuk lautan,segara, Bukit Kujautelah ada. 

Sejarah lain menyebutkan ketika Suku Dayak masih berkumpul di Tampun Juah dan tiba-tiba terjadi perang, Kujau merupakan tempat pelarian dan persembunyian. 

Ketika zaman berburu kepala manusia/ngayau, mereka yang ditinggal mati oleh keturunannya di bawa pengayau lain hidup dan menetap di Kujau lalu menjadi manusia pertapa/bersemedi di bukit.

Menurut ketua adat setempat, Manusia tapa tersebut menjelma menjadi manusia sakti dan bisa kasat mata saking saktinya dan selalu menolong warga sekitar ketika ada gangguan yang menimpa warga sekitar Kujau.

 Wisata Penelitian

Bukit Kujau Sintang menimpan berbagai jenis tumbuhan dan binaang yang dilindungi dan langka. Peraturan Adat Dayak serta larangan larangan setempat membuat Bukit Kujau Sintang terpelihara dengan baik dan flora , fauna yang hidup disana tumbuh dengan subur.

Sehingga Bukit Kujau Sintang bisa dijadikan sebagai objek penelitian tanaman tanaman langka, dan Burung langka speperti enggang masih bisa dijumpai disana. Jika anda beruntung Burung Enggang akan melintas diatas kepala anda ketika berkunjung ke Bukit Kujau Sintang, yang menandakan perjalaan anda dikawal dan direstui oleh penghuni yang berada di Bukit Kujau Sintang.

Air Terjun Batu Ninin Kujau

Air Terjun Batu Ninin Kujau
Air Terjun Batu Ninin Kujau
Selain panorama keindahan bukit, terdapat aliran air yang membelah bukit yang berbentuk air terjun. Air terjun Kjau berada di kaki bukit kujau.

Sensasi dingin dan jernihnya air terjun kujau membuat siapa saja yang sampai di air terjun itu langsung mandi dan berenang.

Akses yang cukup mudah membuat Air Terjun Batu Ninin Kujau ini ramai dikunjungi ketika akhir pekan dan hari hari besar lainnya.

Tempat berfoto dan bersantai

Di sisi bukit tanpa anda naik kebukit bisa berfoto ria dengan backgound Bukit Kujau Sintang. Bongkahan batu besar yang tertutup pepohonan dan menjulang tinggi menambah indahnya menghabiskan waktu terutama disore hari.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url