Bundaran 1001 Ai Singkawang, Sejarah dan Icon Kota Singkawang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost - Bundaran 1001 AI Singkawang adalah perempatan Jalan yang mempertemukan Jalan Tani, Ahmad Yani, Jalan Padang Pasir dan Gg. Seribu Satu.

Bundaran 1001 AI ini atau disebut sebagai monumen CIDAYU (Cina, Dayak, Melayu) menjadi salah satu icon karena jika anda belum melihat bundan ini maka belum sah berkunjung ke Kota Singkawang.

Bundaran 1001 AI Singkawang difungsikan untuk memperindah kota. Disekitar bundaran terdapat air mancur dan kolam mini dibawah tugu patung tersebut, yang nampak indah dan berwarna ketika di malam hari akibat efek lampu sorot yang dipancarkan.

Bundaran 1001 Ai Singkawang
Bundaran 1001 Ai Singkawang

Alamat Bundaran 1001 AI Singkawang

Bundaran 1001 AI Singkawang beralamatkan di Jl. Tani, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Kodepost Bundaran 1001 AI Singkawang:  79123
Nomor telpon Bundaran 1001 AI Singkawang :-

Google Map Bundaran 1001 AI Singkawang

Jalur Transportasi menuju Bundaran 1001 AI Singkawang

Geser gambar untuk melihat sekeliling Bundaran 1001 AI Singkawang.

Bundaran 1001 AI Singkawang tidak jauh dari Grand Mall Singkawang, yang jaraknya hanya sekitar 1.4 Km atau 5 menit berkendara.

Sedangkan dari Dangau Resort Singkawang ,Tugu Adipura Kota Singkawang dan  Hotel Wahana Inn hanya berjarak sekitar 2 Km atau sekitar 5 menit berkendara.

Apa yang menari di Bundaran 1001 Ai Singkawang

1. Sejarah

Bundaran 1001 AI Singkawang dibangun pada masa walikota Drs. H. Awang Ishak, M.Si dan didasari pada sejarah Kota Singkawang yang penduduknya didominasi  tiga etnis besar diantaranya suku Tionghoa, suku Melayu, serta suku Dayak, dan sekitar 12 etnis lainnya hidup rukun, damai di kota seribu klenteng ini. 

Bagian Atas Bundaran 1001 AI Singkawang
Bagian Atas Bundaran 1001 AI Singkawang

Dengan tinggi sekitar 8 meter, Tugu Bundaran 1001 AI Singkawang terdapat beberapa bagian yang dirancang semenarik mungkin. Di bagian puncak tugu berbentuk menyerupai tudung saji yang diatasnya ada simbol kuda laut yang menandai Kota Singkawang dulunya pernah menjadi bagian dari Kabupaten Sambas yang kini memisahkan diri.

Bagian Tengah Bundaran 1001 AI Singkawang
Bagian Tengah Bundaran 1001 AI Singkawang

Di sekeliling Bundaran 1001 AI Singkawang bagian tengah terdapat berbagai patung yang menggambarkan budaya dan keberagaman etnis di Singkawang. Ada patung orang Melayu, patung orang Dayak, dan patung orang Tionghoa. Patung-patung ini melambangkan kerukunan dan toleransi antarumat beragama di Singkawang.

Bagian Bawah Bundaran 1001 AI Singkawang
Bagian Bawah Bundaran 1001 AI Singkawang
Lalu Bagian Bawah Bundaran 1001 AI Singkawang terdapat ornamen patung angsa yang berada persis di bawah patung tiga orang yang melambangkan tiga etnis besar tersebut. 

Ornamen patung angsa ini bermakna "jika rumah ingin aman, maka rawat dan peliharalah angsa yang dianalogikan asupaya Kota Singkawang selalu aman dan tenteram" Makna ini bersumber dari cerita masyarakat setempat. 

2. Bundaran 1001 AI Singkawang di Malam Hari

Bundaran 1001 AI Singkawang di malam hari
Bundaran 1001 AI Singkawang di malam hari Foto (ARTIAN)
Pada saat malam hari tiba, terlihat di Bundaran 1001 AI Singkawang ini sangat menarik. Air mancur memancarkan keindahan melingkari patung monumen cidayu ini.

Yang lebih menarik ialah efek lampu warna warni yang mengiringi air mancur sehingga terlihat indah dan siapa saja yang berada di area bundaran 1001 AI ini akan berswafoto, mengabadikan moment.

3. Spot Foto.

Bundaran 1001 AI Singkawang juga biasa digunakan pengunjung untuk berswa foto, sebagai kenang kenangan telah mengunjungi Kota Singkawang.

Namun anda harus hati hati karena area bundaran ini dipadati para pengendara yang lewat baik pengendara roda dua dan roda empat.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Bundaran 1001 AI Singkawang

Apakah Bundaran 1001 AI Singkawang objek wisata?
Bundaran 1001 AI Singkawang adalah monumen cidayu, tugu di perempatn jalan.

Apakah boleh mendekati area Bundaran 1001 AI Singkawang?
Anda di perbolehkan mendekati tugu Bundaran 1001 AI Singkawang, namun jangan sampe saat menyeberang, anda mengganggu para pengendara yang lewat. Direkomendasikan untuk tidak mendekati tugu. Jika ingin berfoto cukup di pinggir jalan saja, tanpa menyeberang.

Ada tempat apa saja di disekitar Bundaran 1001 AI Singkawang?
Disekitar Bundaran 1001 AI Singkawang terdapat beberapa tempat menarik diantaranya:
  • Rumah Makam
  • ATM BNI
  • Salon
  • Bank Mandiri
  • Apotik
  • Laundry dll.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Bundaran 1001 Ai Singkawang, Sejarah dan Icon Kota Singkawang, Kalimantan Barat"