Wisata Bukit Burang Nanga Taman

Wisata Bukit Burang Nanga Taman
Wisata Bukit Burang Nanga Taman (M Fathur Raziqin Akbar)

Pancurajipost.com - Wisata Bukit Burang Nanga Taman adalah Objek wisata alam perbukitan yang berada di Kecamatan nanga taman Sekadau. Dengan ketinggian lebih dari 1000 mdpl, anda bisa menikmati keindahan alam dari atas kebawah seperti anda berada di mimpi, yaitu negara di atas awan putih yang membentang luas seolah olah menutupi permukaan pepohonan hutan disekitarnya.

Wisata Bukit Burang Nanga Taman salah satu tujuan wisata pendakian perbukitan yang lumayan menguras tenaga namun sering dikunjungi pada pecinta alam dan pecinta wisata pendakian.

Jalanan yang menanjak tidak menyulitkan mereka untuk sampai ketempat paling tinggi di puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman Sekadau.

Dengan panorama dan bentangan awan dan hutan yang luas, yang bisa anda nikmati di puncak bukit, serta sunset yang ditunggu tunggu ketika sore dan pagi hari, membuat para pendaki menyisihkan waktu semalam untuk menginap dengan peralatan yang mereka bawa dari kaki bukit.

Alamat Wisata Bukit Burang Nanga Taman

Wisata Bukit Burang Nanga Taman beralamatkan di Desa Rirang Jati, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat 

Kodepost Wisata Bukit Burang Nanga Taman :79583

No telpon Wisata Bukit Burang Nanga Taman : 082155776438 (Tourguide)

Google map Wisata Bukit Burang Nanga Taman

Jalur menuju ke Wisata Bukit Burang Nanga Taman

Dari Kota Sekadau atau Bundaran Tugu PKK menuju Desa Rirang Jati, Kecamatan Nanga Taman melewatii Bundaran Tugu CIDAYU Nanga Taman berjarak sekitar 47.2 Km atau waktu tempuh hanya 1 jam 30 menit dengan jalur lemewati  Rawak. Anda akan melewati jalan sekitar 3 jam lebih dari Kecamatan Nanga Taman.

Dari Sekadau menuju nanga taman, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat, kemudian setelah sampai di Desa Rirang jati, anda bisa memarkirkan kendaraan roda empat di salah satu warga desa rirang jati. Namun juka anda menggunakan kendaraan roda dua, bisa langsung melanjutkan perjalanan.

Setelah sampai di kaki bukit, anda bisa memarkirkan kendaraan di kaki bukit yang telah disediakan. Perjalanan selanjutnya ialah dengan berjalan kaki dengan trak kemiringan jalan 40 - 50 derajat.

Butuh tenaga dan nafas yang peima untuk sampai kesana, namun waktu tempuh tidak terlalu lama hanya sekitar 2 jam berjalan kaki.

Dengan keaneka ragaman pepohonan yang rindang, membuat perjalanan anda tidak terasa. Namun untuk kesana diperlukan tourguide / penduduk setempat agar aman sampai ditujuan.

Selain itu berbagai larangan yang peerlu anda hindari juga harus anda ketahui, dengan cara menanyakan langsung kepada warga bagainama adat kesopanan ketika berada di Wisata Bukit Burang Nanga Taman

Apa yang menarik di Wisata Bukit Burang Nanga Taman?

Panorama Negeri diatas awan

Puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman
Puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman (Petrus Willy)
Berdiri diatas awan merupakan mimpi setiap orang, namun anda bisa melaksanakan mimpi anda di dunia nyata dengan mendaki Wisata Bukit Burang Nanga Taman.

Bentangan awan putih mengelilingi tingginya bukit yang awannya dibawah puncak bukit Wisata Bukit Burang Nanga Taman. Sungguh pemandangan yang sangat megesankan, belum lagi menikmati matahari terbit ketika pagi hari, Dunia terasa indah, sejuk,dan dingin dengan panorama pancaran sinar kuning matahari terbit.

Kaya Pohon Durian usia ratusan tahun.

pada bulan tertentu disetiap tahunnya, disekitar Wisata Bukit Burang Nanga Taman, berjejer pohon durian berusia ratusan tahun. Usianya yang cukup tua membuat rasa duriannya terasa semakin lezat.

Durian durian Wisata Bukit Burang Nanga Taman, berasa empuk, kurang manis namun gurih dan lembut. Khas Durian yang berkualitas.

Anda bisa dapatkan di pintu masuk menuju ke Wisata Bukit Burang Nanga Taman dan membayar kepada penduduk setempat yang berjualan disana untuk dibawa bekal naik ke puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman.

Camping di Wisata Bukit Burang Nanga Taman

Camping di Puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman
Camping di Puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman (alfitra braja)
 Sebagai pecinta alam, mereka yang hobi mendaki biasanya ingin sekalian menginap diatas bukit Wisata Bukit Burang Nanga Taman. Namun bagi anda yang ingin menginap, diharuskan untuk meminta permisi kepada tetua adat setempat. Hal ini berkaitan dengan keamann dan kenyamanan anda.

Karena dimana mana tempat yang jarang dikunjungi, biasanya menyimpan keanehan ketika berada disana. Kepercayaan Adat masyarakat bahwa tempat tempat itu memiliki penghuninya juga namun kasat mata. Sehinga dengan memohon permisi tersebut supaya penghuni perbukitan tidak merasa terganggu.

Ketika menginap di puncak bukit, anda bisa memandang sekitar puncak. Terlihat dari kejauhan Kota Sekadau dengan pancaran lampu lampu yang indah membuat nikmatnya menghabiskan malam di Puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman.

Pada pukul empat pagi lebih sedikit, panorama awan yang ditembus sinar matahari pagi, menciptakan pantulan cahaya kekuningan yang menakjubkan. Keindahan cahaya matahari pagi mengusir hawa dingin diperbukitan, apalagi ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Sungguh Indah Terasa.

Pemandangan dari Puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman
Pemandangan dari Puncak Wisata Bukit Burang Nanga Taman (Petrus Willy)

Pertanyaan yang sering diajukan di Wisata Bukit Burang Nanga Taman

Berapa tarif menuju ke Wisata Bukit Burang Nanga Taman?

Memasuki lokasi Wisata Bukit Burang Nanga Taman tidak ada tiket masuk, namun anda dikenakan sewa tourgude yang memberi petunjuk ke Wisata Bukit Burang Nanga Taman dengan tarif antara Rp. 200.000 an ke atas.

Apa yang harus saya persiapkan untuk menuju ke Wisata Bukit Burang Nanga Taman?

Jika anda menginap, bawalah perlengkapan menginap untuk camping yang tidak berat serta makanan seperlunya saja. Namun juka anda menyewa tourguide bisa membantu perlengkapan anda selain sebagai penunjuk jalan.

Waktu yang tepat untuk  menuju ke Wisata Bukit Burang Nanga Taman?

Untuk menuju ke Wisata Bukit Burang Nanga Taman, sebaiknya anda mengatur jadwal pada musim kemarau saja. Hal ini untuk memperlancar perjalanan anda yang trak sebagian besar jalan tanah bebatuan yang jika terkena air hujan akan licin sekali.


 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url