Pegunungan Tiong Kandang, Misteri dibalik keindahannya

Pancurajipost.com - Gunung Tiong Kandang merupakan salah satu objek wisata alam dan sebagai kawasan hutan lindung yang terjaga dengan baik oleh masyarakat setempat yang terdapat di Kabupaten Sanggau. 

Gunung Tiong Kandang memiliki ketinggian 980M Mdpl yang membentang sepanjang perbukitan disekitarnya. Keindahaanya menyimpan kisah misteri menarik yang akan dipaparkan dibawah ini.
Gunung tiong kandang
Pegunungan Tiong Kandang
























Alamat Gunung tiong kandang

Wisata gunung Tiong Kandang ini terletak di Dusun Mangkit dan Dusun Mak Ijing Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 
Kodepost Gunung Tiong Kandang : 78563
No telpon Gunung Tiong Kandang : -

Jalur Transportasi Gunung Tiong Kandang

Jalur transportasi ke gunung tiong kandang
Foto Google  Jalur transportasi ke gunung tiong kandang
Dari Bandara Internasional Supadio Kubu Raya, Jarak sekitar 133 Km, cukup dekat dengan waktu tempuh sekitar 3 jam saja.

Sedangkan dari Pusat Kota Sanggau dengan jarak 83 km dapat ditempuh dengan kenderaan roda dua atau roda empat melalui Dusun Mangkit dengan jarak 2.502 meter sampai di pedagi, atau melalui Dusun Mak Ijing dengan jarak 2.855 meter sampai ke pedagi di tengah-tengah gunung Tiong Kandang, sebuah batu dengan ketinggian 160 cm berbentuk pintu masuk oleh masyarakat menuju puncak gunung, sedangkan kiri kanan batu terdapat jurang yang sangat dalam.

Google Map Posisi Gunung Tiong Kandang


Apa yang menarik di Gunung Tiong Kandang ?

Wisata Perbukitan

Pendaki Gunung Tiong Kandang Photo
Pendaki Gunung Tiong Kandang Photo (Dirga Wijaya.吳海森)


Objek wisata gunung Tiong Kandang adalah wisata pegunungan yang sangat indah, anda akan menikmati panorama keindahan alam dari puncak gunung. Awan putih terlihat jelas dibawah puncak Gunung yang menutupi perbukitan dibawahnya.

Panorama Sunset di ketinggian 980 Mdpl

Sunset di Gunung Tiong Kandang Photo
Sunset di Gunung Tiong Kandang Photo (Midun Herorimus)
Anda akan menyaksikan sunset yang sangat jelas di puncak Gunung Tiong Kandang tanpa terhalang perbukitan. Terlihat awan dibawah menyelimuti matahari yang perlahan lahan tenggelam dibalik awan. Sungguh kenangan yang tak ternilai.

Objek Wisata Air Terjun

Terdapat lokasi air terjun yaitu air terjun Kajang memiliki tiga tingkatan yang terletak disebelah utara Dusun mangkit dan air terjun Nosok dengan ketinggian 6 meter terletak di sebelah selatan Dusun mangkit, dan terdapat batu berbentuk kulintang serta batu pengasih di puncak gunung Tiong Kandang. 

Dengan menjaga keseimbangan antara pola pengembangan dan karakteristik ekologi atau lingkungan alam dan budaya yang dimiliki di tiog kandang, dengan menekankan pada upaya mengembangkan perekonomian lokal untuk meningkatkan kesejahteraan setempat,berupa home stay, sarana dan prasarana, camping ground, taman safari, penjelajahan, penelitian, outbond.

Kunjugan turis asing

Gunung tiong kandang pada bulan Agustus 2008 pernah di kunjungi oleh delegasi Dinas kehutanan Kanada dan Amirika Serikat.

Kisah Nyata, Misteri Tiong Kandang

Ada seorang Pemuda yang telah memiliki Istri dan anak. Pada suatu hari Pemuda itu memiliki hasrat untuk berburu ke Gunung Tiong Kandang.

Alkisah berangkatlah sang pemuda seorang diri mendaki perbukitan tiong kandang. Ditengah perjalanan terlintas dibenaknya dan membayangkan bisa beristri dua, saking asiknya membayangkan dan tidak sadar dia mengucapkan kata "enak kayaknya jika beristri dua".

Kata kata spontan yang tidak sengaja di Gunung Tiong Kandang ternyata menjadi kenyataan, dan Sekarang Sang Pemuda tidak berani lagi berkata sembarangan ketika berada di Gunung Tiong Kandang.

Dari Kisah Nyata tersebut, perhatian untuk para pendaki yang akan ke Gunung Tiong Kandang untuk menjaga sikap, perkataan dan perbuatan. Karena Gunung Tiong Kandang merupakan salah satu Gunung yang masih menyimpan misteri dan dipercaya sebagian masyarakat, Gunung ini merupakan tempatnya kerajaan Manusia Kebenaran Manusia Kasat Mata.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Pegunungan Tiong Kandang, Misteri dibalik keindahannya"