Bukit Kelam, Kumpulan wisata disekitar Bukit Kelam

Bukit Kelam, Misteri Batu Besar Raksasa yang Indah di Sintang


Amazing Bukit Kelam Sintang Kalimamtan barat Indonesia
Amazing Bukit Kelam Sintang Kalimamtan barat Indonesia

Pancurajipost.com – Bukit Kelam adalah bukit raksasa yang terbentuk dari bebatuan berjenis batu monolit. Dengan bentangan selebar 3 Km dan memiliki ketinggian 1002 meter atau 3.287 kaki.

Apa itu Batu Monolit ?

Batu Monolit adalah fitur geologis yang terdiri dari satu batu besar atau batu, seperti beberapa gunung. Misalnya, gunung Savandurga adalah gunung monolit di India. Erosi biasanya memperlihatkan formasi geologis, yang seringkali terbuat dari batuan beku atau metamorf yang sangat keras dan padat. Beberapa monolit adalah sumbat vulkanik, lava yang mengeras mengisi lubang gunung berapi yang sudah punah.

Dalam arsitektur, istilah ini memiliki tumpang tindih yang cukup besar dengan megalit, yang biasanya digunakan pada zaman prasejarah untuk membuat kapak, pisau, tombak dan lain lain, dan dapat digunakan dalam konteks arsitektur potongan batu yang tetap melekat pada batu padat, seperti di gereja monolitik, atau untuk batu yang sangat besar seperti obelisk , patung, kolom monolitik atau architrave besar, yang mungkin telah dipindahkan jarak yang cukup jauh setelah penggalian.  

Kata Monolit sendiri berasal dari bahasa Latin monolithus, dari kata Yunani Kuno (monólithos), dari (mónos) yang berarti "satu" atau "tunggal" dan (líthos) yang berarti "batu".(Wikipedia)

Geser Gambar untuk meihat seluruh simpang Pasar Kelam, Simpang untuk memutari Bukit Kelam


Alamat Bukit Kelam

Bukit Kelam beralamatkan di Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Kodepost Bukit Kelam : 78611

No. Telpon Bukit Kelam :-

Jalur Transportasi menuju Bukit Kelam

Dari Bandara Internasional Supadio Kubu Raya menuju ke Kabupaten Sintang dengan jarak tempuh sekitar 353 Km atau sekitar 8 Jam berkendara. anda bisa mennggunakan kendaraan transportasi umum seperti taxy Jurusan Bandara - Sintang yang tersedia di luar area Bandara atau Bus (Damri, Trans, dll) jurusan Pontianak - Sintang dengan jadwal keberangkatan malam pukul 19.00 - 04.00 WIB.

Untuk jalur udara dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya menuju Bandar Udara Tebelian Sintang dengan penerbangan menggunakan pesawat capung/kecil wings dengan jadwal penerbangan pagi pukul 07.00 - 08.00 WIB, dan Pesawat Nam Air dengan jadwal penerbangan siang pukul 11.00 - 12.30 WIB. perjalanan menempuh waktu 1 jam saja. Dari Bandara Tebelian Sintang dilanjutkan dengan taxy menuju Bukit Kelam  berjarak 40.9 Km atau 1 jam 20 menitan.

Untuk sahabat dari Serawak Malaysia, dari PLBN Entikong-Tebedu menuju ke Kabupaten Sintang melewati Kabupaten Sanggau - Kabupaten Sekadau dan Sampai di Kabupaten Sintang menempuh dengan jarak sekitar 289 Km atau waktu tempuh 7 Jam Berkendara.

Sedangkan dari kota Sintang ke Bukit Kelam jaraknya hanya 25.7 Km atau 1 jam berkendara.

Google Map Bukit Kelam

Apa yang menarik di Bukit Kelam ?

Bukit Batu Raksasa , Bukit Kelam

Foto Bukit Kelam dari Depan (Yudhiarma)
Foto Bukit Kelam dari Depan (Yudhiarma)

Foto Bukit Kelam dari Samping
Foto Bukit Kelam dari Samping  
Keindahan panorama Bukit Kelam begitu mengagungkan. dikeliligi oleh hijau dan indahnya hutan. Walau disebut bukit, Batu Raksasa, ini formasi batu monolit terbesar dan tertinggi di dunia mengalahkan Ayers Rock di Uluru, Australia.yang mempunyai tinggi 862 mdpl.

Bukit kelam Raksasa ini  termasuk cagar alam yang memiliki sumber flora dan fauna. Sehingga Pemerintah setempat menjadikan Kawasan Batu Kelam menjadi Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kelam. 

