Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau

 

Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau
Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau (Mico lxander)

Pancurajipost.com - Air Terjun Sirin Punti adalah objek wisata alam berupa air terjun yang sangat indah di tengah hutan Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Lokasinya yang masih asri membuat kesan sejuk dan segar siapa saja yang berkunjung kesana.

Air Terjun Sirin Punti pada hari libur dan akhir pekan selalu dipadati pengunjung dari wilayah Kabupaten Sekadau. 

Air Terjun Sirin Punti terletak  di ketinggian hampir 100 mdpl, kontur bentuk air terjun yang landai serta berbatu, dan debit air-nya cukup besar ketika musim penghujan serta terdapat sungai yang cukup jernih di aliran bawahnya menciptakan suasana di Air Terjun Sirin Punti tersebut sungguh sangat nyaman. 

Air terjun Sirin Punti sangat tepat bagi anda yang suka petualangan,karena untuk mencapai Air Terjun Sirin Punti penuh perjuangan. Namun jika anda telah sampai di Air Terjun Sirin Punti, Perjuangan selama perjalanan akan terobati dengan hamparan keindahan Air Terjun Sirin Punti, Gemuruh air dan Sejuknya hawa disekitar Air Terjun Sirin Punti.

Rasa lelah, ketih, haus akan sirna dengan sendirinya setelah anda mencapai Air Terjun Sirin Punti. Tidak samapai disitu,  bagi anda yang ingin/gemar menyusuri sungai atau aktivitas river tubing sepertinya recomended dengan sungai yang ada di bawah Air Terjun Sirin Punti. 

Air Terjun Sirin Punti juga dikelola dan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan memanfaatkan air sebagai sumber daya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), yang merupakan salah satu Program Inovasi Desa setempat.

Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau
Sungai Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau (Mico lxander)

Alamat Air Terjun Sirin Punti 

Air Terjun Sirin Punti beralamatkan di RT Sangke, Dusun Kelampuk, Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau - Kalimantan Barat

Kodepost Air Terjun Sirin Punti : 79584

No telpon Air Terjun Sirin Punti : -

Jalur transportasi menuju Air Terjun Sirin Punti 

Dari Kota Sekadau atau Bundaran Tugu PKK menuju Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman melewatii Bundaran Tugu CIDAYU berjarak sekitar 47.2 Km atau waktu tempuh hanya 1 jam 30 menit dengan jalur lemewati Kecamatan Rawak. Anda akan melewati sekitar 4 jembatan gantung untuk sampai menuju Air Terjun Sirin Punti.

Jembatan Gantung tersebut dengan lebar sekitar 1 meter lebih dan hanya bisa dilewati motor/kendaraan rod dua saja. Akses tidak begitu sulit, kaena jalan jalan desa dan dusun meuju Air Terjun Sirin Punti  sebagian telah dibeton.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan roda empat, bisa menitipkan kendaraan anda di Balai Desa Meragun, kemudian anda bisa menyewa motor/cari ojek warga. Karena untuk menuju ke Air Terjun Sirin Punti hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua.

Dari Desa Mragun, perjalanan sekitar 10 Km lagi atau 15 menit berkendara menuju Air Terjun Sirin Punti. Tidak diperkenankan mengikuti google map, karena area Air Terjun Sirin Punti tidak ada sinyal GSM.

Namun, jalur menuju Air Terjun Sirin Punti adalah jalur hilir mudik masyarakat Dayak Desa Meragun, Rajin rajin bertanya atau anda bawa tourguide masayarakat setempat sekaligus sewa motor mereka, maka akan mudah sampai ke Air Terjun Sirin Punti.

Google Map Air Terjun Sirin Punti 


Apa yang menarik di Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau

Objek Wisata Alam 

Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau
Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau
Keindahan Alam Air Terjun Sirin Punti tidak diragukan lagi, dengan ketinggian hampir 100 meter, Air Terjun Sirin Punti memberikn kesan yang luar biasa. Dari jauh terlihat sangat indah dengan derasnya aliran air yang mengalir membanting sela sela bebatuan memberikan efek gemuruh air pegunungan yang maish jernih dan asri.

Samping kanan dan kiri Air Terjun Sirin Punti ditumbuhi pepohonan yang rindang, serta dibawah Air Terjun Sirin Punti terdapat hampaan aliran sungai bebatuan yang landai, membuat siapa saja yang kesana akan takjub dan kagum.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

Disamping sebagai objek wisata dengan air terjunnya yang menawan, Pemerintah Desa Meragun memanfaatkan aliran Air Terjun Sirin Punti sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Ini merupakan program inovasi Desa Meragun dalam upaya menerangi sekitar 150 kepala Keluarga disana yang belum mendapatkan fasilitas aliran listrik dari PLN.

Hadirna Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) membuat para penduduk dusun bisa menikmati listrik yang hanya dikenakan tarif antara Rp.10.000 - Rp. 20.000 terantung dari banyaknya perlengkapan listrik disetiap rumah, seperti Kulkas, TV, Mejikom dan lain lain.

Spot Foto dan Tempat Santai

Air Terjun Sirin Punti dengan keindahan alamnya yang menawan membuat siapa saja yang kesini tidak mau lepas dari kamera yang dibawanya.

Banyak dari pengunjung yang memafaatkan liburan mereka berfoto sambil duduk, duduk, mandi,makan dan lain lain.

Bagi anda yang ingin ke Air Terjun Sirin Punti, dianjurkan membawa perbekalan seperti makanan dan minuman sendiri.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Sirin Punti

Berapa tarif masuk menuju Air Terjun Sirin Punti?
Tiket masuk menuju Air Terjun Sirin Punti free/gratis, namun tidak menutup kemungkinan kedepan akan dikenakan biaya masuk.

Fasilitas apa saja di Air Terjun Sirin Punti?
Air Terjun Sirin Punti telah dikelola pemerintah setempat dengan dibangunnya akses jalan beton dan tangga beton menuju Air Terjun Sirin Punti. 

Kemudian terdapat MCK dan tong sampah, yang bisa anda pergunakan untuk membuang sampah, jangan sembaangan buang sampah yuaah.

Apakah kendaraan roda empat bisa langsung masuk ke Air Terjun Sirin Punti?
Dari balai Dusun desa Meragun anda masih bisa pakai mobil, namun memasuki jalur air terjun anda harus menggunakan motor. Terdapat beberapa jembatan gantung yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja, itupun harus antri, jika didepan ada motor yang mau menyeberang, anda harus mengalah dahulu menunggu pengendara motor lewat dulu. 

Apakah di Air Terjun Sirin Punti ada sinyal GSM?
di Air Terjun Sirin Punti belum tercover sinyal GSM, letaknya yang jauh dari menara operator GSM, ditambah lagi tertutup oleh perbukitan disana, membuat sinyl tidak ada. 

Dengan mengikuti Google Map, apakah bisa sampai ke Air Terjun Sirin Punti?
Anda tidak diperkenankan menggunakan google map sebagai petunjuk arah, karena tidak ada sinyal dan satelit. namun rajin bertanya dengan ramah kepada warga sekitar.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Air Terjun Sirin Punti Nanga Taman - Sekadau"