Istana Kusuma Negara Sekadau, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Istana Kusuma Negara Sekadau adalah Bangunan bersejarah yang berkaitan erat dengan sejarah Kerajaan di Kabupaten Sekadau, Provinsi kalimantan barat.

Istana Kusuma Negara Sekadau
Istana Kusuma Negara Sekadau Setelah dipugar Photo (Cary Simbolon)
Istana Kusuma Negara Sekadau sebelum dipugar Photo
Istana Kaca, Kusuma Negara Sekadau sebelum dipugar Photo ( Joko Yuwono)

Kabupaten Sekadau yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Sanggau, memiliki kaitan erat sejarah berdirinya Istana Kusuma Negara di Sekadau.

Saat ini, Raja Istana Kusuma Negara Sekadau adalah YM. Gusti Muhammad Effendi bergelar Pangeran Agung Sri Negara II.

Nama "Sekadau" sendiri berasal dari salah satu batang pohon yang banyak tumbuh liar di muara sungai. Masyarakat zaman dahulu menyebutnya batang Adau, sehingga kawasan yang ramai sebagai jantung pusat pemerintahan ini dinamakan Sekadau.

Adau sendiri sejenis pohon yang keras seperti kayu besi (belian) yang banyak tumbuh di datarran Sekadau.

Versi lain, Nama Sekadau dari sebutan dari bahasa masyarakat setempat "Baru Adau" yang artinya baru melihat. Hal ini merupakan kebiasaan masyarakat zaman dahulu yang biasa melihat barang aneh,dan baru melihat sering dinamakan "Barang Adau" (Sumber :Pemkab Sekadau).

Alamat Istana Kusuma Negara Sekadau

Istana Kusuma Negara Sekadau beralamatkan di Jalan Kusuma Negara, Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Kodepost Istana Kusuma Negara Sekadau :  79516

No telpon Istana Kusuma Negara Sekadau : 0856 5171 504

Google Map Istana Kusuma Negara Sekadau

Jalur Transportasi menuju Istana Kusuma Negara Sekadau

Geser gambar untuk melihat seluruh depan jalan Istana Kusuma Negara Sekadau

Ciri khas umum Seperti pada Keraton lainnya di Kalimantan Barat, Istana Kusuma Negara Sekadau berada dipinggiran Sungai, Kali ini berada di pinggir Sungai Sekadau yang merupakan anak dari Sungai Kapuas yang tidak jauh dari Istana Kusuma Negara Sekadau.

Dari Bundaran Tugu PKK Kabupaten Sekadau menuju Istana Kusuma Negara Sekadau hanya berjarak sekitar 2.1 Km atau sekitar 5 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Sangat mudah ditemukan kerena barada di Pusat Kota Sekadau.

Sejarah Singkat Kerajaan Sekadau

Istana kaca merupakan salah satu saksi bisu dalam penyerahan administrasi kerajaan Kusuma negara sekadau
Istana kaca merupakan salah satu saksi bisu dalam penyerahan administrasi kerajaan Kusuma negara sekadau. (Foto IG@istanakusumanegara_official)
Pada awalnya, Puncak pemerintahan kerajaan Sekadau berdiri di tahun 1780-an berada di daerah Kematu, atau sekitar 3 kilometer di sebelah hilir Rawak yang dipimpin oleh Raja pertama Sekadau ,Pangeran Engkong dan mempunyai tiga putra, diantaranya :

  1. Pangeran Agong
  2. Pangeran Kadar
  3. Pangeran Senarong

Setelah raja pertama wafat ( Pangeran Engkong), kerajaannya diwariskan dan diteruskan ke putra yang kedua yaitu Pangeran Kadar.

Pemilihan raja jatuh ke anak kedua raja bukan anak pertama sebab Pangeran Kadar memiliki sifat yang lebih bijaksana dibandingkan dengan kak dan adiknya.

Setiap keputusan pasti ada ketidakpuasan, Kakak tertua pangeran kadar yaitu Pangeran Agong merasa tidak puas danmemilih pergi dari kerajaan dan meninggalkan Sekadau ke daerah Lawang Kuwari dan Pangeran Senarong ke kerajaan Belitang.

Ratu noercahya.bersama para petinggi kerajaan kusuma negara sekadau
Ratu noercahya.bersama para petinggi kerajaan kusuma negara sekadau  (Foto IG@istanakusumanegara_official)

Selanjtnya, Wafatnya Pangeran Kadar, tampuk kerajaan dipegang oleh putra mahkota Pangeran Suma. Pangeran Suma merupakan putra yang memiliki Ilmu Agama Islam yang tinggi karena dulunya pernah belajar menjalankan dan mendalami Agama Islam di Kerajaan Mempawah. 

