Kumpulan Wisata Sanggau, Kalimantan Barat

Profil Singkat Kabupaten Sanggau

Kabupaten Sanggau adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Kota Sanggau. Kabupaten Sanggau memiliki luas wilayah sekitar 10.849,31 km² dan penduduk sekitar 530.000 jiwa (2020).

Kabupaten Sanggau memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, seperti kayu hutan, kelapa sawit, karet, dan hasil pertanian lainnya. Sebagai daerah yang masih berkembang, sektor pertanian dan perkebunan masih menjadi sektor unggulan dalam perekonomian Kabupaten Sanggau.

Di bidang pariwisata, Kabupaten Sanggau memiliki beberapa tempat wisata yang menarik, seperti Air Terjun Pancur Aji yang melegenda dan berkaitan erat dengan sejarah kerajaan Sanggau di pusat kota Kecamatan Kapuas, Kawasan Keraton Surya Negara dengan pemandangan pantai kapuas di Kecamatan Kapuas, dan Goa Thang Raya di Desa Terentang Kecamatan Beduai. Kabupaten Sanggau juga terkenal dengan kerajinan tangan khasnya yaitu anyaman bambu yang dibuat oleh masyarakat setempat.

Kumpulan Objek Wisata Sanggau

Berikut beberapa Objek Wisata Kabupaten Sanggau yang kami rangkum :

1. Kawasan Wisata Jembatan Tayan

JembatanJembatan tayan merupakan jembatan termegah di Kalimantan mempunyai panjang sekitar 1.440 meter,  dengan lebar jembatan 11 meter atau 3 jalur kendaraan roda empat, sedangkan  tinggi jembatan tayan dari permukaan rata rata air kapuas mencapai 12 meter lebih.
KAWASAN WISATA JEMBATAN TAYAN
Jembatan tayan

Jembatan tayan  menjadi Objek wisata baru bagi masyarakat Sanggau dan sekitarnya. Keindahan bangunan, tingginya bangunan yang terkesan megah, siapa saja yang melintas biasanya mereka mengabadikan gambar terlebih dahulu di Kawasan ini sebelum melanjutkan Perjalanan.

Jembatan Tayan ini menghubungkan Jalan Trans Kalimantan yaitu Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Masyarakat jawa yang tinggal di Kabupaten Sanggau dan  ingin pulang kampung  , Mereka sengaja membawa mobilnya melewati jalur darat yaitu melewati Jembatan tayan menuju ke Pelabuhan Kapal Kalimantan Tengah.
Selain jembatan juga terdapat wisata lainnya yang wajib anda kunjungi diantaranya :

a. Keraton Pakunegara Tayan

meriam Keraton Pakunegara Tayan
foto meriam @Keraton Pakunegara Tayan
Keraton Pakunegara Tayan adalah Jejak peninggalan Kerajaan Tayan pada abad ke -15 lalu atau sekitar tahun 1450. Keraton Pakunegara Tayan berada di pinggir sungai dengan menghadap ke arah sungai. 

Persis di depan bangunan Keraton Pakunegara Tayan atau di halaman keraton terdapat 10 meriam yang tertata dengan rapi menghadap ke Sungai Kapuas. Mungkin pada zaman dahulu meriam ini sebagai senjata pertahanan untuk menghalau musuh yang menyerang dan mendarat di sungai kapuas.

Di setiap meriam ini terdapat tulisan VOC. Kemungkinan zaman dahulu meriam ini dibuat oleh tentara VOC.

b. Rumah Tradisional Keluarga Marga Kwok

Rumah Adat Marga Kwok Pulau Tayan Hilir
Rumah Tradisional Keluarga Marga Kwok Tayan Hilir
Rumah Tradisional Keluarga Marga Kwok adalah salah satu rumah keturunan marga kwee yang masih asli serta satu satunya rumah yang bisa terlihat sampai sekarang   Rumah Tradisional Keluarga Marga Kwok berada di Pulau Tayan atau Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Berbagai peninggalan dari tanah leluhur mereka di Negara Tiogkok masih tertata rapi di rumah ini sebaai sejarah Peninggalan Nenek Moyang yang selalu dijaga anak cucu mereka.

2. Air Terjun Pancur AJi

Objek Wisata Pancur AJi adalah Objek wisata alam unggulan Kabupaten Sanggau yang berjarak tidak jauh dari pusat kota Sanggau. Pancur aji menyajikan panorama alam aliran air pegunungan dan pepohonan yang bisa anda nikmati.
Riam Engkuli Pancur Aji tingkat pertama, Lokasi vaforit para pengunjung
Objek WIsata Pancur Aji ini memiliki kaitan erat dengan berdirinya Kota Sanggau atau Kerajaan Sanggau, Sampai sekarang lokasi ini masih menyimpan misteri. Konon barang siapa yang mempunyai ilmu ajian dan mandi di Air Terjun ini maka ilmu seseorang tersebut akan luntur dan musnah.

