Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau

Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau
Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau

 Pancurajipost.com - Air Terjun Tigkat Tengai adalah wisata alam air terjun pegunungan yang memiliki aliran air dari bebatuan yang bertingkat - tingkat. Jalan akses yang lumayan mudah membuat siapa saja bisa berkunjung ke Air Terjun Tigkat Tengai.

Terletak di atas kaki bukit, Aliran Air Terjun Tigkat Tengai yang deras ini difungsikan oleh masyarakat Desa Cenayan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mampu mengaliri Desa Cenayan dan kampung disebelahnya.

Alamat Air Terjun Tigkat Tengai

Air Terjun Tigkat Tengai beralamatkan di Desa Cenayan, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat 

Kodepost Air Terjun Tigkat Tengai : 78571

No telpon Air Terjun Tigkat Tengai :-

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Tigkat Tengai 

Dari Kota Sekadau atau Bundaran Tugu PKK menuju ke Air Terjun Tigkat Tengai berjarak sekitar 52 Km atau 2 jam perjalanan.

Dimulai dari Kota Sekadau ambil Taman Segitiga Sekadau menuju jalan merdeka selatan arah rawak menuju ke Kota kecamatan Nanga Taman dan melewati Tugu Cidayu dengan jarak hanya 37.4 Km atau 1 jam saja perjalanan. Dari Tugu Cidayu ambil arah menuju Desa Cenayan Kecamatan nanga Mahap yang akan ditempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk sampai ke Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau.

Recomended menggunakan kendaraan roda dua saja. Bagi anda yang mmenggunakan mobil, hanya bisa sampai ke Kota Kecamatan Nanga Mahap, Menuju ke Air Terjun Tigkat Tengai melewati beberapa jembatan gantung dengan lebar pas dibadan 1 motor saja, atau sekitar 1 meter saja.

Jalan disana cukup bagus dengan kondisi jalan setapak yang telah dibeton, memudahkan para pengunjung untuk bisa nyaman sampai ke Air Terjun Tigkat Tengai.

Google Map menuju ke Air Terjun Tigkat Tengai

Apa yang menarik di Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau?

Keindahan Alam Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau

Bagi anda yang suka jalan jalan, Jalur menuju ke Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau sangat indah. Anda akan ditemani dengan panorama hamparan perbukitan dan hutan hutan lebat dikann dan kiri jalan.

Deretan pegunungan membentang luas, seolah olah ingin menunjukan betapa indah kekayaan alam di Kecamatan Nanga Mahap.
Jalur PemandanganPerbukitan yang Indah di Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau
Jalur PemandanganPerbukitan yang Indah di Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau
Anda akan takjub berada di Kecamatan Nanga Mahap, Aliran sungai sungai yang membelah di setiap desa ditandai dengan banyaknya jembatan gantung, kemudian banyaknya perbukitan yang membentang luas dengan deretan air terjun yang indah indah.

Setelah anda mendekati area Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau, semua kendaraan diparkir di kaki bukit. kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menanjak dengan tanjakan pertama memiliki kemiringan 45 derajat, kemudian anda akan mejumpai lagi tanjakan kedua yang tidak terlalu tinggi.

Kondisi jalan yang menanjak membuat nafas anda yang kurang olahraga akan tersengal sengal dan perlu istirahat.

Untuk jalan setapak menuju ke Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau kondisi telah dibeton dengan lebar sekitar 1 meter. Anda harus berhati hati ketika musim ujan tiba, jalanan akan licin. Tapi secara keseluruhan perjalanan nyaman untuk dilewati.

Setelah sampai memasuki Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau, Gemuruh air dan hawa dingin langsung menerpa tubuh anda. Capek, letih lelah akan sembuh dengan sendirinya. Apalagi jika anda langsung mandi di Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau, badan langsung pulih kembali, segar, dan bisa nyaman untuk pulangnya.

Bagi anda yang ingin ke Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau, jangan lupa membawa perbekalan makanan dan minuman. Sambil duduk santai dan makan di pinggiran Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau, terasa seperti berada di alam lain. Sungguh indah pemandangan air terjunnya.

Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau ini dengan kemiringan sekitar 45 derajat, memiliki bebatuan yang bertingkat tingkat, sehingga masyarakat disana menyebutnya Air Terjun Tigkak Tengai.
Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau
Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau (Seno Zeno)

Wisata Penelitian

Kanan dan kiri ditumbuhi pepohonan yang masih asri, dengan berbagai flora dan fauna yang masih terjaga, membuat Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau, ini juga bisa dijadikan sebagai wisata penelitian/Edukasi.

PLTA di Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau

Selain difungsikan sebagai tempat wisata, aliran Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau juga dimanfaatkan masyarakat Desa Cenayan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air yang bisa menerangi 100 lebih KK di Desa Cenayan, dan Kampung disekitarnya.

Di PLTA Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau memiliki sekitar 4 penjaga dengan sistem kerja sift yang bertugas memonitor selama mesin pembangkit dinyalakan. Perlu diketahui, aliran listrik yang menerangi Desa Cenayan melalui PLTA Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau beroperasi setiap hari dimulai pukul 17.00 WIB sore sampai esok harinya pukul 10.00 WIB pagi.

Untuk tarif listrik dari PLTA Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau mulai dari Rp.10.000- Rp. 20.000 /Kepala Keluarga.

PLTA Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau merupakan Program Inovasi Desa Cenayan dalam rangka mendukung Pemerintah memeratakan penggunaan listrik di kampung/pelosok desa yang jauh dari jangkauan PLN.

Pertanyaan yang sering diajikan di Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau

Berapa tarif masuk ke Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau?
Tiket masuk menuju ke Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau sementara masih gratis, jadi anda jangan hawatir tentang biaya masuk.

Apakah ada fasilitas MCK di Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau?
Di Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau sementara fasilitas MCK belum tersedia.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Air Terjun Tigkat Tengai Sekadau"