Keindahan Puncak Bukit Batu Daya

Pancurajipost.com - Bukit Batu Daya adalah  perbukitan di Kabupaten Ketapang yang terbentuk dari batu raksasa mirip dengan Bukit kelam yang berada di Kabupaten Sintang. Menurut masyarakat sekitar,  bentuk Bukit Batu Daya selalu berubah dari sudut pandang yang berbeda.

Bukit Batu Daya Photo
Bukit Batu Daya Photo

Bukit Batu Daya terletak perbatasan Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara tepatnya di Kecamatan Sungai Laor (Ketapang) dan Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir (Kayong Utara). 

Bukit Batu Daya merupakan kawasan yang termasuk wilayah Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), karena berdekatan sekali dengan TNGP.

Alamat Bukit Batu Daya

Bukit Batu Daya beralamatkan di perbatasan Kecamatan Sungai Laor (Ketapang) dan Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir (Kayong Utara), Provinsi Kalimantan Barat

Kodepost Bukit Batu Daya : 78853

No telpon Bukit Batu Daya : -

Google Map Bukit Batu Daya

Jalur Transportasi menuju Bukit Batu Daya Bukit Batu Daya

Secara Administratif Bukit Batu Daya terletak di Kecamatan Simpang Dua, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Jalur yang biasa dilalui para pendaki melalui Dusun Keranji, Desa Batu Daya, Kecamatan Simpang Dua. Karena jalur ini lebih mudah untuk dilalui dan berada pada sisi utara Bukit Batu Daya.

Dari Kota Pontianak ke Batu Daya, dapat ditempuh melalui jalur darat menuju Desa Batu Daya dengan jarak sekitar 278 km atau sekitar 5 jam 40 menit, melalui Kabupaten Sanggau tepatnya  Jembatan Kapuas Tayan menggunakan kendaraan roda dua dan empat

Unuk Jalur Air dari Pontianak melewati Sungai Laur Kuning. Jarak tempuh jika melewati Sungai Laur sekitar 4-5 jam. Di Kecamatan Sungai Laur ada beberapa penginapan yang dapat digunakan untuk tempat Beristirahat.

Pesona Bukit Batu Daya

Profil Sinkat Desa Batu Daya

Desa Batu Daya memiliki Luas sekitar 16 ribu hektar, dengan jumlah jiwa sekitar 500 jiwa dengan 153 KK. Mata pencaharian penduduk Desa BatuData 90 persen petani, sisanya buruh dan pegawai kontrak dan sebagainya.

Potensi Desa Batu Daya sangat luar biasa pada sumber Alamnya seperti kekayaan flora dan fauna serta Beberapa Investasi yang telah masuk ke desa salah satunya adalah Perkebunan sawit.

Profil Bukit Batu Daya

Pesona Bukit Batu Daya Photo
Pesona Bukit Batu Daya Photo
Bukit Batu Daya mempunyai tinggi sekitar 958 meter Mdpl dan memiliki ketinggian 685 meter dari dasar tebing. Oleh karena itu, Bukit Batu Daya merupakan Destinasi wisata favorit  para pendaki. 

Namun bagi kalangan masyarakat biasa, Objek Wisata Alam Bukit Batu Daya merupakan objek wisata yang tergolong berbahaya dan extreme.

Bukit Batu Daya bisa memperdaya penglihatan kita, bentuknya yang tidak sama dari sisi yang berbeda maka objek wisata ini sangat unik.

Dilihat dari slah satu sisi, Bukit Batu Daya berbentuk kokoh dan persegi, jadi masyarakat menyebutnya Bukit Gantang / takaran padi. Dan dilihat pada sisi yang lain bentuknya seperti menyerupai punuk unta, jadi masyarakat juga menyebutnya Bukit Unta.

Karena Pesona keindahan dan keunikannnya, Bukit Batu Daya menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Ketapang.

Cerita dari para pendaki yang telah sampai kepuncak, diatas Bukit Batu Daya tidak ada lapangan yang datar, puncak bukit ternyata sebuah hutan lebat yang ditutupi oleh pepohonan yang rindang serta bongkahan bebatuan yang keras. Anda akn sangat kesulitan untuk mengabadikan momen diatas puncak bukit batu daya.

Ritual Khusus Sebelum Mendaki

Ritual Khusus Sebelum Mendaki Bukit Batu Daya Phoro
Ritual Khusus Sebelum Mendaki Bukit Batu Daya Phoro
Para pendaki yang ingin menuju ke Bukit Batu Daya, dianjurkan untuk menemui tokoh, atau tetua di Desa Batu Daya, Disamping untuk permisi wajib lapor, anda bisa diarahkan untuk menginap dan beristirahat sebelum pendakian.

