Review Air Terjun Batu Hitam Ketapang

Pancurajipost.com - Sesuai dengan namanya, Air Terjun Batu Hitam adalah sebuah aliran air yang cukup deras melewati celah bebatuan keras besar berwarna hitam. Dengan ketinggian sekitar 3 meter, Air Terjun Batu Hitam ini menjadi daya tarik wisata khususnya di kawasan Nanga Tayap.

Fenomana unik yang bisa anda lihat selain air terjunnya adalah terdapat bongkahan bongkahan batu batu besar dan keras disekeliling air terjun seperti bekas muntahan yang berasal dari gunung berapi.
Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo
Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo (Keny Wijayanty)
Tidak heran, musim liburan dan akhir pekan, Air Terjun Batu Hitam selalu ramai dikunjungi baik disekitar Nanga Tayap maupun dari luar hanya untuk bersantai, mandi, berfoto, bakar ikan dan aktifitas lainnya.

Tepatnya pada hari sabtu, tanggal 29 Januari 2022, Kawasan Air Terjun Batu Hitam diresmikan dan dijadikan sebagai Kawasan Agrowisata Hutan Desa Sembelangaan.

Alamat Air Terjun Batu Hitam

Air Terjun Batu Hitam berlamatkan di Desa Simpang Tiga Sembelangaan Kecamatan Nanga Tayap Kab. Ketapang
Kodepost Air Terjun Batu Hitam : 78873
No telpon Air Terjun Batu Hitam : -

Google Map Air Terjun Batu Hitam

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Batu Hitam

Dari Tugu Ale Ale /Pusat Kota Ketapang menuju Air Terjun Batu Hitam Ketapang lama perjlanan sekitar 2 jam 15 menit dengan jarak 102 km melalui melalui Jl. Poros Sukadana - Ketapang dan Jl. Sidukbisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan empat.

Air terjun ini berdekatan dengan kawasan Bukit Batu Hitam Sumber Priangan Ketapang yang jaranya sekitar 1.5 Km atau 2 menit berkendara.

Kawasan Agrowisata Hutan Desa Sembelangaan

Kawasan Air Terjun Batu Hitam telah diresmikan dan dijadikan sebagai Kawasan Agrowisata Hutan Desa Sembelangaan pada tanggal 29 Januari 2022, 

Air Terjun Batu Hitam

Di kawasan Agrowisata Hutan Desa Sembelangaan terdapat wisata air terjun yang dinamakan air terjun batu hitam. Air disini cukup jernih yang mengaliri sungai sungai dibawahnya.

Biasanya ketika hari libur tiba, lokasi ini tak sepi dari pengunjung, disamping air terjunnya yang bagus juga lokasinya yang telah dikelola pemerintah setempat sehingga memudahkan para pengunjung menukmati wisata ini dengan aman dan nyaman.

Tinggi air terjun batu hitam diperkirakan 3 meter dan terdapt kolam dibawahnya yang biasa digunakan pengunjung untuk berenang dan berendam, ada juga yang duduk duduk di bawah siraman air untuk merasakan sensasi tekanan air, terasa segar dan dipijit pijit oleh tekanan air terjun.

Bongkahan Batu Hitam

Hamparan Bebatuan di Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo
Hamparan Bebatuan di Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo (Beka Sonia)
Di Kawasan Air Terjun Batu Hitam memiliki hamparan bebatuan yang besar besar, keras dan berwarna hitam, mirip seperti muntahan bebatuan yang berasal dari gunung meletus yang dimuntahkan disini.

Keunikan ini biasa dipergunakan anak anak muda untuk berswafoto karena keindahan dan hamparan pemandagan yang indah.

Bebatuan besar didarat, ditumbuhi dengan ilalang, serta panorama alam, dijamin ada aka betah berlama lama di area ini.

Wisata Healing

Geser gambar untuk melihat seluruh area bebatuan Air Terjun Batu Hitam Ketapang
Untuk anda suka keteangan, Air Terjun Batu Hitam sangat cocok buat anda, sambil berjalan jalan diantara bongkahan bebatuan, duduk duduk sambil memandang luasnya perbukitan terlihat di ara ini.

Camping

Geser gambar untuk melihat seluruh area bebatuan Air Terjun Batu Hitam Ketapang
Air Terjun Batu Hitam sangat cocok bagi anda pecinta alam yang ingin merasakan suasana alam terbuka sambil mendekatkan kepada alam, bebatuan besar dan hitam akan memancarkan magnet aura posifit yang membuat anda betah dan merasa tenteram.

Untuk anda yang ingin camping, harus izin dulu kepada pihak pengelola agar aman dan lancar dalam camping, serta pengelola akan menugaskan pembimbing yang akan menemani anda selama di area Air Terjun Batu Hitam.

Katin

Kantin di Area Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo
Kantin di Area Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo (Pardi Ansyah)
Anda akan menjumpai penjual yang berada tepat di pintu masuk menuju Air Terjun Batu Hitam, tersedia berbagai macam kuliner, minumn segar, seperti teh, minumn hangat seperti kopi dan lain lain.

Parkir

Area Parkir di Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo
Area Parkir di Air Terjun Batu Hitam Ketapang photo
Area Air Terjun Batu Hitam telah disediakan area parkir yang cukup luas, mobil mobil yang masuk ke aea ini tidak akan kesulitan untuk keluar masuk, karena area parkir ini telah dibangun dan ramah untuk kendaraan anda.

Pertanyaan yang serig diajukan di Air Terjun Batu Hitam

Berapa tarif harga masuk ke Air Terjun Batu Hitam?
Tiket masuk untuk menuju Air Terjun Batu Hitam berfariasi, Untuk kendaraan mobil dikenakan Rp. 20.000/kendaraandan untuk motor Rp.10.000/kendaraan, harga sewaktu waktu berubah tergantung dari kebijakan pengelola.

Apakah ada fasilitas MCK di Air Terjun Batu Hitam?
Karena telah dikelola, Air Terjun Batu Hitam terdapat MCK untuk para pengunjung yang datang. MCK nya lumayan lengkap ada khusus pria dan khusus wanita jadi nyaman dan ramah buat anda sekeluarga.

Apakah Wisata Air Terjun Batu Hitam, ramah untuk anak anak?
Air Terjun Batu Hitam tersedia pagar pembatas dan pengaman bagi pengunjung, sehingga aman untuk anak anak, namun demikian demi kenyamanan selalu awasi buah hati anda, agar landar dalam berwisata.

Bagaimana kondisi akses jalan menuju Air Terjun Batu Hitam Ketapang?
Menasuki Air Terjun Batu Hitam Ketapang, jalan  masih tanah terawat, direkomendasikan memilih cuaca cerah, agar perjalanan anda lancar.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Batu Hitam Ketapang"