Wisata Buatan : Megahnya Pos Lintas Batas Negara Indonesia - Malaysia, PLBN Entikong

 

Megahnya Pos Lintas Batas Negara Indonesia - Malaysia, PLBN Entikong

Pancurajipost.com - Pos Lintas Batas Negara, PLBN Entikong adalah Border Area Perbatasan antara Negara Indonesia dan Malaysia yang difungsikan sebagai tempat pemeriksaan dan pelayanan keluar masuknya orang dan barang yang masuk dan keluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menggunakan paspor dan/atau paspor lintas batas. PLBN terpadu.

Letak PLBN Entikong


PLBN Entikong terletak di Jalan Lintas Malindo, Kecamatan Entikong - Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

  • Kodepost PLBN Entikong : 78557
  • No Telpon : 0896 9449 0068

Jalur Transportasi PLBN Entikong

Jalur Transportasi PLBN Entikong

Google Map Jalur Perjalanan dari Bandara Internasional Supadio Ke PLBN Entikong

Jalur transportasi PLBN Entikong dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya berjarak sekitar 256 Km, atau menghabiskan waktu sekitar 4 Jam 50 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua, dan roda empat. Cukup jauh juga ya sobat wisata, namun Infrastruktur jalan yang bagus akan mengantarkan anda dengan nyaman sampai ke PLBN Entikong.

Selain itu, Bus besar jurusan Pontianak - Kucing (Nama tempat di Malaysia) juga sudah banyak, jadi jangan hawatir tentang transportasi menuju ke PLBN Entikong.

Sedangkan dari pusat jantung Kota Sanggau berjarak sekitar 137 Km, atau lama waktu perjalanan sekitar 3 jam saja.

PLBN Entikong
Foto PLBN Entikong Dari Atas

Sejarah PLBN Entikong

PLBN ini kerap disebut sebagai pos lintas batas pertama di Indonesia yang mulai beroperasi pada 1 Oktober 1989.

Border Area di Entikong pada mulanya di bawah naungan Kabupaten Sanggau, lalu dikelola oleh Provinsi Kalimantan Barat dan saat ini berada dalam naungan Kementerian Dalam Negeri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) .

Salah satu bunyi sembilan Program Nawa Cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. 

Pada tahun 2014 lalu, Presden Joko Widodo melakukan kunjungan ke berbagai wilayah perbatasan Indonesia termasuk entikong. Presiden Kaget melihat kondisiPLBN Entikong yang saat itu bangunannya sudah tua, mirip kandang, dan lebih bagus Kantor Kecamatannya dari pada Kator PLBN Entikong saat itu.

Kemudian Presiden Joko Widodo memerintahkan Rakyat, Basuki Hadi Muljono, Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan untuk segera merenovasi infrastruktur di kawasan perbatasan Indonesia - Malaysia. Presiden meminta agar kawasan perbatasan Indonesia jangan sampai kalah dengan negara tetangga 

Bangunan PLBN Entikong yang ikonik

Bangunan PLBN Entikong yang mengagumkan
Bangunan PLBN Entikong yang mengagumkan

Renovasi PLBN Eentikong berlangsung pada tahun 2015 dan di resmikan Presiden Joko Widodo pada tangal  21 Desember 2016. Kini PLBN Entikong telah berubah menjadi PLBN yang megah dibandingkan dengan  pintu perbatasan di Tebedu, Serawak, Malaysia.

Dihiasi dengan dominasi ornamen berwarna kuning, merah, dan hitam khas Suku Dayak menghiasi bangunan gedung PLBN Entikong yang lebih ekonik dan berbudaya.

Bangunan Ukiran dayak di PLBN Entikong
Tugu Beukiran Dayak Di PLBN Entikong

Tugu Monumen Garuda Pancasila di PLBN Entikong

Pada akhir pekan dari hari-hari libur besar keagamaan, Taman tugu Monumen Garuda Pancasila menjadi spot foto tujuan favorit para pengunjung. Tugu ini berada persis didepan Gedung PLBN Entikong. Pengunjung hanya di perbolehkan masuk di bagian depan atau halaman depan PLBN atau di sekitar taman tugu Monumen Garuda Pancasila.  

Tugu monumen Garuda Pancasila PLBN Entikong
Foto Tugu Monumen Garuda Pancasila


Ketika anda akan sampai ke PLBN, anda akan disambut dengan megahnya Jembatan di Kawasan PLBN Entikong, yang telah berhasil direnovasi

Indahnya Jembatan di PLBN Entikong Sanggau
Megahnya Jembatan Entikong yang berada tidak jauh dari PLBN Entikong

Wisma Indonesia, Bangunan dengan fasilitas sekelas bintang lima

Berbagai fasilitas seperti Jalan diperlebar seperti jalan tol, Penginapan berkelas, Pasar Tradisional Modern, dan masih banyak lagi. diharapkan dengan Indahnya PLBN Entikong mendatangkan lebih banyak lagi turis asing terutama Negara Tetangga Malaysia.

Penginapan Hotel berbintang 5 di Entikong
Wisma Indonesia -Hotel Sekelas Bintang 5 di Area PLBN Entikong Foto :Detik Travel, Mustiana Lestari


Kamar Wisma Indonesia di Entikong
Salah satu kamar VIP Hotel Sekelas Bintang 5 di Area PLBN Entikong Foto :Detik Travel, Mustiana Lestari

Bangkitnya Pasar Tradisional Modern Di PLBN Entikong

Pada masa Orde Baru  Pemerintahan Presiden Soeharto, Entikong merupakan lalu lintas padat yang dikunjungi Masyarakat Negara Tetangga Malaysia. Mereka biasa berbelanja ke pasar tradisional entikong karena harganya yang relatif murah. Seiring waktu pasar tradisional Entikong lenyap tak terurus sampai akhirnya, Presiden Joko Widodo membangkitkan kembali roda perekonomian di PLBN Entikong dengan membangun Pasar Tradisional yang modern.

Pasar Tradisional di PLBN Entikong
Megahnya Pasar Tradisional di Area PLBN Entikong, Foto Pontianakpost

Selain bangunannya yang indah, bisa untuk berfoto selfie, anda juga bisa melakukan wisata petualangan dengan berkunjung di Objek Wisata Alam yang ada di Entikong, Kabupaten Sanggau.

Baca Juga : Air Terjun Mureh Twin Waterfall, Air terjun kembar siam di batas Negara

Baca Juga : Menikmati Objek Wisata Perbatasan, Air Terjun Sei Aweh, Entikong - Sanggau






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url