Info Bandar Udara Tebelian Sintang

 

Foto Depan Bandar Udara Tebelian Sintang
Depan Bandar Udara Tebelian Sintang (Faisal Nafis)

Pancurajipost.com - Bandar Udara Tebelian Sintang adalah Bandara yang ada di Kabupaten Sintang yang awal mula pembangunanya pada tahun 2011 lalu menghabiskan dana sekitar Rp. 518 Miliar .

Sebelumbya, Di Kabupaten Sintang sendiri telah ada Bandara Susilo yang letak posisinya di Kota Sintang. dengan ukuran landasan pacu 1.300 m x 30. Info 130.1 MHz. Karena sudah tidak layak pakai akhirnya dibangun bandara baru yang dinamakan  Bandar Udara Tebelian Sintang.

Alamat Bandar Udara Tebelian Sintang 

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang pintu masuk Bandar Udara Tebelian Sintang

Bandar Udara Tebelian Sintang beralamatkan di Manter Sungai Tebelian Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Kodepost Bandar Udara Tebelian Sintang : 78661

No Telpon Bandar Udara Tebelian Sintang : (0565) 21937, 21947, 23010 Fax (0565) 21937

Email : bandara.tebelian@gmail.com

Jalur Menuju Bandar Udara Tebelian Sintang 

  1. Dari Kota Sanggau melewati Sekadau menuju Kabupaten Sintang/Bandar Udara Tebelian Sintang berjarak 119 Km atau waktu tempuh hanya sekitar  2 Jam 50 Menit.
  2. Dari Tugu Pancasila Kota Sintang hanya berjarak 14.4 Km atau hanya 15 Menit Waktu berkendara.
  3. Dari Kabupaten Kapuas Hulu berjarak 280 Km atau sekitar 6 Jam 30 Menit.
  4. Dari Pontianak berjarak 314 Km atau waktu tempuh 6 jam 50 Menit.
  5. Dari Kabupaten Ketapang berjarak 563 Km dengan waktu tempuh 12 jam 40 menit melalui tayan hilir Sanggau-Sekadau.Dan masih ada juga jalur arternafit yang lebih dekat menuju Bandara tebelian sintang.

Profil Singkat Bandar Udara Tebelian Sintang 

Bandar Udara Tebelian Sintang,  Asal nama Tebelian berasal dari nama Kecamatan Sungai Belian sebagai lokasi dimana bandara didirikan. Sedangkan  Kata Tebelian itu nama salah satu jenis kayu yang tersebar di Kalimantan dan Sumatra yang sangat keras. Nama Latin Eusideroxylon zwageri ini dahulu kayu tebelian sangat banyak dijumpai di Hutan Sintang yang tumbuh di hutan primer dan sekunder yang batangnya lurus sekali keatas bisa mencapai 625 meter tingginya. Kayunya yang unik dan berkualitas bagus sehingga tempat yang banyak kayu itu dinamakan tebelian.

Pendirian Bandar Udara Tebelian Sintang 

Tahun 2006
Pada tahun 2006 dilakukan Pra Feasibility Study atau penyusunan dokumen perencanaan yang bekerjasama dengan Universitas Tanjungpura Pontianak dan konsultan perencanaan.

Tahun 2007
Pada tahun 2007, Bersumber dari APBD Provinsi, dokumen perencanaan dikembangkan lagi dengan menyusun Feasibilty Study yang menghasilkan dua dokumen perencanan yang layak untuk pendirian bandara baru di Kabupaten Sintang.

Isi dokumen itu mencatat tiga lokasi alternatif pemilihan Bandar Udara Tebelian Sintang yaitu  Kecamataan Kelam Permai, Kecamatan Binjai Hulu dan Tebelian. Hasil Sudy Analisis terlipihlah Kecamatan Sungai Tebelian menjadi Lokasi Pembangunan Bandara Udrara.

Kemudian terbitlah surat rekomendasi dukungan untuk penetapan lokasi bandara baru di Kabupaten Sintang oleh Barat.Gubernur Kalbar tanggal 14 Juni 2007 dengan Nomor 553/2087/DISHUBTEL.

Tahun 2008
Koordinasi Pemerintah Kabupaten Sintang terus ditingkatkan dengan Pemerintah Pusar , dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Kemudian menghasilkan diterbitkannya  surat Penetapan Lokasi Bandar Udara Di Sungai Tebelian melalui  Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 17 tahun 2008.