Objek Wisata Pancur Aji berada pada kawasan perbukitan yang posisinya terletak di pinggiran teluk Sungai Kapuas di bagian hilir atau pesisir barat Kota Sanggau,Lokasi Pancur aji dihimpit oleh dua buah anak sungai yakni Sungai Monga di bagian hilir dan Sungai Mawang di sebelah bagian hulu, dan kedua sungai  itu  bermuara ke Sungai Kapuas.

3. Air Terjun Saka Dua

Air Terjun Saka Dua adalah air terjun yang Terletak di kawasan hutan lindung yang masih sangat asri dan alami.Air terjun saka dua berada di dusun kayu tunu,desa sungai muntik kecamatan kapuas.
Air Terjun Saka Dua Sanggau Kalimantan Barat
Air Terjun Saka Dua Sanggau Kalimantan Barat

Air Terjun Saka Dua Sanggau merupakan air terjun yang panjannya sekitar 50 meter yang diatasnya menurut cerita masyarakat setempat terdapat sarang walet.

Lokasi yang berada di tengah hutan membuat anda yang ingin berkunjung kesana harus menyiapkan tenaga dan kesehatan yang prima. Selain itu juga lokasinya terletak di tebing bukit sehingga anda akan melalui jalan setapak menanjak dan menurun. 

Terjun Saka Dua sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan petualangan berjalan dan menyusuri alam liar.

4. Batu Sampai

BATU SAMPAI ( BATU BATULIS )
BATU SAMPAI (BATU BATULIS) 

Batu “Sampai” merupakan sebuah batu besar alami yang terbentuk oleh alam yang mempunyai nilai sejarah yang cukup panjang. Pada tahun 1923 dibuatlah sertifikat kepemilikan oleh Tn. H. Abdul Hamid yang kini telah dirubah kepemilikannya atas nama Muhammad Basuni. Alamat Kelurahan Tanjung Sekayam. 

Sebagian masyarakat disekitar sungai Sekayam hingga beberapa dusun ataupun desa sekitarnya percaya bahwa batu “Sampai” ini memiliki daya magis ataupun biasa disebut “keramat” yang memiliki kekuatan tertentu sehingga ada beberapa orang yang percaya untuk menghormati dan menjaga peninggalan alami ini.

5. Danau Laet, Tayan Hilir

Danau Laet adalah Danau yang terbentuk dari aktifitas penambangan pada zaman sebelum kemerdekaan. Dahulu bekas rell kereta yang dijadikan jalan untuk mengangkut hasil tambang masih kelihatan, namun seiring waktu bekas rell lenyap entah kemana.
DANAU LAIT, Danau laet
DANAU LAIT, Danau laet

Panorama indah danau dengan perpaduan pegunungan/bukit, rawa dan perairan danau yang kaya spesies ikan, burung, hewan liar, tumbuhan rawa dsb. Zona inti kawasan ini berpotensi untuk jenis atraksi rekreasi dan olah raga air seperti: rider, canoying, bersampan, memancing, snorkling, bird watching, atau minat khusus seperti observasi, riset ilmiah, dan advanture. Amenitas penginapan jenis bungalow, pondokan dan atau resort yang berdiri pada permukaan danau.

Terdapat Villla yang sempat viral di media sosial, Villa ini menawarkan pesona pemandangan danau, dengan fasilitas berbintang yang memanjakan siap sana yang menginap di Villa Danau Laet.

6. Goa Thang Raya

Goa Thang Raya merupakan rumah panjang atau sebuah tempat tinggal  yang dihuni oleh masyarakat Thang Raya pada masanya. Goa tersebut terletak di Desa Thang Raya Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau. 
Goa Hang Raya dalamnya sekitar 100 meter dan terbagi menjadi tiga ruangan, yaitu ruangan tamu yang sangat luas, ruangan tengah yang terdiri dari bilik-bilik atau rak-rak dari bebatuan yang sangat keras untuk tidur dan menyimpan makanan pada zamannya. kemudian ruangan dapur yang cukup luas terdiri dari bebatuan yang tertata rapi menyerupai meja dan kursi. Tim Pancurajipost memasuki goa dengan dibantu tourguide dari Kecamatan Beduai "Indra" menelusuri lorong-lorong goa.

