Review Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap

Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap
Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap (Eka Kurniawati Journey)

 Pancurajipost.com - Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap adalah air terjun yang berdekatan dengan Ait Terjun Entugun dan berada di Desa Tembaga Kecamatan Nanga Mahap Sekadau.

Dengan potensi objek wisata alam luar biasa, Sekadau menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki kekayaan alam baik sungai, hutan serta wisatanya yang belum banyak diketahui para pecinta wisata di Kabupaten Sekdau dan sekitarnya.

Kelemahan dari pengembangan Objek Wisata di Kalimantan terutama Kabupaten Sekadau adalah Jangkauan Objek wisata Air terjun yang jauh dari perkotaan dan letaknya biasanya didalam hutan,dengan jalan menyeberang sungai, berjalan di sisi tebing tebing dan lain lain,  menyulitkan Pemerintah setempat untuk mengembangkan objek wisata yang menghasilkan dan memberikan sumbangan pajak ke Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

Pembangunan Infrastruktur ke berbagai Objek Wisata di Di Sekadau tentunya memerlukan biaya besar, disamping itu yang pastinya Pemerintah setempat mengutamakan jalan raya dulu untuk dibangun dari pada tempat wisata, karena memang dari segi perekonomian untuk sekarang ini, jalan raya lebih penting dari pada jalan menuju objek wisata.

Namun seiring waktu, dengan membaiknya Infrastruktur jalan raya, yang telah baik dan teraspal, membuat jalan ke Objek Wisata akan semakin mudah kedepan.

Jernihnya Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap
Jernihnya Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap

Alamat Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap

Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap beralamatkan di Desa Tembaga, Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat

Kodepost Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap : 79585

No telpon Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap : -

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap.

Dari Kota Sekadau atau Bundaran Tugu PKK ke  Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap berjarak sekitar 72.9 Km atau waktu tempuh sekitar 2 jam 45 menit , ambil arah ke Taman Segitiga Sekadau menuju jalan Merdeka Sekatan ke arah Rawak  menuju bundaran Tugu Cidayu-Nanga Taman. 

Dari Taman Segitiga ke Tugu CIDAYU Nanga Taman hanya berjarak 37.3 Km atau waktu tempuh 1 jam lebih perjalanan. Kemudian dari bundaran Tugu Cidayu lurus ambil arah jalan menuju Ibukota Kecamatan Nanga Mahap desa Tembaga degan jarak 35.6 Km atau waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit.

Dari Kota Sekadau ke Ibukota Kecamatan Nanga mahap, bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat, namun dari Kecamatan Nanga mahap ke  Desa Tembaga menuju Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap hanya bisa dilalui menggunakan motor/kendaraan roda dua saja.

Melelui beberapa perkampungan yang sebagian jalan beton, jalan tanah di Desa Landau Apin kemudian sampai di Desa Tembaga 

Ketika memasuki persimpangan Desa Tembaga anda akan menjumpai petunjuk arah yang menuju ke Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap. Jalanan beton selebar 1 meter, kemudian jembatan gantung selebar motor dapat anda jumpai sepanjang jalan menuju Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap.

Setelah sampai di pemberhentian kendaraan, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit untuk menuju bukit. Jalanan tanah bebatuan yang menanjak menyulitkan anda untuk sampai ke Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap. Kesulitan bukan di jalur jalannya melainkan pada nafas dan tenaga anda yang tersengal sengal, terkuras habis. Namun jika anda sampai disana lelah letih akan sirna dengan sendirinya.

Pesona hawa dingin dan sejuk yang dipancarkan Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap membuat anda segar kembali.

Google Map Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap

Apa yang menarik di Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap?

Air Terjun di Atas bukit yang tertutup pepohonan rindang

Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap
Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap bedada di Perbukitan yang ditutupi Pohon Rindang
Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap memiliki 4 tingkat, yang masig masing tingkat memiliki keindahan dan pesona tersendiri. dengan ketinggian sekitar 100 meter bertingat, kedalaman kolam sedalam 1-3 meter tergantung debit air  dan musim penghujan.

Aliran air yang membanting ke bebatuan menimbulkan suara gemuruh yang khas dan menenangkan jiwa jiwa yang sedang bermasalah. Seolah olah, suara Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap melantunkan lagu kedamaian yang bisa anda rasakan didalam hati anda ketika berada di Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap.

Pepohonan tinggi dan besar, yang berusia sekitar ratusan tahun, dengan tinggi lebih dari 20 -50 meter mengelilingi kanan dan kiri Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap, seolah olah ingin melindungi aliran Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap dari panasnya sinar matahari dan berbagai tangan yang usil dengan alam.

Sehingga anda akan merasakan keajaiban pesona keindahan Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap yang tertutup hutan lebat.

Cerita Misteri Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap

Setiap tempat wisata pasti memiliki cerita misteri yang turun temurun dikalangan masyarakat sekitar seperti cerita di Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap.

Konon alkisah hiduplah seorang janda yang memiliki 3 anak laki-laki yang sangat patuh kepada orang tuanya.

Suatu ketika sang bungsu mengajak kedua kakaknya untuk berburu makanan dihutan. Sesampai dihutan dan merasa kasihan kepada si bungsu,, kedua kakaknya sepakat untuk menyuruh si bungsu pergi dahulu pulang kerumah.

Ditengah perjalanan ketika sampai di Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap, si bungsu membasuh muka dan tiba tiba melihat sosok wanita yang sedang mencuci pakaian, kemudian si bungsu menegur si gadis dengan sopan, namun anehnya si gadis tidak menoleh . lalu si bungsupun pergi meninggalkan si gadis itu.

Waktu menjelang sore hari kedua kakak si bungsu pun pulang dengan membawa buruannya dan mengalami hal serupa, mereka melihat sosok gadis yang sedang mencuci kain di sungai Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap.

Dengan sopan pula Si sulung menyapa gadis itu namun juga tidak mau menolehnya, dan ketika si tengah yang mencoba menegurnya, kemudian tiba tiba si gadispun menolehnya.

Ketika melihat wajah si gadis, Si sulung dan si tengah terkejut dengan wajah aneh yang dimiliki si gadis dengan muka menyerupai wajah kucing. 
Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap, Gambar sebagai Ilustrasi
 Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap, Gambar sebagai Ilustrasi
Sontak kedua pemuda itupun lari pergi meninggalkan gadis itu. Dengan kesaktian yang dimiliki gadis itu, si tengah yang sedang berlari kemudian lenyap bersama si gadis misterius.

Dari cerita tersebut, masyarakat setempat menamakan tempat itu sebagai cuci kain, yang sekarang terkenal dengan nama Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap

Berapa tarif masuk menuju ke Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap?
Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap bebas untuk umum, pada hari hari tertentu dikenakan tiket masuk seharga Rp.10.000, namun hari hari biasa yang tidak ramai, anda bebas masuk tanpa biaya, enak kan...

Apakah sudah ada fasilitas MCK di Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap?
Untuk fasilitas MCK belum tersedia, namun pemerintah Desa Tembaga pasti akan membangun fasilitas tersebut dengan potensi Air Terjun Cuci Kain Nanga Mahap yang luar biasa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url