Isi point Surat Penerbitan Penetapan Lokasi Bandar Udara Tebeian Sintang
  • Letak lokasi bandara 
  • Luas lahan bandara 
  • Status Lahan , kewajiban pembebasan lahan bandara berada pada Pemerintah Daerah.
Tahun 2009
Berdasarkan Peraturan Meteri Perhubungan, pada  2009, Pemkab Sintang menggelontorkan biaya sebesar Rp.14.197.827.000 untuk pembebasan lahan bandara di Kecamatan Sungai Tebelian seluas 144,07 Ha yang pembayarannya bertahap sampai tahun 2011.

Tahun 2010
Tercipta dokumen dinamakan Dokumen AMDAL ditahun 2009-2010 yang merupakan persyaratan utama pada sisi kelayakan lingkungan yang ramah lingkungan dan tidak mengganggu area sekitar bandara.

Uji Coba Maskapai Kalstar Aviation berjenis pesawat ATR (Max Penumpang 70 orang) di pertengahan tahun 2010 yang membuka jalur penerbangan Sintang - Pontianak , SIntang - Ketapang melalui Bandar Udara Susilo.

Uji Coba berjalan lancar pada 23 September 2010 dengan rute Kuburaya - Sintang dengan membutuhkan waktu tempuh sekitar 32 menit.

Tahun 2011
Bandar Udara Tebelian Sintang didirikan dan dibangun awal pertamakali pada tahun 2011 untuk menggantikan Bandara Susilo yang telah tidak layak pakai lagi, tepat tanggal 7 Juli 2011, dilakukan pekerjaan pembersihan lahan atau land clearing di area lokasi bandara baru di tebelian. dilanjutkan dengan meratakan bukit /cut and fill yang dibiayai oleh APBN dan dari APBD Kabupaten Sintang. dengan Nilai Investasi pendirian Bandar Udara Tebelian Sintang menghabiskan dana sekitar Rp.518 Miliar.

Tahun 2013
Pada tanggal 22 November 2013 di Jakarta, melaksanakan penandatanganan M0U atau kesepakatan bersama pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Tebelian Sintang dan ditandatangani oleh Bupati Sintang saat itu Drs. Milton Crosby, M dan Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti Singayuda Gumay

Tahun 2014
Pemkab Sintang bersama DPRD Sintang  berhasil menyusun dan mengesahkan KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) Bandar Udara Tebelian Sintang yang dituangkan dalam Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Nama Bandar Udara.

Pada tanggal 13 Maret 2014 dilakukan penyerahan hibah tanah untuk pembangunan Bandar Udara Tebelian Sintang kepada Dirjen Perhubungan Udara  di Kementerian Perhubungan Jakarta.  

Tahun 2015
Pada tahun 2015 berhasil membangun fisik bandara yaitu Fasilitas Sisi Udara dengan runway tahap pertama sepanjang 1.400 meter dan tahap kedua sepanjang 1.800 meter. serta melakukan Peresmian Pra Operasional hari selasa 18 Agustus 2015 dan berhasil menerbangkan pesawat berpenumpang 18 orang.

Tahun 2021
Pada Hari Rabu, 8 Desember 2021, Bandar Udara Tebelian Sintang diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum yang ditandai dengan penandatanganan prasasti danpemukulan kube.

Panjang Landasan Bandara Tebelian Sintang

Foto Panjang Landasan Bandara Tebelian Sintang
Runway, Panjang Landasan Bandara Tebelian Sintang (dephub)
Panjang landasan bandara tebelian sintang hari ini (15 September 2022) 1.820 km dan perencnaan bandara kedepan akan ditingkatkan lagi dan bisa mencapai  2.200 km atau bisa mendaratkan pesawat berbadan lebar boeng 737

Maskapai Penerbangan

Jenis Pesawat Penerbangan di Bandar Udara Tebelian Sintang
Jenis Pesawat Penerbangan di Bandar Udara Tebelian Sintang (Umar Basuni)
Karena panjang landasan masih terbatas, sehingga sementara ini Bandar Udara Tebelian Sintang hanya melayani ATR 72/Pesawat Kecil/Pesawat Capung, Seperti Nam Air,Aviastar dan Wigs

Kedepan bandar udara tebelian sintang bisa daratkan pesawat boeing 737 dengan penambahan pembangunan runway 3.500M x 45m.

