Rumah Betang Raya Dori' Mpulor, Rumah Panjang Adat Dayak Sanggau

Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

 Pancurajipost.comRumah Betang Raya Dori' Mpulor adalah Rumah adat dayak Kabupaten Sanggau yang biasa digunakan sebagai tempat upacara adat, Kegiatan-kegiatan kalender even Kabupaten seperti Gawai Dayak dan lain lain.

Alamat Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Rumah Betang Raya Dori' Mpulor beralamatkan di Jalan Raya Lintas Kalimantan Poros Tengah , Dusun Sungai Mawang, Desa Lape, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 

Kodepost  Rumah Betang Raya Dori' Mpulor : 78561

No telpon Rumah Betang Raya Dori' Mpulor : -

Google Map Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Jalur Transportasi menuju Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Rumah Betang Raya Dori' Mpulor Sanggau
Rumah Betang Raya Dori' Mpulor, Berada di 100 meter dari Jalan raya
Dari Pusat Kota Sanggau berjarak 13.2 Km atau waktu tempuh sekitar 20 menitan. Sedangkan dari Bandara Inernasional Supadio berjarak sekitar 188 Km atau waktu tempuh hanya 3 jam 40 menitan saja.

Sejarah berdirinya Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Rumah Betang Raya Dori' Mpulor
Rumah Betang Raya Dori' Mpulor dari samping kiri

Dahulu kala, Masyarakat Dayak pada umumnya bertempat tinggal di rumah rumah panjang, kolong lantai tinggi dan berkelompok. Hal ini dilakukan untuk melindungi dari berbagai mara bahaya, baik dari gangguan binatang buas maupun dari sesama manusia yang jahat.

Rumah Panjang itu sekarang dinamakan Rumah Betang, dengan ciri khas panjang, memiliki beberapa pintu, Setiap pintu di isi oleh satu kepala Keluarga, dan tiang dan tangga yang tinggi.

Balai Adat Rumah Betang Raya Dori' Mpulor
Balai Adat Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Pembangunan Rumah Betang Era Modern

Untuk melestarikan budaya dan adat , Masyarakat suku dayak di era modern memiliki rumah sendiri, seperti rumah pada umumnya,  Namun Bekas peninggalan Rumah Betang masih terpelihara sampai sekarang.

Proses pemeliharaan rumah betang era modern dengan cara memugar bangunan Rumah Betang, tanpa meninggalkan ciri khas rumah betang seperti :

Tempat Menimpan Padi Balai Adat Rumah Betang Raya Dori' Mpulor
Tempat Menimpan Padi  Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Tempat Pontat'n adalah merupakan tempat khusus untuk menjemur padi pada masanya, Pontat'n ini dibangun agar jemuran padi aman dari gangguan binatang.

Bangunan Sidok adalah bangunan yang yang difungsikan sebagai tempat untuk meletakan alu dan lesung, area ini juga multi fungsi untuk lalulintas jalan di dalam rumah betang.

Tempat Balai - Balai/Sawah adalah tempat yang berada di antara sidok dan  Pontat'n, difungsikan sebagai ruang rapat, kumpul kumpul, dan ruang makan bersama.

Songkumat'n adalah bagian khusus yang ada di atap Rumah Betang, difungsikan mirip jendela  untuk keluar masuknya udara segar dan cahaya supaya ruangan terang dan tidak gelap.

Tangga Rumah Betang Raya Dori' Mpulor
Salah satu dari 3 Tangga Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Tiga (Tiga) Tangga yang tinggi dan fleksibel : Maksudnya adalah tangga di rumah betang terdapat di tiga tempat dan bisa dinaikan keatas bangunan rumah betang agar musuh dan hewan buas tidak dapat naik ke area rumah betang. Namun berkembangnya zaman, Tangga ini dibangun permanen dan di beton.

Tiang yang tinggi Rumah Betang Raya Dori' Mpulor
Bangunan Rumah Betang Raya Dori' Mpulor yang memiliki tiang penyangga tinggi

Tiang Penyangga yang tinggi dan besar : fungsinya sama untuk melindungi dari binatang buas dan gangguan musuh.

Ruang Istirahat : Ruang ini terdiri dari pintu - pintu yang setiap pintu memiliki ruangan untuk beristirahat dan keperluan dapur/memasak.

Ruang Istirahat : Ruang ini terdiri dari pintu - pintu yang setiap pintu memiliki ruangan untuk beristirahat dan keperluan dapur/memasak
Pintu Pintu yang berjejer masing masing isi oleh 15 Kecamatan di Kabupaten Sanggau

Sehingga walau Bangunan Rumah Betang sekarang dibangun lebih modern, namun masih meninggalkan ciri khas yang bisa anda lihat sampai sekarang.

Pembangunan Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Plang Rumah Betang Raya Dori' Mpulor
Plank Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Pada tahun 2012, Gubernur Kalimantan Barat yang pada saat itu adalah Drs. Cornelis, M.H meresmikan Rumah Betang Raya Dori' Mpulor dengan memiliki 20 pintu, masing masing pintu untuk 15 Kecamatan dan sisanya untuk Sekretariat dan Panitia ketika ada kegiatan 

Rumah Betang Raya Dori' Mpulor
Pentas Seni Pertunjukan di Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Rumah Betang Raya Dori' Mpulor memiliki luas lahan sekitar 7 Ha, dengan depan samping kanan terdapat panggung pentas pertunjukan dan untuk area parkir berada di sisi kiri Rumah betang.

Kesimpulan

Rumah Betang Raya Dori' Mpulor adalah simbol persatuan,Simbol Buudaya, simbol kejayaan dan kebesaran Suku Dayak, 

Pada Era modern, Rumah Betang Raya Dori' Mpulor bukan dijadikan tempat tinggal, melainkan sebagai pusat budaya, Acara-acara gawai, ritual adat Nosu Minu Podi, dan lain sebagainya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url