Misteri Situs Cagar Budaya Komplek Makam Keramat Sembilan, Jejak Kerajaan Majapahit

 Pancurajipost.com - Makam Keramat Sembilan adalah komplek pemakaman muslim yang dianggap peninggalan Kerajaan Tanjung Pura di benua lama. Keberadaan makam ini menunjukkan bahwa agama Islam telah hadir di kalimantan khususnya kalimantan barat sejak zaman Majapahit di jawa masih berdiri, atau Abad ke - 14 atau sekitar lebi dari 600 tahun yang lalu.

Misteri Situs Cagar Budaya Komplek Makam Keramat Sembilan photo
Misteri Situs Cagar Budaya Komplek Makam Keramat Sembilan photo

Makam Keramat Sembilan, Makam Istimewa

Makam Keramat Sembilan merupakan makam yang istimewa, kenapa dikatakan demikian karena konon makam disini mirip dengan makam Cagar Budaya Di Troloyo, Ibukota Majapahit kuno.

DiCagar Budaya Troloyo juga ada nama makam yang dinamakan Makam Pitu (Tujuh) dan Makam Songo (Sembilan). Kesamaan nama tersebut yang membuat kalam keramat di ketapang ini unik dan istimewa.

Kemiripan lainya pada tulisan tahun, di komplek makam DiCagar Budaya Troloyo ada makam yang namanya Jumadil Kubro yang merupakan tokoh  yang menyebarkan Agama pada abad ke 14. atau akhir masa kerajaan Majapahit.

Kemiripan lainnya batu nisan di makam sama sama dari batu andesit, Batu andsit pada nisan di ketapang, kemungkinan didatangkan dari Jawa, karena jenis batuan ini sulit sekali ditemukan di Ketapang.

Sehingga sekarang Komplek Makam Keramat Sembilan Ketapang oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dijadikan Cagar Budaya.

Tulisan di Makam Keramat Sembilan

 Di bagian Depan batu nisan tertulis diukir dengan ayat - ayat Al Quran. Kullu Nafsin Dzaiqat Al Mawt, di baris pertama. Wa Kullu Man Alaiha Fan, di baris kedua kemudian Inkripsi pada nisan itu lantas ditutup dengan kalimah tauhid yang melingkar.

Tertulis juga tahun 1418 ditulis di bagian belakang nisan, Itulah salah satu daya tarik situs sejarah Islam di Ketapang; Keramat Sembilan.

Alamat Makam Keramat Sembilan Ketapang

Situs Cagar Budaya Komplek Makam Keramat Sembilan Photo
Situs Cagar Budaya Komplek Makam Keramat Sembilan Photo (Agri Aditya)
Makam Keramat Sembilan beralamatkan di  Jl. Pangeran Kesumajaya, Dusun Pagarruyung, Kelurahan Muliakerta, Kecamatan Benua Kayang, Kabupaten Ketapang

Kodepost Makam Keramat Sembilan Ketapang : 78822

No telpon Makam Keramat Sembilan Ketapang : -

Google Map

Jalur Transportasi menuju Makam Keramat Sembilan Ketapang

Untuk masyarakat luar pulau kalimantan bisa melalui Bandara Internasional Supadio Kuburaya-Pontianak menuju Bandara Rahadi Oesman Ketapang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam saja menggnakan peswat ATR, Dilanjutkan dengan menyewa rental mobil menuju Makam Keramat Sembilan Ketapang jaraknya sekitar 12.1 Km atau sekitar 30 menit.

Dari Tugu Ale Ale /Pusat Kota Ketapang menuju Makam Keramat Sembilan Ketapang lama perjlanan sekitar 18 menit atau jarak 7.7 km melalui Jl. R.Suprapto melalui jembatan pawan 5 bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan empat.

Ada apa saja di Makam Keramat Sembilan

Bangunan Makam Keramat Sembilan Photo
Bangunan Makam Keramat Sembilan Photo (Agri Aditya)

Area Makam

Diukur secara astronomis berada di 1° 51’ 1.40” LS dan 109° 59’ 35.27” BT. dengan  luas lahan 2.509 m2. berada di Kawasan komplek kuburan muslimin 

Dan secara administratif berada di Kelurahan Muliakerta, Kecamatan Benua Kayang, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimatan Barat. 

Bangunan Makam

Untuk bangunan makam Terdiri atas dua bangunan utama dan bangunan kedua

Bangunan utama lebih besar dan bercungkup yang merupakan lokasi dimana terdapat 9 makam dengan luas area panjang 20 m dan lebar 15 m

dan bangunan kedua bercungkup yang berfungsi untuk tempat peristrahatan wisatawan yang datang dengan luas bangunan panjang 9 m dan lebar 6 m.

Makam Keramat Sembilan

Pada bangunan utama terdapat 9 makam dengan memiliki tulisan tulisan di setiap batu nisan.

