Pancur Aji, Wisata Alam andalan Kabupaten Sanggau

Objek Wisata pancur aji sanggau yang indah dan exotik


Pancurajipost.com - Objek Wisata Pancur AJi adalah Objek wisata alam unggulan Kabupaten Sanggau yang berjarak tidak jauh dari pusat kota Sanggau. Pancur aji menyajikan panorama alam aliran air pegunungan dan pepohonan yang bisa anda nikmati.

Letak Geografis Objek Wisata Pancur Aji

Letak geografis pancur aji sanggau
Objek Wisata Pancur Aji berada pada kawasan perbukitan yang posisinya terletak di pinggiran teluk Sungai Kapuas di bagian hilir atau pesisir barat Kota Sanggau,Lokasi Pancur aji dihimpit oleh dua buah anak sungai yakni Sungai Monga di bagian hilir dan Sungai Mawang di sebelah bagian hulu, dan kedua sungai  itu  bermuara ke Sungai Kapuas.


Google Map Objek Wisata Pancur Aji

Alamat Objek Wisata Pancur AJi

Kawasan Pancur AJi beralamat di Jl. Pancur Aji - Sanggau Permai Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
Kodepost Pancur AJi : 78516
Telp Pancur AJi : Telp.(0564) 21034 - Whatsappp : 0813 4593 5406

Jalur Objek Wisata Pancur AJi

peta lokasi pancur aji google map
Objek Wisata Pancur Aji Berjarak sekitar 6 km dari kota Sanggau atau kurang lebih 4 km dari Pintu gerbang Pancur Aji dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit berkendara.  Anda bisa langsung menuju ke Objek Wisata Pancur aji dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. 
Kondisi jalan pancur aji sanggau
Foto : Jalan Akses Pancur AJi
Namun diharapakan para pengunjung untuk berhati hati karena Jalan menuju kawasan ini cukup menantang berbelok belok dan berbukit .

Harga Tiket Masuk Pancur AJi

indahnya loket tiket pancur aji

Foto : Loket Tiket Pancur AJi

Ketika anda memasuki kawasan Objek Wisata Pancur Aji anda akan dikenakan biaya masuk dan parkir langsung di loket pembelian :Harga tiket pancur aji tahun 2021

  • Harga tiket masuk kendaraan Roda 2 : Rp. 2000,-
  • Harga tiket masuk kendaraan Roda 4 : Rp. 5000,-
  • Harga tiket masuk Orang Dewasa : Rp. 5000,-
  • Harga tiket masuk Anak anak : Rp. 2000,-

Apa saja yang menarik di Objek Wisata Pancur AJi ?

Riam Engkuli

jalan  setapak menuju pancur aji sanggau
Foto jalan  setapak dari parkiran kendaraan menuju riam engkuli pancur aji sanggau

Pancur Aji adalah kawasan yang unik karena berada di perbukitan. Di Pancur Aji terdapat aliran air yang disebut Riam Engkuli dengan memiliki 7 tingkatan masing masing tingkat memiliki Ketinggian  sekitar empat sampai lima meter. Namun karena lokasinya yang landai dan airnya deras, Pengunjung bisa bersantai, mandi berlama-lama, makan bersama, manggang ikan, berkemah, dan lain lain. Sensasi suara air terjun dan dinginnya angin pegunungan membuat anda akan betah berlama-lama disini.

Riam Engkuli Pancur Aji tingkat pertama, Lokasi vaforit para pengunjung

Riam Engkuli Pancur Aji tingkat pertama, Lokasi vaforit para pengunjung

Riam Engkuli Pancur Aji tingkat pertama, Lokasi vaforit para pengunjung

Riam Engkuli Pancur Aji tingkat pertama, Lokasi vaforit para pengunjung

Riam Engkuli Pancur Aji tingkat pertama, Lokasi vaforit para pengunjung

Dan dibawah ini adalah Riam Engkuli Pancur AJi yang berada di tingkat dua. Lokasinya jarang dikunjungi pengunjung, Namun Pemandangan disekitar sini luar biasa indah. Aliran air yang jernih dan landai, disekelilingnya ditumbuhi pohon yang tertata rapi, menambah indahnya suasana liburan anda. sambil menghabiskan waktu berlama-lama disini. Ara ini biasa digunakan pengunjung untuk memanggang ikan dan makan-makan beramai, bahkan sering dijadikan lokasi pemotretan dan video clip.

Riam Engkuli Pancur AJi yang berada di tingkat dua

Riam Engkuli Pancur AJi yang berada di tingkat dua

Riam Engkuli Pancur AJi yang berada di tingkat dua

Foto : Aliran air yang jernih di permukaan bebatuan yang jernih

Area Lokasi Jalan kaki dan Olahraga Lari

Area Lokasi Jalan kaki dan Olahraga Lari


Di area ini anda bisa menikmati keindahan hutan sambil olahraga berjalan kaki atau olahraga lari menyelusuri sungai di pinggiran pancur aji. Panjang area ini sekitar 1 Km. Cukup buat anda yang ingin mencari keringat di Udara yang segar. Jika anda Hobi Mancing, tidak salah jika anda mencoba memancing ikan disekitar sungai Pancur AJi. 

