Kumpulan Wisata di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat

 Pacurajipost.com - Kabupaten Sekadau terkenal dengan bentangan hutan dan rawa serta sungai sungai yang membelah hutan. Kekayaan alamnya, menjadikan  Kabupaten ini sebagai surganya wisata alam yang masih asli.

Berbagai Objek wisata yang ada, memiliki keunikan tersendiri. Berada di hutan hutan belantara, serta tebing tebing yang curam menyebabkan kesulitan dalam pengembangan objek wisata terutama pada inftrastruktur jalan-nya.

Oleh karena itu, semakin lama kedepan dengan membaiknya inftrastruktur jalan, Wisata Kabupaten Sekadau bisa menjadi wisata andalan di Provinsi Kalimantan Barat, Nasional dan Internasional.

Kumpulan Wisata di Kabupaten Sekadau

Berikut ini adalah Kumpulan Wisata di Kabupaten Sekadau yang bisa anda kunjungi sebagai pilihan untuk merencanakan akhir pekan anda.

1. Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap

Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap
Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap (Eka Kurniawati Journey)

Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap adalah air terjun yang berdekatan dengan Ait Terjun Entugun dan berada di Desa Tembaga Kecamatan Nanga Mahap Sekadau.

Dengan potensi objek wisata alam luar biasa, Sekadau menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki kekayaan alam baik sungai, hutan serta wisatanya yang belum banyak diketahui para pecinta wisata di Kabupaten Sekdau dan sekitarnya.

2. Batu Tinggik 

Review Batu Tinggi Sekadau
Review Batu Tinggi Sekadau (nizar kauzar)

Batu Tinggik Sekadau adalah objek wisata alam di tengak Kota Sekadau yang bisa anda nikmati pada musim kemarau atau ketika air surut. Batu Tinggi Sekadau merupakan batu besar pada aliran sungai kapuas yang terjadi hanya pada musim kemarau. Jadi bagi anda yang ingin mengunjung Batu Tinggi Sekadau harus menunggu ketika datang musim kemarau.

3. Danau Simpi 

Keindahan Danau Simpi Sekadau
Keindahan Danau Simpi Sekadau

Danau Simpi Sekadau adalah sebuah danau yang terbuat dari galian penambangan pada masa lalu yang sekelilingya mengandung batu kapur sehingga warna air yang jernih menciptakan warna biru.

Ketika masa akhir pekan yang panjang, Danau Simpi Sekadau sering dikunjungi untuk berwisata gratis bersama keluarga dan kerabat, teman untuk sekedar menikmati suasana danau, berfoto foto dan menghabiskan waktu sambil membawa cemilan, makanan, dan minuman untuk bersantai duduk duduk depan danau sambil makan.

4. Wisata Batu Jato

Keindahan Wisata Batu Jato Sekadau
Keindahan Wisata Batu Jato Sekadau (Paijil Riyantara)

Wisata Batu Jato Sekadau adalah objek wisata alam sungai yang memiliki ribuan bongkahan batu yang tersusun sepanjang sungai di sekadau. Sela sela bebatuan di sungai mengalir air yang cukup deras. Di Wisata Batu Jato Sekadau juga terdapat riam/air terjun yang bisa anda nikmati sambil berfoto ria disana.

Pada perayaan tahun baru saat ini pengunjung membludak untuk pergi ke wisata batu jato ini, Sehingg antrianpun tak terelakan.

5. Goa Lawang Kuwari Sekadau 

Goa lawang kuwari sekadau
Goa lawang kuwari sekadau (Seno Zeno)

Goa Lawang Kuwari Sekadau adalah Goa yang berada di tebing sungai kapuas mirip dengan Goa batu sampai/batu tulis di Sanggau yang berada di tebing sungai. Konon goa ini sebagai lorong untuk pelarian dari satu tempat ketempat yang lain. Goa ini memiliki tiga lubang kecil yang menurut cerita lobang paling kiri untuk masyarakat tionghoa, tengah untuk masyarakat melayu dan paling kanan untuk masyarakat dayak.

Goa ini bisa tembus ke berbagai daerah seperti bisa tembus ke batu sampai.batu tulis kabupaten sanggau, juga ada yang menyakini goa Lawang Kuwari ini bisa tembus ke daerah sekayam.

Cerita dari mulut kemulut megatakan bahwa  Goa Lawang Kuwari semakin dalam akn semakin tiggi, setinggi badan manusia.

