Goa Lawang Kuwari Sekadau

Goa lawang kuwari sekadau
Goa lawang kuwari sekadau (Seno Zeno)

 Pancurajipost.com- Goa Lawang Kuwari Sekadau adalah Goa yang berada di tebing sungai kapuas mirip dengan Goa batu sampai/batu tulis di Sanggau yang berada di tebing sungai. Konon goa ini sebagai lorong untuk pelarian dari satu tempat ketempat yang lain. Goa ini memiliki tiga lubang kecil yang menurut cerita lobang paling kiri untuk masyarakat tionghoa, tengah untuk masyarakat melayu dan paling kanan untuk masyarakat dayak.

Goa ini bisa tembus ke berbagai daerah seperti bisa tembus ke batu sampai.batu tulis kabupaten sanggau, juga ada yang menyakini oa Lawang Kuwari ini bisa tembus ke daerah sekayam.

Cerita dari mulut kemulut megatakan bahwa  Goa Lawang Kuwari semakin dalam akn semakin tiggi, setinggi badan manusia.

Alamat Goa Lawang Kuwari Sekadau

Goa Lawang Kuwari Sekadau beralamatkan di Dusun Kelilit Desa Seberang Kapuas Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat 

Kodepost Goa Lawang Kuwari Sekadau : 79516

No telpon Goa Lawang Kuwari Sekadau :-

Jalur Transportasi menuju Goa Lawang Kuwari Sekadau

Banyak jalur untuk menuj ke Goa Lawang Kuwari Sekadau, Untuk ambil yang lebih dekat disarankan melalui jalan sungai putat.

Dari Bundaran Tugu PKK Sekadau menuju ke Simpang Jl. Sungai Putat, Desa Sungai Ringin arah ke sanggau berjarak sekitar 3.9 Km atau hanya 7 menit saja kemudian belok kanan menelusuri jl.Sungai Putat menuju dermaga.

Geser gambar untuk melihat seluruh pal 4 simpang jalan Sungai Putat Sekadau.


sedangkan dari arah Sanggau dari Jembatan Semuntai menuju pal 4 simpang jalan Sungai Putat hanya berjarak sekitar 22.5 Km atau hanya sekitar 30 menit berkendara kemudian belok kiri  menelusuri jl.Sungai Putat menuju dermaga.

Dari Simpang menuju penyeberangan sungai Penyeberangan kapuas hanya berjarak sekitar 1.4 Km atau hanya 3 menit berkendara.

Dari Pelabuhan Penyeberangan Sungai Putat menuju ke lokasi Goa Lawang Kuwari Sekadau mengunakan motor air menempuh waktu sekitar 10 menit menyeberng sungai kapuas dan langsung menuju ke depan Goa Lawang Kuwari Sekadau yang letaknya persis ditebing sungai Kapuas.
Gerbang Pintu Masuk menuju Goa Lawang Kuwari Sekadau
Gerbang Pintu Masuk menuju Goa Lawang Kuwari Sekadau (Aris Sugiri)
Harga Tafir Menyeberang

Tarif menyeberang dari penyeberangan Sungai Putat ke Goa Lawang Kuwari Sekadau dulu hanya Rp.10.000/orang. Sekarang kemungkinan sudah berubah dengan naiknya harga BBM.

Apa yang menarik di Goa Lawang Kuwari Sekadau?

3 Lubang Kecil simbol kebersamaan

Mulut Goa Lawang Kuwari Sekadau
Mulut Goa  dengan besar hanya sebesar badan manusia di Lawang Kuwari Sekadau
Lawang Kuwari Sekadau
Lawang Kuwari Sekadau
Goa ini memiliki tiga lubang kecil yang menurut cerita lobang paling kiri untuk masyarakat tionghoa, tengah untuk masyarakat melayu dan paling kannn untuk masyarakat dayak.

Goa Lawang Kuwari Sekadau ini selalu berkaitan erat dengan cerita mistis didalamnya dan sampai sekarang masih berkembang certia sakral di Goa Lawang Kuwari Sekadau.