Sehingga masa pemerintahan Pangeran Suma, Agama Islam di Sekadau menigkat pesat dan Ibu kota kerajaan dipindahkan di kampung Sungai Bara dan mendirika masjid dekat kerajaannya.

Setelah Pangeran Suma Wafat lalu digantikan oleh Putra Mahkota Abang Todong bergelar Sultan Anum.

Sultan anom muhammad kamaruddin(abang todong) Ibnu pangeran suma
Sultan Anom Muhammad Kamaruddin(Abang Todong) Ibnu Pangeran Suma (Foto IG@istanakusumanegara_official)


Sejarah mencatat, bukan keturuan raja nenjadi Raja.

Setelah Abang Todong wafat,  Puncak pemerintahan selanjutnya dipegang oleh Abang Ipong yang bergelar Pangeran Ratu. Abang Ipong sendiri merupakan rakyat biasa, bukan keturunan raja.

Naiknya Abang Ipong dikarenakan putra mahkota raja belum cukup dewasa. Setelah Dewasa, putra mahkota pun dilantik dan dinobatkan menjadi raja dengan gelar Sultan Mansur.

Puncak kepemimpinan Kerajaan Sekadau dilanjutkan kepada Gusti Mekah bergelar Panembahan Gusti Mekah Kesuma Negara karena putra mahkota berikutnya, yaitu Abang Usman, belum beranjak dewasa.

Leluhur kerajaan kusuma negara sekadau dari kiri AB Moh saleh,H AB Moh ismail,H AB Moh yusuf.
Leluhur kerajaan kusuma negara sekadau dari kiri AB Moh saleh,H AB Moh ismail,H AB Moh yusuf. (Foto IG@istanakusumanegara_official)

Peristiwa Pengasingan oleh Belanda

Kemudian Abang Usman dibawa ibundanya menuju Nanga Taman. Setelah masa pemerintahan Gusti Mekah Kesuma Negara berakhir, maka Panembahan Gusti Akhmad Sri Negara scara resmi dinobatkan menduduki tahta, akan tetapi oleh kolonial Belanda, panembahan dan keluarganya lalu diasingkan ke Malang, Jawa Timur, dengan tuduhan telah menghasut para tumenggung memberontak dan melawan Belanda.

Setelah peristiwa tersebut, Panembahan Haji Gusti Abdullah meneruskan pemerintahan dan diangkat menjadi raja dengan gelar Pangeran Mangku sebagai wakil panembahan dan diperbolehkan tinggal keraton.

DYTM Ratu noercahya,putri tunggal dari DYTM Gusti ahmad sri negara I,permaisuri dari DYTM Pangeran agung gusti adenan.
DYTM Ratu noercahya,putri tunggal dari DYTM Gusti ahmad sri negara I,permaisuri dari DYTM Pangeran agung gusti adenan.(Foto IG@istanakusumanegara_official)

Tidal lama setelah penobatannya, Pangeran Mangku pun wafat dan digantikan  Panembahan Gusti Akhmad,setelah itu  Gusti Hamid.

Keraja Sekadau selanjutnya ialah Panembahan Gusti Kelip. Pada tahun 1944 Gusti Kelip tewas oleh penjajah Jepang. dan Jepang kemudian mendirikan mandat kepada Gusti Adnan sebagai pembesar kerajaan Sekadau dengan gelar Pangeran Agung yang berasal dari Belitang.

Bergabungnya Kerajaan Sekadau ke Negara Republik Indonesia

YM Gusti adenan dan YM Gusti kolon yang menandatangani daerah kusuma negara sekadau menjadi daerah istimewa di republik indonesia
YM Gusti adenan dan YM Gusti kolon yang menandatangani daerah kusuma negara sekadau menjadi daerah istimewa di republik indonesia (Foto IG@istanakusumanegara_official)
Di Bulan Juni 1952, YM Gusti adenan dan YM Gusti kolon dari kerajaan Belitang, menandatangani penyerahan administrasi kerajaan kepada pemerintah  Indonesia yang berada di Jakarta yang pada waktu itu masuk dalam Kabupaten Sanggau.

Kapan Kabupaten Sekadau Berdiri?

Dan Pada tahun 2003, Pemerintahan Kabupaten Sekadau dibentuk berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2003 yang isinya Pembentukan Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau di Provinsi Kalimantan Barat.

Sehingga Kabupaten Sekadau adalah daerah yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Sanggau, sehingga pada tahun 2003 secara resmi menjadi Kabupaten Sekadau.

Jejak Peninggalan Istana Kusuma Negara Sekadau

Meriam Istana Kusuma Negara Sekadau

Meriam Istana Kusuma Negara Sekadau
Meriam Istana Kusuma Negara Sekadau photo (Indra Zulhakim)
Salah satu Pusaka peningglan Istana Kusuma Negara Sekadau adalah 4 buah meriam yang berada di depan istana yang sekarang telah dibangun rumah meriam agar terjaga dan lestari.