7. Kawasan Istana Surya Negara Sanggau

Kawasan Istana Surya Negara adalah kawasan wisata pinggir pantai kapuas yang memiliki panorama alam pemandangan sungai kapuas dan merupakan Kawasan jejak sejarah peninggalan Kerajan Sanggau.

Kawasan Istana Surya Negara telah berubah drastis, kini waterfont Kawasan Instana Surya Negara rapi dan bersih, keindahannya tidak kalah dengan tempat-tempat di kota besar seperti di Yogyakarta, Jakarta, malang, Surabaya, Bali dan lain lain. Kawasan terdapat beberapa objek wisata yaitu Istana Surya Negara Sanggau dan Cafe Rosella

a. Istana Surya Negara

Istana Surya Negara Sanggau
Istana Surya Negara Sanggau

Istana Surya Negara atau Keraton Suryanegara adalah Keraton peninggalan Kerajaan Sanggau pada masanya yang pada awalnya didirikan pertama kali di Desa Mengkiang oleh Putri Dara nante yang terletak di hulu Sungai Sekayam.

Sultan Ayyub kemudian memindahkan kerajaan dari mengkiang ke Muara Kantu pada tahun 1826 dan mendirikan juga Mesjid Jami yang sekarang dinamakan Mesjid Bersejarah Sulthan  Ayyub yang berada tidak jauh dari Keraton Sanggau.

b. Cafe Rosella

Cafe Terapung di Pantai Kapuas
Cafe Terapung Rosella Sanggau di tepi Kapuas
Cafe Rosella adalah Wisata Kuliner perahu terapung dipinggir sungai kapuas yang merupakan tempat yang menyediakan makanan dan minuman. Cafe Rosella juga menyediakan wifi untuk bersantai.

Berbagai Makanan dan Minuman nasional seperti Ikan Mas Goreng, Cap Cai, Nasi Goreng  dan lain sebaginya. Namun jika anda ingin merasakan resep masakan tradisional Asli orang sanggau, disini tersedia lengkap.

8. Danau Segelam

Danau Segelam, Spot mancing Ikan toman babon
Danau Segelam, Spot mancing Ikan toman babon 

Danau Segelam adalah danau tadah hujan. Jika curah hujan deras maka airnya pun akan naik. Kemungkinan Danau ini adalah bekas penambangan emas pada masanya. Berciri khas memanjang mirip dengan sungai melintasi hutan hutan yang cukup luas.

Saat ini Danau Segelam masih dalam kondisi yg belum di kelola.namun untuk para pemancing, lokasi ini cocok untuk casting ikan toman menelusuri danau dengan sampan yang bisa anda sewa dari warga setempat.

9. Bukit Sangkar

Bukit Sangkar Sanggau
Bukit Sangkar -Sanggau. Foto Muslimin
Bukit Sangkar adalah Wisata alam Petualangan untuk para pecinta pendakian, berada di Hutan dan Puncak Bukit di wilayak Kecamatan Bonti - Sanggau. Bukit Sangkar kerap dijadikan camping untuk para pecinta alam Kalimantan Barat.

Setelah anda berada dipuncak bukit sangkar, pemandangan menakjubkan akan terpampang luas. Tingginya bukit yang menembus awan membuat area sekitar berkabut seperti Negeri Diatas Awan.

10. Makam Ai Kumis Skawang

Makam Ai Kumis

Makam Ai Kumis Skawang adalah Keturunan Raja Sanggau dengan nama lengkap Haji Gusti Muhammad Umar bin Gusti Achmad Putra Negara bin Gusti Muhammad Thahir II.

Kaitan erat sejarah kerajaan Sanggau yang merupakan tokoh dan raja raja pendahulunya, sehingga makam ai kumis merupakan makam yang dikeramatkan.

Makam Ai Kumis selalu ramai di kunjungi ketika hari hari besar diantaranya hari jadi kota sanggau yang diadakan tanggal 3 april setiap tahunnya.

11. Bulova Cafe Sanggau

Pendopo Pendopo di Bulova cave
Pendopo Pendopo di Bulova cave. Foto@Bulova Cave

Bulova Cafe adalah tempat pemancingan yang menawarkan berbagai pilihan kolam pemancingan yang cukup luas. Disekitar pinggir kolam pemancingan telah disediakan pendopo-pendopo yang berjejer rapi di pinggir kolam.

Tersedia juga tempat duduk yang disediakan khusus untuk para pemancing yang akan menikmati sensasi pemancingan di Bulova Cafe Sanggau.

12. Riam Pagau / Bondes

Riam Bondes Tayan Hulu
Riam Pagau / Bondes adalah riam yang berada di Dusun Bondes sehingga dinamakan Riam Bondes, Riam ini adalah bekas penambangan batu. Setelah aktivitas penambangan ditutup, riam ini kurang terawat, Sehingga masyarakat sekitar berinisiatif untuk mengelola Riam Bondes.