Riam Setapang

Riam setapang foto genpi
Foto Riam Setapang, Renaldi Genpi

Sebelum memasuki area Riam Engkuli, ada plnk yang bertuliskan RIam Setapang arah ke kanan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter. Riam Ini memiliki aliran air yang tingginya mencapai 10 metar namun berundak undak melewati sela sela bebatuan yang besar.

Lokasi ini kurang diminati pengunjung. disamping bebatuan yang licin, juga Riam setapang terkenal dengan serita mitos yang seram. dan area ini gelap dan dingin. Wajar jika area ini kurang diminati. Namun bagi pecinta tantangan misteri, boleh coba kesini.

Lokasi Riam Setapang juga biasa digunakan perguruan-perguruan pencak silat untuk adu mental dan bertapa untuk menenangkan diri.

Embung Pancur AJi

Bendungan Pancur Aji sanggau


DI area pancur aji ada juga embung pancur aji. Bendungan air yang digunakan untuk perusahaan Air Minum Sanggau ( PDAM). Lokasi ini memiliki kolam yang besar dan  lebar sehingga memudahkan para pengunjung unuk berjalan-jalan dan pengambil gambar untuk foto-foto.

Nah untuk penggemar mancing, lokasi ini setiap sore hari biasanya di padati pengunjung yang akan mancing di Embung Pancur Aji ini. Namun harus hati-hati, EMbung Pancur AJi kedalaman airnya lebih dari 10 meter. Berbagai macam ikan ada disini, mulai dari ikan nila, mujaher, betik, predator gabus, lele dan lain lain yang semuanya berasal dari aliran sungai yang dari hulu.

Untuk menuju ke EMbung pancur aji, lokasinya dekat dengan Loket penjualan pancur aji. sekiat 200 meter saja dan berdekatan dengan Menara Pancur aji.

Menara Pancur AJi

menara pancur aji sanggau
Foto menara pancur aji sanggau, dengan ukiran motif Dayak

Menara pancur aji memiliki tinggi sekitar 10 meter lebih dengan tangga yang mengelilingi agar mudah dan aman unutuk dilalui pengunjung Pancur AJi. 
puncak menara pancur aji sanggau


Anda akan melihat pemandangan embung pancur aji, dan keindahan perbukitan yang hijau disana. Tersedia jiga tempat duduk yang ingin menikmati dan bersantai di Menara Pancur AJi Sanggau.
kantor informasi di pancur aji sanggau

Kantor tourist information centre di pancur aji sanggau

Lokasi Menara berdekatan sengan Kantor Informasi dan Loket Pembayaran Pancur AJi. dan  Embung Pancur AJi atau sekitar 50 meter saja.

Lokasi Outbond


lokasi outbond dan camping di pancur aji sanggau
Foto lokasi outbond dan camping di pancur aji sanggau

Dilokasi ini berdekatan dengan area parkir pancur aji, biasa digunakan para pecinta alam untuk menginap, berkemah  dan melakukan kegiatan outbond. Lokasi yang bersih dan ditumbuhi pepohonan yang lurus dan rapi, membuat kegiatan outbond anda akan sangat berkesan.

Panggung , Pentas Hiburan

Panggung hiburan di pancur aji
Foto lokasi Pentas Seni hiburan di Kawasan Pancur AJi

Pentas hiburan ini biasanya digunakan pada hari hari besar sekerti liburan lebaran, natal dan tahun baru serta acara lainnya. Untuk menghibur pengunjung, Pihak Dinas Pariwisata biasanya mengundang artis dari ibukota untuk tampil di Kawasan Objek Wisata Pancur aji.

Lokasinya sendiri berdekatan dengan parkiran atau sebelah kiri tikungan sebelum memasuki area parkiran. dengan jarak sekitar 200 meter saja dari parkiran.

Fasilitas di Objek Wisata Pancur Aji Sanggau

Musholla

musholla pancur aji sanggau
Foto musholla dikawasan pancur aji sanggau

Pengunjung/wisatawan yang beragama Muslim bisa beribadah di musholla yang terletak tidak jauh dari riam engkuli. Lokasinya sebelah kanan jalan dan menanjak berada di atas bukit.

Fasilitas MCK

ruang ganti dan gazebo pancur aji sanggau
Foto ruang ganti dan gazebo pancur aji sanggau

Disekitar riam engkuli, terdapat Gazebo dan Toilet yang digunakan pengunjung untuk keperluan MCK dan ruang ganti. 

Kantin

kantin di pancur aji sanggau
Foto salah satu kantin di parkiran pancur aji sanggau

Pengunjung yang  tidak membawa bekal bisa menikmati jajanan disekitar area parkir Objek Wisata Pancur AJi. Disana pengunjung disuguhkan dengan kuliner makanan dan minuman ringan seperti Kopi, teh, minuman shaset, Mie shaset dan lain lain.


Baca Juga : Misteri Benteng Pancur Aji Sanggau

Video Objek Wisata Pancur aji



lokasi berbatuan di pancur aji untuk shoting video clip

Foto mengambilan video klip sape benny borneo di kawasan Pancur aji Sangau


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url