Tetua di sana biasanya memberikan nasehat nasehat apa saja yang dilarang dan tidak boleh dilakukan di Bukit Batu Daya.

Dan sebelum melakukan pendakian, Tetua adat akan melakukan ritual khusus yang bertujuan meminta ijin penghuni Bukit Batu Daya agar diperbolehkan masuk dan tidak di ganggu selama pendakian.

Air Terjun Bukit Batu Daya

Air Terjun Bukit Batu Daya Photo
Air Terjun Bukit Batu Daya Photo
Ketika anda melelakukan pendakian, disekitar kaki Bukit Batu Daya terdapat air terjun yang sangat indah yang dibawahnya dialiri aliran sungai yang sangat jernih dan bening.

Ketinggian air terjun sekitar 10 meter lebih dengan tegak lurus seperti selendag bidadari yang berwarna putuh tergantung di sela sela tebing.
Karena lokasinya yang susah dicapai, hanya para pemanjat tebing profesional yang bisa melihat keindahan air terjun ini.

Misteri Bukit Batu Daya, Asal Muasal Nama Bukit Batu Daya

Misteri Bukit Batu Daya Photo
Misteri Bukit Batu Daya Photo
Bukit daya merupakan salah satu bukit yang masih mesteri, Para Expedisi panjat tebing menuju Bukit Batu Daya melalui jalur utara tepatnya di Desa Kranji. padahal sebenarnya tebing dari bukit batu daya terletak dibagian selatan. Jalur Desa Kranji merupakan jalur termudah.

Selain pesonanya yang indah, cerita mistis menyertai Bukit Batu Daya. mitos Bukit Batu Daya yang beredar di kalangan masyarakat setempat dikisahkan ada dua orang yang satu wanita dan yang satuya anaknya yang masih berumur tiga tahun, Ayahnya telah lama meninggal, maka hiduplah dua orang tersebut di tengah hutan.

Kemana mana, Sang ibu selalu membawa anaknya berpergian, baik mencari makan ataupun sekedar mencuci pakaian.

Suatu ketika, Sang ibu membawa anaknya mencuci pakaian sedangkan anaknya diletakan disampingnya tepatnya di atas bebatuan yang hitam. 

Ketika sedang mencuci, tiba tiba sang anak memanggil manggil sang ibu terus menerus, namun sang ibu tidak mendengarkannya, mungkin akibat suara air sungai yang menutupi pendengaran sang ibu.

pada akhirnya, suara panggilan sang anakpun lambat laun semain pelan dan tak terdengar lagi.selesai mencuci,  sang ibu beristirahat dan menoleh ke arah batu tempat sang anak diletakkannya. 

Sang ibupun terkejut bukan kepalang, Batu tempat meletakkan anaknya berubah menjadi batu raksasa yang sangat besar, sebesar gunung. Lalu anaknya pun lenyap tidak terlihat lagi.

Sehingga, dari cerita rakyat itu, Batu yang sangat besar itu dinamakan Bukit Batu Daya.

Kerajaan Istana Bukit Batu Daya

Gambar Ilustrasi Istana Bukit Batu Daya
Gambar Ilustrasi Istana Bukit Batu Daya
Di Bukit Batu Daya, memiliki kerajaan istana yang tidak bisa dilihat oleh sembarangan orang, hanya orang orang tertentu yang berhati lurus, jujur dan pilihan yang bisa melihatnya.

Menurut salah seorang tetua disana, Kita dilarang untuk menceritakan misteri yag ada di Bukit Batu Daya,karena Bukit Batu Daya dihuni oleh mahluk yang sangat sholeh, serta Bukit Batu Daya sebagai pelindung Pagar Ghoib yang sangat kuat untuk wilayah Kalimantan Barat dan Aura Pagar Ghoib disini lebih kuat dari pagar ghoib di Gunung Palung. Pagar Ghoib ini untuk terhindar dari mara bahaya seperti bencana alam, peperangan dan lain lain.

Kearifan Lokal

Setiap Tahun, masyarakat setempat mengadakan ritual khusus di kaki Bukit Batu Daya karena sebagian masyarakat percaya, Bukit Batu Daya adalah bukit yang dikeramatkan dan bukit pelindung. 

Ritual ini merupakan ritual yang turun temurun dari kakek nenek moyang mereka sehingga sampai saat ini, anak cucu masih mempertahankan ritual itu sebagai warisan budaya masyarakat Ketapang, Kalimantan Barat.

Simak Video Cerita Para Pendaki Profesional yang telah sampai ke Puncak Bukit Batu Daya

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Keindahan Puncak Bukit Batu Daya"