Keindahan air terjun bekas dari penambangan batu memiliki eksotis tersendiri. Ari yang mengalir dari puncak batu meuju ke bawah membawa sensasi tersendiri, Suara benturan antara Air dan bebatuan disana membuat hati tentram dan nyaman.

13. Rumah Betang Raya Dori' Mpulor

Rumah Betang Raya Dori' Mpulor
Rumah Betang Raya Dori' Mpulor dari samping kiri
Rumah Betang Raya Dori' Mpulor adalah Rumah adat dayak Kabupaten Sanggau yang biasa digunakan sebagai tempat upacara adat, Kegiatan-kegiatan kalender even Kabupaten seperti Gawai Dayak dan lain lain.

Proses pemeliharaan rumah betang era modern dengan cara memugar bangunan Rumah Betang, tanpa meninggalkan ciri khas rumah betang

14. Danau Belibis Tayan

Foto Danau Belibis Tayan, Wisata Buatan yang eksotis
Danau Belibis Tayan adalah danau buatan yang terbentuk dari bekas galian tambang emas  pada zaman era 80-an yang sebelumnya adalah area persawahan masyarakat sekitar.

Pada tahun 1970 - 1981, masyarakat sekitar di Danau pada waktu itu adalah Petani Padi. Suatu ketika salah satu masyarakat disana melihat ada potensi kandungan emas yang melimpah akhirnya area persawahan itu digali dan menjadi area penambangan emas. Setelah penambangan selesai, area ini ditinggalkan dan tidak terurus sama sekali dan menjadi sarang habitat burung belibis. Sehingga sampai saat ini tempat itu dijuluki Danau Belibis.

15. Taman Sabang Merah

Foto Patung Sabang Merah Sanggau
Foto Patung Sabang Merah
Taman Sabang Merah adalah taman milik pemda Sanggau yang saat ini masih di kelola oleh Dinas LH (Lingkungan Hidup), yang difungsikan sebagai taman untuk bersantai, Jogging, Penyelenggaraan Even even besar seperti hiburan Artis Ibu Kota, Serta lainnya.

Taman Sabang Merah merupakan projek percontohan yang nantinya akan menjadi Pusat Bisnis dan Perkantoran. Dilihat dari jalur menuju ke Taman Sabang Merah, Dari simpang Jalan Raya Menuju ke taman memiliki dua jalur, Sehingga memudahkan para pengendara untuk melintasi menuju Taman Sabang Merah Sanggau.

16. Cafe Puncak Kapuas, Rest Area

Cafe puncak kapuas
Tempat Duduk Cafe puncak kapuas

Cafe Puncak Kapuas adalah Puncak Perbukitan yang difungsikan sebagai Tempat untuk  beristirahat atau rest area yang menyediakan makanan dan minuman untuk para pengunjung yang telah melakukan perjakanan jauh dan berada di atas bukut atau puncak bukit.

Para pengunjung yang beristirahat disana kebanyakan dari pengendara yang  melakukan perjalanan dari Pontianak menuju Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu atau sebaliknya. Mereka sengaja transit dan beristirahat di Cafe Puncak Kapuas untuk melepaskan lelah sambil menikmati keindahan SUngai Kapuas.

17. Danau Setinting Mengkiang

memiliki keunikan sendiri. Danau Setinting
Foto : Keindahan Danau Setinting
DanauSetinting adalah danau buatan bekas penambangan zaman dahulu yang berada dipinggiran sungai atau sekitar 200 meter dari sungai sekayam.

Danau setintiing memiliki air yang sangat jernih dan dekat dengan sungai sekayam disinilah keunikannya serta belum dikelola dengan baik, namun para pemancing selalu memburu tempat ini karena merupakan lokasi sarang toman.

18. Rumah Panca Gunung Mentuang

Rumah Panca Gunung Mentuang
Rumah Panca Gunung Mentuang terlihat dari jembatan jalan raya
Rumah Panca Gunung Mentuang adalah Rumah panggung yang dialamnya terdapat tengkorak-tengkorak manusia pada zaman masa penjajahan belanda. 

Pada musim kemarau, dimana air sudah susah sekali didapat, Biasanya masyarakat Dusun Ponti Tapau mengadakan ritual minta hujan dengan menyiapkan berbagai upacara adat. Atap paling atas di ruangan pusaka dibuka, kemudian salah satu batu di teteskan air sedikt, maka hujan pun datang mendatangkan air untuk masyarakat Ponti Tapau. 

