Kenidahan Pantai Air Mata Permai atau Pantai Air Mati Ketapang

Pancurajipost.com - Pantai Air Mata Permai atau disebut juga Pantai Air Mati adalah kawasan pantai Kabupaten Ketapang yang terdapat hutan bakau. Dilengkapi dengan fasilits lainnya seperti permainan anak, Gazebo untuk bersantai, MCK dan masih banyak lagi.

Keindahani Pantai Air Mata Permai Photo
Keindahani Pantai Air Mata Permai Photo

Pantai Air Mata Permai menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Ketapang dan dari luar ketapang. Untuk akses sendiri hindari ketika musim hujan, karena air akan pasang dan akses jalan biasanya tertutup genangan air yang membuat perjalanan anda terganggu menuju Pantai Air Mata Permai atau Pantai Air Mati.

Alamat Pantai Air Mata Permai 

Pantai Air Mata Permai beralamatkan di Kawasan Desa Sungai Awan Kanan, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 

Kodepost Pantai Air Mata Permai : 78813

No telpon Pantai Air Mata Permai : -

Google Map Pantai Air Mata Permai

Jalur Transportasi menuju Pantai Air Mata Permai

Dari Tugu Ale Ale /Pusat Kota Ketapang menuju Pantai Air Mata Permai sekitar 29  menit atau jarak 13.6  km melalui Jl. Pawan 1 melalui Jl. Poros Sukadana - Ketapang menuju desa Sungai Awan Kanan bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan empat.

Untuk masyarakat luar pulau kalimantan bisa melalui Bandara Internasional Supadio Kuburaya-Pontianak menuju Bandara Rahadi Oesman Ketapang dengan waktu tempuh 1 jam saja menggunakan pesawat ATR, Dilanjutkan dengan menyewa rental mobil menuju Pantai Air Mata Permai jaraknya sekitar 11.7 Km atau sekitar25 menit.

Note : Akses masuk menuju pantai masih berpasir, dan agak sempit jadi mesti berhati-hati ketika melewatinya.

Apa saja yang menarik di Pantai Air Mata Permai 

Kawasan Pantai

Panorama Pantai Air Mata Permai Photo
Panorama Pantai Air Mata Permai Photo (Wiwit Yulia Majasari)
Pantai air mata permai menjadi salah satu tempat wisata untuk berlibur bersama keluarga, teman atau sendiri juga cocok, sangat menyenangkan suasana indah pemandangan lepas laut atau lepas pantai yang indah

tempatnya memiliki gazebo yang bagus untuk bersantai dan jika ingin berenang terdapat penyewaan kano atau berenang biasa juga enak, untuk makanan dan minuman terdapat banyak sekali pilihan dan banyak jajanan ditepi jalan yang beraneka macam jenisnya. 

Suasana Ramai disekitar Gazebo tepi Pantai Air Mata Permai Photo
Suasana Ramai disekitar Gazebo tepi Pantai Air Mata Permai Photo

Permainan Motor ATV

Kendaraan ATV di Pantai Air Mata Permai Photo
Kendaraan ATV di Pantai Air Mata Permai Photo
Pantai Air Mata Permai sekarang telah menyediakan fasilitas motor ATV, anda bisa main motor trailer di tepi pantai sambil berjalan jalan mengeliling pantai.

Untuk harga sewa motor ATV di bandrol Rp. 25.000 per 15 menit (Harga Bisa Berubah)

Perahu Kano

Perahu Kano di Pantai Air Mata Permai Photo
Perahu Kano di Pantai Air Mata Permai Photo
Pantai Air Mata Permai juga menyediakan fasilitas lainnya yaitu penyewaan perahu kano yang bisa anda nikmati untuk berselancar di pinggiran pantai, sunguh pengalaman yang tak ternilai.
Untuk harga sewa perahu kano di bandrol Rp. 15.000 per 30 menit (Harga Bisa Berubah)

Sunset

Sunset di Pantai Air Mata Permai Photo
Sunset di Pantai Air Mata Permai Photo (RJS AUDIO)
Tidak kalah dengan pantai pantai lainnya di Kabupaten Ketapang, Pantai Air Mata Permai memiliki pemndangan sunset yang menawan, Biasanya para pengunjung datang sekitar  jam setengah 5 dan pulang sekitaran jam set. 6, karena pemandangan sunsetnya yang ditunggu tunggu.