Luas Area Bandar Udara Tebelian Sintang 

Foto Luas Area Bandar Udara Tebelian Sintang
Luas Area Bandar Udara Tebelian Sintang (dephub)
Bandar Udara Tebelian Sintang memiliki luas 153Ha²  dengan daya tampung penumpang sejumlah  75.000 - 100.000 penumpang per tahun. 

Tarif Penerbangan Bandar Udara Tebelian Sintang 

Untuk tarif penerbangan SIntang - Kuburaya harga berfariasi mulai dari Rp. 400.000 sampai Rp. 700.000

Rute Penerbangan Bandar Udara Tebelian Sintang 

Untuk rute penerbangan Bandar Udara Tebelian Sintang saat ini  hanya melayani rute Bandara Tebelian - Bandar Udara Internasional Kuburaya.

Rute penerbangan Domestik WIOS , Sintang (SQG) - WIOO - Pontianak (PNK) dengan pesawat ATR 72 Milik Maskapai Wings Air (Penerbangan Berjadwal) dan juga Melayani Penerbangan Unscheduled lainnya.

Foto Apron Bandar Udara Tebelian Sintang
Apron Bandar Udara Tebelian Sintang (dephub)

Pertanyaan yang sering diajukan mengenai Bandar Udara Tebelian Sintang 

Apakah Bandar Udara Tebelian Sintang menupakan Bandara Internasional ?

Saat ini Bandar Udara Tebelian Sintang hanya melayani penerbangan domestik Tebelian - Bandara Internasional Kuburaya.

Berapa tarif harga tiket dari Bandar Udara Tebelian Sintang ke Bandara Internasional Kubu Raya ?

Untuk tarif berfariasi mulai dari harga termurah RP.400.000 dengan menggunakan pesawat Nam Air,Aviastar dan Wigs.

Apakah Bandar Udara Tebelian Sintang tutup atau tidak ada penerbangan ? Kapan Bandar Udara Tebelian Sintang  Buka ?

Loket TIket Nam Air Bandar Udara Tebelian Sintang
Loket TIket Nam Air Bandar Udara Tebelian Sintang (yohanes fajar wibowo)
Bandar Udara Tebelian Sintang ataupun Bandara lain di seluruh Indonesia selalu buka 24/7 hanya saja maskapai atau pesawat yang beroperasi terkadang tidak ada, karena untuk menutup bandara sangat susah, harus menyampaikan notem.

Apakah Bandar Udara Tebelian Sintang sudah diresmikan? Untuk jenis pesawat apa saja? Jalur Penerbangan Kemana saja ?

Bandar Udara Tebelian Sintang diresmikan pada tahun 2021 lalu oleh Presiden Jiki Widodo. Dengan tiket sambungan(transit) sekarang di Bandar Udara Tebelian Sintang bisa melayani ke bandara seluruh indonesia bahkan ke bandara luar negri.(Info lebih lanjut ke kontak bandara yang erdapat diatas).

Sedangkan jenis pesawatnya menggunakan jenis pesawat ATR 72/Pesawat Kecil/Pesawat Capung yang bisa menamping sekitar 18 - 70 Orang.

Adakah parkir inap, berapa tarifnya untuk kendaraan roda maupun roda empat ?

Untuk pertanyaan ini hubungi No Telpon Bandar Udara Tebelian Sintang : (0565) 21937, 21947, 23010 Fax (0565) 21937.

Apa saja Fasilitas di Bandar Udara Tebelian Sintang ?

Ruang Parkir
Geser gambar untuk melihat seluruh ruangan parkir Bandar Udara Tebelian Sintang 

Tempat Pembelian Tiket

Geser gambar untuk melihat seluruh ruangan Tempat Pembelian Tiket Bandar Udara Tebelian Sintang 

Ruang Tunggu

Geser gambar untuk melihat seluruh ruangan Ruang Tunggu Bandar Udara Tebelian Sintang 

Ruangan VIP

Geser gambar untuk melihat seluruh ruangan VIP Bandar Udara Tebelian Sintang 

Toilet

Toilet di Bandar Udara Tebelian Sintang
Toilet di Bandar Udara Tebelian Sintang (Imam Ma'arif)

Di Bandar Udara Tebelian Sintang  telah terdia toilet duduk dan standar yang terjaga dan bersih. sehingga memberikan kenyamanan bagi para penumpang yang sedang menunggu keberangkatan di Bandar Udara Tebelian Sintang.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url