19. Air Terjun Raja Lipan

Air Terjun Raja Lipan beralamat di Dusun Punti Meraga , Desa Nekan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
Air Terjun Raja Lipan adalah riam yang berada tidak jauh dari perbatasan Indonesia - Malaysia. Riam ini berada di kawasan hutan yang tidak jauh dari lokasi Air Terjun Raja Lipan digunakan sebagai bendungan air bersih untuk dialirkan kemasyarakat sekitar.

Sehingga  di Air Terjun Raja Lipan, hilir nya mempunyai sungai yang berbatu. Sangat Indah dipandang mata dari titik Air Terjun Raja Lipan.

20. Danau Singasap

Puake di tengah danau singasap beduai
Puake : penunggu Danau Singasap Beduai

Danau Singasap adalah Danau yang terbentuk dari aliran sungai kecil yang dibendung membentuk danau yang luasnya sekitar 1 Ha. Danau ini dulunya adalah lokasi bekas kem perusahaan yang mengolah lahan disana. 

Salah seorang warga dusun selabe yang sedang berada di lokasi danau, tiba tiba dia melihat kemunculan Puake yang besar dan putih di tengah Danau. Kata warga Puake itu tidak menggangu pengunjung yang ingin berwisata ke Danau Singasap.

21. Mess Pemda Sanggau dan Front Sentana

Mess Pemda Sanggau
Mess Pemda adalah rumah dinas Pemda Sanggau yang dulunya adalah rumah peninggalan pada jaman belanda. Mess Pemda ini masih terawat dengan baik dan kawasan di sekitar Mess Pemda tertata rapi.

Mess Pemda adalah wisata sejarah yang berlokasi tepat di front Objek Wisata Kampung Sentana. Ditempat ini anda akan dilihatkan dengan panorama sungai kapuas yang membentang luas. Di tempat ini juga merupakan persimpangan sungai dimana bertemunya sungai kapuas dan sungai sekayam.

22. Komplek Pemakaman Raja-Raja Mengkiang

Komplek Pemakaman Raja-Raja Mengkiang, Jejak peninggalan Kerajaan Sanggau
Komplek Pemakaman Raja-Raja Mengkiang adalah situs bersejarah cikal bakal berdirinya Kota Sanggau. Komplek pemakaman ini biasa ramai dikunjungi ketika mendekati hari Jadi Kota Sangau.

Menurut Pak Anang, dulu di kompek pemakaman banyak ditinggali warga namun karena jalan akses keluar yang sulit karena harus menyeberangi sungai untuk keperluan berladang dan berbelanja. mereka satu persatu pindah ke tempat lain.

23. Riam Panjang

Riam Panjang, Kawasan Rumah Adat Nek Bindang Toba Kabupaten Sanggau
Riam Panjang adalah riam yang mempunyai aliran air yang panjangnya sekitar 50 meter lebih dan sedikit berkelok, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya Riam Panjang.

Riam Panjang berada di kaki bukit,dan termasuk kawasan hutan lindung. anda akan menikmati keindahan alam di sekitar perjalanan menuju kesana. Panorama perbukitan terlihat disana dari jarak jauh.  Mendekati riam panjang, anda akan memasuki hutan yang mempunyai berbagai jenis pohon yang langka.

24. Padong Rumpang

Jembatan PADONG-RUMPANG-SANGGAU
Padong Rumpang adalah Danau Buatan yang membentang sekitar 12 Ha lebih yang dihuni oleh berbagai macam ikan didalamnya. Disekeliling danau ditumbuhi berbagai tanaman semak belukar yang hijau dan landai. Bekas penambangan emas pada jaman dahulu, meninggalkan jejak sebuah danau dan dinamakan Danau Rumpang oleh masyarakat setempat.

Lokasi danau dan Padang pasir Padong Rumpang biasanya digunakan untuk pengambilan gambar dan lokasi Pre-Wedding oleh masyarakat setempat. Lokasinya yang indah membuat hasil foto menjadi lebih menarik dan Indah

25. Padong Pangeran

Padong pangeran danau yang indah di kalimantan

Padong pangeran adalah Objek Wisata Danau yang berada di Balai karangan. Padong Pangeran merupakan perairan yang membentang dengan luas sekitar 10 hektar lebih yang dihuni oleh berbagai macam ikan didalamnya. Pada hari libur akhir pekan, Padong Pangeran sering di kunjungi oleh wisatawan lokal bahkan banyak juga diantaranya dari Negara Tetangga Malaysia berniat untuk berkunjung ke Padong Pangeran.

