Review Pulau Sawi Ketapang Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Pulau Sawi adalah Pulau pulau kecil dipinggiran laut yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Ketapang tepatnya Desa Sungai Tengar, Kecamatan Kendawangan. Airnya yang bening sejernih kristal,  Itulah kenapa Kabupaten Ketapang menjadi  salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi khususnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Keindahan Pulau Sawi Dari Atas Drone Photo
Keindahan Pulau Sawi Dari Atas Drone Photo

Pulau Sawi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Sawi Besar dan Pulau Sawi Kecil dengan luas area pulau sekitar 500 hektar lebih dan hanya ditinggali oleh beberapa puluh kepala keluarga dengan mata pencaharian sebagai Nelayan.

Pantai di Pulau Sawi yang selalu dirindukan photo
Pantai di Pulau Sawi yang selalu dirindukan photo (Muamar Novel)

Alamat Pulau Sawi Ketapang

Pulau Sawi Ketapang beralamatkan di Kawasan Desa Sungai Tengar, Kecamatan Kendawangan, Provinsi Kalimantan Barat.

Kodepost Pulau Sawi Ketapang : 78862

No telpon Pulau Sawi Ketapang : Tourguide 0812 5828 0105 (Yousikal Al Amien)

Google Map Pulau Sawi Ketapang

Jalur Transportasi menuju Pulau Sawi Ketapang

Pulau Sawi berdekatan dengan Pantai Sungai Tengar. Untuk menuju kesana bisa melalui beberapa tempat. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Misalnya melalui Pantai Pasir Putih Sungai Gantang. Namun akses yang dibahas kali ini dari Pantai Sungai Tengar.

Ibukota Ketapang - Pantai Sungai Tengar

Dari Tugu Ale Ale Kota Ketapang menuju Pantai Sungai Tengar berjarak sekitar 73.9 Km atau 2 jam perjalanan melalui Jl. Pawan 1, Jl. Rahadi Usman menuju Jl. Desa Mekar Utama Tepi Pantai.

Bandara Rahadi Oesman Ketapang - Pantai Sungai Tengar

Bagi anda yang berada di Luar Pulau Kalimantan Bisa melalui Udara dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya-Pontianak Tujuan Bandara Oesman Ketapang sekitar 1 jam menggunakan pesawat ATR. Dilanjutkan dengan sewa taxy/travel menuju Pantai Sungai Tengar dengan jarak sekitar 78.3 Km atau sekitar 2 jam 10 menit.

Pantai Sungai Tengar - Pulau Sawi

Setelah sampai di Sungai Tengar dilanjutkan dengan menaiki motor air/atau bisa juga menumpang kapal Nelayan yang OTW Pulau sawi dengan lama perjalanan rata rata kurang dari 1 jam .

Perlu diketahui untuk harga tiket per 10 orang dari Sungai Tengar ke Pulau Sawi berkisar Rp 700.000,untuk anda yang ingin mengetahui lebih rinci dan lebih pasti jalur dan harga hubungi salah satu tourguide : Yousikal Al Amien  dengan nomor telpon 0812 5828 0105  

Kejernihan Pantai Pulau Sawi Besar Ketapang
Kejernihan Air menuju Pantai Pulau Sawi Besar Ketapang
Perahu Kecil yang menuju Pulau Sawi
Perahu Kecil yang menuju Pulau Sawi

Apa yang menarik di Pulau Sawi Ketapang

Pantai sebening kristal

Keindahan Pantai Pulau Sawi Besar Ketapang
Keindahan Pantai Pulau Sawi Besar Ketapang
Di tahun 2009, Pemerintah Kabupaten Ketapang mulai menerapkan Pulau Sawi sebagai Objek Wisata yang sering disebut sebagai Pulau Bidadari.

Alasan Pulau sawi dinamakan Pulau Bidadari karena kejernihan air lautnya yang sebening kristal, Pulau Sawi  memiliki kehidupan bahari serta pemandangan alamnya yang cantik,  yang dihuni berbagai macam biota bawah permukaan laut yang bisa anda lihat dengan sangat jelas dengan mata telanjang atau menggunakan alat.

Kejernihan di Pinggiran Pulau Sawi Besar Ketapang
Kejernihan di Pinggiran Pulau Sawi Besar Ketapang

Sarang Penyu Langka

Pullau Sawi sarang Penyu Langka
Pullau Sawi sarang Penyu Langka
Pulau sawi juga sarangnya habitat penyu langka yang dilindungi diantaranya  penyu sisik dengan nama latin Eretmochelys imbricata,penyu belimbing dengan nama latin Dermochelys coriacea serta penyu hijau dengan nama latin Chelonia mydas.
Pulau Sawi Sarang Penyu langka
Pulau Sawi Sarang Penyu langka

