PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu

 Pancurajipost.com - PLBN Nanga Badau adalah Border perbatasan antara Indonesia dan Negara Malaysia yang berada di Kabupaten Kapuas hulu Kalimantan Barat.

PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu dari depan

Apa kepanjangan dari PLBN ? PLBN singkatan dari Pos Lintas Batas Negara yang berfungsi untuk ruang pemeriksaan baik barang yang dari luar negeri maupun cek pasport yang akan ke luar negeri.

Peresmian PLBN Nanga Badau

Pada tanggal 16 Maret 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan langsung PLBN Badau, sambutan penuh suka cita atas berdirinya PLBN Badau yang sangat megah sebagai cermin garda terdepan kemajuan Negara ndonesia.

Alamat PLBN Nanga Badau

PLBN Nanga Badau beralamatkan di Jalan Raya Nanga Badau -Lubuk Antu Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 

Kodepost PLBN Nanga Badau : 78767

No telpon PLBN Nanga Badau : 0813-5190-1724 (Kritik dan saran)

Google map PLBN Nanga Badau

Jalur Transportasi menuju PLBN Nanga Badau

Dari Bandar Udara Pangsuma Putussibau meuju PLBN Nanga Badau menempuh jarak sekitar 170 Km atau 3 jam 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Sedangkan dari Pusat Kota Putussibau/Tugu Pancasila Putussibau ke PLBN Nanga Badau hanya sekitar 164 Km atau 3 jam 20 menit berkendara.

Kemegahan PLBN Nanga Badau
PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
Berkonsep Rumah Betang, PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu

PLBN Nanga Badau menjadi garda terdepan cermin kemajuan dan keperkasaan Negara Indonesia, sehingga Disetiap Perbatasan Indonesia dengan Negara lain, Sehingga Presiden Joko Widodo mempercepat pembangunan disetiap perbatasan diantaranya PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, PLBN Aruk di Kabupaten Sambas serta PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu.

PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
Ukiran Dayak di depan bangunan PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu

Dengan konsep bangunan yang modern namun tidak meninggalkan unsur budayanya, PLBN Badau disekitar bangunan terdapat ukiran ukiran Dayak, Depan Pintu masuk terdapat Tugu Patung Garuda sebagai lambang persatuan, keaneka ragaman suku, budaya, religi yaitu Pancasila.

Bentuk bangunan sendiri menyerupai bangunan Rumah Panjang Khas suku Dayak yaitu Rumah Betang.

Objek Wisata Buatan
Masyarakat Berfoto ria di PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
Masyarakat Berfoto ria di PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu (Agus Izz)

PLBN Nanga Badau menjadi salah satu Objek Wisata yang biasa dikunjungi oleh masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu maupun dari Kabupaten lainnya yang hanya ingin duduk duduk disekitar depan Tugu Garuda, atau sekedar ingin selfie berfoto ria di area PLBN Badau.

Pengunjung Bersuka cita selfie depan Tugu Pancasila diPLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
Pengunjung Bersuka cita selfie depan Tugu Pancasila diPLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu (Agus Izz)

Aktifitas Ekonomi

Tidak dipungkiri pertukaran barang dan jasa antar batas negara di badau begitu erat, masyarakat Indonesia maupun dari Malaysia berbelanja keperluan melalui Pintu PLBN Badau.

Jalur Keluar masuk Transportasi Darat

PLBN Nanga Badau sebagai jalan singkat masyarakat Indonesia yang jauh dari Kapuas Hulu seperti masyarakat Kabupaten Sanggau dan sekitarnya yang ingin mengunjungi Danau Sentarum biasanya melewati Jalur PLBN Entikong, Serian -Malaysia kemudian tembus ke PLBN Badau. Hal ini beralasan karena menyingkat perjalanan bisa mempersingkat setengah perjalanan jika menggunakan jalur normal antar kabupaten.

Dan juga Masyarakat Indonesia yang ingin bepergian keluar negeri jalan jalan atau ingin berobat ke Malaysia, bisa melalui PLBN Badau.

Fasilitas di PLBN Nanga Badau

Fasilitas ATM dan Pendukung lain

PLBN Nanga Badau telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan fasilitas pendukung lainya diantaranya ATM,penginapan  Mushola,lalu Terminal keberangkatan tujuan kota Putussibau dan ke Negara Malaysia. 
Ruangan Dalam PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
Ruangan Dalam PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu (Badiel Devata)

Ruang Pemeriksaan
PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
Pros Pemeriksaan Kendaraan dan Barang PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu

Pada bangunan Utama PLBN Badau, terdapat Pos Lintas Kendaraan Pemeriksaan (PLKP), Ruang Pemeriksaan Kargo, kemdian Bangunan Utilitas, Monumen Pancasila, Pintu Gerbang Kedatangan serta Keberangkatan dll.
Monumen Pansacila di PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
Monumen Pansacila di PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu (Tri Hakni Putra)

Taman
Taman Terbuka Hijau, PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu
Taman Terbuka Hijau, PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu (Yulius Fernandez)

PLBN Badau memiliki taman yang terawat dengan konsep taman terbuka hijau dengan beraneka warna Bunga indah dan wangi memperindah kawasan perbatasan Badau yang seluasnya sekitar 8,8 Hektar. 
Tugu Garuda berdiri dengan megah tepat di depan halaman pintu masuk bangunan utama saat Pelintas dari Malaysia akan masuk kearea Pengecapan dan pemeriksaan. 

Ikuti Informasi terupdate di IG PLBN Nanga Badau
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "PLBN Nanga Badau Border Post Kapuas Hulu"