Meriam Istana Kusuma Negara Sekadau ini menurut cerita yang berhembus dikalangan keraton,  bahwa barang siapa yang bisa menggerakkan meriam tersebut seorang diri tanpa alat dan bantuan apapun, hanya dengan tanggannya maka dia adalah merupakan keturunan kerajaan asli.

Anda penasaran, Apakah anda merupakan keturunan asli raja sekadau, boleh mampir untuk menunjungi Istana Istana Kusuma Negara Sekadau.
Meriam Istana Kusuma Negara Sekadau photo
Meriam Istana Kusuma Negara Sekadau photo (Abdi Nurkamil Mawardi)

Pusaka Kerajaan Kusuma Negara

Pusaka kerajaan kusuma negara
Pusaka kerajaan kusuma negara (Foto IG@istanakusumanegara_official)
Terdapat beberapa peninggalan Istana Kusuma Negara Sekadau yang masih ada, berupa keris, tombak, kitab, pedang dan lain lain. Pusaka ini tidak bisa dilihat untuk masyarakat umum, hanya orang orang tertentu yang bisa melihat dan mendekatinya.

Keris Raja Dan Permaisuri Kerajaan Kusuma Negara Sekadau

Keris Raja Dan Permaisuri Kerajaan Kusuma Negara Sekadau
Keris Raja Dan Permaisuri Kerajaan Kusuma Negara Sekadau. (Foto IG@istanakusumanegara_official)

Keris raja dan permaisuri kerajaan Kusuma negara Sekadau ini adalah pemberian dari persatuan kebangsaan Melayu Sarawak (PKMS) yang merupakan tanda perikatan dan persatuan antara Melayu Sarawak dan Melayu Sekadau.

Puing Tiang Bangunan Istana Kusuma Negara Sekadau

Puing Tiang Bangunan Istana Kusuma Negara Sekadau
Puing Tiang Bangunan Istana Kusuma Negara Sekadau photo (ompink syafril)

Puing Tiang Bangunan Istana Kusuma Negara Sekadau berada di depan samping kanan bangunan baru istana. Puing tiang yang terdapat 3 kayu ini bediti kokoh sampai saat ini sebagai simbol yang menguatkan keberadaan bangunan Istana Kusuma Negara Sekadau

Masjid Jami' At-Taqwa

Masjid Jami' At-Taqwa Sekadau
Masjid Jami' At-Taqwa Sekadau Photo (Ajie Arief)
Masjid Jami' At-Taqwa merupakan sejarah yang menguatkan keberadaan Istana Kusuma Negara Sekadau dan sebagai simbol penyebaran Islam di Tanah Sekadau pada zaman dahulu.
Masjid ini berdiri kokoh sebelah kiri dan berjarak sekitar 50 meter dari Istana Kusuma Negara Sekadau yang selalu ramai ketika bulan ramadhan datang untuk melaksanakan ibadah Teraweh.

Makam Sultan Anum Muhammad Kamaruddin

Makam Sultan Anum Muhammad Kamaruddin
Makam Sultan Anum Muhammad Kamaruddin Photo (Ajie Arief)
Makam Sultan Anum Muhammad Kamaruddin bersama Permaisuri Dayang Masduyah berada persis di belakang Istana Kusuma Negara Sekadau, atau dipinggir jalan Sultan Anum.
Makam Sultan Anum Muhammad Kamaruddin
Makam Sultan Anum Muhammad Kamaruddin dan Permaisuri Dayang Masduyah

Nisam Makam Makam Sultan Anum Muhammad Kamaruddin
Nisam Makam Makam Sultan Anum Muhammad Kamaruddin 

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Istana Kusuma Negara Sekadau

Ada apa saja di Istana Kusuma Negara Sekadau?
Istana Kusuma Negara Sekadau Hanya bangunan fisik keraton saja, Kursi Raja dan Permaisuri, Foto foto sejarah, Lambang Keraton dan lain lain.

Kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Istana Kusuma Negara Sekadau?
Istana Kusuma Negara Sekadau, memiliki even yang setiap tahunnya mendatangkan banyak pengunjung yaitu Adat Batas Negeri Kusuma Negara yang digelar di Keraton Kusuma Negara Sekadau  di akhir tahun.

Apa itu Adat Batas Negeri yang diadakan di Istana Kusuma Negara Sekadau?
Adat Batas Negeri adalah Upacara ritual adat yang terus menerus dilestarikan dari zaman kakek nenek yang bertujuan untuk membuang seluruh penyakit dan sesuatu yang mengganggu agar aman sentosa. Adat ini dulunya adalah Adat Batas Kampung yang merupakan implementasi pelestarian adat budaya yang ada di Istana Kusuma Negara Sekadau.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Istana Kusuma Negara Sekadau, Kalimantan Barat"