Kumpulan Wisata Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Kabupaten Ketapang yang terkenal dengan kekayaan pantainya, menjadikan para investor banyak yang melirik ke Kabupaten ini. Berderet hotel hotel mewah berdiri kokoh di tengah perkotaan yang menandakan potensi wisata di Kabupaten Ketapang sangat menjanjikan pada jangka panjang kedepan.

Pengelolaan Objek Wisata yang berkelanjutan serta keseriusan para garda terdepan POKDARWIS disetiap Objek Wisata, akan berdampak positif dalam pengembangan dan kemajuan objek wisata di daerah ini.

Sektor Wisata yang maju, akan berdampak pada perekenomian masyarakat setempat, serta membawa Kabupaten Ketapang ini menjadi salah satu Kabupaten Tujuan Wisata Nasional dan Internasional. Hal ini perlu disadari Pemerintah setempat untuk mempermudah dan memfasilitasi berbagai kegiatan pariwisata serta mempromosikannya agar sektor pariwisata bisa menjadi tulang punggung penopang ekonomi yang telah terbukti membawa bali, Pulau Dewata sebagai penyumbang terbesar pendapatan Negara setelah minyak bumi dan gas.

Kumpulan Wisata Kabupaten Ketapang

Berikut ini kumpulan objek wisata di Keapang, Kalimantan Barat yang bisa anda kunjungi dan nikmati sebagai alternatif untuk lmerencanakan liburan anda di Kbupaten Ketapang.

1.Pantai Tanjung Belandang

Pantai Tanjung Belandang Ketapang
Pantai Tanjung Belandang Ketapang

Pantai Tanjung Belandang adalah salah satu destinsi wisata alam pantai, yang menjadi salah satu andalan wisata masyarakat Ketapang. Dengan letak yang dekat dengan kota Ketapang atau sekitar 30 menit dari Ibukota Kabupaten Ketapang, Pantai Tanjung Belandang diminati masyarakat sekitar dan kabupaten lainnya saat akhir pekan dan libur tiba.

Pantai Tanjung Belandang memiliki keunikan tersendiri, memiliki ombak yang relatif stabil disekelilingnya telah dibangun pendopo pendopo sederhana untuk duduk duduk menikmati pantai sambil ngemil.

2. Klenteng Tua Pek Kong

Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

Klenteng Tua Pek Kong adalah kelenteng tertua di Kabupaten Ketapang dan Kalimantan Barat yang memiliki histori yang sangat kuat akan kedatangan masyarakat Tionghoa di Kalimantan Barat Khususnya di Ketapang.

Tingkat toleransi di Ketapang sangat tinggi dibuktikan dengan berdirinya klenteng ini yang diperkirakan lebih dari 130 tahun.

3. Tropical Waterpark

Tropical Waterpark Ketapang
Tropical Waterpark Ketapang

Tropical Waterpark di Kabupaten Ketapang adalah wahana kolam renang taman air yang terletak di daerah Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. Taman air ini memiliki beberapa wahana air seperti kolam renang, seluncuran, dan juga area bermain air untuk anak-anak. Selain itu, terdapat juga fasilitas seperti restoran, toilet, dan area parkir yang memadai.

Tropical Waterpark Ketapang sering menjadi destinasi wisata bagi keluarga atau rombongan yang ingin bersenang-senang di air pada saat liburan.

4. Taman Kota Ketapang

Taman Kota Ketapang
Taman Kota Ketapang (Don don)

Taman Kota Ketapang adalah area publik yang berada di pusat Kota Ketapang yang didalamnya terdapat taman, tempat bermain anak anak, jogging trak, serta dipinggiran taman terdapat berbagai macam menu makan dari para penjual pedagang kaki lima.

