Pesona Air Terjun Lubuk Mantuk Kapuas Hulu

 Pancurajipost.com - Air Terjun Lubuk Mantuk adalah Wisata alam air terjun yang berdekatan dengan Wisata Persawahan Tekalong. Air terjun ini yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter, disekitar air terjun terdapat genangan kolam yang bisa anda nikmati untuk mandi dan berang.

Terletak Kabupaten Kapuas Hulu, Air Terjun Lubuk Mantuk ini rekomended untuk anda yang ingin berjalan jalan mengenal alam sambil menghabiskan akhir pekan anda bersama teman dan kerabat.

Pesona Air Terjun Lubuk Mantuk Kapuas Hulu
Pesona Air Terjun Lubuk Mantuk Kapuas Hulu (David Purnomo)

Alamat Air Terjun Lubuk Mantuk

Air Terjun Lubuk Mantuk beralamatkan di dusun Lubuk Mantuk Desa Tekudak, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu.

Kodepost Air Terjun Lubuk Mantuk : 78753

No telpon Air Terjun Lubuk Mantuk : 085802742563

Google Map Air Terjun Lubuk Mantuk

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Lubuk Mantuk

Dari Kota Putussibau atau Tugu Pancasila menuju ke Air Terjun Lubuk Mantuk berjarak sekitar 33.7 Km atau sekitar 1 jam berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat bisa masuk sampai loket tiket.

Dari Tugu Batas Sintang - Kapuas Hulu ke Air Terjun Lubuk Mantuk berjarak sekitar 172 Km atau sekitar 3 jam 40 menit.

Dari Border PLBN Badau menuju Air Terjun Lubuk Mantuk sekitar 198 Km atau sekitar 3 jam 45 menit.

Jalur yang dilalu melewati Jalan Raya Nanga Semangut Putussibau, kemudian anda akan sampai dipersimpangan Desa Tekudak kemudian masuk simpang dan anda akan menjumpai portal jalan yang disampingnya ada pos loket tiket masuk menuju Air Terjun Lubuk Mantuk.

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang menuju Wisata Air Terjun Lubuk Mantuk

Akses jalan telah dibangun desa setempat sehingga wajar dikenakan tarif masuk untuk memperbaiki dan mengembangkan fasilitas wisata agar semakin memudahkan wisatawan yang akan berkunjung.

Untuk harga tiket RP. 10.000/Orang dan Kendaraan Rp/5.000 Per Unit.

Namun biasanya pada hari kerja Senen - Jumat tidak dipungut biaya karena Petugas tiket tidak ada ditempat, Namun Pada hari hari besar, Petigas akan stanbay menarik biaya masuk karena pengunjung yang membludak.

Dari Loket tiket dan telah membeli tiket, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke tempat parkir kendaraan sekitar 10 menitan, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10- 15 menit melalui jembatan kecil dan jalan beton selebar 1 meter.

Apa yang  menarik di Air Terjun Lubuk Mantuk

Wisata Alam

Air Terjun Lubuk Mantuk Kapuas Hulu
Air Terjun Lubuk Mantuk Kapuas Hulu (Askal Putra)
Air Terjun Lubuk Mantuk memiliki keindahan tersendiri, Aliran air yang meluncur deras dari ketinggian 8 meter, membuat suara gemurh air memcahkan keheningan hutan disekitar air terjun.

Anda bisa manggang manggang ikan di area Air terjun sambil bersantai, berfoto ria menikmati keindahan Air terjun.

Wisata Penelitian

Air Terjun Lubuk Mantuk berada di kawasan hutan Desa Tekudak yang memiliki berbagai macam jenis pohon yang bisa dijadikan sebagai objek penelitian bagi para mahasiswa yang ingin emnyelesaikan tugas akhir mereka.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Lubuk Mantuk

Berapa tiket masuk menuju Air Terjun Lubuk Mantuk?

Biaya retribusi  tiket masuk ke Air Terjun Lubuk Mantuk sebesar Rp. 10.000/orang serta biay parkir sebesar Rp.5.000/kendaraan.

Apakah mobil bisa masuk ke area Air Terjun Lubuk Mantuk?

Kendaraan roda dua dan empat hanya bisa masuk ke parkiran yang telah disediakan pengelola warga sekitar, untuk masuk anda harus berjalan kaki  menuju lokasi wisata.

Adalah Objek wisata lain di dekat Air Terjun Lubuk Mantuk?

Wisata persawahan di tekalong
Wisata persawahan di tekalong

Disekitar Air Terjun Lubuk Mantuk, terdapat wisata musiman yaitu Persawahan Tekalong yang jaraknya dari Air Terjun Lubuk Mantuk hanya sekitar 10 menitan dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja, karena jalannya selebar 1 meter lebih dengan lantai dasar dari papan yang membentang lurus membelah persawahan yang luas, sungguh indah.

Dari simpang masuk Air Terjun Lubuk Mantuk belok kiri memasuki jalan raya, kemudian berkendara sekitar 10 menit, ketika ada persimpangan kecil berbeton belok kanan lurus.

Anda akan menemukan hamparan sawah membentang luas dengan jalan papan yang tersusun rapi. Namun untuk kesana nunggu musim mau panen agar pemandangan kelihatan lebih indah, kuning, sehingga Wisata ini bisadikategorikan wisata musiman.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Pesona Air Terjun Lubuk Mantuk Kapuas Hulu"