Padong Pangeran, Jejak Kerajaan Sanggau Wisata Danau Buatan di batas Negeri

Padong Pangeran, Jejak Kerajaan Sanggau Wisata Danau Buatan di batas Negeri


Pancurajipost.com - Padong pangeran adalah Objek Wisata Danau yang berada di Balai karangan. Padong Pangeran merupakan perairan yang membentang dengan luas sekitar 10 hektar lebih yang dihuni oleh berbagai macam ikan didalamnya. Pada hari libur akhir pekan, Padong Pangeran sering di kunjungi oleh wisatawan lokal bahkan banyak juga diantaranya dari Negara Tetangga Malaysia berniat untuk berkunjung ke Padong Pangeran.

Pada tahun 2021 lalu Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Entikong  menebar liarkan bibit ikan sebanyak 2500 ekor. hal ini bertujuan untuk memberikan manfaat dan kemajuan di Objek Wisata Padong Pangeran..

Alamat Padong Pangeran

Padong Pangeran beralamatkan di Balai Karangan, Kec. Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 

Kodepost Padong Pangeran : 78556

No Telp. Padong Pangeran : 081250268866

Jalur transportasi Wisata Padong Pangeran

jalur transportasi padong pangeran
Jalur transportasi dari Bandara Internasional Supadio menuju ke Padong Pangeran berjarak sekitar 233 Km, dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat sekitar 5 jam berkendara.

Sedangkan jalur dari kota Sanggau ke Padong Pangeran sekitar 116 Km atau sekitar 2 jam 30 menit berkendara.

Namun Jika anda telah berada di tugu pahlawan Balai Karangan, jarak dari tugu ke padong Pangeran hanya sekitar 1.9 Km atau 10 menitan berkendara. cukup dekat bukan ?

Untuk kondisi jalan aman, bisa dilalui kendaraan roda empat, apalagi roda dua. Kondisi jalan yang sudah teraspal, dan sediki sempit ke area Objek Wisata. Diharapkan untuk berhati hati.

Google Map Padong Pangeran

Apa uniknya Padong Pangeran ?

Padong pangeran memiliki keunikan tersendiri, diantaranya keindahan alam perairan danau yang tenang, yang disekitarnya ditumbuhi semak belukar yang landai. Sehingga para pengunjung yang akan menikmati dan menyeberang mengelilingi padong Pangeran akan terasa seperti di alam mimpi. Airnya yang jernih membuat jelas bayangan langit yang biru, memantulkan panorama yang menakjubkan.

Lokasi para hobi Pemancing

Lokasi para hobi Pemancing


Pada akhir pekan, selain berlibur juga para pengunjung membawa joran untuk memancing disekitar pinggiran danau sambil menghabiskan waktu dan menikmati angin spoi spoi dari sapuan air danau.

Bungai Teratai, Tanaman hias bertebaran di Padong Pangeran

danau pangeran sekayam terdapat bungai teratai

Disekitar pinggiran danau membentang bungai teratai yang terjaga dengan rapi dan indah. Anda bisa menikmati pemandangan ini  sambil menggunakan perahu menyelusuri danau.

Jembatan Bergerak

jembatan bergerak di padong rumpang
Jembatan ini menghubungkan daratan danau ke pulau di seberangnya. Terdapat bangunan di seberang pulau yang difungsikan sebagai Pusat Pendidikan Agama Islam atau Pondok Pesantren. Santri santri yang akan menuju ke Pondok pesantren menggunakan Jembatan bergerak ini untuk menyeberang.

Jembatan ini terbuat dari kayu yang dirakit, dibawah kayu terdapat tong tong besar yang berderet rapi berfungsi sebagai pelampung, sehingga  bisa mengapung di air. kemudian ujung ujung jembatan di ikat tali . Tali ini digunakan untuk menarik jembatan bergerak ini untuk menyeberangi Danau Padong Pangeran menuju pulau diseberang danau.

Sejarah Padong Pangeran

Padong pangeran danau yang indah di kalimantan


Gusti Zairin, yang merupakan pewaris Padong Pangeran menceritakan kisah awal mula munculnya Padong pangeran kepada travel.detik.com. 

