Air Terjun Jungkong Nanga Mahap

Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Dua
Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Dua

 Pancurajipost.com - Air Terjun Jungkong atau riam jungkong/jukong adalah Wisata Alam air terjun yang berada di Kabupaten Sekadau yang bisa dijadikan sebagai wisata petualangan yang berada di alam bebas hutan belantara Nanga Mahap Sekadau.

Air Terjun Jungkong Nanga Mahap ini memiliki dua tingkat. Tingkat pertama tinggi sekitar 30 meter, serta memiliki debit air yang sangat jernih karena berada di dalam hutan yang masih almi. Sedangkan tingkat kedua lebih tinggi dan lebih indah namun trak lebih extreme.

Ketika anda dekat posisinya berada di 5 meter dari Air Terjun Jungkong Nanga Mahap, terlihat embun yang dipancarkan dari aliran air Air Terjun Jungkong Nanga Mahap yang memberikan rasa dingin dikulit, serta aliran air yang deras mengalunkan musik irama air yang khas dengan gemuruh percikan air berbenturan dengan bebatuan disana, membuat hati semakin tenang dan damai.

Alamat Air Terjun Jungkong Nanga Mahap

Air Terjun Jungkong beralamatkan di Desa Sebabas, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat

Kodepost Air Terjun Jungkong Nanga Mahap : 79585

No telpon Air Terjun Jungkong Nanga Mahap : Tourguide (Arifin - 085389213820), (Wandi - 085705581652)

Jalur transportasi menuju Air Terjun Jungkong Nanga Mahap

Dari Kota Sekadau atau Bundaran Tugu PKK ke  Kantor Desa Sebabas Nanga Mahap berjarak sekitar 62.6 Km atau waktu tempuh sekitar 2 jam saja , ambil arah ke Taman Segitiga Sekadau menuju jalan Merdeka Sekatan ke arah Rawak  menuju bundaran Tugu Cidayu-Nanga Taman

Dari Taman Segitiga ke Tugu CIDAYU Nanga Taman hanya berjarak 37.3 Km atau waktu tempuh 1jam perjalanan. Kemudian dari bundaran Tugu Cidayu lurus ambil arah jalan menuju Ibukota Kecamatan Nanga Mahap ke desa Sebabas melewati simpang Tugu Enggang belok kiri arah Desa Sebabas dengan jarak 25.2 Km atau waktu tempuh sekitar 1 jam lebih. 

Kemudian anda menuju ke Dusun Pulau Baak Kemoyuk Desa Sebabas, dan memarkirkan kendaraan anda dilanjutkan dengan berjalan kakai menuju ke Air Terjun Jungkong Nanga Mahap sekitar 3 jam lebih.

Dari Kota Sekadau ke Ibukota Kecamatan Nanga Mahap, bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat, namun dari Kecamatan Nanga mahap ke  Desa Sebabas menuju Air Terjun Jungkong Nanga Mahap hanya bisa dilalui menggunakan motor/kendaraan roda dua saja, dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Lokasi Air Terjun Jungkong Nanga Mahap yang belum terjangkau sinyal GSM, mengharuskan anda untuk  bertanya kepada warga setempat dan menyewa touguide agar lancar dan cepat sampai ketujuan.

Ritual Pelepasan dan Keselamatan

Jangan lupa untuk meminta izin tokoh adat setempat di Dusun Pulau Baak Kemoyuk Desa Sebabas dengan mengadakan ritual pelepasan dan keselamatan agar perjalanan anda semakin mantab. Hal ini untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan ketika melakukan perjalanan ke hutan yang oleh masyarakat setempat memiliki penghuni yang kasat mata. Sehingga perjalanan anda tidak diganggu penghuni hutan.

Apa yang menarik di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap?

Wisata Alam Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat 1 (Satu)

Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Satu
Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Satu
Air Terjun Jungkong Nanga Mahap memiliki beberapa tingkat. Dan tingkat yang menjadi favorit para petualang adalah pada tingkat satu. Padahal tingkat dua lebih bagus lagi cuman jalanan yang terlalu extreme membuat para petualang berpikir dua kali untuk ke tingkat dua.

Keindahan Air Terjun Jungkong Nanga Mahap tidak diragukan lagi, dengan ketinggian 30 meter lebih menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Terletak di tengah hutan dan berada dibalik pepohonan rindang, menjadikan Air Terjun Jungkong Nanga Mahap ini sebagai wisata alam yang patut dijadikan wisata unggulan Kabupaten Sekadau.

Sepanjang perjalanan dengan trak menanjak dan menurun akan menguras tenaga anda, namun setiap beberapa kilo meter terdapat pos peristirahatan berupa tempat duduk, gubuk kecil yang biasa digunakan oleh warga setempat untuk beristirahat dan berteduh ketika hujan tiba.

Trak yang naik turun tidak akan terasa, melewati sawah pertanian warga, jembatan kecil dari kayu, hutan. dan sepanjang jalan terdapat kobangan air yang jernih, yang bisa kita lakukan untuk membasuh muka dan kaki agar segar kembali.