Pada tahun 2021 lalu Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Entikong  menebar liarkan bibit ikan sebanyak 2500 ekor. hal ini bertujuan untuk memberikan manfaat dan kemajuan di Objek Wisata Padong Pangeran.

26. Wisata Alam Air Panas Sipatn Lotup

Sipatn Lotup artinya Sipatn yang berarti sungai atau aliran sungai dan Lotup yang berarti panas yang meletup-letup
Sipatn Lotup adalah air mendidih yang bergelembung  berasal dari aliran mata air yang di panaskan oleh panas bumi  (geothermal) dengan temperatur 52-55 derajat Celsius. 

Jadi sipatn lotup itu apa ?, Sipatn Lotup artinya Sipatn yang berarti sungai atau aliran sungai dan Lotup yang berarti panas yang meletup-letup. Kata Sipant Lotup itu sendiri berasal dari bahasa masyarakat Dayak Jangkang. 

27. PLBN Entikong

PLBN Entikong
Foto PLBN Entikong Dari Atas

Pos Lintas Batas Negara, PLBN Entikong adalah Border Area Perbatasan antara Negara Indonesia dan Malaysia yang difungsikan sebagai tempat pemeriksaan dan pelayanan keluar masuknya orang dan barang yang masuk dan keluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menggunakan paspor dan/atau paspor lintas batas. PLBN terpadu.

Ada tiga PLBN di Provinsi Kalimantan Barat yang telah terbangun era Pemerintahan Presiden Joko Widodo diantaranya PLBN Entikong - Sanggau, PLBN Aruk - Sambas dan PLBN Badau - Kapuas Hulu.

28. Riam Engkasai

Pesona  Riam Engkasai Kecamanatn Jangkang - Balai Sebut
Pernah mendengar riam engkasai ? Ehmm..Sobat wisata, Kabupaten Sanggau memiliki banyak wisata Alam yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Sanggau. Untuk itu Pancurajipost.com mencoba jalan jalan menuju ke Kecamatan Jangkang untuk explore Wisata Alam yang ada di Jangkang.

Disekitar area jalan kaki menuju ke Riam Engkasai, Anda akan disuguhkan dengan pepohonan yang rindang, berusia ratusan tahun, karena Riam Engkasai berada di Kawsn hutan yang masih asri. Sehinga pengunjung akan merasakan sejuknya udara di dalam hutan.

29. Air Terjun Mureh Twin Waterfall

Air Terjun Mureh Twin Waterfall, Air terjun kembar siam di batas Negara
Air Terjun Mureh Twin Waterfall adalah  Wisata Alam Air terjun yang mempunyai asal kata Twin yaitu dua, dan Waterfall adalah Air Terjun, sehingga masyarakat setempat menamakan air terjun mureh kembar siam. Dari waktu kewaktu, Objek wisata air terjun ini banyak diminati masyarakat dari negara tetangga Malaysia sehingga mereka menamakan Twin Waterfall.

30. Air Terjun Sei Aweh

Air Terjun Sei Aweh beralamatkan di Desa Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau

Anda yang ingin menikmati wisata alam perbatasan Indonesia dan Malaysia, terdapat wisata alam yang menakjubkan yaitu  Air Terjun Sei Aweh, 

Air terjun Sei Aweh ini memiliki aliran air yang membelah bebatuan besar, sehingga sangat menarik dan dingin. Apalagi masih berada di hutan yang masih asri, sehingga airnya sangat jernih dan menyegarkan.

31. Misteri Benteng Pancur Aji Sanggau

Asal kata Pancur Aji itu sendiri berasal dari Benteng Kerajaan Sanggau yang berfungsi sebagai menara pengawas dan perlindungan dari serangan musuh-musuh pada waktu itu yang dinamakan Pancur AJi. Sampai sekarang Objek wisata ini terkenal dengan Objek Wisata Pancur Aji, yang sebenarnya Riam nya dinamakan Riam Engkuli.

32. Air Terjun Kujato

Air terjun Kujato adalah air terjun yang mempesona namun penuh misteri. Berada di dalam Hutan belantara, Sekeliling air terjun ditumbuhi pepohonan yang sangat tinggi dan rindang. Wisata ini terletak di Desa Sei Ilai, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat.

Tinggi air Terjun Kujato hampir sama dengan Air Terjun Saka Dua Sanggau, atau sekitar 45 meter tingginya. selain itu air terjun ini memiliki beberapa tingkatan. tim pancur aji hanya mampu melewati tiga tingkat saja karena faktor fisik dan  kelelahan, Menurut Indra, tour guide Kecamatan Beduai, Air terjun ini memiliki 7 (Tujuh tingkatan), di  tingkat yang ke tujuh itu pemandangannya lebih bagus lagi, Tegsnya.

