Riam Engkasai Pesona Wisata Alam Kecamatan Jangkang - Balai Sebut

 

Pesona  Riam Engkasai Kecamanatn Jangkang - Balai Sebut

Pancurajipost.com - Pernah mendengar riam engkasai ? Ehmm..Sobat wisata, Kabupaten Sanggau memiliki banyak wisata Alam yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Sanggau. Untuk itu Pancurajipost.com mencoba jalan jalan menuju ke Kecamatan Jangkang untuk explore Wisata Alam yang ada di Jangkang.

Alamat Riam Engkasai

Riam Engkasai adalah air terjun yang terletak di Desa Tanggung Kecamatan Jangkang-Balai Sebut, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

Kodepost Riam Engkasai : 78591

No Telpon : -

Jalur Transportasi menuju Riam Engkasai

Jalur Transportasi menuju Riam Engkasai
Foto Google Map Jalur Transportasi menuju Riam Engkasai

Perjalanan dari kota sanggau ke lokasi Riam Engkasai memiliki dua jalur :

Pertama Jalur Dekat : Untuk jalur dekat dari Kota Sanggau menuju ke Riam Engkasai melalui rute simpang semuntai, Kecamatan mukok lurus terus mengikuti patok tiang listrik sampailah di Engkasai Desa Tanggung Kecamatan Jangkang-Balai Sebut dengan waktu tempuh sekitar 2 Jam 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 76.3 Km.

Kedua Jalur Jauh : Untuk Jalur jauh dari Pusat kota sanggau melewati Bodok,Parindu, Simpang tanjung, kemudian Kembayan dan sampailah di Engkasai Desa Tanggung Kecamatan Jangkang-Balai Sebut dengan waktu tempuh sekitar 3 jam lebih dengan jarak tempuh sekitar 133 Km. waw jaraknya jauh juga ya sobat wisata. Jika kita kurangkan Jarak Jauh 133 Km - Jarak Dekat 76.3 Km maka selisihya adalah 56.7 Km.

Google Map Posisi Riam Engkasai



Pada kenyataanya, Para pengunjung yang ingin berwisata ke Riam Engkasai justru banyak yang memakai jalur jauh, alasanya sederhana, Infrastruktur jalan di jalur jauh lebih bagus dibanding jalur delat.

Namun demikian, bagi pecinta motor trail, sangat dianjurkan menggunakan jalur dekat, dengan medan yang lumayan menantang, Jalur dekat sebagian besar masih jalan tanah, hanya sedikit yang sudah beraspal.

Untuk Wisatawan dari luar Kalimantan dan ingin mengunjungi Riam Engkasai, Patokan dari Bandara Supadio pontianak, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan taxi yang telah siap di luar area bandara. kemudian simpang tanjung, kembayan dan sampailah di Engkasai - Jangkang..Karena Taxi jurusan dari Bandara Supadio menuju riam engkasai belum ada, maka wisatawan dianjurkan untuk memesan taxi dengan cara charter 1 unit taxi ke Objek wisata Riam Engkasai.

Dari jalan raya, dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh sekitar 3.5 Km dengan kondisi sebagian jalan telah dibeton dengan dengan lebar 1., atau sekiatr 15 menitan. kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit meuju lokasi.

Disekitar area jalan kaki menuju ke Riam Engkasai, Anda akan disuguhkan dengan pepohonan yang rindang, berusia ratusan tahun, karena Riam Engkasai berada di Kawsn hutan yang masih asri. Sehinga pengunjung akan merasakan sejuknya udara di dalam hutan.

Berapa tinggi Riam Engkasai ?

Tinggi Riam Engkasai sekitar 20 meter dengan aliran air terjun yang memiliki keunikan tersendiri. Anda akan melihat Riam Engkasai seperti selendang putih yang meliuk liuk bagai widadari yang menggunakan selendang putih yang tertiup angin.

Airnya yang jernih, dari Pegunungan dan hutan yang masih asli, membuat anda betah berlama-lama. yang tentunya pasti ingin mandi merasakan sensasi sejuknya Riam Engkasai.

Untuk bisa melihat lokasi Riam Engkasai simak video Riam Engkasai - Jangkang



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url