Olahraga Pantai

Ketika Air Surut di Pantai Air Mata Permai Photo
Ketika Air Surut di Pantai Air Mata Permai Photo
Jika musim kemarau tiba, Pantai Air Mata Permai memiliki area pasir yang cukup luas dan bisa dipergunakan untuk area olahraga pantai seperti Bola voli dan Sepak Bola.

Remis (kerang kecil)

Jika anda beruntung dan pas kebetulan adalah musimnya, dipinggiran Pantai Air Mata Permai terdapat banyak remis (kerang kecil). Anda juga bisa menggali pasir di pantainya untuk mendapatkan remis (kerang kecil), cukup menarik bukan..?

Hutan Bakau

Hutan Bakau di Pantai Air Mata Permai Photo
Hutan Bakau di Pantai Air Mata Permai Photo (Andax Evan)
Keunikan lainnya yang tak ada pada pantai lain di Kabupaten Ketapang adalah Pantai Air Mata Permai terdapat Hutan Bakau yang telah dikelola dengan dibangun jembatan kayu yang membelah hutan serta gazebo gaxebo untuk anda yang ingin bersantai di hutan sambil menikmati cemilan.

Namun ketika pasang cukup mengerikan airnya, jadi pilihlah ketika musim kemarau, agar air yang dipingir pantai tenang dan memudahkan and untuk berlibur.

Warung Makan

Makaan Kerang dan Ale Ale di Pantai Air Mata Permai Photo
Makaan Kerang dan Ale Ale siap di santap di Pantai Air Mata Permai Photo
Pantai Air Mata Permai terdapat juga beberapa warung makanan. berbagai jajanan khas patai tersedia disini seperti menu makanan berupa kerang atau kepah maupun Ale Ale.

Makanan Ale Ale merupakan makanan khas Kabupaten Ketapang yang jarang sekali kita jumpai. Disini anda bisa makan sepuasnya.

Untuk Harga Per kilo dibandrol sekitar Rp. 30.000, sudah matang dan siap menjadi cemilan sambil disampingnya ada sambal, makin nikmat menikmati Pantai Air Mata Permai.

Anda juga yang ingin kesegaran terdapat kelapa muda yang siap menyegarkan tenggorokan anda, Untuk Harga Teh manis, Kopi, Es kelapa muda di bandrol mulai dari Rp. 8000.

Outbond

Kegiatan Outbond di Pantai Air Mata Permai Photo
Kegiatan Outbond di Pantai Air Mata Permai Photo (Ozy Andi)
Kawasan Pantai Air Mata Permai biasa digunakan anak anak sekolah untuk melakukan kegiata outbond. Karena pantainya sangat dekat dengan pemukiman dan lingkungan pendidikan.

Fasilitas Umum

Pantai Air Mata Permai memiliki fasilitas umum berupa Mushalla,  Toilet dan kamar mandi. Jadi anda jangan hawatir jika habis mandi di pantai bisa langsung ganti pakaian, jangan lupa bawa persediaan pakaian dari rumah sebelum berangkat.

Pertanyaan yang sering diajukan di Pantai Air Mata Permai 

Berapa tarif masuk ke Pantai Air Mata Permai ?
Untuk tarif masuk berfariasi, namun biasanya untuk masuk gratis ke Pantai Air Mata Permai. Hanya saja untuk menikmati fasilitas lainnya anda harus membayar seperti perahu kano dan motor ATV.

Kapan waktu yang baik menuju ke Pantai Air Mata Permai?
Waktu yag baik menuju ke Pantai Air Mata Permai  adalah ketika musim kemarau tiba, serta ketika musim Remis/banyak kerang kecil.

Persiapan apa saja yang dibutuhkan jika berwisata pantai, terutama ke Pantai Air Mata Permai?
Persiapan yang harus diperlukan adalah Bawalah pakaian pengganti, bawalah makanan dan minuman jika anda ingin berhemat, Bola untuk olahraga dan Bawa uang yang banyak. hehe.

Bagaimana akses jalan menuju Pantai Air Mata Permai?
Untuk memasuki area Pantai Air Mata Permai, kondisi jalan berpasir, dan sempit. Diharapkan untuk para pengendara berhati hati.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kenidahan Pantai Air Mata Permai atau Pantai Air Mati Ketapang"