Air Terjun Raja Lipan, Wisata Alam di batas Negeri

Air Terjun Raja Lipan, Wisata Alam di batas Negeri

 Pancurajipost.com - Air Terjun Raja Lipan adalah riam yang berada tidak jauh dari perbatasan Indonesia - Malaysia. Riam ini berada di kawasan hutan yang tidak jauh dari lokasi Air Terjun Raja Lipan digunakan sebagai bendungan air bersih untuk dialirkan kemasyarakat sekitar.

Alamat Air Terjun Raja Lipan

Air Terjun Raja Lipan beralamat di Dusun Punti Meraga , Desa Nekan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

Kodepost Air Terjun Raja Lipan : 78557

No. Telpon Air Terjun Raja Lipan :-

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Raja Lipan

Simpang jalan menuju ke Desa Nekan Entikong
Jalur perjalanan menuju ke Air Terjun Raja Lipan dengan berpatokan di Kantor Desa Nekan dari Perbatasan Indonesia - Malaysia (PLBN Entikong) sekitar 16 Km atau lama waktu sekitar 30 menit berkendara, baik kendaraan roda dua atau roda empat bisa masuk ke lokasi Desa Nekan.

Dari Pusat Kota Sanggau jarak tempuh sekitar 140 Km atau lama perjalanan 3 jam saja. sedangkan dari Bandara Internasional Supadio sekitar 257 Km atau sekitar 5 jam saja.

Setelah anda sampai di Kantor Desa Nekan, Perjalanan selanjutnya adalah menuju ke Air terjun Raja Lipan dengan jarak sekitar 3 Km saja ke simpang jalan tikus menuju Riam. Setelah samapai di Jembatan dan terdapat jalan tikus, Kendaraan Roda dua atau roda empat tidak bisa masuk lokasi dan bisa parkir ditepi jalan.
perjalanan menuju ke air terjun raja lipan
Perjalanan kaki melewati kebun warga dan pemandangan bukit yang indah


Perjalanan selanjutnya berjalan kaki sekitar 15 menit saja menelusuri perkebunan warga, Anda akan disuguhi pemandangan yang Indah selama perjalanan.
Bentangan Kebun Lada yang luas, Lokasi persawahan ,dan sungai sungai kecil membuat perjalanan anda tidak terasa.
Air Terjun Raja Lipan beralamat di Dusun Punti Meraga , Desa Nekan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat


Apa yang unuk di Air Terjun Raja Lipan ?


Air Terjun Raja Lipan berada di aliran sungai yang berbatu. Tinggi riam sekitar 10 meter, dengan puncak di Riam tersebut digunakan untuk sumber air bersih masyarakat setempat.

Keadaan Sungai disekitar Perbatasan Indonesia - Malaysia mempunyai ciri khas sungai bebatuan yang berair seperti di Suruh Tembawang - Air terjun Sei Aweh.
air terjun raja lipan berbatuan besar
Dibawah kaki Air Terjun Raja Lipan terdapat bebatuan yang dialiri air sungai

Sehingga  di Air Terjun Raja Lipan, hilir nya mempunyai sungai yang berbatu. Sangat Indah dipandang mata dari titik Air Terjun Raja Lipan.

Namun Pengunjung diharapkan untuk berhati-hati, karena Air Terjun Raja Lipan jarang terjamah sehingga bebatuan disekelilingnya sangat licin.

Disekitar Air Terjun Raja Lipan, anda bisa berendam dan mandi. sambil menikmati keindahan Air Terjun Raja Lipan.

Untuk lebih jelasnya simak video perjalanan menuju Air Terjun Raja Lipan



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url