33. Rumah Panca Puntu Mang Pihit

Rumah Panca Puntu Mang Pihit adalah rumah adat panggung yang didalamnya berisi kumpulan tengkorak manusia ppada zaman dahulu. Tengkorak tengkorak ini adalah kepala dari orang orang sakti/tokoh zaman dahulu yang kalah dalam pertempuran.

Terdapat juga kepala para penjajah Indonesia yang mencoba menguasai pulau borneo Indonesia.

34. AIR TERJUN EMPARE

 AIR TERJUN EMPARE terletak di desa Bungkang Keca Sekayam, Kabupaten Sanggau.Kalimantan Barat.  Tinggi Air Terjun Empare sekitar 50 Meter di atas bukit Bungkang. Dinamakan Empare karena di Desa tersebut terdapat bukit yang dinamakan Empare. Air Terjun tersebut letaknya di kaki bukit Empare, makanya Masyarakat sekiar menamakannya Air Terjun Empare.

35. Objek Wisata My Dream

Objek Wisata My Dream, Sungai Mawang

Pernahkah anda memasuki Objek Wisata My Dream..?, Objek Wisata ini baru dibuka pada tahun 2019, tepatnya tanggal 23 Mei 2021 dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si.

Objek Wisata My Dream adalah Objek Wisata Buatan yang berkonsep Modern Alami yang terletak di pinggiran jaln raya.

Konsep utama objek wisata ini adalah wahana kolam renang untuk anak anak dan dewasa, kemudian berkembang disekeliling kolam renang dibangun berbagai bangunan rumah pohon, rumah habbit dan masih banyak lagi.

36. Kampung Wisata Sentana

Kampung Wisata Sentana
Kampung Wisata Sentana

Sanggau merupakan sebuah kerajaan melayu yang berdiri sejak abad ke 4 Masehi. Sanggau berasal dari nama tanaman yang tumbuh di tepi sungai daerah tempat berdirinya kerajaan itu, yakni sungai sekayam. Sungai sekayam merupakan tempat merapatnya rombongan yang di pimpin oleh Dara Nante seorang  perempuan ningrat dari kerajaan sukadana. System pemerintahan kesultanan sanggau mempunyai undang-undang yang di dasarkan atas hukum ada’a dan dan hukum islam, selain itu kesultanan sanggau juga memiliki lembaga mahkamah syariat atau raad agama.

37. Objek Wisata  Alam Batu Posok

Objek Wisata  Alam Batu Posok
Goa di Wisata Alam Batu Posok

Objek Wisata Alam Batu Posok adalah Objek wisata alam yang berkonsep ecovillage, dengan wisata utamanya air yang mengalir melalui terowongan bebatuan membentuk goa pendek dengan kedalaman goa sekitar 10 meter.

Ketika air surut, pengunjung bisa menjelajahi aliran air goa batu posok, namun harus dengan bimbingan tourguide disana. Kondisi bebatuan yang licin akan sangat berbahaya dilakukan, sehingga harus hati hati.

38. Riam Ensiling

Pernah jalan-jalan ke Toba ? maksud penulis disini aadalah Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau. Riam Ensiling merupakan salah satu  wisata  alam yang berada di Dusun Sebandang, Desa Lumut, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau. atau lebih tepatnya di daerah perkampungan Embangai, dan lokasinya berada dibawah kaki bukit membuat objek wisata ini menjadi unik.

39. RIAM KELADAU

Riam Keladau , Brancet, Lape, Photo
Riam Keladau , Brancet, Lape, Photo

Tidak kalah dengan Objek Wisata Pancur aji di pusat kota sanggau,  Riam Keladau memiliki aliran air yang deras, dengan ketinggian sekitar 3- 5 meter, menjadikan daya tarik tersendiri di Desa Lape, Brancet.

40. Riam Kecala Saggau

Riam Kecala Saggau, Air Terjun Pana
Riam Kecala Saggau, Air Terjun Pana

Riam Kecala adalah Air terjun yang berada di tengah hutan Desa Pana. Orang biasa  menyebutnya Air terjun pana.

Airnya yang deras dan memiliki rongga didalamya menyerupai goa, membuat Riam Kecala Saggau ini ramai dikunjungi ketika liburan tiba sebagai alternatif berlibur di pinggiran pusat kota sanggau.

41. Bukit Bellew

Bukit Bellew  Dusun Bangau, Desa Majel Kecamatan Bonti Kabupaten Sanggau
Bukit Bellew  Dusun Bangau, Desa Majel Kecamatan Bonti Kabupaten Sanggau

Bukit Bellew adalah kawasan perbukitan yang memiliki panorama keindahan negeri diatas awan. Bukit bukit disekitar Bukit Bellew terlihat diselimuti dengan awan putih yang tebal. Lokasi ini biasa dipergunakan para pecinta alam untuk mendaki dan camping.

