Review Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Ketapang Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing adalah nama lain dari objek wisata Pantai Celincing yang sekarang telah berubah nama menjadi Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing. Pantai ini sunggh unik karena berada di Muara Sungai Pawan, sehingga memiliki keindahan tersendiri selain wisata pantainya.

Tepat pada tanggal 20 Februari 2022, Bapak Martin Rantan selaku Bupati Ketapang menanda tangani dan meresmikan langsung Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing ini dan menyerahkan pengelolaan objek wisata ini ke POKDARWIS atau Kelompok Sadar Wisata "Celincing Bersatu".

Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Photo
Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Photo

Dengan bercirikan Hutan Bakau dan Wisata Pantai yang berombak tenang, sangat cocok untuk membawa keluarga anda berwisata disini. 

Terdapat hutan mangrove yang dapat digunakan untuk objek penelitian, menjelajahi sungai dan berfoto. Ketika Sore hari terlihat anak anak muda dan dewasa bermain di pinggir pantai hanya untuk menghabiskan waktu dipantai, berenang di tepi pantai, dan duduk duduk santai sambil memandang sunset yang akan tenggelam.

Untuk yang membawa anak anak sebaiknya diawasi terus, ketika sore hari biasanya gelombang pantai agak cukup kuat karena pengaruh angin yang semakin kuat.

Alamat Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing

Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing beralamatkan di Jl. Tanjung Matan, Desa Suka Baru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang , Kalimantan Barat

Kodepost Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing : 78822

No telpon Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing : 081346684748 (Pokdarwis Celincing Bersatu)

Google Map Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing

Jalur Transportasi menuju Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing

Geser gambar untuk melihat Hutan Mangrove Pantai Celincing 

Dari Pusat Kota Ketapang atau Tugu Ale Ale menuju Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing hanya berjarak sekitar 10.2 Km atau sekitar 26 menit berkendara melalui melalui Jl. Suka Baru.

Bagi yang diluar Kalimantan bisa melalui jalur udara dari Bandar Undara Internasional Supadio Kuburaya menuju ke bandar udara  Bandara Rahadi Oesman

Dari Bandar Udara Rahadi Osman Ketapang menuju Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing hanya berjarak sekitar 14.6 Km atau sekitar 33 menit berkendara.

Apa yang menarik di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing

Wisata Pantai

Geser gambar untuk melihat pinggiran Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing
Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing memiliki Pantai berpasir yang cukup luas, Pengunjung bisa duduk manis atau bermain pasir dipinggir pantai dengan warna pasir putih kecoklatan.

Untuk anda yang ingin mengelilingi Pantai, tersedia perahu perahu nelayan yang siap di sewa kemana anda mau, yang berderet rapi di sekitar Pantai dekat hutan bakau siap mengantarkan anda berkeliling menikmati pinggiran pantai dan hutan bakau.

Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Ketapang Photo
Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Ketapang Photo

Hutan Mangrove

Geser gambar untuk melihat sekeliling Hutan mangrove Pantai Kelincing
Potensi yang sangat besar di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing, Selain pantainya juga terdapat hutan mangrove, jika di kelola dengan baik akan menjadi destinasi wisata unggulan di Provinsi Kalimantan barat seperti hutan mangrove di Ketapang Mauk - Tangerang yang telah menjadi Destinasi Unggulan Nasional.

Dengan Potensi yang ada, Peran Pemeritah terutama yang berhadapan langsung dengan Objek wisata seperti Pokdarwis sangat penting, kesunggukan dalam tata kelola wisata akan menjadikan Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing ini menjadi Objek Wisata Nasional dan bisa juga Internasional kedepannya.

Kesungguhan Pengelolaan wisata akan mendatangkan dan memudahkan berbagai bantuan dana pembangunan terutama dari pemerintah pusat, itulah kenapa pentingnya kesungguhan para POKDARWIS dalam mengelola dan mampu bekerja sama dengan Pemerinah lokal dalam pengembangan Objek Wisata. Sehingga Pemerintah Pusat akan serius juga dalam menggelontorkan Dana Besar ke Objek Wisata yang ditata dengan baik dan berpotensi mendatangkan turis asing.

Jembatan dan Gazebo

Geser gambar untuk melihat keliling Gazebo di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing
Spot foto yang menarik ketika berada di sini adalah jembatan kayu yang membelah hutan mangrove, serta gazebo gazebo yang dibangun cukup rapi dan indah, menjadikan foto anda semakin menarik dan bermakna.

Anda juga bisa berkeliling sekitar hutan mangrove dengan menyewa perahu perahu nelayan yang berada disekitar jembatan.

Wisata Edukasi


Jembatan Gantung membelah Hutan mangrove di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Ketapang Kalimantan Barat Photo
Jembatan Gantung membelah Hutan mangrove di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Ketapang Kalimantan Barat Photo

Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing memiliki pepohonan mangrove yang bisa dijadikan sebagai objek wisata penelitian, Berada di Murara Sungai Pawan, menjadikan penelitian ini unik karena airnya bertemu langsung dengan air tawar dan air laut.

Jembatan Beton yang telah dibangun di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing
Jembatan Beton yang telah dibangun di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing photo NURHAN NUDIN (Nurhan)

Sunset

Sunset di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Ketapang Photo
Sunset di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Ketapang Photo (Ahmad Zaid Wachid)
Anda juga bisa menikmati keindahan sunset disore hari di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing. Angin yang spoi spoi dan dingin yang berhembus dari pantai menyapa anda di iringi dengan cahaya kuning dari matahari yang akan tenggelam, Semakin indah dan bermakna liburan anda.

Pertanyaan yang sering diajukan di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing

Wisata apa saja yang berdekatan dengan Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing?

Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing berdekatan dengan :

Apakah sudah ada fasilitas MCK di Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing?

Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing telah tersedia MCK dan Mushlla, jadi anda akan tenang menghabiskan waktu di Pantai.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing Ketapang Kalimantan Barat"