Keindahan Terumbu Karang

Diving area Pulau Sawi
Diving area Pulau Sawi
Tak lengkap jika anda hanya bermain di pinggir sungai, Anda bisa melakukan olahraga diving untuk melihat secara langsung dasar pantai pinggiran laut Pulau Sawi yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya.
Topografi pulau sawi yang landai membuat anda akan ketagihan untuk melakukan diving dan menyelam disekitar pulau dengan air yang jernih serta terumbu karang yang indah.
Kerumbu Karang yang indah ditemani ikan ikan kecil yang menawan di Pulau Sawi
Kerumbu Karang yang indah ditemani ikan ikan kecil yang menawan di Pulau Sawi


Spot Mancing Mania

Pecinta mancing mania pasti tidak ingin melewatkan momen berkunjung ke Pulau sawi begitu saja, Anda bisa meyewa perahu di sekitar Pulau Sawi untuk mencari spot mancing. Karena area ini adalah memiliki potensi kumpulan ikan ikan besar dilautan.
Sambil mancing, anda bisa mengelilingi pulau tersebut dengan perahu yang anda sewa, sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Traking Pulau Sawi

Para pecinta alam bisa mencoba untuk traking area pulau, berbagai macam tumbuhan, pepohonan rindang, serta hewan yang bisa anda temui, dan sebagai objek penelitian anda.
Pulau sawi juga terdapat berbagai tanaman dari Para petani yang tergabung dalam Agro Pertanian Mandiri.

Homestay

Pulau Sawi sudah dilengkapi dengn homestay milik para nelayan, anda bisa menyewa per malam dengan harga bervariasi mulai dari Rp.100.000/malam anda sudah bisa menginap disana. Namun anda jangan kaget jika disana tidak ada lampu penerang, alias masih gelap gulita.
Pengalaman inilah yang akan ada rasakan dan seru, menginap di Pulau kecil ditengah laut, terbayang ada bajak laut yang menghampiri anda ditengah malam gelap gulita seperti di film film hehehe. Ini hanya ilusi, Pulau Sawi aman dan Tentram.

Camping

Berkemah camping di tepi pantai pulau sawi
Berkemah camping di tepi pantai pulau sawi Photo (Junaedi Ghazali)
Tidak ingin menginap di Homestay, anda juga bisa menikmati udara segar di Daratan Pulau Sawi dengan mendirikan tenda tenda peristirahatan.
Suasana makin seru karena camping kali ini berada di tepi pantai pulau sawi, dan lautan, apakah anda ingin mencobanya?

Penduduk Pulau Sawi

Pulau sawi merupakn salah satu penghasil Ikan asin Berkualitas
Pulau sawi merupakn salah satu penghasil Ikan asin Berkualitas photo (Ramalingam Jaganathan)
Anda akn dimanjakan dengan kehidupan dan aktifitas Penduduk Pulau Sawi, Anda bisa melihat bermacam kegiatan nelayan yang merupakan penduduk lokal yang pastinya ramah ramah seperti menjala ikan, menjemur ikan menjdi olahan ikan asin dan lain lain.

Untuk mata pencaharian Penduduk Pulau Sawi sebagian besar berprofesi sebagai Nelayan,kemudian ada juga yang mencari mutiara laut sebagai salah satu potensi laut pulau sawi ini.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pulau Sawi Ketapang

Berapa lama perjalanan dari Pinggir Pantai ke Pulau Sawi Ketapang?

Transportasi Kapal Kecil Menuju Pulau Sawi Besar
Transportasi Kapal Kecil Menuju Pulau Sawi Besar

Dari pinggir pantai sungai tengar atau kendawangan ke Pulau Sawi Ketapang hanya 45 -1 jam perjalanan, cukup dekat menggunakan kapal nelayan, atau perahu motor khusus. Pilihlah kapal yang cukup besar agar tidak goyang ketika kena ombak laut.

Berapa harga sewa kapal per satu prang menuju Pulau Sawi Ketapang?

Ke Pulau Sawi Ketapang minimal 10 orang bisa berangkat dengan harga per 10 orang Rp.700.000 an

Apakah di Pulau Sawi Ketapang ada penginapan?

Pulau Sawi Ketapang menyediakan Homestay bagi para turis yang ingin menginap disana, namun anda harus gelap gelapan atau memakai pelita di Pulau Sawi di malam hari karena belum ada listrik

Persiapan apa yang diperlukan ketika menuju ke Pulau Sawi Ketapang?

Ke Pulau Sawi Ketapang, Hal yang harus diperhatikan

Di Pulau Sawi Ketapang anda bisa melakukan aktifitas seperti skygazing, snorkeling, memancing, dan api unggun.

Peralatan yang dibawa :

Bawalah piring, makanan, air mineral, dan jika anda keberatan repot untuk membawa, mintalah ke tourguide untuk membawanya seperti galon air  tisu, LPG, jaket, tikar, power bank, set pancing, kamera Tahan Air, dan tabir surya.

Dan jika anda berminat untuk melakukan snorkling anda bisa membawa masker snorkling anda. 

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pulau Sawi Ketapang Kalimantan Barat"