  1. Makam 1 Hiasan Kaligrafi “kullu nafsin dzaaikotulmaut” Berangka tahun 1423 M bahan nisan Batu Andesit
  2. Makam 2 Hiasan Kaligrafi “thayyibah” dan “kullu nafsin dzaaiqotul-maut” Inskripsi aksara jawa kuno berangka tahun 1345 Caka atau  1423 M bahan Batu Andesit
  3. Makam 3 Hiasan Flora , Flora (trisula yang dibalik) berbahan Batu Andesit (Kemerahan)
  4. Makam 4 lora, Flora, Berbahan Batu Andesit (Kemerahan)
  5. Makam 5 Tanpa Hiasan/Polos berbahan Batu Andesit
  6. Makam 6 Ragam hias “medalion” berbahanBatu Andesit
  7. Makam 7 Tanpa Hiasan, berbahan Batu Andesit
  8. Makam 8  Hiasan Kaligrafi “tayyibah”, Inskripsi aksara jawa kuno berangka tahun 13..9 Caka berbahan Batu Andesit
  9. Makam 9 Tanpa Hiasan, bebahan Batu Andesit

Sehingga adanya makam Sembilan serta disebelahnya juga terdpat makam keramat tujuh yang tidak lepas dari sejarah Keraton  kerajaan Matan  Tanjungpura.

Baca Juga : Jejak sejarah Keraton  kerajaan Matan Tanjungpura.

Peradaban Dunia

Keberadaan Makam Keramat Sembilan Ketapang membawa berkah bagi masyarakat setempat, Setiap tahunnya selalu dikunjungi turis asing baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri seperti amerika, Singapura, Inggris, Malaysia, India, Brunei Darussalam.
Untuk Negara brunei biasanya datang dua kali dalam setahun mengunjungi makam ini.

Kedatangan para turis memiliki tujuan yang berbeda beda, ada yang hanya berdoa, Ada yang ingin terkabul hajat dan ada pula yang ingin meneliti dengan pasti kaitan sejarah di makam, dengan sejarah lainnya.

Peradaban islam di Kabupaten ketapang bisa diketahui dari beberapa peninggalan arkeologis. Ada unsur pemukiman warga pada zamannya yang masih bisa terlihat seperti peninggalan makam dengan berbagai bentuk nisan serta inskripsi yang menyertai. 

Sehngga dengan adanya tulisan ini di beberapa Batu Nisan yang diukir mengindikasikan bahwa islam di Ketapang telah berkembang ketika abad ke-14 M dengan angka tahun 1345 Saka atau 1423 M.

Mengungkap Misteri Keramat sembilam Ketapang

Makam keramat bisa anda jumpai diberbagai daerah di Indonesia. Pengertian keramat sendiri adalah karomah, kemuliaan, Jadi Makam keramat itu adalah makam makam yang memiliki kemuliaan tersendiri.

Pada cungkup 9 nissan di keramat tersebut terbuat dari batu andesit dengan pahatan beraksara gunung dan hiasan kaligrafi Arab serta motif bunga dan ukiran dengan tipe Demak Troloyo.

Nah, dari beberapa nisan tersebut usia Kramat 9 sudah ada sejak abad ke-14 dari bukti pahatan di beberapa literatur nisan ini.

Tipe Nissan Demak Troloyo pada masa lalu digunakan oleh para raja dan tokoh-tokoh Agama Islam hal ini seperti yang tampak pada Kompleks Kramat 9 namun hingga saat ini tidak ada satupun literatur sejarah yang menyebutkan nama raja ataupun tokoh agama yang dimakamkan di Kompleks tersebut.

Sehingga. pada suatu hari tim Ketapang misteri mencoba menguak sejarah di komplek makam keramat sembilan ini , namun sebelum melakukan ritual mereka izin ke juru kinci disana.

Salah satu tim ketapang misteri membawa anak indigo yang bisa melihat hal hal gaib, Menurut anak indigo tersebut, mahluk mahluk tak kasat mata disana sangat tertutup  dan marah dan tidak ingin rahasia didalam makam diketahui oleh masyarakat.

Jadi jika anda juga ingin bertanya nama tokoh makam siapa saja di Komplek Makam Keramat  Sembilan ini pasti jawabanyya Makam tanpa nama.

Namun kita yang berknjung kesana pasti penasaran, kenapa makam tanpa nama ini selalu ramai dikunjungi oleh tokoh tokoh besar, yang datang dari dalam dan luar negeri.

Mereka yang berkunjung ke makam pastinya mempunyai  alasan tersendiri seperti petunjuk bisa melalui mimpi, atau nasehat dari leluhur untuk mengunjungi makam sembilan.

Kesimpulan dari makam ini adalah bahwa, Komplek Makam Keramat Sembilan tidah ingin diketahui nama nama yang ada di makam tersebut, hal ini mungkin untuk mencegah terjadinya kemusrikan yang merusak akidah.

Dan jika Tuhan mengijinkan anda untuk mengetahui nama nama di makam tersebut, mungkin anda juga tidak akan pernah menceritakannya kepada siapapun.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Misteri Situs Cagar Budaya Komplek Makam Keramat Sembilan, Jejak Kerajaan Majapahit"