Masyarakat setempat biasa menyebutnya "Bukit Raya" yang masuk posisi 5 besar dari 74 objek taman wisata terbaik yang dilaksanakan di Prambanan -Yogyakarta.
Jalur lingkar bukit kelam sintang
Jalur lingkar bukit kelam sintang (Google map)

1. Wisata panjat tebing atau rock climbing.

Wisata panjat tebing atau rock climbing.Bukit kelam Sintang
Wisata panjat tebing atau rock climbing.Bukit kelam Sintang

Dengan bentangan selebar 3 Km Membentang di Desa Kebong dari Barat ke Timur. Jika anda ingin mencoba mengelilingi Bukit Kelam hanya sekedar foto foto dan jalan jalan, Anda akan menempuh jarak dengan patokan simpang pasar batu kelam sekitar 14 Km dan menghabiskan waktu sekitar 30 - 1 Jam berkendara tergantung laju kendaraan anda. 

Namun jika anda ingin berwisata panjat tebing, Untuk sampai di puncak bukit, anda bisa climbing/pendakian lewat samping barat. 

Pemerintah Kabupaten Sintang telah memfasilitasi kegiatan panjat tebing ini dengan dibangunnya tangga-tangga besi dan peralatan lengkap+savety untuk memanjat  via ferrata untuk mendaki tebingnya. 

Wisata panjat tebing atau rock climbing.Bukit kelam Sintang
Dengan kemiringan hampir 90 derajat di Wisata panjat tebing atau rock climbing.Bukit kelam Sintang

Bukit kelam menjadi lokasi favorit pemenjat tebing dan mereka yang suka tantangan. Walaupun ada fasilitas safety, butuh fisik, nafas, stamina yang kuat untuk anda yang ingin memanjat bukit kelam. Yang takut ketinggian JANGAN COBA COBA.  

Perhatian Penting yang harus diperhatikan sebelum mendaki ke Puncak Bukit Kelam

Kakek Herman Spintang adalah salah satu tokoh adat di Kecamatan Kalam Permai.bercerita tentang pantangan pantangan yang harus ditaati selama pendakian dan di aea puncak Batu Keelam.

Menurut kakek Hernam, jika mengikuti pantangan yang ada maka akan selamat dan tidak ada yang namanya kecelakaan memanjat.

Syarat Syarat pendakian diantaranya :
1. Bertaanya dahulu minimal bertemu kepala dusun/Kepala Adat setempat meminta ijin untuk mendaki. Dari  Tokoh yang dituakan di Bukit kelam pasti akan menjelaskan pantangan/syarat agar selamat..
2. Pantangan pantangan berupa tidak boleh makan tetrasi di bukit, bakar ikan asin, bakar kepiting, mandi sore hari, dan lain lain.

2. Keling Kumang Agrowisata

Wisata ini salah satu wisata yang hits di Kabupaten Sintang. Ada apa saja disana yuk lita lihat. Geser Gambar untuk melihat seisi Keling Kumang Agrowisata

Keling Kumang Agrowisata Bukit Kelam merupakan Objek Agro Wisata Edukasi di sektor pertanian, peternakan dan kehutanan. Terdapat jenis jenis tumbuhan dan hewan yang dipelihara dan dirawat untuk kepentingan Edukasi.

Selain itu juga sebagai Objek Wisata Buatan yang instagramable dan viral. Selain sebagai tempat spot foto, anda bisa leluasa melihat keindahan Batu Kelam yang terlihat jelas dilokasi ini.

Keling Kumang Agrowisata Bukit Kelam
Keling Kumang Agrowisata Bukit Kelam

Fasilits apa saja di  Keling Kumang Agrowisata ?

Keling Kumang Agrowisata - Sintang
Keling Kumang Agrowisata - Sintang Batu Kelam

Terdapat gazabo-gazebo yang dibangun diatas kolam dengan konsep tradisional yang tertata rapi dan indah. Selain sebagai tempat wisata yang instagramable, juga untuk anda yang ingin beristirahat dari perjalanan jauh meniju ke Bukit Kelam.

Selain sebagai tempat santai, bisa juga dijadikan area olahraga karena lokasinya cukup luas dengan jalan mengelilingi area sudah dibeton. Terdapat juga ayunan raksasa sambil main ayunan, sambil melihat Bukit kelam...aduhai indah bener.

Keling Kumang Agrowisata sintang
Keling Kumang Agrowisata sintang ( Sigit Nurhani)

Fasilitas lainnya adalah ada kedai makanan dan minuman dinamakan Kedai Hijau yang siap menjamu anda selama berlibur di Wisata Batu Kelam.

Beapa tiket masuk ke Keling Kumang Agrowisata ?

Pengunjung hanya ditarik biaya tiket seharga Rp. 10 k, bisa langsung menikmati indahnya wisata ini. Note : harga bisa berubah

Dimana Lokasi Keling Kumang Agrowisata Bukit Kelam ?

Patokan dari simpang pasar bukit kelam dari arak Kota Sintang belok kiri menuju ke Keling Kumang Agrowisata dan Pusat Pelatihan berjarak hanya  sekitar 1.7 Km atau 5 menitan berkendara anda sudah sampai.