Bukit Bellew  terletak di Dusun Bangau, Desa Majel Kecamatan Bonti Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat memiliki daya tarik tersendiri bagi para pendaki dan pecinta alam.

42. BUKIT SEBOMBAN

BUKIT SEBOMBAN Photo
BUKIT SEBOMBAN Photo

Bukit Sebomban adalah perbukitan yang sangat indah di Kecamatan Bonti. Panorama Indah ini selalu menjadi minat para pendaki dan pecinta alam untuk datang mecoba traking jalur Bukit Sebomban.

Bukit Sebomban terletak di Desa  Upe, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

43. Bukit Bahu, Bonti

Bukit Bahu Photo
Bukit Bahu Photo
 Bukit Bahu adalah bukit terindah di Sanggau Kalimantan Barat yang merupakan favorit para pecinta  pendaki gunung  di Indonesia.

Bukit Bahu Bonti ini menyuguhkan hamparan keindahan alam diatas bukit seperti berada di planet lain. Para pendaki biasanya sengaja menginap untuk menunggu momen-momen spesial  ketika Matahari terbit dan terbenam. Dari selah-selah bukit terpancar sinar matahari yang begitu jelas menambah indahnya panorama Alam di Bukit Bahu - Bonti Sanggau.

44. Riam Pagau

Riam Pagau
Riam Pagau

Destinasi Wisata di Sanggau selain Pancur AJi ada loh, Namanya sangat populer dikalangan Instagramer dan facebooker Sanggau Yaitu Riam Pagau.  yang terletak di Dusun Tokang Sekayam Desa Mengkiang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Riam Pagau sendiri, Selain Airnya yang cukup indah, pemandangan di sekitarnya juga menawan karena masih di kelilingi hutan adat yang oleh masyarakat dijadikan hutan lindung. Ditumbuhi pohon-pohon yang besar-besar seperti meranti, pohon tapang, keladan, belian daan lain lain yang menambah indahnya Wisata Alam di riam pagau tersebut. 

45. Goa Thang Raya

Goa Thang Raya merupakan rumah panjang atau sebuah tempat tinggal  yang dihuni oleh masyarakat Thang Raya pada masanya. Goa tersebut terletak di Desa Thang Raya Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau. 

Goa Thang Raya dalamnya sekitar 100 meter yang terbagi menjadi tiga ruangan, yaitu ruangan tamu yang sangat luas, ruangan tengah yang terdiri dari bilik-bilik atau rak-rak dari bebatuan yang sangat keras untuk tidur dan menyimpan makanan pada zamannya.

Masyarakat sekitar Goa merupakan penduduk asli dari suku dayak Golik yang telah lama mendiami area disekitar goa thang raya.

46. Pegunungan Tiong Kandang

Gunung tiong kandang
Pegunungan Tiong Kandang

























Gunung Tiong Kandang merupakan salah satu objek wisata alam dan sebagai kawasan hutan lindung yang terjaga dengan baik oleh masyarakat setempat yang terdapat di Kabupaten Sanggau. 

Gunung Tiong Kandang memiliki ketinggian 980M Mdpl yang membentang sepanjang perbukitan disekitarnya. Keindahaanya menyimpan kisah misteri menarik yang akan dipaparkan dibawah ini.

47. Danau laet Subah

DANAU LAIT, Danau laet
DANAU LAIT, Danau laet

Danau Laet adalah Danau yang terbentuk dari aktifitas penambangan pada zaman sebelum kemerdekaan. Dahulu bekas rell kereta yang dijadikan jalan untuk mengangkut hasil tambang masih kelihatan, namun seiring waktu bekas rell lenyap entah kemana.

Berada di Pingiran Kabupaten Sanggau atau berbatasan dengan Kabupaten Kubu Raya dan sangat dekat dengan Ibukota Pontianak, Menjadikan Danau Laet sebagai destinasi wisata Unggulan Kabupaten Sanggau yang di kelola oleh POKDARWIS Danau Laet.

48. Air Terjun Jitok

Air Terjun Jitok/Riam Jitok
Air Terjun Jitok
Air Terjun Jitok adalah wisata alam air terjun yang terletak di hutan belantara Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.

Air Terjun Jitok atau riam jitok memiliki keunikan tersendiri, mengalir diselah selah batu besar yang diatasnya ditumbuhi pepohonan yang rindang.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Wisata Sanggau, Kalimantan Barat"