Setelah 3 jam perjalanan anda akan menemukan pos peristirahatan warga setempat berupa pondok yang cukup luas. Anda bisa mempersiapkan makanan untuk mengisi energi, atau bisa juga untuk beristirahat dan bermalam di pondok jika perjalanan anda sore hari.

Keesokan harinya, anda bisa melakukan perjalanan ke post terakhir dimana terdapat Air Terjun Jungkong Nanga Mahap tingkat 1 yang hanya memakan waktu 15 menit saja dari pos peristirahatan

Namun, walau sudah dekat, anda harus lebih berhati hati, jalanan bebatuan menanjak menelusuri aliran air yang penuh lumut akan terasa sangat licin.kemudian anda akan menjumpai Air Terjun Jungkong Nanga Mahap tingkat 1.

Wisata Alam Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat 2 (Dua)

Wisata Alam Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat 2 (Dua)
Wisata Alam Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat 2 (Dua)
Setelah anda menghabiskan waktu di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap tingkat 1, dilanjutkan dengan perjalanan yang lebih extreme lagi ke tingkat dua Air Terjun Jungkong Nanga Mahap.

Disini anda harus extra hati hati, seluruh badan anda digunakan baik kaki, tangan untuk memanjat tanah menanjak yang mengandung bebatuan serta akar akar pohon. Jika salah pijakan dan terpeleset akan terjun bebas menghantam bebatuan, sehingga banyak dari para petualang untuk tidak mengambil resiko sampai ke Air Terjun Jungkong Nanga Mahap tingkat dua.

Tinggi Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Dua lebih tinggi dan lebih indah dari tingkat pertama. Dengan tinggi lebih dari 45 meter dan berundak undak, dengan kanan dan kiri bebatuan belumut dan ditumbuhi tumbuhan sejenis anggrek membuat mata siapa saja kagum dengan lukisan Tuhan yang diwujudkan di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Dua.

Air Terjun Jungkong Nanga Mahap memberikan kita pelajaran tentang kehidupan. Berbagai rintangan yang sulit bahkan bertaruh nyawa untuk mencapainya, namun ketika sampai ditujuan akan terasa menakjubkan, Pancaran kebahagiaan, keindahan lukisan Tuhan, dapat kita rasakan di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap Tingkat Dua.

Wisata Petualangan

Lokasinya yang jauh dari pemukiman serta jalanan yang masih belum tertata dengan baik, menjadikan Air Terjun Jungkong Nanga Mahap ini cocok dijadikan Objek WIsata Petualangan.

Anda diharuskan berjalan kaki menelusuri semak belukar, jalan tikus yang kanan dan kiri ditumbuhi pepohonan yang rindang.

Suasana perjalanan yang cukup dingin karena masih banyaknya pepohonan, membuat perjalanan anda terasa nyaman.

Capek, letih, lelah diperjalanan akan sirna jika anda telah sampai di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap. Air nya yang jernih dan segar membuat badan anda akan terasa segar, rasa hauspun akan segera terobati.

Embun embun air terjun yang ditimbulkan membawa kita seperti diantara awan putih yang menyelimuti Air Terjun Jungkong Nanga Mahap.

Camping di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap

Di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap, sangat cocok bagi anda yang suka dengan Alam. Sangat cocok untuk anda yang ingin menginap, mendirikan tenda disekitar bebatuan di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap.

Namun, hal yang harus diperhatikan ketika berada di hutan adalah tatakrama, kesopanan dihutan agar kegiatan camping anda aman dan lancar.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap

Berapa tarif menuju ke Air Terjun Jungkong Nanga Mahap?
Karena belum dikelola, berada di hutan, anda bebas keluar masuk tanpa dipungut biaya. Namun kedepan baik masyarakat maupun pemerintah pastinya akan mengeluarkan retribusi untuk biaya perawatan dan jalan disekitar Air Terjun Jungkong Nanga Mahap.

Apakah ada fasilitas MCK?
Di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap, belum tersedia fasilitas MCK.

Apa yang harus dibawa untuk menuju ke Air Terjun Jungkong Nanga Mahap?
Sediakan makanan dan minuman ringan, yang mudah untuk anda bawa dan bisa mengganjal rasa lapar ketika di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap. Karena disekitar Air Terjun Jungkong Nanga Mahap belum tersedia penjual  makanan dan minuman.

Apakah ketika camping memerlukan tenda di Air Terjun Jungkong Nanga Mahap?
Jika anda ingin menggunakan tenda sangat dianjurkan, namun para tourgude telah menyediakan fasilitas pondok yang cukup luas dengan bentuk pondok panggung yang aman dari binatang buas ketika menginap.

Berapa harga sewa tourguide Air Terjun Jungkong Nanga Mahap?
Untuk harga berfariasi mulai dari Rp. 200.000

Berapa nomor HP tourgude Air Terjun Jungkong Nanga Mahap?
Anda bisa lihat artikel sebelumnya, terdapat nomor tourguide Air Terjun Jungkong Nanga Mahap.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url