Usaha Rumahan : Akar Bajakah asli kalimantan, Produk Asli Sanggau

 

Usaha Rumahan : Akar Bajakah asli kalimantan, Produk Asli Sanggau

Pancurajipost.comKayu bajakah atau Akar Bajakah adalah tanaman asli dari Pedalaman Pulau Kalimantan  yang tumbuh dengan cara merambat ke batang-batang pohon disekelilingnya. Sewaktu kecil ketika di ajak bapak keladang, kami selalu mencari akar bajakah untuk diambil airnya untuk langsung diminum sebagai penghilang dahaga. Sensasi dingin dan segarnya air bajakah yang baru diambil, membuat kami bisa beraktifitas lagi berkebun di ladang..

Ibu Ambar, yang merupakan pekerjaan sehari-hari sebagai pengusaha kuliner di Kota Sanggau , mengolah kayu bajakah dan mengemas menjadi produk obat herbal akar bajakah untuk siap di distribusikan ke Seluruh Indonesia.

Harga Produk Bajakah Asli Sanggau : 

Hubungi  Marketing : 085754757067

Alamat  usaha : Jl Ph Sulaiman Gang Ratu Ayu 3 no 46, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

Produk bajakah yang di Produksi ibu Ambar antara lain :

  • Bajakah Kalalawit merah
  • Bajakah Larak Salah
  • Bajakah Tunggal Grade A
  • Terakhir, Produk andalan Teh Celup Bajakah Grade A

Produk Bajakah Kalalawit merah

Produk Bajakah Kalalawit merah


Produk Bajakah Larak Salah

Produk Kayu Bajakah Larak Salah

Produk Bajakah Tunggal Grade A

Produk Akar Bajakah Tunggal Grade A

Produk andalan Teh Celup Bajakah Grade A

Produk andalan Teh Celup Kayu Bajakah Grade A


Teh Celup bajakah isi didalamnya 25 kantong didalam Kemasan 1Kg


Semua produk bajakah Tersedia dalam Ukuran kemasan 1Kg
Cara pakai :
1. ambil 3 atau 4 potong akar bajakah sesuai kebutuhan
2. cuci bersih akar bajakah degan air bersih
3. rebus menggunakan 2 atau 3 gelas air
4. tunggu sampai air tersisa 1 gelas / mendidih/berubah warna
5. angkat dan saring rebusan tadi agar bajakah dan airnya terpisah
6. minum rebusan tadi pagi dan malam hari
7. jangan lupa berdoa sebelum minum

Harga Produk Bajakah Asli Sanggau : Hubungi  Marketing : 085754757067

Bajakah megandung zat anti kanker


Tumbuhan Bajakah dapat tumbuh di rawa hutan pedalaman Kalimantan. Ia hanya hidup di tempat-tempat hijau yang sedikit diterangi matahari. Oleh karena itu tanaman ini jarang ditemui, hanya tempat tempat tertentu saja di setiap wilayah kalimantan.

Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad oleh suku Dayak sebagai obat. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan keefektifannya. Tahun 2018 ini, tiga siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya akan meneliti tanaman Bajakah. Pada tahun 2019, tanaman Bajka diujicobakan di Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Hasil tes laboratorium resmi menunjukkan bahwa baja mengandung beberapa zat yang dapat mengobati kanker. 

Akar bajakah asli kalimantan

Pada tahun 2018, dua siswa SMA 2 Palangkaraya menyelesaikan beberapa uji coba dan studi tanaman bajakan sebagai tugas  sekolah. Hasil yang diperoleh kedua mahasiswa tersebut kemudian dipindahkan ke laboratorium Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, pada tahun 2019.

Dari penelitian ini diperoleh hasil uji resmi yang menunjukkan bahwa tanaman ini kaya akan zat anti kanker.

Selain itu, pada tanggal 12 Mei 2019, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung mengadakan lomba karya tulis ilmiah Mahasiswa bernama Anggina Rafitri dan Aysa Area Maharani meraih medali emas dan menjadi juara nasional.

Selanjutnya, ke tingkat internasional Olimpiade Kreativitas Penemuan Dunia di Korea Selatan pada 28 Juli 2019. Sekali lagi, mereka berdua meraih medali emas.

Khasiat kayu bajakah

Bajakah memiliki banyak khasiat karena terindentifikasi mengandung 40 zat yang bisa mematikan sel-sel kanker dalam tubuh dan dapat menyembuhkan kanker.