Sebagian masyarakat asli yang tinggal di Sekadau menjalankan ritual di Goa Lawang Kuwari seperti bersemedi, bertapa meminta petunjuk dan doa doa agar dimudahkan dalam urusan dunia misalnya ingin kkaya, sukses dalam segala hal, mudah jodoh dan lain lain.

Ketika hajat mereka terpenuhi, mereka kembali lagi ke Goa Lawang Kuwari  untuk menjalankan ritual mulang hajat. Ritual mulang hajat dilakukan setelah mereka tercapai segala cita cita setelah permohonan mereka di lawang kuwari terpenuhi.

Cerita orang Pintar yang telah berhasil memasuki Gua Lawang Kuwari Sekadau

Menurut orang pintar, untuk memasuki Goa Lawang Kuwari tidak sembarangan orang bisa masuk, Berbagai ritual harus dilakukan dan harus dengan bimbingan penjaga/tetua di lawang kuwari. Jika tidak anda bisa masuk tapi tidak bisa kembali lagi.

Orang yang bisa masuk ke Goa Lawang kuwari adalah orang suci, yang tidak lagi mengenal dunia, taat beribadah yang bisa memasuki Goa Lawang Kuwari.

Menurut cerita turun temurun, perjalanan masuk dari mulut gua dilakukan dengan merangkak, jongkok, kemudian lubang semain dalam semakin lebar. Anda bisa berjalan normal didalam goa dan menemukan Danau yang sangat jernih disana.

Lorong goa yang panjang bisa tembus ke berbagai tempat, bisa tembus ke Goa Batu tulis Sanggau yang terletak di tebing sungai sekayam, bisa terlihat ketika air surut/kemarau. Kemudian bisa tembus juga ke Hutan di sekayam - Sanggau.

Walau belum terbukti secara ilmiah, cerita ini bersembus kencang dan dipercaya masyarakat sekitar sampai sekarang.

Asal muasal Goa Lawang Kuwari Sekadau

Masyarakat percaya bahwa Goa Lawang Kuwari Sekadau ini sebagai lubang pelarian dan persembunyian Sultan Agung dari kerajaan Sekadau. yang lari dari kejaran prajurit istana dan menaburkan abu sekitar lawang kuwari dan berubah menjadi bebatuan yang terlihat sekarang.

Spot Foto di Goa Lawang Kuwari Sekadau

Pemerinta setempat telah membangun jalan selebar 1 meter berbeton serta pagar besi serta pendopo pendopo disekitar pantai Goa Lawang Kuwari.

Anda bisa menikmati keindahan pantai dan bebatuan disana yang memiliki keindahan tersendiri, berfoto bersama rekan rekan anda.

Pertanyaan yang sering diajukan di Goa Lawang Kuwari Sekadau

Selain akses penyeberangan, apakah bisa memalui darat saja menuju Goa Lawang Kuwari Sekadau?

Selain perairan andajuga bisa melalui darat saja untuk menuju ke Goa Lawang Kuwari Sekadau. Jalur dilaui dari Simpang Jembatan Seuntai Sanggau menuju ke Kecamatan Mukok - Sanggau, kemudian menuju Desa Layak Omang. Jalur ini cukup jauh dan jalanan tanah ketika hujan akan licin. Sehingga tidak semua orang tau jalur ini.

Apa larangan-larangan di Goa Lawang Kuwari Sekadau?

Larangan di Goa Lawang Kuwari Sekadau diantaranya

  • Tidak diperkenankan berusaha masuk ke Goa tanpa ada pawang penjaga di Goa Lawang Kuwari Sekadau.
  • Tidak boleh membawa pulang benda apapun seperti bebatuan dan lain lain dari Goa
  • Tidak boleh berkata kotor
  • Tidak boleh coret coret bebatuan disana
  • Tidak boleh membuang sampah sembarangan
  • Todak boleh kencing sembarangan

Fasilitas apa saja di Goa Lawang Kuwari Sekadau?

Selain Pendopo-pendopo yang berjejer rapi di tepi sungai, juga terdapat toilet, musholla, tempat duduk bersantai.
Pendopo Pendopo di Goa Lawang Kuwari Sekadau
Pendopo Pendopo di Goa Lawang Kuwari Sekadau (Seno Zeno)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url