Awal mula terbentuknya Danau ini berawal dari pencarian emas yang dilakukan oleh orang China pada waktu itu, karena pada saat itu para pencari emas itu tidak mendapatkan apa-apa akhirnya ditinggalkan. Bekas galian itu membentuk kolam yang kering tanpa berisi air. 

Suatu ketika, Kakek Gusti Zairin yang bernama Gusti Ahmad bergelar Pangeran Patih berjalan jalan mengelilingi bekas galian emas tersebut dan tiba tiba menemukan sumber mata air. Sehingga timbullah ide brilian dari Pangeran Patih untuk membuat bendungan disekitar galian emas itu. 

Alhasil, Bekas Galian emas itu berubah menjadi Danau yang sangat luas dan besar,  sehingga dijuluki Padong Besar. 

Namun sutu ketika, tiba tiba terjadi kekacauan pada masa penjajahan. Danaupun kembali di surutkan dengan cara bendungannya digali sehingga danau surut dan kering kembali oleh sekelompk orang penambang emas yang mengganggap dikawasan padong pangeran ini banyak mengandung emas.

Lagi lagi upaya penggalian emas pun nihil, merka tidak mendapatkan emas sepeserpun dan ditinggalkan kering.

Sehingga oleh inisiatif almarhum Pak Meh, Bendungan itu ditutup kembali dan air berangsur angsur mengisi seluruh danau.sehingga Danau ini pun berubah nama dari padong besar menjadi Padong Pangeran. Karena penggagas pertama kali adalah Pangeran Patih.

Makan Berami, Ciri Khas masyarakat Padong Pangeran

makan berami di padong pangeran

Hal yang unik, ketika tim pancurajipost bersilaturahmi ke padong pangeran. Kami dan rombongan disuguhi makanan tradisional yang sangat lezat. Masyarakat disana memasak sayuran menggunakan bambu besar. Bahan-bahan seperti ayam, sayur,dan bumbu bumbu racikan dimasukan semuanya kedalam bambu kemudian bambu itu ditutup dan dibakar menggunakan kayu bakar dengan nyala api yang sedang.

Kemudian kami makan bersama atau makan berami, atau masyarakat setempat dinamakan samprahan di sal satu Pendopo dipinggiran padong Pangeran, dengan beralaskan daun pisang memanjang, segala lauk dan nasi digelar disana. kami makan bersama dengan lahapnya. sungguh enak rasanya. ayamnya sangat lembut, bumbu-bumbu khas rempah rempah kecut dan gurih mewarnai lidah kami yang merasakan citarasa masakan tradisional masyarakat Padong Pangeran

Apa saja fasilitas di Padong Pangeran ?

Kantin Pondok Andanari

Kantin Pondok Andanari model indra budiagato di sekayam
Berbagai menu makanan dan minuman di Pondok Andanari seperti Kopi, teh Jus, Pisang kremes, ayam geprek, Nila bakar dan lain lain

Kantin Pondok Andanari model indra budiagato di sekayam

Disekitar padong pangeran ada kantin yang dinamakan Pondok Andanari. disana tersedia berbagai macam menu masakan  khas sekayam. Pada hari akhir pekan, biasanya disuguhi hiburan berupa penampilan anak-anak band , hiburan karaoke dll. disana juga tersedia MCK.

Pendopo di atas Danau

pondok di danau padong pangeran sekayam


Menikmati kuliner sambil beristirahat diatas pendopo danau, anda akan dibuat betah berlama-lama. sambil menatap luasnya danau dan bukit-bukit hijau yang terlihat dari kejauhan.

Jembatan Bergerak

Pengunjung bisa mencoba jembatan penyeberangan yang ada disana, namun diharapkan dengan dipandu masyarakat setempat agar aman dalam menyeberangi danau.

Sampan/Perahu kecil

sampan perahu kecil di padong pangeran
Wisatawan juga bisa menikmati danau dengan cara mengelilingi danau padong pangeran menggunakan sampan. yang belum bisa bersampan jangan hawatir ada pemandu disana yang siap membawa anda mengelilingi Padong Pangeran.

Selamat berakhir pekan, Maju dan Terdepan Pariwisata Sanggau.

Video Objek Wisata Padong Pangeran




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url