Translate

Kemegahan PLBN Aruk Sajingan Sambas indonesia

 Pancurajipost.com - PLBN Aruk adalah Pos Lintas Batas Negara yang berbatasan dengan Negara Malasia yang berada di wilayah Kabupaten Sambas yang berdekatan dengan Kota Singkawang Kalimantan Barat.

PLBN Aruk Sajingan Sambas indonesia
PLBN Aruk Sajingan Sambas indonesia

Apa kepanjangan dari PLBN, dan apa artinya?

PLBN adalah Pos Lintas Batas Negara yang berfungsi senagai pos pemeriksaan dan pelayanan untuk masyarakat di kawasan perbatasan yang akan keluar dan masuk ke wilayah Republik Indonesia, baik yang memakai paspor maupun kartu identitas lintas batas. Di Pulau Kalimantan, terdapat sekitar 50 jalur menyeberang ke Malaysia dan saat ini ada sekitar 4 PLBN yang menjadi gerbang antara Indonesia dan Malaysia. 

Pintu Gerbang Masuk ke Indonesia di PLBN Aruk
Pintu Gerbang Masuk ke Indonesia di PLBN Aruk

PLBN adalah cerminan wajah Republik Indonesia di perbatasan Negara, sehingga harus memiliki infrastruktur dan akses yang baik di sana. melalui biaya dari APBN merevitalisasi beberapa PLBN seperti PLBN Badau, PLBN Entikong dan PLBN Aruk. 

Selain gerbang perlintasan, sarana prasarana penunjang di PLBN serta akses jalan yang baik juga dibangun khususnya di PLBN Aruk.  

Kini, PLBN Aruk tampil lebih fress dengan akses jalan yang lebar lebar dan mulus berstandar jalan Nasional. 

PLBN sebagai Daya Dorong Kemajuan Ekonomi

Pasar Wisata PLBN Aruk
Pasar Wisata PLBN Aruk (Supri Yatno)
Menurut Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam kunjungannya di PLBN Aruk pada tanggal 9 Februari 2023 bahwa PLBN akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

"Visi Pemerintah kedepan, PLBN  menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. PLBN akan menjadi penghubung aktivitas ekspor produk masyarakat setempat ke Malaysia dan masyarakat Malaysia yang ingin berbelanja ke Indonesia."Ucap Wamenkeu. 

Tujuannya, aktivitas ekonomi masyarakat sekitar PLBN dapat terus meningkat yang berdampak baik bagi kesejahteraan mereka.

Alamat PLBN Aruk

PLBN Aruk beralamatkan di Jalan Merdeka -Kalan Raya Aruk Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten, Kalimantan Barat 

Kodepost PLBN Aruk : 79467

No Telpon PLBN Aruk : - Email ( bnppplbnaruk@gmail.com )

Google Map PLBN Aruk

Jalur transportasi menuju PLBN Aruk

Jalur Bandara Internasional Supadio - PLBN Aruk

Dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya menuju PLBN Aruk berjarak sekitar 328 Km atau waktu tempuh sekitar 7 jam 30 menit menggunakan kendaraan roda dua dan empat, ada dua pilihan jalur darat,:
Jalur pertama melalui jalan raya Pinggiran Pantai singkawang - Sambas. Munkin melalui jalur ini anda akan lama sampai karena selalu berhenti berfoto ria di pinggiran pantai hehe..
Jalur kedua melalui jalan anjungan bengkayang dengan jarak hampir sama dengan jalur pertama.

Kota sambas - PLBN Aruk

Sedangkan dari kota sambas sendiri menuju PLBN Aruk berjarak sekitar 89 Km atau 1 jam 10 menit berkendara.

Apa yang menarik di PLBN Aruk

Objek Wisata Buatan

Tugu Garuda PLBN Aruk
Tugu Garuda PLBN Aruk
PLBN Aruk menjadi destinasi wisata buatan dengan bangunan yang mengadopsi rumah betang dengan memasukan unsur modern, membuat bangunan ini semakin indah dan menawan.

tiga menara kembar di PLBN Aruk
tiga menara kembar di PLBN Aruk

Para pengunjung yang memasuki area PLBN Aruk biasanya selalu mengabadikan momen yang takterlupakan berselfie ria di beberapa titik seperti Patung Bung Karno, Tugu Pancasila, Taman dan berbagai bangunan lain yang instagramable 

Patung Bapak Proklamator Solekarno di PLBN Aruk
Patung Bapak Proklamator Solekarno di PLBN Aruk (بَيْتُلْ مَقْدِسْ)

Penggerak Ekonomi Lokal di PLBN Aruk

Berbagai Souvenir Kerajinan lokal di Pasar Wisata PLBN Aruk
Berbagai Souvenir Kerajinan lokal di Pasar Wisata PLBN Aruk (Apri Andi)
Di area PLBN Aruk dibangun Pasar Wisata Aruk yang menjual berbagai souvenir khas lokal derah Indonesia, berbagai barang barang produksi Indonesia yang super murah yang tujuannya untuk menarik wisatawan dari Malaysia berbelanja di Indonesia sehingga bisa meningkatkan devisa.

Aktifitas Export

PLBN Aruk juga berfungsi sebagai penghubung aktivitas ekspor produk produk lokal masyarakat setempat ke Malaysia. 

Fasilitas Umum di PLBN Aruk

Di PLBN Aruk terdapat Tempat penginapan Wisma Indonesia sekelas hotel berbintang, ATM Bank Kalbar, Mandiri, Musholla, Toilet, Parkir mobil dan motor untuk para pengunung yang berada dikawasan ini.

Pertanyaan yang sering diajukan di PLBN Aruk

Apakah mobil dengan kaca hitam bisa masuk ke Malaysia melalui PLBN Aruk?

Peraturan Negara Malaysia melarang kendaraan dengan kaca yang helap/hitam, jadi anda tidak diperkenankan masuk menggunakan mobil kaca gelap. Hanya mobil berkaca transparan yang bisa masuk Negara Malaysia.

Bisakah kita hanya berjalan-jalan melintasi perbatasan antara PLBN Aruk dan Imigrasi Biawak Malaysia?

Jawabannya Ya, anda bisa berjalan jalan untuk menikmati perbatasan antar kedua negara.

Apakan sudah ada Transportasi Umum seperti Bus Damri dari PLBN Aruk ke Kuching Sentral (Malaysia), perlu waktu berapa lama perjalanannya?

Sementara Damri hanya ada tujuan Singkawang - Aruk, Namun belum ada jurusan damri ke kuching via aruk. Namun anda jangan hawatir, Damri Jurusan Kuching tersedia untuk Jurusan Pontianak via PLBN Entikong - Kuching.

Untuk perjalanan Singkawang - Aruk menggunakan Damri sekitar 2 jam saja perjalanan.

Jam berapa buka tutup PLBN Aruk?
Untuk waktu buka tutup mengikuti jam kerja Buka Pukul 08.00 Wib dan tutup pukul 16.00 - 17.00 Wib

Ikuti IG_PLBN Aruk untuk informasi terupdate
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Ads Single Post 4