6. Agro Wisata Kanaan

Keindahan Agro Wisata Kanaan Sekadau
Keindahan Agro Wisata Kanaan Sekadau (nehemia rentha)

Agro Wisata Kanaan Sekadau adalah Objek wisata buatan berupa taman, perkebunan, dan kolam pemancingan yang berada di Kabupaten Sekadau  Kalimantan Barat. 

Pengunjung yang ingin menikmati indahnya Alam Pinggiran Kota Sekadau, bisa mampir kesini, bersantai bersama rekan, keluarga dan sangat rekomended untuk anak anak, memperkenalkan berbagai tumbuhan, tanaman hijau disekitar  Agro Wisata Kanaan Sekadau

7. Penanjung Island Water Boom

Penanjung Island Water Boom Sekadau, Kolam Renang, Penginapan, Fitnes Center And Family Karaoke
Penanjung Island Water Boom Sekadau, Kolam Renang, Penginapan, Fitnes Center And Family Karaoke (wida ranggani)

Penanjung Island Water Boom Sekadau adalah Objek Wisata buatan di Kota Sekadau berupa wahana kolam renang yang sangat populer di kota Sekadau dan kabupaten lainnya.

Penanjung Island Water Boom Sekadau sangat ramai jika waktu waktu liburan tiba, disediakan berbagai fasilitas seperti penginapan, fitnes, karauke dan lain lain. Pengunjung yang kesini biasanya membawa pasukan keluarga untuk menghabiskan waktu bereang beserta anak-anak, sanak saudara, dan keluarga.

8. Air Terjun Sirin Punti

Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau
Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau (Mico lxander)

Air Terjun Sirin Punti adalah objek wisata alam berupa air terjun yang sangat indah di tengah hutan Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Lokasinya yang masih asri membuat kesan sejuk dan segar siapa saja yang berkunjung kesana.

Air Terjun Sirin Punti pada hari libur dan akhir pekan selalu dipadati pengunjung dari wilayah Kabupaten Sekadau. 

9. Air Terjun Tigkat Tengai

Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau
Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau

Air Terjun Tigkat Tengai adalah wisata alam air terjun pegunungan yang memiliki aliran air dari bebatuan yang bertingkat - tingkat. Jalan akses yang lumayan mudah membuat siapa saja bisa berkunjung ke Air Terjun Tigkat Tengai.

Terletak di atas kaki bukit, Aliran Air Terjun Tigkat Tengai yang deras ini difungsikan oleh masyarakat Desa Cenayan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mampu mengaliri Desa Cenayan dan kampung disebelahnya.

10. Air Terjun Entugun Nanga Mahap

Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Air Terjun Entugun Nanga Mahap (Eka Kurniawati Journey)

Air Terjun Entugun Nanga Mahap adalah air terjun yang berada di hutan dan jauh dari perkotaaan, sangat cocok untuk anda yang ingin menyendiri, rilekan pikiran, agar fress kembali sehingga aktifitas rutinitas bekerja anda kembali baik dengan kondisi pikiran yang tenang.

Berada jauh dari perkotaan, Air Terjun Entugun Nanga Mahap menjanjikan panorama alam yang luar biasa, akar  akar pohon yang membelit pepohonan, serta lumut yang tumbuh disekitar pohon dan bebatuan yang memberitaukan bahwa Air Terjun Entugun Nanga Mahap merupakan air terjun yang masih asri, dan alami.

11. Wisata Bukit Burang Nanga Taman

Wisata Bukit Burang Nanga Taman
Wisata Bukit Burang Nanga Taman (M Fathur Raziqin Akbar)

Wisata Bukit Burang Nanga Taman adalah Objek wisata alam perbukitan yang berada di Kecamatan nanga taman Sekadau. Dengan ketinggian lebih dari 1000 mdpl, anda bisa menikmati keindahan alam dari atas kebawah seperti anda berada di mimpi, yaitu negara di atas awan putih yang membentang luas seolah olah menutupi permukaan pepohonan hutan disekitarnya.

Wisata Bukit Burang Nanga Taman salah satu tujuan wisata pendakian perbukitan yang lumayan menguras tenaga namun sering dikunjungi pada pecinta alam dan pecinta wisata pendakian.

Jalanan yang menanjak tidak menyulitkan mereka untuk sampai ketempat paling tinggi di puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman Sekadau.

12. Air Terjun Sirin Meragun

Air Terjun Sirin Meragun Sekadau
Air Terjun Sirin Meragun Sekadau

Air Terjun Sirin Meragun adalah wisata alam air terjun yang memiliki aliran sungai bebatuan yang rapi dan indah. Berada di Kecamatan Nanga Taman - Sekadau.

Pada hari akhir pekan dan libur nasional, Air Terjun Sirin Meragun selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang datang dari kota Sekadau dan warga setempat yang ingin berlibur menikmati alam sekitarnya.

