Riam Panjang, Kawasan Rumah Adat Nek Bindang Toba Kabupaten Sanggau

Riam Panjang Desa Balai Belungai Kec. Toba kabupaten Sanggau Kalimantan Barat


 Pancurajipost.com - Riam Panjang adalah riam yang mempunyai aliran air yang panjangnya sekitar 50 meter lebih dan sedikit berkelok, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya Riam Panjang.

Alamat Riam Panjang

Riam Panjang berlokasi tidak jauh dari Rumah Adat Nek Bindang  yang beralamatkan di Desa Balai Belungai Kec. Toba kabupaten Sanggau Kalimantan Barat

Kodepost Riam Panjang : 78572

No Telp Riam Panjang : -

Jalur Transportasi Riam Panjang

google map perjalanan menuju ke toba dari kabupaten sanggau
Google map perjalanan dari Sanggau menuju Kecamatan Toba
Dari Kota Sanggau menuju ke Kecamatan Toba sekitar 131 Km atau 2 jam 30 menit berkendara menggunakan roda dua dan roda empat.
jembatan tayan sanggau
Foto Jembatan Tayan, Jalur menuju Riam Panjang

Dulu untuk menuju ke Kecamatan toba, kita harus menyeberang sungai kapuas dengan menggunakan kapal feri, setelah Jembatan Tayan selesai dibangun maka rute perjalanan semakin  mudah dan cepat. Kemudian dari simpang jalan raya menuju Rumah adat Nek Bindang sekitar 17 Km atau setengah jam lebih berkendara.

Dari Rumah Adat Nek Bindang berjalan kaki sekitar 1 Km atau setengah jam perjalanan dengan kondisi jalan setapak dan berbukit bukit. Tim Pancur Aji Post ketika mengunjungi Riam Panjang sering beristirahat karena menguras tenaga dan nafas. Jalanan setapak yang bagus namun kondisi naik membuat nafas kami tidak beraturan.

Keindahan Riam Panjang 

Riam Panjang, Kawasan Rumah Adat Nek Bindang Toba Kabupaten Sanggau
Foto : Riam Panjang - Nek Bindang

Riam Panjang berada di kaki bukit,dan termasuk kawasan hutan lindung. anda akan menikmati keindahan alam di sekitar perjalanan menuju kesana. Panorama perbukitan terlihat disana dari jarak jauh.  Mendekati riam panjang, anda akan memasuki hutan yang mempunyai berbagai jenis pohon yang langka.

Riam Panjang airnya landai mirip aliran air  di objek wisata pancur aji, bedanya di riampanjang alirannya panjang dan berkelok kelok dengan panjang sekitar 50 meter lebih dan lebar aliran air sekitar 3 meter.

Kami tim Pancurajipost di pandu warga setempat mengunjungi Riam Panjang. Warga disana setelah sampai di riam panjang langsung meminum air riam panjang, karena menurut mereka air ini berasal dari pegunungan yang masih asli dan tidak tercemar. Kamipun mencoba untuk merasakan air yang berada di riam panjang. Rasa Manis dan segar langsung terasa di tenggorokan. Rasa lelah dan capek perjalanan terasa hilang. Kesejukan dan keindahan riam panjang, membuat kami betah berlama-lama di Riam Panjang.

Riam Panjang, Kawasan Rumah Adat Nek Bindang Toba Kabupaten Sanggau
Foto Riam panjang yang jernih

Jika bisa difoto dari atas, riam panjang ini seperti selendang putih yang melilit bebatuan dan perbukitan disana. 

Untuk sobat wisata yang ingin pergi kesana, dianjurkan membawa pemandi warga setempat yah, biar aman dalam perjalanan.

Untuk lebih jelasnya lihat video perjalanan ke riam panjang - Toba Sanggau




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url