Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu

Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu
Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu (Simon Franz Tampubolon)

 Pancurajipost.com - Air Terjun Semirah Putih adalah air terjun dengan ketingian mencapai 100 meter yang terbagi menjadi tiga tingkatan.

Lokasi favorit yang sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan, mandi dan bersantai adalah pada tingkat dua di Air Terjun Semirah Putih.

Pada tingkat dua memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih yang berundak undak serta airnya yang cukup deras, sangat membius siapa saja yang datang menikmati panorama keindahan Air Terjun Semirah Putih.

Jika kebanyakan air terjun dicapai dengan cara menanjak, di Air Terjun Semirah Putih justru kebalikannya. Pertama kali anda sampai di jalur air terjun tepat di puncak Air Terjun Semirah Putih. 

Pada tahun 2022 ini, masyarakat sekitar Air Terjun Semirah Putih beinisiatif untuk membangun jalan dengan cara membuat tangga dengan pegangan kayu dan tingkat tangga dengan kayu juga yang terdapat di sisi tebing Air Terjun Semirah Putih, tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Semirah Putih.

Alamat Air Terjun Semirah Putih

Air Terjun Semirah Putih beralamatkan di Dusun Biang Rosan Desa Tinting Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat 

Kodepost Air Terjun Semirah Putih :78516

No telpon Air Terjun Semirah Putih : -

Jalur transportasi menuju Air Terjun Semirah Putih

Dari Kota Sekadau atau Bundaran Tugu PKK ambil arah menuju Kabupaten Sanggau menelusuri Jalan Lintas Kalimantan Poros Tengah menuju simpang Gereja ST Gabriel atau anda bisa melalui simpang ensalang sekadau dekat Minimarket Abadi Jaya tergantung dari lebih mudah akses menuju ke Air Terjun Semirah Putih.

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang Gereja ST Gabriel 

Dan dibawah ini adalah alternatif jalan menuju ke Air Terjun Semirah Putih melalui simpang ensalang sekadau Desa Peniti dekat Minimarket Abadi Jaya 

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang ensalang sekadau dekat Minimarket Abadi Jaya 


Jalur melalui simpang ensalang sekadau Desa Peniti dekat Minimarket Abadi Jaya dari Bundaran Tugu PKK Sekadau sekitar 29.5 Km atau hanya menempuh waktu 1 jam saja, sedangkan melalui simpang Gereja ST Gabriel berjarak sekitar 30.4 Km dengan jalanan yang banyak simpang, jarak tempuh waktu sekitar 1 jam 10 menitan.

Perjalanan dilalui melalui beberapa perkampungan dengan kondisi jalan bebatuan dan tanh kuning menuju dusun biang rosan desa tinting boyok. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat namun dianjurkan hanya menggunakan kendaraan roda dua saja. Tanah kuning dan tidak cukup bagus jalannya, di musim hujan, mobil akan amblas dan tidak bisa berjalan.

Google map Air Terjun Semirah Putih


Tips dalam perjalanan menuju ke Air Terjun Semirah Putih

  • Anda tidak diperkenankan melakukan perjalanan menggunakan google map, karena titik lokasi Air Terjun Semirah Putih kurang tepat, rajin rajinlah bertanya kepada warga setempat agar lancar dan cepat. Disamping itu terdapat banyak simpang melalui kebun sawit, butuh tourgude yang pernah berkunjung ke Air Terjun Semirah Putih
  • Rekomendasi menggunakan Kendaraan Roda Dua Saja

Apa yang menarik di Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu?

Pesona Alam Air Terjun Semirah Putih Tingkat Satu

Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu Tingkat Pertama
Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu Tingkat Pertama
Setalah sampai di simpang dusun biang rosan menuju arah ke Air Terjun Semirah Putih, anda akan langsung sampai ke puncak Air Terjun Semirah Putih Tingkat Paling Atas.

Untuk menikmati tingkatan demi tingkatan Air Terjun Semirah Putih, anda harus berjalan menurun menelusuri tebing tangga yang telah dibuatkan jalan oleh warga setempat, jadi aman untuk dilalui, namun harus tetap extra hati hati.
Tangga Trak Jalur menurun Menuju Tingkatan Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu
Tangga Trak Jalur menurun Menuju Tingkatan Air Terjun Semirah Putih Sekadau Hulu
Air Terjun Semirah Putih tingkat puncak atau pertama dengan tinggi sekitar 4 meter lebih, lokasi ini sangat berbahaya untuk anda karena jarak lantai tingkat satu ke tingkat dua hanya berjarak sekitar 5 meter saja dan aliran air kebawahnya merupakan Air Terjun Semirah Putih tingkat dua dengan kedalaman mencapai 50 meter lebih.

Jadi dilarang untuk berfoto ria di Air Terjun Semirah Putih tingkat pertama, apalagi untuk mandi.

Pesona Alam Air Terjun Semirah Putih Tingkat Dua

Terlihat dari kejauhan Air Terjun Semirah Putih Tingkat Dua yang berada dibalik pepohonan yang rindang
Terlihat dari kejauhan Air Terjun Semirah Putih Tingkat Dua yang berada dibalik pepohonan yang rindang

Perjalanan selanjutnya menelusuri tangga tebing trak menurun ke Air Terjun Semirah Putih tingkat dua yang merupakan lokasi favorit para pengunjung.
Menelusuri Tangga Kayu menuju ke Air Terjun Semirah Putih Tingkat Dua
Menelusuri Tangga Kayu menuju ke Air Terjun Semirah Putih Tingkat Dua
Dengan kemiringan hampir 100 derajat serta tinggi sekitar 50 meter lebih, Air Terjun Semirah Putih tingkat dua menjadi lokasi terkhir untuk menikmati dan beristirahat sambil memandang derasnya Air Terjun Semirah Putih yang membentur bebatuan dibawahnya.

Para pengunjung bisa bebas mandi, bakar bakar ikan, atau hanya sekedar duduk duduk sambil berbincang bincang dengan rekan, sahabat sambil menikmati makanan dan minuman yang mereka bawa dari rumah.

Lokasi yang sangat sejuk, Terlihat dari kejauhan Air Terjun Semirah Putih Tingkat Dua yang berada dibalik pepohonan yang rindang membuat suasana dilokasi tersebut sangat sejuk dan dingin.
Air Terjun Semirah Putih Lantai Dua dari atas
Air Terjun Semirah Putih Lantai Dua dari atas

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Semirah Putih

Berapa tarif masuk menuju Air Terjun Semirah Putih?
Pada hari hari besar dan ramai di Air Terjun Semirah Putih dikenakan tarif berkisar Rp. 10.000, namun hari hari biasa anda bebas tanpa dipungut biaya memasuki Air Terjun Semirah Putih.

Apakah sudah ada fasilitas MCK di Air Terjun Semirah Putih?
Ketika artikel ini ditulis belum terdapat fasilitas MCK di Air Terjun Semirah Putih.

Larangan apa saja di Air Terjun Semirah Putih?
  • Dilarang menoba, menggunakan obat kimia di area Air Terjun Semirah Putih untuk mencari ikan.
  • Dilarang bermain di lokasi Air Terjun Semirah Putih tingkat pertama karena sangat berbahaya.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan di area Air Terjun Semirah Putih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url