13. Air Terjun Sirin Moran Sunsong

Air Terjun Sirin Moran Sunsong
Air Terjun Sirin Moran Sunsong (Filianus93 lie)

Air Terjun Sirin Moran Sunsong/Air Terjun Hulu Katap adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang melewati bebatuan besar yang bercabang dan berundak undak. 

Setiap tingkatan Air Terjun Sirin Moran Sunsong memiliki aliran air yang landai sehingga bisa anda nikmati mandi sambil tiduran di Air Terjun Sirin Moran Sunsong. Penasaran...Yuk kita bahas lebih lanjut.

14.Air Terjun Segang

Gua Air Terjun Segang
Gua Air Terjun Segang

Air Terjun Segang adalah wisata alam air terjun yang berada di seberang kapuas sp 13 Sekadau Hilir. Dengan ketingian sekitar 4 meter dan dibawah air terjun terdapat rongga menyerupai goa sehingga dinamakan Gua Air Terjun Segang.

Gua Air Terjun Segang berada di tengah hutan desa seraras yang masih asli. Debit lairan yang pasang surut tertantung dari musim hujan atau kemarau.

Jika musim kemarau anda akan mudah mencapai Gua Air Terjun Segang, karena jalanan menuju ke Gua Air Terjun Segang masih jalan tanah. 

15. Air Terjun Jungkong

Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Dua
Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Dua

Air Terjun Jungkong atau riam jungkong/jukong adalah Wisata Alam air terjun yang berada di Kabupaten Sekadau yang bisa dijadikan sebagai wisata petualangan yang berada di alam bebas hutan belantara Nanga Mahap Sekadau.

Air Terjun Jungkong Nanga Mahap ini memiliki dua tingkat. Tingkat pertama tinggi sekitar 30 meter, serta memiliki debit air yang sangat jernih karena berada di dalam hutan yang masih almi. Sedangkan tingkat kedua lebih tinggi dan lebih indah namun trak lebih extreme.

16. Air Terjun Pelaboh Bindang

Air Terjun Pelaboh Bindang Sekadau
Air Terjun Pelaboh Bindang Sekadau

Air Terjun Pelaboh Bindang  adalah Wisata Alam Air Terjun yang terdapat goa maria. Selain sebagai Objek Wisata Alam juga oleh masyarakat setempat digunakan sebagai tempat peribadatan umat katolik.

Letak Goa Maria dengan Air Terjun Pelaboh Bindang terpisah, pertama kali anda memasuki area akan menjumpai Patung Bunda Maria kemudian melanjutkan perjalananan menuju Air Terjun Pelaboh Bindang dengan menelusuri jalanan tanah berbatu.

Anda bisa mandi sepuasnya di Air Terjun Pelaboh Bindang yang memilki sekitar 20 meter tingginya. Berbeda dengan Riam Macan yang ada di Kabupaten Sanggau yang riamnya tidak diperbolehkan untuk mandi karena letak Patung Bunda Maria tepat berada dibalik air terjum Riam Macan.

17. Air Terjun Semirah Putih

Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu
Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu (Simon Franz Tampubolon)

Air Terjun Semirah Putih adalah air terjun dengan ketingian mencapai 100 meter yang terbagi menjadi tiga tingkatan.

Lokasi favorit yang sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan, mandi dan bersantai adalah pada tingkat dua di Air Terjun Semirah Putih.

Pada tingkat dua memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih yang berundak undak serta airnya yang cukup deras, sangat membius siapa saja yang datang menikmati panorama keindahan Air Terjun Semirah Putih.

Jika kebanyakan air terjun dicapai dengan cara menanjak, di Air Terjun Semirah Putih justru kebalikannya. Pertama kali anda sampai di jalur air terjun tepat di puncak Air Terjun Semirah Putih. 

18. Istana Kusuma Negara Sekadau

Istana Kusuma Negara Sekadau
Istana Kusuma Negara Sekadau Setelah dipugar Photo (Cary Simbolon)

Istana Kusuma Negara Sekadau adalah Bangunan bersejarah yang berkaitan erat dengan sejarah Kerajaan di Kabupaten Sekadau, Provinsi kalimantan barat.

Saat ini, Raja Istana Kusuma Negara Sekadau adalah YM. Gusti Muhammad Effendi bergelar Pangeran Agung Sri Negara II.

Demikianlah Kumpulan Wisata di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Tulis komentar jika anda memiliki informasi objek wisata lainya di Kabupaten Sekadau, yang Hits dan viral. Share jika artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Wisata di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat"