Panorama Bukit Ampan Kapuas Hulu

 Pancurajipost.com - Bukit Ampan Kapuas Hulu adalah Objek Wisata Alam perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 526 Mdpl dengan Latitude :N0°28'1.221 yang berada di hutan Kalimantan, Tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu - Provinsi Kalimantan Barat.

Panorama alam yang indah diatas Bukit Ampan Kapuas Hulu, membuat anda terpesona akan hamparan luas pemandangan perbukitan disekitarnya, serta anda terasa berada di Negeri diatas awan.

Panorama Bukit Ampan Kapuas Hulu
Panorama Puncak Bukit Ampan Kapuas Hulu (Hendro Massa)

Kabut tebal dan putih menyelimuti area perbukitan di pagi hari, belum lagi panorama terbit dan terbenamnya matahari ketika pagi dan sore hari, terasa jelas di Bukit Ampan Kapuas Hulu.

Bukit Ampan Kapuas Hulu adalah Objek Wisata Alam perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 526 Mdpl
Bukit Ampan Kapuas Hulu adalah Objek Wisata Alam perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 526 Mdpl

Alamat Bukit Ampan Kapuas Hulu

Bukit Ampan Kapuas Hulu beralamatkan di kawasan hutan desa Permata, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu.

Kodepost Bukit Ampan Kapuas Hulu : 78759

No terpon Bukit Ampan Kapuas Hulu : -

Google Map  Bukit Ampan Kapuas Hulu

Jalur Transportasi menuju Bukit Ampan Kapuas Hulu

Dari Kota Putussibau atau Tugu Pancasila menuju Bukit Ampan Kapuas Hulu berjarak sekitar 121 Km atau lama perjalanan sekitar 2 jam 40 menit melalui jalan raya lintas selatan.

Sedangkan Dari Tugu Batas Sintang - Kapuas Hulu menuju Bukit Ampan Kapuas Hulu berjarak sekitar 101 Km atau lama perjalanan sekitar 2 Jam 30 menit.

Sedangkan dari PLBN Badau menuju Bukit Ampan Kapuas Hulu jalur memutar sekitar 285 Km atau sekitar 5 jam 25 menit.

Jalur Pendakian Via Desa Permata

Simpang anjung menuju Desa Permata Bukit ampan
Simpang anjung menuju Desa Permata Bukit ampan 
Dari Kota Putussibau ke simpang anjung sekitar 2 jam dilanjutkan ke Nanga Lidi kemudian sampai ke perkampungan  desa Permata, Kecamatan Pengkadan sekitar 30 menitan.

Setelah sampai di Desa Permata anda akan menemukan Pintu gerbang yang bertuliskan Selamat Dattang di Wisata Bukit Ampan, yang terletak tepat dikaki bukit Bukit Ampan.

Pintu gerbang yang bertuliskan Selamat Dattang di Wisata Bukit Ampan tepat di kaki bukit
Pintu gerbang yang bertuliskan Selamat Dattang di Wisata Bukit Ampan tepat di kaki bukit (Hend Dra)

Dari sini kendaraan semua diparkir dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri jalan tikus, mendatar dan menanjak, namun perjalanan didominasi oleh jalan menanjak.

Waktu perjalanan sekitar 1 jam lebih sampai 3 jam tergantung dari fisik para pendaki yang akan menuju bukit ampan.

Jalut tersululit ketikan akan mencapai punjak, anda harus berhati hati karena tingkat kemiringan hampir 90 derajat. Namun anda jangan hawatir, jalur tersebut telah dibangun tangga-tangga dari kayu yang dibuat warna.

Rekomendasi menuju Bukit Ampan

Bagi anda pecinta alam yang ingin menuju Bukit Ampan, pakailah jasa pemandu warga sekitar dengan tarif uang roko atau Rp. 150 - 300 rb / malamnya (Tergantung Negosiasi), hal ini untuk menjaga keamanan dan keselamatan anda, sekaligus kedatangan anda menjadi berkah warga sekitar Desa Permata.

Wisata Alam Bukit Ampan Kapuas Hulu

Wisata Pendakian

Dataran Puncak Bukit ampan
Dataran Puncak Bukit ampan 
Pecinta Alam pendakian sangat rekomendasi untuk para pemula yang ingin mencoba trek ini. Jalanan yang naik turun namun tidak terlalu extreme. Anda bisa berjalan santai sambil menikmati berbagai flora dan fauna disana. Pepohonan rindang dan udara yang sejuk dan bersih.

Setelah mencapai Puncak Bukit Ampan, Wisatawan akan menjumpai pendopi berukuran sekitar 2x2 meter yang dibangun permanen oleh warga desa permata.

Wisata Camping

Best Momen Matahari terbit di pagi hari di atas puncak bukit ampan
Best Momen Matahari terbit di pagi hari di atas puncak bukit ampan
Area Puncak yang datar sangat rekomended untuk camping dan berkemah mendirikan tenda di area pendopo, sambil menunggu pagi untuk melihat sunset dipagi hari.

Negeri diatas Awan

Panorama Puncak Bukit Ampan Kapuas Hulu
Panorama Puncak Bukit Ampan Kapuas Hulu (Jini Zah)
Sebutan Negeri diatas awan sangat pantas untuk wisata Bukit Ampan ini, Panorama awan halus berwarna putih menyelimuti puncak bukit, disekelilingnya terbentang luas gundukan bukit bukit yang terlihat membiru dan diselimuti akbut awan puhih. Sunggu panorama indah sebagai lukisan sang maha besar Tuhan Semesta Alam.

