Keindahan Puncak Bukit Keruat Ketapang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Bukit Keruat adalah perbukitan batu besar yang memiliki ketinggian sekitar  318 Mdpl, dengan jalur trek pendek namun jalurnya sangat menantang dengan kemiringan 45 derajat menanjak membuat perjalanan semakin asik dan seru.

Lokasi Bukit Keruat tidak terlalu sulit untuk dicapai, Berada di Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, anda bisa mencapai ke lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat langsung sampai ke pemberhentian di kaki bukit keruang.

Keindahan Bukit Keruat Ketapang Kalimantan Barat
Keindahan Bukit Keruat Ketapang Kalimantan Barat

Alamat Bukit Keruat

Bukit Keruat beralamatkan di Jl. A. Yani, Desa Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 

Kodepost Bukit Keruat : 78872

No telpon Bukit Keruat : -

Google Map Bukit Keruat

Jalur Transportasi ke Bukit Keruat

Geser gambar untuk melihat seluruh jalan ke Bukit Keruat 

Lokasi Bukit Keruat berada di pinggir jalan raya A Yani atau disebut juga Jalan Istana Jaya.

Dari Tugu Ale Ale /Pusat Kota Ketapang menuju Bukit Keruat  Ketapang lama perjalanan sekitar 5 jam 23 menit saja dengan jarak 194 km . Lokasi bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan empat.

Sedangkan dari Kota Pontianak menuju Bukit Keruat berjarak sekitar 261 Km atau lama perjalanan 5 jam 12 menit melalui Jembatan Kapuas Tayan-Sanggau.

Bukit Keruat itu sendiri berdekatan dengan Bukit Kuri yang berada di desa sebelahnya, yaitu Desa Sinar Kuri dan satu kecamatan yang sama yaitu di Kecamatan Sungai Laur.

Apa yang menarik di Bukit Keruat

Profil Singkat Desa Riam Bunut

Desa Riam Bukut Ketapang Kalimantan Barat Foto
Desa Riam Bukut Ketapang Kalimantan Barat Foto
Secara administrafit Desa riam Bunut berada di Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat dengan aktifitas sehari hari masyarakat bertani, berkebun, bercocok tanam padi.

Kondisi Desa riam Bunut berupa sungai, daratan serta perbukitan. dan salah satu bukit yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat desa adalah bukit keruat.

Bukit Keruat selain sebagai objek wisata alam andalan masyarakat Desa, juga sebagai sumber air bersih yang mengalir dari atas bukit beruat.

Kondisi sungai yang berada di sekitar desa telah tercemar, masyarakat hanya menggunakan air sungai untuk keperluan mandi dan mencuci, sedangkan untuk keperluan air bersih, masyarakat Desa riam Bunut memanfaatkan aliran sumber air dari perbukitan keruat yang sekarang telah disalurkan beberapa pipa air untuk memudahkan para warga mendapatkan air bersih.

Namun faktor cuaca dan kemarau merupakan penghalang, masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih disamping aliran air dari bukit keruat yang kering juga maraknya penebangan liar di atas bukit.

Semoga kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan dan bukit semakin terbuka demi kelangsungan hidup anak cucu Desa riam Bunut.

Wisata Pendakian

Wisata Pendakian di Bukit Keruat photo
Wisata Pendakian di Bukit Keruat photo
Bukit Keruat memiliki jalur pendakian yang cukup menantang, dari jalan raya parkirkan kendaraan anda di rumah rumah warga, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki santai sekitar 1 jam jika tidak banyak istirahat, dengan kondisi jalan tikus dan menerobos pepohonan, ketika mendekati puncak, anda akan dipaksa untuk mendaki bebatuan dengan kemiringan sekitar 45 derajat.
Suasana di puncak Bukit Keruat photo
Suasana di puncak Bukit Keruat photo
Setelah samapi di Puncak  Bukit Keruat , terdapat dataran yang cukup luas, bisa anda gunakan untuk beristirahat dan mengabadikan momen diatas puncak  Bukit Keruat.