Kandungan Bajakah :

#Alkaloid

Perda Nyeri, Menghentikan pendarahan

#Fenolik

Antioksidan, Mencegah penyakit jantung, Mencegah Pertumbuhan sel kanker, Mencegah Diabetes

#Saponin

Anti bakteri, Menurunkan kadar kolestrol, Melawan sel kanker, Mencegah Tumor, Meningkatkan kekebalan ( imun ) tubuh

#Tanin

Anti bakteri, Obat diare, Antioksidan, Anti Donum ( penawar racun )

#Steroid

Mepercepat penyembuhan luka, Menjaga stamina tubuh

#Flavonoid

Antioksidan, Mengobati alergi infeksi radang sendi, Memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas, Memaksimalkan manfaat vitamin C dalam tubuh, Melindungi struktur sel, Antibiotik, Anti Peradangan

#Terpenoid

Antiseptik, Anti microba, Mengatasi gangguan mensturasi, Menguranig peradangan, Obat malaria, Pengobatan diabeter

Eek samping kayu bajakah

Ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan pada tubuh jika salah mengolah atau mengaplikasikan akar bajakah. Diantaranya :

Ruam merah pada kulit. Efek samping dari akar bajaka ini bisa terjadi ketika Anda menggunakan tanaman bajakah sebagai masker pada kulit wajah yang sensitif.

Peradangan kulit. Sementara manfaat akar dapat digunakan sebagai pengobatan jerawat alami, ternyata akar juga dapat menyebabkan peradangan wajah yang lebih parah dengan jerawat jamur. 

Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengoleskan akar masker Bajakah langsung ke seluruh wajah. Selain itu, konsumsiKayu bajakah secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping seperti mual atau demam, jika yang anda konsumsi bukan akar bajakah asli

Cara membedakan kayu bajakah asli dan palsu

Khaitami alias Mang Atai adalah Tokoh Mentaya Seberang Sampit, yang merupakan pakar membuat ecraft dari  kayu,mengimbau kepada masyarakat yang ingin mencari bajakah di hutan supaya memilih pangkal bajakah yang bukan jenis tuba, karena jenis ini beracun.

Pilihkah jenis yang bukan pangkal bajakah tuba,ciri-ciri pangkal yang beracun tersebut yaitu kulit pangkal terasa lengket dibatang pangkal, kemudian kulitnya sulit dikerik menggunakan pisau,. Sebaliknya bajakah yang digunakan untuk herbal adalah yang mudah dikerik kulitnya, atau kulitnya rapuh.

Ciri ciri Bajakah lainnya,  kulit pangkal batang bajakah untuk herbal guratan kulitnya nya lebih jelas, sebaliknya bajakah untuk tuba atau yang beracun  kulinya lebih halus.

Namun, sebenarnnya batang bajkah herbal dan beracun relatif sama,hanya saja bisa dibedakan  dari daun, bentuk kulit pangkal serta jenis kulit akarnya.

Pantangan Meminum Akar Bajakah

Disamping Khasiat yang luar biasa, ada loh ternyata pantangan atau pamali nya dalam meminumi air rebusan Kayu bajakah diantaranya :

Tidak diperbolehkan makan makanan yang pedas pedas atau yang mengandung cabe termasuk lada dalam wujud apapun. 

Setelah anda konsumsi Akar bajakah dan sembuh, pantangan berikutnya adalah tidak diperkenankan memakan makanan yang mengandung zat berpengawet.

Waduh...sulit dunk menghindari makanan tanpa pengawet, jadi apa contoh makanan apa sebaiknya yang tidak berpengawet ? 
Contoh : sayur fress, jamur, ikan yang masih fress baik dari kolam atau sungai atau laut. dan lain lain.

Makanan Gosong/hangus/berkerak contoh jika ibu -ibu menanak nasi biasanya paling bawah nasinya gosong, itu dilarang untuk dimakan. Informasi ersebut bersumber dari Indigenous People of Central Kalimantan.

Disclaimer :
Segala Penyakit ada obatnya, dan masing masing individu memiliki kesamaan dan perbedaan dalam pengobatan dan konsumsi makanan. Dianjurkan untuk konsultasi ke para ahli/Dokter terlebih dahulu, agar kita selamat dan Sehat.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url