Pesona Puncak Bukit Kuri Ketapang Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Bukit Kuri adalah perbukitan batu besar yang tingginya mencapai 429Mdpl berada di Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Lokasi ini menjadi salah satu tujuan para pendaki, karena pemandangannya yang sungguh luar biasa dari atas Bukit Kuri.

Karena Keindahannya, Tepatnya di tahun 2021, Para petualang yang mendaki Bukit Kuri meperoleh penghargaan level Nasional di ajang Anugerah Pesona Indonesia di kategori wisata petulangan dan olahraga, Mantab Bukan?

Keindahan Bukit Kuri Ketapang Kalimantan Barat photo
Keindahan Bukit Kuri Ketapang Kalimantan Barat Photo

Alamat Bukit Kuri

Bukit Kuri beralamatkan di Jalan Istana Jaya atau disebut juga jalan raya A yani, Sinar Kuri, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat

Kodepost Bukit Kuri : 78872

No telpon Bukit Kuri : 081358933792 (Wanda), Pokdarwis sinar kuri

Email : sinarkuri11@gmail.com

Google Map Bukit Kuri

Jalur Transportasi menuju Bukit Kuri

Geser gambar untuk melihat Gapura pintu masuk menuju Bukit Kuri

Gapura menuju arah Bukit Kuri tidak jauh dari Kantor Desa Sinar Kuri, jadi akan mudah menemukan gapuranya.

Dari Tugu Ale Ale /Pusat Kota Ketapang menuju Bukit Kuri Ketapang lama perjalanan sekitar 5 jam 30 menit saja dengan jarak 196 km . Lokasi bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan empat. Namun dari Gapura dipinggir jalan raya ke kaki bukit hanya menggunakan motor saja.

Sedangkan dari Kota Pontianak menuju Bukit Keruat berjarak sekitar 260 Km atau lama perjalanan 5 jam 30 menit melalui Jembatan Kapuas Tayan-Sanggau.

Bukit Kuri itu sendiri berdekatan dengan Bukit Keruat yang berada di desa sebelahnya, yaitu Desa Riam Bunut dan satu kecamatan yang sama yaitu di Kecamatan Sungai Laur.

Baca Juga : Keindahan Puncak Bukit Keruat Ketapang

Apa yang menarik di Bukit Kuri

Wisata Pendakian

Jalur Degan kemiringan 45 derajat di Bukit Kuri
Jalur Degan kemiringan 45 derajat di Bukit Kuri
Bukit Kuri merupakan wisata favorit para pendaki yang ingin menjelajai sampai puncak Bukit Kuri. Lokasi pendakian dilalui dengan berjalan kaki santai namun sedikt menanjak, setengah menanjak dan extreme menanjak dengan kemiringan 45 derajat. 

Mendekati puncak diharapkan para pendaki berhati hati karena jalurnya agak jurang dan melewati akar akar pohon.

Terdapat jejak jejak para pendaki terdahulu dusepanjang jalan menuju puncak, mulai dari bekas api unggun, jejak jalan tikus para pendaki, namun demikian demi keamanan, sewalah tourguide dari warga asli sinar kuri agar perjalanan anda lancar tanpa hambatan.
Keindaha Bukit Kuri Photo
Keindaha Bukit Kuri Photo
Untuk anda yang mengunakan kendaraan roda dua, parkirkan kendaraan anda dekat gapura pintu masuk menuju Bukit Kuri, kemudian berjalan kaki sekitar 2 Km lebih atau waktu tempuh bisa sampai 2 jam sampai ke puncak, itupun tergantung dari seberapa kuat nafas para pendaki.

Camping

Camping di Puncak Bukit Kuri Photo
Camping di Puncak Bukit Kuri Photo
Para pendaki biasanya memulai pendakian pada pukul 15.00 - 16.00 dan sampai di puncak sekitar pukul 18.00 - 19.00 dan mendirikan tenda di puncak bukit.

Namun jik cuaca tidak memungkinkan anda bisa menginap di rumah rumah warga, atau jika anda ke kantor Desa, maka Desa akan mengarahkan anda kepada Pokdarwis ( Kelompok Sadar Wisata) Desa Sinar Kuri untuk mengurus segala keperluan yang dibutuhkan.

POKDARWIS Desa Sinar Kuri memiliki paket perjalanan wisata menuju Bukit Kuri dengan Biaya berariasi harga minimal paket Rp. 250.000 dengan detail paket :

  • Camping di puncak Kuri
  • Tracking
  • Pengamatan satwa
  • Penanaman pohon
  • Bersih hutan

Fasilitas:

  • Tiket masuk
  • Pemandu kegiatan
  • Makan 3 kali
  • Tenda dome kapasitas 2 orang
  • Refill air minum
  • Makanan ringan
  • Dokumentasi

Sehingga degan paket  yang ditawarkan, Tim Anda akanlebih mudah mengexplore seluruh keindahan di Bukit Kuri.

Wisata Penelitian

Hutan yang lebat menyelimuti puncak bukit kuri photo
Hutan yang lebat menyelimuti puncak bukit kuri photo
Berbagai jenis tumbuhan, flora dan fauna ada di bukit kuri, Terdapat kantong semar, anggrek langka dan masih banyak lagi bisa anda temui disini.

Kejaiban Pepohonan yang tumbuh di atas bebatuan besar juga menjadi misteri dan umur pohon yang bisa mencapai ratusan tahun juga ada disini.
SUasama Pagi Hari di Puncak Bukit Kuri photo
Suasama Pagi Hari di Puncak Bukit Kuri photo

Kuliner Khas Desa Sinar Kuri

Lempk Kuriku Photo
Lempk Kuriku Photo Jadesta
Ini adalah salah satu kuliner terlezat di dunia, Makanan khas andalan desa sinar kuri dinamakan Lempok Kuriku.

Makanan Lempok ini kalau dijawa dinamakan dodolatau jenang namun ini berbahan dasar durian segar tanpa campuran yang dipetik lagsung dari hutan dekat bukit kuri, Dengan pepohonan durian yang usianya rata rata ratusan tahun, mendaji cita rasa khas durian dengan kualitas super.

Anda akan menemukan kesulitan jika ingin mencicipi lempok ini, karena biasa dibuat ketika musim durian tiba, jadi jika datang kesini, pilih pipih hari agar dapat membawa pulang lempok puriku asli Desa Sinar Puri.

Pertanyaan yang sering diajukan di Bukit Kuri

Berapa tiket masuk menuju Bukit Kuri?
Seiring perkembangan dan ramainya pengunjung menuju Bukit kuri,  Anda akan dikenakan biaya registrsi sebesar Rp. 15.000 untuk pembangunan fasilitas ke Bukit Kuri.

.Dimana tempat registrasi menuju bukit kuri?

Ketika anda sampai di pintu gerbang yang bertukiskan "Bukit Kuri" anda bisa bertanya langsung kepada warga yang berada disana, Anda akan diarahkan menuju tempat registrasi. Pentingnya registrasi adalah selain untuk mendukung Pokdarwis Desa Sinar kuri dalam pengembangan objek wisata juga sebagai data pengunjung jika terjadi sesuatu akan mudah mendeteksi.

Apakah di Puncak Bukit Kuri sudah ada MCK?

Kedepan Pokdarwis akan mebangun jalur dan pondok dan MCK diatas puncak Bukit Kuri untuk memberikankenyamanankepada pengunjung dan para pendaki, untuk sekarang belum tersedia MCK.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Pesona Puncak Bukit Kuri Ketapang Kalimantan Barat"