Namun harus di ingat tepian puncak belum dipagar dan sangat berbahaya karena jurang, anda harus hati hati dan jangan terlalu ke pinggir ketika di atas puncak.

Puncak Bukit Keruat ditumbuhi pepohonan
Puncak Bukit Keruat ditumbuhi pepohonan

Camping

Camping di puncak bukit keruat photo
Camping di puncak bukit keruat photo
Para pendaki biasanya  berangkat sore dengan tujuan menginap di puncak bukit untuk menikmati panorama alam di pagi hari. 

Lokasi ini sangat cocok buat anda menghabiskan waktu di alam terbuka sambil camping dan makan bersama rekan anda.

Objek Penelitian

Ribuan serangga langka di bukit keruat photo
Ribuan serangga langka di bukit keruat photo
Kanan dan kiri jalur pendakian, serta ketika di puncak terdapat berbagai pepohonan yang tumbuh diatas bebatuan besar, hal ini sangat untuk dan bisa dijadikan sebagai objek penelitian.

Air Berih

Aliran air bersih di bukit keruat photo
Aliran air bersih di bukit keruat photo
Keajaiban Bukit Keruat adalah memunculkan aliran sumbar air bersih, jika anda sampai di perairan pada jalur pendakian, Air tersebut bisa langsung diminum tanpa harus direbus karena air di bukit keruat masih alami dan jernih

Keindahan Puncak Bukit Keruat

Hamparan Pemandangan di puncak bukit keruat photo
Hamparan Pemandangan di puncak bukit keruat photo
Bukit Keruat memiliki ketinggian 318 Mdpl sehingga anda terasa berada di negeri diatas awan, pemandagan disekitar puncak terlihat panorama perbukitan yang tertutup awan, rumah rumah warga desa serta sungai terlihat jelas dan indah.

Terlihat dari jauh kemegahan bukit batu daya yang terpantau dengan jelas di puncak bukit keruat yang jaraknya hanya sekitar 32.2 km atau sekitr 1jam perjalanan.

Bukit Batu daya yang terlihat dari puncak bukit keruat photo
Bukit Batu daya yang terlihat dari puncak bukit keruat photo

Belum lagi suasana di pagi hari, dengan segelas kopi hangat sambil memandang panorama alam di puncak bukit, membuat anda semakin cinta akan lukisan Tuhan yang sungguh menakjubkan.

Baca Juga : Misteri Keindahan Bukit Batu Daya

Pertanyaan yang sering diajukan di Bukit Keruat

Berapa tiket masuk menuju Bukit Keruat?

Untuk tarif masuk ke Bukit Keruat masih gratis, namun kedepan akan ada retribusi untuk masuk, seiring dengan dibangunnya jalur dan prasarana yang ada di bukit keruat.

Apakah sudah ada MCK di Bukit Keruat?

Di Bukit Keruat belum terbangun fasilitas MCK

Apakah ke Bukit Keruat bisa menggunakan kendaraan roda empat/mobil?

Sanat bisa, Bukit Keruat berada di pinggir jalan raya Desa Keruat, dan dekat dengan Kantor Desa Riam Bunut dan Kantor Camat Sungai Laur.

Persiapan apa saja yang diperlukan untuk ke Bukit Keruat?

Bagi anda yang ingin ke Bukit Keruat, persiapkan sebaik baiknya, berupa air minum, perlengkapan tali, sepatu ket, jaket, perlengkapan kemah bila anda menginap, serta perbekalan makanan dan terakhir kantong plastik untuk menampung sampah plastik.

Apakah Bukit Keruat angker?

Masyarakat percaya setiap perbukitan memiliki mahluk penghuninya masing masing, agar aman diperjalanan jangan lupa untuk meminta ijin tetua desa riam bunut agar perjalanan ke Bukit Keruat aman dan lancar.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Keindahan Puncak Bukit Keruat Ketapang, Kalimantan Barat"