Air Terjun Entugun Nanga Mahap

 

Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Air Terjun Entugun Nanga Mahap (Eka Kurniawati Journey)

Pancurajipost.com - Air Terjun Entugun Nanga Mahap adalah air terjun yang berada di hutan dan jauh dari perkotaaan, sangat cocok untuk anda yang ingin menyendiri, rilekan pikiran, agar fress kembali sehingga aktifitas rutinitas bekerja anda kembali baik dengan kondisi pikiran yang tenang.

Berada jauh dari perkotaan, Air Terjun Entugun Nanga Mahap menjanjikan panorama alam yang luar biasa, akar  akar pohon yang membelit pepohonan, serta lumut yang tumbuh disekitar pohon dan bebatuan yang memberitaukan bahwa Air Terjun Entugun Nanga Mahap merupakan air terjun yang masih asri, dan alami.

Alamat Air Terjun Entugun Nanga Mahap

Air Terjun Entugun Nanga Mahap beralamatkan di Desa Tembaga, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat 

Kodepost Air Terjun Entugun Nanga Mahap : 79585

No telpon Air Terjun Entugun Nanga Mahap : -

Jalur transportasi menuju Air Terjun Entugun Nanga Mahap

Dari Kota Sekadau atau Bundaran Tugu PKK ke  Air Terjun Entugun Nanga Mahap berjarak sekitar 72.7 Km atau waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit , ambil arah ke Taman Segitiga Sekadau menuju jalan Merdeka Sekatan ke arah Rawak  menuju bundaran Tugu Cidayu-Nanga Taman. 

Dari Taman Segitiga ke Tugu CIDAYU Nanga Taman hanya berjarak 37.3 Km atau waktu tempuh 1jam perjalanan. Kemudian dari bundaran Tugu Cidayu lurus ambil arah jalan menuju Ibukota Kecamatan Nanga Mahap desa Tembaga degan jarak 35.4 Km atau waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Dari Kota Sekadau ke Ibukota Kecamatan Nanga mahap, bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat, namun dari Kecamatan Nanga mahap ke  Desa Tembaga menuju Air Terjun Entugun Nanga Mahap hanya bisa dilalui menggunakan motor/kendaraan roda dua saja.

Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Air Terjun Entugun Nanga Mahap

Ditempat pemberhentian kendaraan di kaki bukit Desa Tembaga, dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri jalanan setapak yang biasa dilalui masyarakat Tembaga ke hutan dan ke ladang.

Jalanan tanah dan bebatuan menemani anda selama perjalanan dengan jalur menanjak kearah bukit. Bagi anda yang kurang olahraga, maka nafas anda akan sedikit terganggu.

Namun jangan hawatir kemiringan menanjaknya tidak terkaku extrem dan bisa santai dalam perjalanan anda yang kanan kirinya ditumbuhi pepohonan rindang. 

Sungguh luar biasa. Rekreasi sambil berolahraga jalan kaki di udara yang bersih, sejuk dan segar, otomatis badan anda yang terbiasa di perkotaaan dengan polusi udaranya yang kotor, seketika segar kembali.

Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Air Terjun Entugun Nanga Mahap

Google map Air Terjun Entugun Nanga Mahap

Apa yang menarik di Air Terjun Entugun Nanga Mahap?

Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Air Terjun Entugun Nanga Mahap

Wisata Alam Perbukitan dan Arum Jeram

Air Terjun Entugun Nanga Mahap berada di tengah bukit desa Tembaga, menyajikan panorama yang sungguh luar biasa. Air Terjun Entugun Nanga Mahap memiliki 3 tingkat dengan tingi sekitar 30 meter serta kolam dibawahnya yang dalamnya kurang lebih 1 -5 meter menjadikan objek wisata ini menjadi salah satu andalan wisata Kabupaten Sekadau, kususnya masyarakat Nanga Mahap.

Aliran air terjun yang dibawahnya membentuk sungai yang jernih dan indah, mengalir disela bebatuan bebatuan di sungai, yang sangat cocok kedepannya dikembangkan menjadi salah satu objek wisata arum jeram.

Wisata Rohani Goa Maria

Goa Maria di Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Goa Maria di Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Di Air Terjun Entugun Nanga Mahap ketika anda sampai akan disambut dengan keberadaan Patung Bunda Maria, yang seolah olah sedang menyapa kedatangan Anda ke Air Terjun Entugun Nanga Mahap.

Patung Bunda Maria letaknya di samping kanan Air Terjun Entugun Nanga Mahap.. Jadi Air Terjun Entugun Nanga Mahap sebagai wisata alam juga sebagai wisata rohani.

Dengan potensi yang ada, Air Terjun Entugun Nanga Mahap bisa menjadi wisata yang banyak dikunjungi dan memberikan kesejahteraan masyarakat Tembaga, jika dikelola dengan baik.

Wisata Edukasi

Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Wisata Edukasi Air Terjun Entugun Nanga Mahap
Dengan banyaknya berbagai jenis tanaman dan pepohonan yang masih asli di Air Terjun Entugun Nanga Mahap, Bisa dijadikan menjadi wisata penelitian. Banyak tumbukan langka disini yang tidak anda jumpai lagi sekitar perkotaan.

Jadi, Kawasan Air Terjun Entugun Nanga Mahap sangat cocok untuk memperkenalkan kepada anak cucu kita tentang keaneka ragaman tumbuhan yang pernah ada di Tanah Kalimantan yang masih terawat baik di Kawasan Air Terjun Entugun Nanga Mahap.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Entugun Nanga Mahap

Berapa tarif masuk ke Air Terjun Entugun Nanga Mahap?
Air Terjun Entugun Nanga Mahap belum dikelola dengan baik, sehingga belum ada tarif masuk menuju Air Terjun Entugun Nanga Mahap.

Apakah ada fasiltas MCK di Air Terjun Entugun Nanga Mahap?
Di Air Terjun Entugun Nanga Mahap belum tersedia fasilitas MCK
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Air Terjun Entugun Nanga Mahap"