Review Pantai Pecal Ketapang (Kinjil Pesisir) Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Pantai Pecal adalah Objek Wisata Pantai yang berdekatan dengan Wisata Hutan Mangrove Pantai Celincing, memiliki keunikan namanya yaitu "PECAL".

Pecal atau pecel adalah sebuah nama makanan khas yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Kuliner ini biasanya disuguhkan menggunakan bumbu sambal kacang sebagai inti/bumbu utama yang dipadukan dengan rebusan sayuran, bisa juga sayuran yang masih mentah diolesi dengan bumbu kacang. Makanan kuliner ini terkenal dibeberapa daerah di jawa seperti Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Pantai Pecal Photo
Pantai Pecal Photo

Namun kenapa disepanjang pantai Kinjil Pesisir ini para pedagang kompak menjual satu menu yaitu pecal. dan kenapa memilih pecal?

Ini adalah salah satu teka teki yang mungkin ada hubungannya dengan sejarah Islam, Sejarah Majapahit atau sejarah lainnya yang sangat kental di Kabupaten Ketapang-Kalimantan Barat.

Karena rata rata para pedagang di pesisir pantai ini menjual pecal dan minuman kelapa muda, maka pantai ini terkenal dan disebut juga pantai pecal.

Alamat Pantai Pecal

Gapura menuju pantai pecal photo
Gapura menuju pantai pecal photo
Pantai Pecal beralamatkan di Kawasan Desa Kinjil Pesisir, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 

Kodepost Pantai Pecal : 78822

No telpon Pantai Pecal : -

Google Map Pantai Pecal

Jalur Transpotrasi menuju Pantai Pecal

Geser gambar untuk melihihat Dermaga Pintu masuk Pantai Pecal

Dari Pusat Kota Ketapang atau Tugu Ale Ale menuju Pantai Pecal hanya berjarak sekitar 3.9 Km atau sekitar 12 menit berkendara melalui Jl. Arif Rahman Hakim/Jl. Pawan 1.

Bagi yang diluar Kalimantan bisa melalui jalur udara dari Bandar Undara Internasional Supadio Kuburaya menuju ke bandar udara  Bandara Rahadi Oesman

Dari Bandar Udara Rahadi Osman Ketapang menuju Pantai Pecal hanya berjarak sekitar 8.3 Km atau sekitar 22 menit berkendara.

Apa saja yang menarik di Pantai Pecal

Wisata Pantai Pecal

Geser gambar untuk melihat sekeliling pantai pecal

Pantai Pecal memiliki area pantai yang cukup panjang dengan sepanjang pantai terdapat gazebo gazebo yang berjejer rapi.

Pengunjung bisa menikmati pinggiran pantai sambil memandang deburan ombak yang luas dan tenang. belum lagi jika anda merasa haus dan lapar, anda bisa memesan menu andalan pantai pecal yaitu Kelapa Mudan dan Makanan Pecal, siap emnggoyang lidah dan menyegarkan anda dengan suasana semilir angin dan suara ombak.

Pada waktu sabtu dan minggu, biasa ramai di kunjungi pasyarakat perkotaan serta masyarakat luar kabupaten. 

Untuk hari hari libur nasional/ramai, disekitar Pantai Pecal dikenakan tarif masuk, namun jika hari hari biasa tidak ada tarikan tiket masuk ke pantai pecal.

Bongkahan bebatuan

Geser gambar untuk melihat sekeliling bongkahan batu di Pantai Pecal

Pantai Pecal juga memiliki keunikan tersendiri, dengan berderetnya bongkahan bongkahan batu keras dan besar di area tertenti di Pantai Pecal. Lokasi ini biasa digunakan pengunjung untuk duduk santai. Hawa bebatuan yang dingin membuat para wisatawan betah berlama lama di area ini.

Area ini juga biasa digunakan untuk mengabadikan gambar, karena lokasi ini sangat instagramable selain pantai pasirnya.

Sunset

Sunset di Pantai Pasir Photo
Sunset di Pantai Pasir Photo (Jun San)
Sore hari, waktu yang tepat untuk menikmati panorama matahari terbenam di Pantai Pecal. Biasanya para pengunjung sengaja datang dan menunggu sore hari untuk menikmati keindahan sunset yang terlihat jelas di Pantai Pecal.

Persawahan

Wisata Persawahan di Pantai Pecal photo
Wisata Persawahan di Pantai Pecal photo
Pantai Pecal berada dekat dengan pemukiman warga yang mayoritas pasyarakat di pesisir pantai menanam padi. Anda bisa menyempatkan diri untuk berjalan jalan di pematang sawah atau jalan yang disediakan untuk menelusuri persawahan warga.

Waktu yang tepat untuk melihat keindahan sawah ketika padi sudah menguning atau akan di panen, jadi tidak semua hari bisa anda nikmati di wisata musiman seperti persawahan ini. Untuk lokasi persawahan ini merada sekitar 100 meter dari bibir pantai pecal.

Pantai Pecal dan Persawahan dibelakang pantai Photo
Pantai Pecal dan Persawahan dibelakang pantai Photo

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Pecal

Berapa tiket masuk ke Pantai Pecal?

Hari hari biasa tidak ada tiket masuk menuju pantai pecal

Berapa harga pecal dan kelapa muda di Pantai Pecal?

Di pantai Pecal, Harga relatif murah , untuk lontong pecal 1 porsi Rp. 10.000 dan kelapa muda juga Rp. 10.000 per buah.

Apakah ada MCK di Pantai Pecal?

Sudah pasti tersedia MCK di beberapa titik di area Pantai Pecal, anda tidak perlu hwatir.

Kenapa dinamakan Pantai Pecal?

Karena mayoritas pedagang pesisir Pantai Pecal menjual makanan utama Pecal dan Kelapa muda.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Pecal Ketapang (Kinjil Pesisir) Kalimantan Barat"