Aturan di Kawasan Bukit Ampan

Bukit ampan memiliki beberapa aturan yang harus ditaati saat mengunjungi Puncak bukit, atuan yang diberlakukan seperti :
  • Melapor kunjungan anda ke warga setempat dengan retribusi biaya masuk Rp. 5000
  • Tidak boleh membuang sampah sembarangan serta dilarang merusak pepohonan disana atau mengambil sesuatu di atas bukit.
  • Tidak boleh melakukan perbuatan kotor/asusila
  • Tidak boleh membakar yang menyebabkan kebarakan hutan

Cerita Rakyat di Bukit Ampan Kapuas Hulu

Bekas Telapak Kaki Manusia Raksasa di Bukit Ampan Kapuas Hulu
Bekas Telapak Kaki Manusia Raksasa di Bukit Ampan Kapuas Hulu (Hend Dra)

Asal Sukul Bukit Ampan Berdasarkan cerita dari masyarakat Desa Permata,  pada zaman dahulu Bukit buluan yang berada di kecamatan hulu gunung dan Bukit Ampan yang berada di Nanga pedian adalah dua bukit yang bersatu.

Kemudian tidak jauh dari bukit buluan tinggallah seorang yang sangat perkasa bernama Demang nutup, Dia tinggal bersama keluarganya di sebuah gubuk dan kesehariannya mereka hidup dengan bertani.

Hidup mereka sangat bahagia dan damai damai , Sampai pada suatu hari anak mereka ingin makan ikan kemudian si Demang nutup pun pergi ke sungai untuk mencari ikan setelah beberapa saat menyusuri hutan akhirnya dia sampai ke sebuah Sungai dan kemudian Demang pun mulai mencari ikan di sungai tersebut 

Satu persatu ikan berhasil dia tangkapdengan hasil yang cukup banyak.  Dengan hati riang diapun kembali ke rumah dengan membawa ikan hasil tangkapannya.

Setelah itu, Istri Demang memasak dan mereka berpesta memakan semua ikan yang didapat. Anak Demang yang suka sekali dengan makanan ikan sangat lahap memakan ikan, namun tiba tiba terdengar rintihan keras.

Si anak  merintih kesakitan diakibatkan salah satu duri ikan tersangkut di tenggorokannya Demang nutup pun panik dan berusaha mengeluarkan duri ikan tersebut 

Namun usaha sia-sia, Demang tidak berhasil mengeluarkan duri dari tenggorokan sianak, kemudian si Demang nutup pun mengambil segelas air minum untuk diminumkan kepada anaknya.

Tapi anaknya tetap merintih kesakitan Si Demang tah habis akal, Diambilnya pisang yang masak suruh si anak memakan namun jangan dikunyah. Anakpun masih terasa kesakitan.

Kemudian Demang nutup pun mengambil nasi lalu dikepal hingga berbentuk bola-bola kecil sambil berkata kepada si anak untuk jangan dikunyah setelah menelan kepala nasi yang berbentuk bola-bola kecil.

Kemudian sianak makan nasi tiu tanpa dikunyah dan meminum segelas air, Tiba tiba anaknya pun berhenti merintih kesakitan dan tertidur.

Setelah kejadian tersebut Demang nutup sangat gusar dan marah sambil berkata :
" aku akan ke puncak bukit bluan dan menutup Sungai embau agar tidak ada ikan lagi di sungai embau"

Dengan perasaan marah dia pun segera menuju Bukit buluan karena kesal dengan anaknya yang kesakitan gara-gara makan ikan.

Kemudian berangkatlah si Demang ke  bukit duluan untuk menutup Sungai embau agar tidak ada ikan lagi.

Setelah sampai, Demang nutup pun terkejut secara tiba tiba Bukit tersebut terbenam dan tidak bisa diangkatnya lagi. Demang terus  berusaha menggeser bukit tersebut ke sungai dan mencoba berkali-kali sampai salah satu kakinya terbenam di sekitar Bukit tersebut.

Setalah mencoba berkali kali namun tidak sampai kesungai,  Demang nutup pun menyerah dan meninggalkan Bukit tersebut untuk pulang menuju rumahnya.

Sehingga di sanalah akhirnya puncak bukit buluan berhenti dan sampai sekarang dikenal dengan bukit Ampan.

Berapa tiket masuk menuju Bukit Ampan Kapuas Hulu?

Biaya retribusi untuk menuju ke Bukit Ampan Kapuas Hulu Rp. 5000

Berapa biaya sewa tourguide menuju Bukit Ampan Kapuas Hulu ?

Biaya sewa tourguide menuju Bukit Ampan Kapuas Hulu berfariasi tergantung negosiasi mulai dari Rp.150.000

Apakah ke kaki bukit bisa dilalui kendaraan roda empat ?

Menuju ke kaki bukit Bukit Ampan Kapuas Hulu direkomendasikan hanya menggunakan kendaraan roda dua saja.

Apakah dipuncak Bukit Ampan Kapuas Hulu bisa menginap?

Area dataran dipuncak cukup luas, anda bisa mendirikan tenda dekat pendopo di puncak bukit.

Info IG lebih lanjut salah satu pendaki yang telah samai ke Pundak Bukit Ampar

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Panorama Bukit Ampan Kapuas Hulu"