Usaha Rumahan, Madu Qulbah, Madu Kelulut Kalimantan

 

Madu kelulut asli kalimantan borneo

Pancurajipost.com - Madu kelulut adalah jenis madu yang cukup langka. Madu ini juga dikenal sebagai madu tanpa sengat atau madu meliponin, diperoleh dari lebah Trigona itama dan Trigona thoracica. Untuk spesies Trigona biasa membuat sarang di dalam rongga kayu dan dahan pokok, sebagian di dalam tanah bekas rumah semut. 

DI Kabupaten Sanggau - Kalimantan Barat,madu kelulut borneo telah dibudidayakan sebagai usaha sampingan. Khasiat yang telah terbukti menyembuhkan penyakit, membuat madu ini makin langka dan banyak orang juga mencari rumah-rumah madu kelulut di hutan Kalimantan yang kini makin susah didapat.

Madu Qulbah

Madu Qulbah adalah Produk usaha rumahan berupa madu kelulut yang didapat dari Para petani Madu Kelulut Kalimantan - Sanggau dari berbagai wilayah pedalaman di Kabupaten Sanggau. 

Alamat Madu Qulbah

Madu Qulbah beralamat di Jalan Setompak Permai, Kelurahan Sei Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau,, Provinsi Kalimantan Barat

  • Kodepost Madu Qulbah : 78514
  • No telepon Madu Qulbah : 0821 5839 7798

Madu Qulbah Halal

Dalam mengambil Madu Kelulut dari Sarangnya, dipanen dengan hati-hati dan dengan alat penyedot madu yang seteril. Sehingga madu Qulbah terjamin kehalalannya.

Harga Madu Kelulut asli Qulbah

Madu kelulut harganya berkisar Rp.70K - Rp. 300 K /  tergantung dari berapa mililiter jenis madu kelulut dan madu lebah . untuk harga lebih detail hubungi marketig madu qulbah dengan No/Wa 0821 5839 7798

Tentang Madu Qulbah

Dibandingkan dengan madu biasa, madu Qulbah memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan tersebut adalah kandungan airnya yang lebih tinggi.

Selain itu, madu jenis ini juga memiliki tingkat antioksidan yang tinggi dan kandungan karbohidrat  yang lebih rendah. Rasanya masam dibandingkan dengan madu lebah.

Dengan demikian, manfaat kesehatan dari madu kelulut juga beragam.  

Khasiat madu kelulut kalimantan (Madu Qulbah)

1. Menyembuhkan Penyakit Batuk Bulanan

Testimoni : Seorang konsumen di Sanggau mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh, berbagai obat penyembuh batuk telah dicobanya, namun tidak kunjung sembuh. Kemudian dia mencoba meminum madu qulbah, beberapa hari kemudian batuknya berangsur-angsur sembuh total.

2. Madu Qulbah sebagai penyembuh luka

Walaupun belum dapat dibuktikan dengan penelitian, masyarakat tradisional biasanya menggunakan madu Qulbah untuk menyembuhkan luka untuk mempercepat pergantian sell-sel kulit.

3. Madu Qulbah meningkatkan imun tubuh

Madu qulbah dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap radiasi bebas didalam tubuh serta mencegah dampak buruk yang diakibatkan radiasi. Efek imunomodulator madu Qulbah dianggap membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Madu Qulbah menurunkan resiko kanker

Zat anti oksidan dan anti radang yang terkandung di madu Qulbah, dipercaya masyarakat tradisional dapat menurunkan resiko terkena kanker. 

5. Madu Qulbah solusi untuk Obesitas

Obesitas masih menjadi masalah kesehatan yang mempengaruhi hampir di seluruh dunia. Kelebihan berat badan juga merupakan faktor risiko berbagai penyakit mematikan.

Sebuah tes pada tikus menunjukkan bahwa madu kelulut memiliki efek anti-obesitas. Hal ini ditunjukkan dengan penurunan jumlah adiposit atau sel lemak pada tikus yang diberi madu kelulut.