3. Wisata Sawah Kumpai

Wisata Sawah Kumpai batu kelam sintang
Wisata Sawah Kumpai batu kelam Sintang ( mudrikah zain)
Lanjut lagi perjalanan wisata di Bukit Kelam, kita kunjungi , Wisata Sawah Kumpai. Para pecinta wisata yang ingin ambil momen pedesaan, bisa berkunjung ke sini. Bentangan Sawah yang indah menanti anda.

Tempat ini semakin indah ketika mendekati panen padi datang. Bentangan padi yang menguning dengan background Batu kelam akan serasa indah dan amazing.
Jembatan Kayu diSawah
Jembatan Kayu di Wisata Sawah Kumpai.(MisbahuddiNurse)
Terdapat juga gazabo-gazebo , jembatan kayu membelah sawah yang telah disediakan untuk duduk duduk, berjalan jalan dan berfoto ria.

Spot Instagramable ini juga menjadi favorit para pengunjung yang ingin menikmati indahya Bukit Kelam. Degan udara yang sejuk disekeliling ada bebatuan dan ilalang menambah indahnya suasana liburan anda.

Dimana lokasi Wisata Sawah Kumpai Bukit Kelam ?

Dari Kelig kumang agrowisata hanya berjarak 3.7 Km atau sekitar 7 menit saja. ada sudah sampai dilokasi. Cukup dekat bukan ?

4. Gua Maria Bukit Kelam

Gua Maria Bukit Kelam
Gua Maria Bukit Kelam ( WIWIN DWI SURYANI)
Objek Wisata Rohani ini sering dikunjungi oleh masyarakat terutama umat Katolik. Dan semakin ramai ketika di akhir tahun tepatnya bulan desember pada saat Hari Raya Natal. 

Banyaknya pengunjung juga tak lepas dari masyarakat kelam yang mayoritas penduduknya beragama katolik. Dimana mereka ingin measakan perjalanan spiritual dan lebih dekat dengan Tuhan.

Di Goa maria Bukit Kelam juga terdapat replika perjalanan salib Tuhan Yesus Kristus. Walaupun identik dengan Agama Katolik, Pengunjung yang beragama lain juga di izinkan memasuki area Gua maria.
Goa maria Bukit Kelam
Goa maria Bukit Kelam ( WIWIN DWI SURYANI)

Dimana lokasi Goa maria Bukit Kelam ?

Dari Wsata Sawah Kumpai menuju ke Merpak berjarak sekitar 2.1 Km atau hanya dua menit  saja sampai kelokasi.

5. Sawah Amos

Sawah Amos Bukit Kelam
Sawah Amos Buit Kelam (Yudhiarma)
Lanjut lagi perjalanan menikmati wisata disekitar Bukit Kelam. Kita menuju ke sawal lagi yah..hihihi. Nama wisatanya Sawah Amos atau orang menyebutnya amazing kelam.

Sawah Amos yang dikelola Swadaya oleh Masyarakat Desa Merpak Kecamatan Kelam Permai -Sintang ini merupakan salah satu  lokasi yang tepat untuk menikmati pesona bukit kelam.
Amazing bukit kelam
Amazing Bukit Kelam (Arigamcoy)
Tempatnya sejuk dengan tiupan dan belaian angin dari sela sela padi dan pepohonan. Tentunya waktu yang tepat datang kesini menjelang panen ya sobat wisata.

Dimana lokasi Wisata Sawah Amos Bukit Kelam ?

Dari Goa Maria Bukit kelam hanya berjarak sekitar 2 Km atau 5 menit perjalanan. Bentangan sawah yang luas dihiasi pepohonan yang rindang menambah perjalanan anda semakin seru.

Bukit Luit, Anak dari Bukit Kelam

Bukit Luit, Anak dari bukit kelam sintang
Bukit Luit, Anak Bukit Kelam (Try Fransuka)
Bukit ini terlihat jelas di Desa Merpak karena lokasinya dekat dengan Merpak. Bukit ini menjadi alternatif untuk tujuan pendakian selain Bukit Kelam.

Alamat Bukit Luit

Bukit Luit beralamatkan di  Jl. Lingkar Kelam, DesaMerpak, Kecamatan  Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 
Kodepost Bukit Luit :78656
No Telpon Bukit Luit : -

Google Map Bukit Luit


Nikmati liburan anda di bukit kelam. anda akan disuguhi berbagai macam keindahan alam di Bukit kelam Sintang.

Foto - foto bukit kelam - SIntang

Bukit Kelam, Kumpulan wisata disekitar Bukit Kelam

Bukit Kelam, Kumpulan wisata disekitar Bukit Kelam

Bukit Kelam, Kumpulan wisata disekitar Bukit Kelam

Bukit Kelam, Kumpulan wisata disekitar Bukit Kelam

Bukit Kelam, Kumpulan wisata disekitar Bukit Kelam


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url