5. Pantai Pasir Putih Sungai Gantang

Kenidahan Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Photo
Kenidahan Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Photo

Pantai Pasir Putih Sungai Gantang adalah sebuah pantai yang terkenal dengan pasir putih dan airnya yang sebening kristal, dan merupakan tujuan populer bagi turis maupun penduduk lokal yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Pantai Pasir Putih Sungai Gantang merupakan tempat yang cocok untuk berenang, berjemur, dan menikmati pemandangan yang indah. Pantai ini juga dikelilingi perbukitan hijau subur, menjadikannya lokasi yang indah untuk fotografi dan jalan-jalan pad liburan dan akhir pekan anda.

6. Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura

Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura Ketapang
Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura Ketapang Photo (IG : yunita duriani)

Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura adalah kerajaan tertua yang pernah ada di Kalimantan Barat, Indonesia. Kerajaan ini didirikan pada abad ke-8 dan Pendiri Kerajaan Tanjungpura adalah dari Raja Brawijaya dari Majapahit.

Keraton Matan Tanjungpura terletak di wilayah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Pada masa kejayaannya, kerajaan ini memiliki wilayah kekuasaan yang meliputi sebagian besar wilayah Kalimantan Barat, serta wilayah-wilayah di sekitarnya, seperti Sarawak dan Brunei.

7. Pulau Sawi 

Keindahan Pulau Sawi Dari Atas Drone Photo
Keindahan Pulau Sawi Dari Atas Drone Photo

Pulau Sawi adalah Pulau pulau kecil dipinggiran laut yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Ketapang tepatnya Desa Sungai Tengar, Kecamatan Kendawangan. Airnya yang bening sejernih kristal,  Itulah kenapa Kabupaten Ketapang menjadi  salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi khususnya di Provinsi Kalimantan Barat.

8. Pantai Wak Dagoy Ketapang

Keindahan Pantai Wak Dagoy Ketapang
Keindahan Pantai Wak Dagoy Ketapang

Pantai Wak Dagoy Ketapang adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. Hal yang menonjol dan unik di Pantai Wak Dagoy Ketapang ini terkenal karena pepohonan yang indah di depan pasir pantai yang menghalangi lautan dan air biru yang jernih, sehingga menjadi tujuan wisata menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di pantai ini, seperti sepak bola pantai, berjemur di bawah sinar matahari, dan bermain voli pantai. Selain itu, terdapat pula warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman khas daerah setempat. Pantai Wak Dagoy Ketapang merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kalimantan Barat.

9. Pantai Jambat Kendawangan

Pantai Jambat Kendawangan Ketapang Photo
Pantai Jambat Kendawangan Ketapang Photo (WK Borneo Explorer)

Pantai Jambat Kendawangan adalah pantai yang terletak di Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. Pantai ini terletak di pantai barat Pulau Kalimantan dan terkenal dengan pantai berpasir dan berbatu yang terlihat indah dan air laut yang jernih berwarna biru.

Pantai ini dikelilingi oleh pohon bakau yang berada di pesisir pantai yang berbatu dan juga memiliki banyak pohon pohon lebat dipinggiran pantai yang tumbuh di sekitarnya. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang cukup populer bagi masyarakat sekitar Ketapang, Kalimantan Barat.

10. Makam Keramat Sembilan

Misteri Situs Cagar Budaya Komplek Makam Keramat Sembilan photo
Misteri Situs Cagar Budaya Komplek Makam Keramat Sembilan photo

Makam Keramat Sembilan adalah komplek pemakaman muslim yang dianggap peninggalan Kerajaan Tanjung Pura di benua lama. Keberadaan makam ini menunjukkan bahwa agama Islam telah hadir di kalimantan khususnya kalimantan barat sejak zaman Majapahit di jawa masih berdiri, atau Abad ke - 14 atau sekitar lebi dari 600 tahun yang lalu.

Makam Keramat Sembilan merupakan makam yang istimewa, kenapa dikatakan demikian karena konon makam disini mirip dengan makam Cagar Budaya Di Troloyo, Ibukota Majapahit kuno.