Namun, kegunaannya bagi manusia masih menjadi tanda tanya. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan manfaat madu selulosa untuk menurunkan berat badan pada manusia. 

dan masih banyak lagi manfaat madu qulbah untuk kesehatan seperti penyakit jantung, mencegah penuaan, mencegah diabetes dll.

Madu kelulut dalam al quran

Berdasarkan Firman Allah SWT pada Al-Quran surah  An-Nahl bererti lebah  dalam ayat 68 dan 69  berbunyi

madu kelulut dalam al quran
"Dan TuhanMu mewahyukan kepada lebah : " Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia", "Kemudian makanlah dari tiap-tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan TuhanMu yang telah dimudahkan (bagimu), dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."
                                             
Surah An-Nahl : 68 & 69

Pertanyaan dan Jawaban

Apakah madu kelulut baik untuk ibu hamil ?

Di Negara Malaysia, Madu kelulut telah dinobatkan menjadi Superfood atau makanan andalan no.1. Di tulisan manapun belum terdapat dokter yang melarang ibu  hamil untuk mengkonsumsi madu, bahkan banyak Dokter yang menulis arikel tentang mengkonsumsi madu.

Namun demilian untuk ibu hamil, komsumsi madu kelulut sewajarnya. tidak berlebihan.

Faktanya, madu mengandung bakteri Clostridium botulinum, yang dapat menyebabkan botulisme.

Menurut Kids Health, bakteri ini berbahaya bagi anak di bawah usia satu tahun karena pencernaannya belum mampu memisahkan racun dan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Hal Ini membuat bayi berusia antara 3 minggu dan 12 bulan rentan terhadap botulisme saat menelan madu.

Apakah madu memiliki efek yang sama pada ibu hamil seperti pada bayi?

Dalam sebuah majalah berjudul Food-borne Illnesses During Pregnancy, bakteri ini hanya berbahaya bagi bayi di bawah usia satu tahun, dan untuk wanita hamil tidak bekerja.

Hal ini karena bakteri Clostridium botulinum pada ibu hamil memiliki berat yang sangat kecil dan tidak mungkin masuk ke plasenta untuk berpindah ke janin.

Laporan dari jurnal yang sama menunjukkan bahwa risiko penularan botulisme dari ibu hamil ke janin tidak mungkin terjadi. Pasalnya, kandungan bakteri terlalu kecil untuk mencapai plasenta.

Manfaat madu untuk ibu hamil

Menurut Mayo Clinic, madu itu manis karena sebagian besar adalah gula dan sering digunakan sebagai pemanis alami.

Namun selain itu Madu juga mengandung :

  • Vitamin
  • Mineral
  • asam amino
  • Zinc
  • Zat Besi dan
  • Antioksidan

Madu sering digunakan untuk meredakan peradangan karena sifat anti-inflamasi dan antibakterinya.

Jadi, mengapa madu bermanfaat untuk ibu hamil? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Madu biasa digunakan sebagai obat batuk dengan mencampurnya dengan air panas, jahe, dan air jeruk.

Madu mengandung zat anti inflamasi (anti inflamasi) dan antibakteri, sehingga dapat menekan batuk, infeksi saluran pernafasan bahkan batuk malam akut.

Jika seorang wanita hamil batuk Dia bisa menggunakan madu, air hangat, dan jus lemon madu untuk meredakan sakit tenggorokan.

Penyembuhan luka

Madu tidak hanya dapat dimakan, tetapi juga dapat menjadi obat penyembuh luka bagi siapa saja, termasuk ibu hamil.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam  Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products, madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan dan perbaikan luka kulit.

Kandungan asam yang tinggi pada madu membuat cairan manis ini mampu meredakan nyeri pada penderita luka bakar dan mengurangi risiko peradangan.

Namun, penggunaan madu pada wanita hamil atau pasien dengan  kaki kronis (sakit kaki yang parah) harus dipertimbangkan.

