Review Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang Kalimantan Barat

Pancurajipost.com -  Pantai Pasir Putih Sungai Gantang adalah sebuah pantai yang terkenal dengan pasir putih dan airnya yang sebening kristal, dan merupakan tujuan populer bagi turis maupun penduduk lokal yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Kenidahan Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Photo
Kenidahan Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Photo

Pantai Pasir Putih Sungai Gantang merupakan tempat yang cocok untuk berenang, berjemur, dan menikmati pemandangan yang indah. Pantai ini juga dikelilingi perbukitan hijau subur, menjadikannya lokasi yang indah untuk fotografi dan jalan-jalan pad liburan dan akhir pekan anda.

Alamat Pantai Pasir Putih Sungai Gantang

Pantai Pasir Putih Sungai Gantang beralamatkan di Kawasan pantai Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 

Kodepost Pantai Pasir Putih Sungai Gantang : 78862

No Telpon Pantai Pasir Putih Sungai Gantang : 081247559035

Google Map Pantai Pasir Putih Sungai Gantang

Jalur Transportasi menuju Pantai Pasir Putih Sungai Gantang

Geser gambar untuk melihat seluruh Pintu Masuk Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang

Dari Tugu Ale Ale /Pusat Kota Ketapang menuju Pantai Pasir Putih Sungai Gantang sekitar 2 jam 9  menit atau jarak 78,2 km melalui Jl. Pawan 1 melewati pinggiran Pantai menuju desa mekar utama bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan empat.

Untuk masyarakat luar pulau kalimantan bisa melalui Bandara Internasional Supadio Kuburaya-Pontianak menuju Bandara Rahadi Oesman Ketapang dengan waktu tempuh 1 jam saja menggunakan pesawat ATR, Dilanjutkan dengan menyewa rental mobil menuju Pantai Pasir Putih Sungai Gantang jaraknya sekitar 82.6 Km atau sekitar 2 jam 30 menit.

Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Dari aTas Drone Photo
Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Dari aTas Drone Photo

Apa yang menarik di Pantai Pasir Putih Sungai Gantang

Wisata Pantai Pasir Putih

Geser gambar untuk melihat seluruh pinggir Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang

Pantai Pasir Putih Sungai Gantang memiliki pantai yang cukup indah degan pasir putih yang membentang sepanjang pantai. Ombak di sini juga relatif stabil sehingga ramah untuk amak anak bermain di pantai, Namun anda harus tetap mengawasi anak anak and agar aman.

Keindahan Pantai Pasir Putih Sungai Gantang sebenarnya tidak kalah dengan wisata pantai yang berkelas Internasional seperti Pantai Nusa Dua Bali, Perbedaannya hanya pada tata kelola pantai, banguaan pantai.

Potensi Pantai yang luar biasa indah, Jika Pemerintah setempat mau untuk membuka para Investor datang ke Pantai Pasir Putih Sungai Gantang untuk membangun, menata agar semakin rapi dan cantik,  maka kemungkinan Pantai ini bisa menjadi Wisata Unggulan Kabupaten Ketapang dan Kalimantan Barat yang bisa mendatangkan turis luar negeri, dengan fasilitas Standar Nasional dan Internasional.

Olahraga Diving

Diving di Pulau Sawi Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang photo
Diving di Pulau Sawi Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang photo (yosi Xandria)
Tidak diragukan lagi, Pantai Pasir Putih Sungai Gantang terkenal dengan airnya yang jernih serta kekayaan terumbu karang yang indah didalam lautan. Tidak jauh dari Pantai terdapat Pulau Sawi yang memiliki kekayaan  bawah laut yang begitu indah.

Para wisatawan yang ingin mencicipi olahraga ini bisa menghubungi warga lokal setempat di area pantai. Harga Per paket untuk Olahraga Diving sekitar Rp. 1.300.000 sudah termasuk transportasi ke Pulau Sawi, Alat Snorkling, Baju Pelampung beserta Pemandu/Tourguide.

Motor ATV

Motor ATV di Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang photo
Motor ATV di Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang photo (Azza News)
Pantai Pasir Putih Sungai Gantang menyediakan kendaraan bermotor roda empat/ ATV yang bisa anda sewa untuk berkeliling/berkendara di pinggiran pantai. Untuk Harga Sewa Motor ATV sekitar Rp. 100.000/Jam.

Menikmati pantai sambil menggunakan motor  ATV di jalan pasir sungguh pengalaman yang tidak terlupkan. Anda bisa bersama anak anda menaiki kendaraan ini mengelilingi pantai pasir putih yang indah.

