Gua Air Terjun Segang

Gua Air Terjun Segang
Gua Air Terjun Segang

 Pancurajipost.com - Air Terjun Segang adalah wisata alam air terjun yang berada di seberang kapuas sp 13 Sekadau Hilir. Dengan ketingian sekitar 4 meter dan dibawah air terjun terdapat rongga menyerupai goa sehingga dinamakan Gua Air Terjun Segang.

Gua Air Terjun Segang berada di tengah hutan desa seraras yang masih asli. Debit lairan yang pasang surut tertantung dari musim hujan atau kemarau.

Jika musim kemarau anda akan mudah mencapai Gua Air Terjun Segang, karena jalanan menuju ke Gua Air Terjun Segang masih jalan tanah. 

Jika musim hujan tiba, Gua Air Terjun Segang akan susah dilewati butuh kerja extra untuk sampai kesana. Jalanan yang lumayan licin akan menyilitkan anda dalam berkendara. Namun disitulah debit air Gua Air Terjun Segang cukup deras dan sangat indah untuk dinikmati.

Alamat Gua Air Terjun Segang

Gua Air Terjun Segang beralamatkan di Desa Seraras, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat 

Kodepost Gua Air Terjun Segang: 79514

No telpon Gua Air Terjun Segang : -

Jalur transportasi menuju Gua Air Terjun Segang

Dari Kabupaten Sanggau, anda bisa melewati jalan darat melalui Kecamatan Mukok tepatnya di Desa Layak omang  

Dari Kantor Desa Layak Omang menuju ke Air Terjun Segang hanya berjarak sekitar 26.6 Km atau hanya 1 jam perjalanan dengan kondisi jalan sebagian masih tanah liat.

Sedangkan dari Kota Sekadau atau Bundaran Tugu PKK menuju Air Terjun Segang melalui jalur memutar melalui feri penyeberangan sei ayak menyeberang sungai kapuas dilanjutkan dengan menelusuri jalan Sei ayak , Jl Adi sucipto, lurus bertemu beberapa simpang dan jalan kebun sawit. dengan jarak sekitar 87.7 Km atau sekitar 3 jam perjalanan.

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang menuju Pelabuhan Feri Sei Ayak.

Google Map menuju Air Terjun Segang

Apa yang menarik di Air Terjun Segang?

Objek Wisata Alam Air Terjun Segang

Geser Gambar untuk melihat seluruh Objek Wisata Air Terjun Segang

Puncak Air Terjun Segang memiliki tingkatan dengan tinggi sekitar 4 meter. Aliran air ini memiliki lantai yang cukup lebar yang bisa kita nikmati untuk madi dengan posisi berbaring.

dibawahnya juga terdapat aliran sungai yang nyaman untuk dinikamti juga. Sepanjang Air Terjun Segang memiliki aliran sungai yang jernih. Musim hujan tiba, air ini akan berwarna kekuningan, mungkin efek dari pembangunan di hulu sungai Air Terjun Segang.

Kaqnan dan kiri Air Terjun Segang memiliki hutan yang sangat lebat, memasuki Air Terjun Segang anda harus menyeberang perahu rakit yang di ikatkan dengan tali. Jadi memudahkan kita untuk menyeberang sungai yang kecil, kemudian mendaki menelusuri sungai untuk sampai ke puncakAir Terjun Segang.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Segang

Berapa tarif masuk menuju ke Air Terjun Segang?
Air Terjun Segang dikelola oleh masyarakat setempat. Tarif masuk minimal Rp. 10.000 itupun ketika hari hari besar. jika hari biasa tidak ada tarif masuk.

Apakah sudah ada fasilitas MCK di Air Terjun Segang?
Di Air Terjun Segang sementara belum terbangun fasilitas mck

Apa yang harus dikalukan ketika mengunjungi Air Terjun Segang?
Bawalah persediaan makanan dan minumn sendiri dari rumah, siapkan kendaraan yang tinggi seperti motor trel agar memudahkan dalam perjalanan menuju ke Air Terjun Segang.

Apakah jalan menuju ke Air Terjun Segang telah dibangun?
Pada saat penulisan, Air Terjun Segang belum terbangun jalan, ditempat pemberhentian kendaraan, anda harus berjalan kaki menelusuri hutan jalan setapak kemudian menyeberang sungai dengan perahu derek untuk sampai di Air Terjun Segang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url