11. Makam keramat 7

Makam Keramat 7Ketapang Photo
Makam Keramat 7Ketapang Photo

Makam keramat 7 adalah kompleks pemakaman tua yang merupakan tempat dimakamkannya kerabat Kesultanan Matan. Pada hari hari tertentu, seperti hari-hari besar Islam, komplek makam ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. 

Pengunjung tidak hanya datang dari masyarakat lokal saja tetapi juga dari luar negeri, diantaranya Jerman, Amerika, Singapura,Malaysia dan Brunei Darussalam. Para turis datang dengan tujuan yang beragam dan berbeda. Namun, kebanyakan mengunjungi untuk keperluan ziarah dan ada juga bertujuan untuk meneliti sejarah yang ada di makam keramat 7.

12. Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) 

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) Photo
Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) Photo

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) adalah salah satu taman nasional yang terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Taman Nasional Gunung Palung letaknya berada di kawasan Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Taman nasional ini berada di ketinggian 900-1.116 mdpl dan telah diresmikan pada tanggal 24 Maret 1990.

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)merupakan satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di Kawasan Pulau Kalimantan.

13. Air Terjun Batu Hitam

Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo
Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo (Keny Wijayanty)

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Batu Hitam adalah sebuah aliran air yang cukup deras melewati celah bebatuan keras besar berwarna hitam. Dengan ketinggian sekitar 3 meter, Air Terjun Batu Hitam ini menjadi daya tarik wisata khususnya di kawasan Nanga Tayap.

Fenomana unik yang bisa anda lihat selain air terjunnya adalah terdapat bongkahan bongkahan batu batu besar dan keras disekeliling air terjun seperti bekas muntahan yang berasal dari gunung berapi.

14. Bukit Batu Hitam Sumber Priangan

Padang ilalang di Bukit Batu Hitam Sumber Priangan Ketapang
Padang ilalang di Bukit Batu Hitam Sumber Priangan Ketapang

Bukit Batu Hitam Sumber Priangan adalah daerah perbukitan yang memilikihampaan bongkahan bebatuan yang keras dan berwarna hitam di kawasan Desa Simpang Tiga Sembelangaan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Bukit Batu Hitam Sumber Priangan menjadi alternatif untuk anda yang igin menikmati hamparan alam yang luas dengan pemandagan perbukitan dan bebatuan, serta rumput rumput ilalang yang menghiasi area perbukitan Batu Hitam Sumber Priangan.

15. Pantai Air Mata Permai

Keindahani Pantai Air Mata Permai Photo
Keindahani Pantai Air Mata Permai Photo

Pantai Air Mata Permai atau disebut juga Pantai Air Mati adalah kawasan pantai Kabupaten Ketapang yang terdapat hutan bakau. Dilengkapi dengan fasilits lainnya seperti permainan anak, Gazebo untuk bersantai, MCK dan masih banyak lagi.

Pantai Air Mata Permai menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Ketapang dan dari luar ketapang. Untuk akses sendiri hindari ketika musim hujan, karena air akan pasang dan akses jalan biasanya tertutup genangan air yang membuat perjalanan anda terganggu menuju Pantai Air Mata Permai atau Pantai Air Mati.

16. Bukit Bepampang

Keindahan Bukit Bepampang Ketapang, Kalimantan Barat
Keindahan Bukit Bepampang Ketapang, Kalimantan Barat Photo (Jun San)

Bukit Bepampang adalah perbukitan yang ditumbuhi ilalang-ialang dan terdapat bebatuan besar di atas bukit. Bukit Bepampang yang berlokasi di Kabupaten Ketapang ini mirip dengan bukit bahu yang berada di Kabupaten Sanggau.

Ciri khas Bukit Bepampang ialah bentagan pemandangan ilalang berwarna kuning serta perbukitan yang terlihat dari sini, terlihat juga kebun kebun kelapa sawit milik warga yang tertata rapi.