Bananabout

Bananabout Pantai Pasir Putih Sungai Gantang photo
Bananabout Pantai Pasir Putih Sungai Gantang photo
Tak lengkap ke Pantai Pasir Putih Sungai Gantang jika anda belum mencoba olahraga Banabout ini, Untuk menaiki Bananabout anda hanya dibebankan sewa Rp.50.000/orang lengkap dengan pengaman/pelampung, namun jika sendirian tidak bisa yah, anda harus antri atau mencari penumpang lain minimal 5 orang dan maksimal 7 orang baru bisa jalan bananabout tersebut.

Wisata Pulau Sawi

Pulau Sawi Photo
Pulau Sawi Photo (Achwan Ardianto)
Disekitar pulau sawi terbentang pantai, terumbu karang, air yang sangat jernih serta segudang ikan yang bisa anda jumpai di area ini.
Terdapat jembatan kayu yang panjang membelah pinggir pantai, yang bisa dijadikan objek berfoto dan bersantai.
Untuk menuju ke Pulau Sawi dikenakan biaya sekitar Rp. 750.000 Pulang pergi.

Gazebo di Pinggiran Pantai

Pendopo di pinggiran Pantai Pasir Putih Sungai Gantang  photo
Pendopo di pinggiran Pantai Pasir Putih Sungai Gantang  photo (Anindita Wisnu Hariman Saputra)
Berderet gazebo, gubuk kecil yang luasnya sekitar 2x2 meter ada yang lebih besar lagi,  yang bisa digunakan para pengunjung untuk duduk santai menikmati pantai sambil makan cemilan. Namun anda jagan sembarangan duduk di Gazebo atau bangku bangku di area pantai, karena Gazebo dan tempat duduknya tidak grtis.
Untuk harga sewa gazebo kisaran harga Rp. 50.000 - Rp.100.000

Cafe disekitar Pantai

Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Dari ATas Drone Photo
Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Dari ATas Drone Photo
Pinggiran Pantai Pasir Putih Sungai Gantang tersedia cafe yang menyediakan berbagai menu makanan seperti Degan/Air Kelapa muda, Sate, serta berbagai olahan ikan segar langsung dari Nelayan yang bisa anda beli dan dibakar di pinggir pantai. Sungguh nikmat bersama teman teman dan keluarga anda.

Keindahan Sunset

Sunset di Sore hari Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang Photo
Sunset di Sore hari Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang Photo (Say Say)
Para pengunjung Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang, kebanyakan datang pada sore hari sambil menikmati panorama keindahan pantai dibarengi dengan tenggelamnya matagari, Di pantai ini terlihat jelas sunset menyapa para pengunjung untuk menandakan bahwa waktu malam telah tiba.
Semilir angin disertai suara ombak memecah suasana ramai para pengunjung yang berada di Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang sore hari.
SUnset di Sore hari Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang Photo
Sunset di Sore hari Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang Photo (Dedi Permadi)


Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Pasir Putih Sungai Gantang

Berapa tarif masuk ke Pantai Pasir Putih Sungai Gantang?

Untuk tarif masuk di Pantai Pasir Putih Sungai Gantang sekitar Rp. 20.000. Kadang juga gratis tergantung ramainya pengunjung dan hari hari libur.  Dan didalamnya terdapat beberapa fasilitas yang bisa anda sewa seperti Gazebo, bangku untuk berjemur, bananaboat, motor ATV dan lain sebagainya dengan tarif sekitar Rp. 25.000 - Rp. 100.000/Orang.

Apakah ada fasilitas MCK di Pantai Pasir Putih Sungai Gantang?

Pantai Pasir Putih Sungai Gantang telah disediakan fasilitas MCK, jadi anda tidak perlu hawatir, dan bisa main pasir pasiran sepuasnya di sini.

Bagaimana kondisi jalan dari Kota Ketapang menuju Pantai Pasir Putih Sungai Gantang?

Dari Kota Ketapang menuju Pantai Pasir Putih Sungai Gantang dengan kondisi jalan aspal, sedikit aspal dan  tanah, serta beberapa titik ada kondisi jalan yang kurang bagus, namun secara keseluruhan enak untuk dilewati baik kendaraan roda dua dan empat.

Apakah ada hotel berbintang disekitar Pantai Pasir Putih Sungai Gantang?

Di Pantai Pasir Putih Sungai Gantang belum tersedia hotel berkelas, Namun Desa Mekar Utama merupakan salah satu Desa Wisata, sehingga anda bisa menghubungi tourguide untuk mencarikan penginapan/Homestay. atau hubungi Desa Wisata Mekar Utama via email : mekarutama11@gmail.com

Atau Follow IG Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang Kalimantan Barat

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Pasir Putih Sungai Gantang Ketapang Kalimantan Barat"