Mengurangi mual

Ibu hamil berisiko mengalami mual dan muntah (morning sickness) selama kehamilan, terutama pada trimester pertama kehamilan. Anda bisa menguranginya dengan merebus irisan jahe dalam air panas lalu menambahkan satu sendok makan madu.

Kutipan Informasi Kesehatan dari Health Information for Western Australians bahwa Jahe dan madu memiliki khasiat meredakan mual selama kehamilan dan dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati kondisi ini.

Mengurangi pembengkakan di perut

Seiring bertambahnya usia kehamilan, lemak perut meningkat pada wanita hamil. Kondisi ini memberi tekanan pada usus dan perut, sehingga ibu hamil sering merasa kenyang.

Untuk mengurangi sakit perut saat hamil, Anda bisa minum air hangat atau susu yang dicampur madu.

Meningkatkan energi

Berdasarkan data komposisi makanan Indonesia, satu sendok makan (15 ml) madu setara dengan 44 kalori.

Jika ibu hamil mengonsumsi 3-5 sendok teh madu secara rutin setiap hari, energi yang didapat dari madu tersebut sekitar 130-200 kalori.

Oleh karena itu ibu hamil dapat meningkatkan energinya dengan mengkonsumsi madu. Terutama pada trimester ketiga kehamilan, karena perut semakin membesar dan Anda cepat lelah. 

Kenapa Madu Kelulut Berbuih ?

Madu kelulut yang baru di panen langsung dari sarangnya, biasanya mempunyai buih yang bayak karena masih banyak mengandug gas karbon dioksida, sehingga disarankan ketika masih baru memanen, ditutup dengan menggunakan kain/saringan bersih yang berongga yang berfungsi  untuk mengurangi gas karbon.

Apakah madu kelulut ada expired ? , madu kelulut boleh tahan berapa lama ?

Madu merupakan satu satunya jenis makanan yang tahan lama dan tidak ada expirednya. Makin lama madu kelulut makin berkhasiat. dengan catatan madu kelulut asli. 

Sejarah mencatat bahwa madu telah ditemukan dalam wadah periuk tertutup yang terbuat dari tanah liat yang terpendam ribuan tahun dari zaman mesir kuno namun masih mempunyai rasa dan khasiatnya. Ajaib bukan..

Kenapa madu kelulut asli rasa masam ?

Rasa madu lebah kelulut terdiri dari rasa manis dan masam,  Adakala juga terasa agak pahit. Rasa manis madu bersumber dari zat gula  yang dihasilkan oleh Lebah Kelulut dari Nektar yang dihisap (glukose, sukrose dan fruktose). 

Rasa masam berasal dari kandungan asid fenolik bebas ( asid fenilproponik, asid profocatechnik dan asid 4-hidroksifenilaktik). Ketika  rasa pahit sedikit kemungkinan datang daripada sumber propolis.

Kenapa madu kelulut asli cair ?

Seringkali kita bandingkan madu lebah  dan lebah kelulut. Sebenarnya secara umum, madu lebah kelulut dan lebah madu yang baru dipanen adalah cair dibandingkan dengan madu yang telah dikemas dan dipasarkan. Ini kerana madu lebah mentah mengandungi kandungan air/moisture yang tinggi uaitu Lebah Madu  memiliki >20% dan lebah kelulut >30%.

Demikianlah pembahasan tentang madu kelulut asli kalimantan, Madu Qulbah.

Info Pemsaran dan Pemesanan Madu Qulbah Asli Kalimantan di no/WA. 0821 5839 7798

Disclaimer :
Artikel ini hanya sebagai pengetahuan, bukan anjuran dan diambil dari berbagai sumber kesehatan, Setiap individu mempunyai kesaman dan perbedaan dalam mengobati penyakit. Sehingga alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke para ahli / Dokter sebelum mengambil keputusan dalam proses penyembuhan anda.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url