17. Bukit Batu Daya

Bukit Batu Daya Photo
Bukit Batu Daya Photo

Bukit Batu Daya adalah  perbukitan di Kabupaten Ketapang yang terbentuk dari batu raksasa mirip dengan Bukit kelam yang berada di Kabupaten Sintang. Menurut masyarakat sekitar,  bentuk Bukit Batu Daya selalu berubah dari sudut pandang yang berbeda.

Bukit Batu Daya terletak perbatasan Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara tepatnya di Kecamatan Sungai Laor (Ketapang) dan Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir (Kayong Utara). 

Bukit Batu Daya merupakan kawasan yang termasuk wilayah Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), karena berdekatan sekali dengan TNGP.

18. Bukit Keruat

Keindahan Bukit Keruat Ketapang Kalimantan Barat
Keindahan Bukit Keruat Ketapang Kalimantan Barat

Bukit Keruat adalah perbukitan batu besar yang memiliki ketinggian sekitar  318 Mdpl, dengan jalur trek pendek namun jalurnya sangat menantang dengan kemiringan 45 derajat menanjak membuat perjalanan semakin asik dan seru.

Lokasi Bukit Keruat tidak terlalu sulit untuk dicapai, Berada di Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, anda bisa mencapai ke lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat langsung sampai ke pemberhentian di kaki bukit keruang.

19. Bukit Kuri

Keindahan Bukit Kuri Ketapang Kalimantan Barat photo
Keindahan Bukit Kuri Ketapang Kalimantan Barat Photo

Bukit Kuri adalah perbukitan batu besar yang tingginya mencapai 429Mdpl berada di Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Lokasi ini menjadi salah satu tujuan para pendaki, karena pemandangannya yang sungguh luar biasa dari atas Bukit Kuri.

Karena Keindahannya, Tepatnya di tahun 2021, Para petualang yang mendaki Bukit Kuri meperoleh penghargaan level Nasional di ajang Anugerah Pesona Indonesia di kategori wisata petulangan dan olahraga, Mantab Bukan?

20. Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing

Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Photo
Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Photo

Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing adalah nama lain dari objek wisata Pantai Celincing yang sekarang telah berubah nama menjadi Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing. Pantai ini sunggh unik karena berada di Muara Sungai Pawan, sehingga memiliki keindahan tersendiri selain wisata pantainya.

Tepat pada tanggal 20 Februari 2022, Bapak Martin Rantan selaku Bupati Ketapang menanda tangani dan meresmikan langsung Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing ini dan menyerahkan pengelolaan objek wisata ini ke POKDARWIS atau Kelompok Sadar Wisata "Celincing Bersatu".

21. Pantai Pecal

Pantai Pecal Photo
Pantai Pecal Photo

Pantai Pecal adalah Objek Wisata Pantai yang berdekatan dengan Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing, memiliki keunikan namanya yaitu "PECAL".

Pecal atau pecel adalah sebuah nama makanan khas yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Kuliner ini biasanya disuguhkan menggunakan bumbu sambal kacang sebagai inti/bumbu utama yang dipadukan dengan rebusan sayuran, bisa juga sayuran yang masih mentah diolesi dengan bumbu kacang. Makanan kuliner ini terkenal dibeberapa daerah di jawa seperti Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

22. Pantai Tanjung Bawang

Pantai Tanjung Bawang photo drone
Pantai Tanjung Bawang photo drone

Pantai Tanjung Bawang adalah kawasan pantai yang berada di muara sungai pawan dan pelabuhan Sukabangun Ketapang.

Pantai Tanjung Bawang biasa dilewati kapal kapal  dari semarang yang akan menuju dan ke Kabupaten Ketapang.

Demikianlah beberapa kumpulan Objek Wisata di Kabupaten Ketapang, Share ke media sosial jika informasi ini bermanfaat. Terima Kasih.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Wisata Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat"